Titiw Inside

Tips Membeli Komputer

Tuesday, 19 June 2007

Komputer desktop dibagi menjadi 2, yaitu rakitan dan built up. Komputer rakitan berarti kita memilih parts atau komponen yang kita inginkan baru kemudian kita rakit menjadi satu kesatuan sehingga memiliki fungsi komputer seutuhnya. Komputer built up berarti kita membeli jadi sebuah komputer yang telah dirakit oleh vendor atau perusahaan tertentu. Jadi membeli komputer built up persis seperti membeli TV.

Lalu, kenapa kita harus beli komputer rakitan? Emang lebih bagus yah? Hmm Ya dan Tidak. Komputer rakitan memiliki nilai lebih di fleksibilitas. Fitur yang diinginkan tergantung tebalnya kantung kita. Semakin tebal, semakin luas pilihan kita.

Komputer built up memang lebih simple pada saat membeli, tapi harga PC built up mahal. Dengan spesifikasi yang sama, PC rakitan bisa lebih murah 40% – 50% daripada PC built up. Kelebihan PC built up yang paling signifikan adalah umur yang lebih panjang dan biasanya disertakan software Windows asli.

Ok, jadi beli rakitan aja nih. Sip deh, lanjuut.

buying-computer

Check list parts pada saat membeli PC:

1. Processor; pilihan yang paling umum saat ini adalah AMD dan intel. AMD menawarkan kinerja yang luar biasa khususnya untuk grafis, sedangkan intel handal untuk segala kebutuhan. Pilihan prosesor lebih ke selera dan kebutuhan. Jika suka main game dan berdisain ria, terutama 3d; AMD mantap. Jika untuk kantor, digunakan sehari-hari, untuk server, atau warnet, Intel aja deh, yang gampang.

2. Motherboard atau mobo; wuah ini dia yang paling bikin bingung. Merknya macam-macam begitu juga fiturnya. Yang jelas tanya sama penjualnya apa mobonya cocok dengan prosesor pilihan kita seperti diatas. Merk pilihan saya adalah Abit, ASUS, MSI, Foxconn, Intel. Merk-merk itu sudah terbukti handal, paling tidak menurut pengalaman saya.

VGA card; VGA card menentukan kualitas gambar dan render biasanya untuk 3D. Ada dua port untuk VGA; PCI-Express (PCI-X) dan AGP. PCI-X adalah teknologi terbaru dan menawarkan 2 kali kecepatan AGP. Biasanya PCI-X sudah banyak terdapat di mobo terbaru. Tapi jika hanya dipakai untuk bekerja office, AGP sudah lebih dari cukup. Dan jika anda yang berdana terbatas, VGA card tambahan ini bisa diabaikan jika mobo anda memiliki built in VGA card.

3. Memory; Memory atau RAM adalah tempat penyimpanan sementara berkecepatan tinggi. Saat ini yang tersedia di pasaran adalah jenis DDR-1, DDR-2. Periksa apakah mobo anda mendukungnya. DDR-2 jelas lebih cepat daripada DDR-2 dengan harga yang tidak jauh berbeda.

4. Harddisk; Jika mobo anda mendukung SATA jangan ragu2 gunakan SATA. Port IDE lama kurang ergonomis dan kalah cepat dibanding SATA. Harganya juga tidak jauh berbeda. Untuk size itu terserah anda. Semakin besar tentu saja semakin mahal.

5. Soundcard; Kebanyakan mobo sekarang sudah dilengkapi dengan soundcard built ini. Jadi kemungkinan anda tidak usah membelinya. Kecuali jika anda seorang profesional di bidang musik. Anda bisa membeli soundcard add on yang jauh lebih handal seperti Soundblaster Audigy.

6. Power Supply; PSU (power supply unit) beragam, dari yang murah sampai yang super mahal. Semakin mahal tentu saja semakin stabil pasokan listrik dan semakin awet komponen PC anda. Tapi tidak berarti yang murah itu murahan. Paling tidak komputer anda bisa dipakai seperti biasa. Biasanya PSU standar sudah bersama dengan casing yang bisa anda pilih sesuai selera.

7. Sisanya adalah aksesoris seperti; CD-ROM/DVD-ROM, CDRW/Combo/DVD-RW, Speaker, Monitor, Casing, UPS, Camera, Mouse, Keyboard, Printer, dan sebagainya itu terserah selera anda. Apapun merknya, tidak akan mempengaruhi kinerja atau kecepatan PC yang telah anda beli. Hati-hati, merk mahal belum tentu sesuai, belilah sesuai kebutuhan.

Terakhir adalah software. Komputer rakitan tidak disertai software operating system asli sehingga anda harus membelinya. Yaah kalau kepepet pas lagi bokek, beli aja yang bajakan Rp. 25 ribu. Tapi kalau mau aman gunakan Open Source Operating System atau kita mengenalnya dengan Linux.

Kalau memang berminat beli komputer rakitan, coba cek di rakitan.com. Disini tempatnya para hobbyist komputer mencari komputer rakitan murah dan banyak jenisnya. Selamat membeli komputer!

© Image

30 thoughts on “Tips Membeli Komputer

  1. Iwan says:

    PC saya Pentium D 2.6Ghz, Memori 1 GB, VGA Card on board sharing memori dan Hardisk 160GB. Motherboard Asus P5V800-MX, dengan OS Windows Vista Ultimate. Saya ingin meningkatkan setingan Memory VGAnya dari 64MB menjadi 224MB, bagaimana caranya? Oiya Directx 10 sudah saya instal.

  2. archie says:

    biasanya di BIOS ada settingan untuk share memory VGA nya. dari mulai 32 – 128 MB tergantung kebutuhan. tapi tentunya akan mengurangi kapasitas memori yg digunakan

  3. fadel says:

    thanks atas tipsnya
    dengan begini tahu deh kesimpulannya mau beli yang mana
    tapi boleh donk tambah lagi dan lebih spesifik dibagi dalam beberapa budjet
    before thanks banget

  4. sandra says:

    saya ingin bertanya bagaimana memilih perangkat pc yang bisa handal digunakan untuk gamer dan office?help me please!

  5. faizah says:

    saya ingin tanya, saya nie masih binggung mau beli komputer tapi sebenarnya sudah ada sie budgetnya tapi ya gak banyak hanya 1,5 juta. lah maksudnya saya tuh ingin merrubah komputer jadul saya menjadi komputer sekarang yakni pentium 4. Komputer saya itu punya spesifikasi seperti ini : P2-133MHz, Processor GenuineIntel, HD 4G, 127.0 RAM. Trus apa bisa saya jadikan pentium 4 dengan menambah kekuatannya?? saya ingin punya pentium4-2,4 GHZ, Processor Intel, MB Assus, 512 MB.Gimana, cukup kah degan budget seperti itu?? trus tolong saya dikasih spesifikasif tipe2 spartnya?? agar saya memang bisa segera cari dan bisa dirakit deh??? tolg ya, please.trims.

  6. pro faizah…

    dgn budget 1.5 juta bisa kok dapat komputer pentium 4…cuma mungkin dapat yang seken…bukan mungkin sih.itu pasti karena kemarin saya rakit bisa kok degan dana segitu.
    pentium 4 1,6 GHZ.. harddisk 40GB.. 256 mb memory…Motherboardnya cari yang on board aja VGA,Sound,Lan..casing baru cd room …monitor samsung 15 in ..keyboard mouse baru…itu dana masih tersisa kok…bisa untuk …yang lain…hehe..selamat merakit ya..faizah..kalo kamu perlu bantuan kontak saya nanti saya ajari..:)
    hehehe…dan cara instalasi yang super cepat…:))

  7. ibnu says:

    mas. saya punya 2.5 jt dan ingin beli kmpter ? dari uang sgitu beli yg baru atau rakitan yang specnya bagus dari budget saya segitu. mobo,hdd.ddr.mmry dll. brpa ukurannya ?

  8. cokry_cokry@yahoo.com says:

    numpang tanya, klo mo jualan keperluan komputer dll, dimana ya?.
    soal kadang suka dapet barang second,harga miring.(jakarta only).
    barang asal ada lebih di jual deh.

  9. cokry_cokry@yahoo.com says:

    mo jualan di kaskus, jadi anggota gak masuk2.
    gak tau error mulu daftarnya.
    apa alat saya yg error ya, jual jg neh alat. hi3x
    tapi di sini bisa kok.

  10. Conan says:

    Gw gi nyari soundblaster audigy 4 nich? Ada yg jual g??

  11. thanks atas tipsnya
    dengan begini tahu deh kesimpulannya mau beli yang mana
    tapi boleh donk tambah lagi dan lebih spesifik dibagi dalam beberapa budjet
    before thanks banget

  12. Boy says:

    Kalo pc buat video editing speknya gmn ya.kira2 dg budget 4 juta dpt ga ya. Skalian kasih daftar harga buat speknya. Thanks before.

  13. alfi94 says:

    @boy
    bisa, hanya saja tanpa monitor (jika ingin memiliki cpu yg ckp tangguh)

    processor :
    amd athlon II X2 240 rp. 582 rb

    motherboard :
    asrock A780GM-LE/128 MB rp. 643 rb

    RAM :
    team elite 2x 1GB PC 6400 rp. 312 rb

    Hardisk :
    WDC BLUE 640 GB SATA II rp. 619 rb

    Casing :
    Power logic quatro 200 rp. 258 rb

    VGA :
    Sapphire HD 4650 512 MB DDR3 rp. 590 rb

    PSU :
    FSP SAGA II 400W rp. 468 rb

    KB + MS :
    ASUS VENTO keyboard + mouse optic rp. 150 rb

    Grand total Rp. 3.622.000,-

    sisanya bisa anda belikan monitor.

    tak hanya untuk video editing, spek diatas juga cukup baik untuk bermain game.

    harga diatas diambil dari rakitan.com update harga tgl 17 september 09.
    harga dpt berubah sewaktu-waktu.

  14. suhu says:

    mau tanya nih.pc sy built upkl spek nya gini bagus gak dan bisa untuk ngegame blm ,jwb ya
    Intel Pentium 4.3.0 Ghz
    RAM 1 MB DDR
    USB + Sound Front Panel
    HDD 80 GB
    CDROM
    Speaker Internal
    LAN Integrated
    FDD
    Sound Onbord
    Smart Fan Headsing (FOXCON ASLI)

    1. anggit says:

      Sebenernya tergantung dari gamenya, game keluaran 4 – 5 tahun lalu mungkin masih bisa, tapi game zaman skrg dah nggak mungkin. Kalau mas suhu, gamer hardcore, mungkin harus upgrade PC a.k.a rakit baru. Sebagai gambaran, game FPS (First Person Shooter) sekarang butuh sedikitnya 1 GB RAM, 128 – 256 MB Video RAM with pixel shader, dan procesor minimal Dual Core atau Mungkin AMD X2… Tapi kalau yg dimaksud game2 sederhana seperti Zuma, Bejeweled dll, sih masih bisa.

  15. pemula says:

    numpang lapak nya boss,mau jualan dikit siapa tau ada yg minat barang murah,built up semua asli masih ada stiker nya,baru dateng nih
    Intel Pentium 4 3.0 Ghz
    RAM 512 MB DDR
    USB + Sound Front Panel
    HDD 40 GB
    CDROM
    Speaker Internal
    LAN Integrated
    FDD
    Sound OB
    Smart Fan Headsing (FOXCON ASLI)
    1 PCS CD DRIVER net 1,7 +ongkir untuk jawa dan sumatra
    Pentium IV 3.0 ghz
    RAM 512 MB DDR1
    Mainboard Presscot Intel Chipset SATA SUPPORT
    USB + Sound Front Panel
    Stiker Win XP COA Home Edition
    HDD 40
    CDROM
    Case Samsung Magicstation
    LAN Integrated
    FDD .net 1.650.000
    Intel Pentium 4 2.4 Ghz
    RAM 512 MB DDR
    USB + Sound Front Panel
    HDD 40 GB
    DVD-COMBO
    Stiker Win COA XP Profesional Edition
    Speaker Internal
    LAN Integrated
    FDD
    Sound OB .net,1.500.000
    barang built up (branded)semua stok numpuk,baru turun dr negara asal nya masih panas .minat hub 085758516789

  16. feebuu says:

    saya punya budget 1,5 juta pengen ngrakit cpu aja.. kira-kira dengan harga segitu bisa dapet spec apa aja ya???

  17. Iz says:

    Tolong minta bantuannya nih,saya pngen beli pc dngn dana 3 jt,buat usaha kecil2an di rumah,spek yang di butuhin pa ja y??
    Makasih…

    1. apy says:

      tanpa bermaksud promosi, saya biasa beli disini gan… ada simulasi rakitannya juga, silakan cek TKP http://rakitan.net/simulasi.php

  18. ivan says:

    mau tanya dunk, saya punya komputer prosesor AMD duron 800MHz, HDD ATA 80GB, RAM DDR1 1GB, tapi ga ada SLOT VGA (VGA onboard 64mb),,. trus saya mau ganti mobo nya aja, bisa gk? supaya bisa ditambah VGA yang 512mb n ningkatin prosesornya juga,, jadi HDD saya tetep, RAM juga tetep,., kalo kayak gitu gimana solusinya y? oh ya budget saya sekitar 800rb,, kasih solusinya dunk ke email saya,, atau solusinya dicomment blog saya ajj,, makasih banyak,, n sukses selalu,,,

  19. iman says:

    webnya bagus, jangan lupa ya mampir di website saya.

  20. ku5nja says:

    Numpang copy paste, untuk koleksi script pribadi

  21. alhairat says:

    mantap informasinya mas,

  22. Mohon ijin Copas Contentnya…sangat bermanfaat

    1. titiw says:

      Boleh, tapi mohon sumbernya dicantumkan ya. Thx. :)

  23. adry says:

    info yg bagus bgt ..thx

  24. rasehaM says:

    Aku udah 2x ngerakit PC. Well, aku bukan orang yang ngerti IT tp cara aku cukup praktis. buka http://www.rakitan.com (bukan promosi), nah, di situ kita bisa ngerakit SEMUA part pilihan kita dengan BANYAK pilihan/gradasi tipe dan harga. Trus, ntar di akhir ketauan total cost nya brp.

    Setelahnya, aku ke Harco Mangga Dua, trus bawa spek yang udah aku bikin di rakitan.com, trus cari toko yang bisa kasih harga termurah deh.

    1. titiw says:

      Eish.. Harus belajar dulu kamu sama mas anggit.. Hahahaha..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now