Review

Sepuluh Alasan Tidak Membeli Macintosh

Thursday, 21 June 2007

macintosh

Hmm no offense. I don’t hate Mac nor I’m a fan of PC. Saya cuma mengkritik via list ini. Buat pengguna Mac yang ingin membela Mac kesayangannya, feel free to yell at me…

1. Super mahal…

Wah yang ini sih kayaknya nggak perlu penjelasan lebih lanjut. Harga Mac, bahkan yang entry level pun tetap lebih mahal dari harga PC. Jika pengguna Mac ditanya; “Do you need all of these features?” Mereka pasti menjawab iyaYeah right! Paling mereka sehari-hari dipakai buat ngetik, denger lagu, browsing internet… berita baru tuh. Unless you’re professionals in musics, movie industry, advertising.. then punya Mac seperti punya Nokia E90 tapi cuma dipakai untuk ngobrol dan sms. Kalau cuma mahasiswa dan pelajar sih beli aja laptop Sony atau Lenovo yang masih lebih murah daripada Mac. You still can do anything in a moderate way, not industry way.

2. Spare part sulit…

That’s right baby… pergi aja ke Mangga Dua. Paling cuma ada ga sampe 5 toko Mac. Itu juga spare part yang dibutuhkan belum tentu ada sekarang. Kalaupun ada harganya pasti selangit. Apa? Mac nggak bakal rusak? Hmm coba browse ke: http://www.macfixitforums.com/postlist.php?Cat=&Board=Forum35

Login windows stuck, lower case “S” key not working, menu bar keeps flashing, I can’t drag and drop. Huuuu penonton kecewa. Waduh… gimana tuh? Kok bisa rusak?

3. Bukan Windows…

Let’s face it people… everywhere is windows, even you have windows in your bedroom. Jendela itu memang benar-benar mengubah cara dunia mempelajari komputer. Suka atau tidak suka, Mac harus bergaul dengan Windows untuk marketingnya. Buktinya, Mac mengeluarkan iTunes versi Windows. Itu tandanya sang buah apel takut kehilangan customernya yang kebanyakan pengguna Windows.

4. Tidak bisa main game kebanyakan…

Kalau kamu buka majalah game kesayangan, disitu tertulis; XBOX, PS2, Dreamcast, Wee, dan guess what… PC!!! Terus buat cewek-cewek yang seneng maen Zuma, hmm kayaknya agak sulit cari Zuma di Mac. Buat cowok-cowok yang suka maen Dota, waduuh kayaknya lu olang salah beli kompiuter yaa… lu olang mau main gim apa mau ngeceng?

5. Tidak bisa dioprek…

Salah besar kalau mau ngoprek pakai Mac. They’re not Oprek-able. Can’t custom your speed, can’t tweak its graphics performance, can’t rebuilt appearances, can’t do anything you like lah pendeknya. What’s the fun in that? Sedikit-sedikit ada tulisan, please consult technician… and you know what’s next. Technicians need money. Jadi bukannya tambah pinter dengan beli Mac, malah tambah malas dan kurang menarik.

6. Pasti built up…

Wah, kalau mobil import sih oke. Mahal gpp, tapi kalo komputer built up? Isn’t it a little too dramatic? Every parts must be approved by Apple. Ini nih yang bikin mahal… arogansi teknologi namanya.

7. Sulit diupgrade…

Dah jelas nih… mau tambah ini itu ga bakalan bisa seenaknya. Casing yang super duper introvert dan sulit dicustom plus tidak tersedianya banyak hardware thirdparty, membuat Mac itu… should I say: kurang asik.

8. Tidak bisa beralih fungsi…

Jika sudah kuno atau ketinggalan zaman, kebanyakan mesin Mac cuma jadi rongsokan dan berdebu di pojok ruangan. Coba bandingkan dengan PC, PC sekelas 486 masih bisa dijadikan server/router menggunakan Linux. For the record, PC dengan prosessor 486 itu waktu saya masih kelas 3 SMP baru keluar, sekitar tahun 1993. Banyak lo yang masih memanfaatkan PC bekas untuk fungsi lain.

9. Service center kurang…

Ah ini sih nggak usah ditanya. Udah service center kurang, terus yang ngerti mesin ini juga jarang. Jika user memakai Mac di katakanlah… Irian Jaya, bagaimana memperoleh support di situ? Sedangkan PC, most of us know how PC works. Kurikulum Pengantar Teknologi Informasi sekarang mengacu ke teknologi PC.

10. Accessories Mahal…

Yang ini jangan tanya deh. Masa cuma cover doang harganya lebih mahal daripada mouse optic untuk PC sih? Udah gitu ada tuh aksesoris khas Mac yang paling menyebalkan. Mighy mouse yang tidak se-mighty yang kita kira. Apanya yang mighty kalau cuman punya 1 tombol. Wah, mana klik kanannya? Mau beli aksesoris tambahan? Siap-siap deh ngerogoh dalam-dalam dompet kamu.

Liat deh bagian bawah End User License Agreement dari iTunes:

“You will also agree that you will not use these products for… the development, design, manufacture, or production of missiles, or nuclear, chemical, or biological weapons.”

Pinky: “Apa yang akan kita lakukan malam ini Brain?”

Brain: “Seperti biasanya Pinky, kita akan mencoba menguasai dunia…”

Pinky: “Dengan apa Brain?”

Brain: “Tentu saja dengan iTunes, bodoh…”

Si pinky, si Pinky, si Pinky dan si Brain Brain Brain Brain Brain…….

Previous Post →

33 thoughts on “Sepuluh Alasan Tidak Membeli Macintosh

  1. Riska says:

    Wah gitu ya.. tapi nih ada temen pemake mac, kata dia dari segitu bnyk alasan utk tidak membeli mac yg mas anggit sebut, ada satu kelebihan mac yg ga ada di PC yaitu dari banyaknya virus beredar yg menyerang PC, tidak satupun menyerang mac hehehe.. piss mas.. so i think u must try.. for a new experience with mac (weh dibayar brp gw ngiklan gini).

  2. jaja says:

    mac? bigmac? waah saya suka tuh,,

  3. kutubuku says:

    Virus adalah harga yang harus dibayar dari sebuah popularitas Windows. Kalau memang nggak suka WIndows selalu ada Linux yang sekarang-sekarang ini lebih stabil dan ramah interfacenya… Kompatibilitas? Jangan kuatir, Linux itu gaweannya para ahli. Mereka selalu punya akal untuk masalah kompatibilitas. Program Windows bisa juga jalan kok di Linux…

  4. apy says:

    Tambah lagi nih alasan untuk tidak membeli MAC. Coba liat thread di forum ini deh:

    http://www.oprekpc.com/forum/viewtopic.php?t=9215

    Engsel doang harganya $99? Waw waw… Nanda Korewaaa..

  5. jayakabajay says:

    hahahaha…well actually saya mac user…tp saya memang tidak meyarankan anda untuk membeli produk mac.10alesan di atas emang benar adanya.tapi banyak untungnya jg pake mac kok…seperti bebas dr virus,produknya bandel,jarang yg ngerti mac…jd jarang yg ngoprek leptop saya,dll.untuk beberapa hal,mac memang jauh lebih baik drpd pc.tapi windows memang jauh lebih baik dari mac di banyak hal (terutama tersedianya banyak software bajakannya).hidup pc lah…tp ampun deh ama virus dan systemnya yg sering nagadat.

  6. apy says:

    hehehe, sebenernya saya cumang iri sih nggak mampu beli mac. habis knp mahal bgt sih?

  7. name says:

    masalah sparepart susah.. untuk penggantian sparepart apple sudah menyediakan APPLE SERVICE PROVIDER. dan selama masa garansi berlaku.. penggantian sparepart GRATIS.. DAN international warranty.. misalnya kamu beli mac di jakarta rusak di german.. tinggal bawa ke apple service provider disana. claim warranty..

    masalah game.. kata siapa dota gak ada di mac.. ada versi mac nya..

    dulu gue windows user & linux user. tapi begitu pindah ke mac. untuk balik lagi ke windows.. kayanya males banget..

    1. RFA says:

      Bahkan, tanpa GPU external alias cuma ngandelin GPU internal Dota lancar jaya 60 fps even with the highest resolution… :-)

  8. name says:

    masalah sparepart.

    saya sudah buktikan.. pada 2 mesin mac saya.. 1 taun yang lalu saya mengalami masalah di LCD Macbook Pro saya. berupa line dari atas ke bawah. dan saya bawa ke ASP di kuningan jakarta dan mendapat penggantian part LCD yang bermasalah free karena masi dalam garansi.

    kedua saya mengalami burn di LCD Imac aluminum. beberapa waktu lalu sama seperti biasa saya membawa ke salah satu ASP dan mendapatkan penggantian LCD yang saya denger2 dari teknisinya LCD iMac aluminum 20″ kalo non garansi seharga $700

    kalaupun masa garansi sudah habis.. kita bisa memperpanjang masa garansi itu dengan apple care protection plan.. extend garansi selama 2 taun + garansi resmi

    coba anda bandingkan PC dengan spek P4 apa bisa menjalankan os windows vista. bisa memang tapi tidak maksimal. sementara produk apple berprosesor PPC 1.5 ghz mampu menjalankan leopard dengan gui nya yang cantik dengan lancar..

    harga mac second relatif stabil dengan harga baru nya ketika kita menjualnya.. coba di bandingkan dengan pc / notebook 2 taun kemudian kita jual harga sudah tiarap jatuh..

  9. name says:

    ^

    hehehe. yang bilang mac itu jelek sih.. “maaf” biasanya orang yang gak bisa ngebelinya. :p

  10. apy says:

    Iya sih, gw akuin gw nggak mampu belinya, gw nggak sekaya lo. tapi yaa gw belajar banyak dari linux daripada di mac. Belajar berbagi atas karya-karya yang gw buat tanpa memikirkan imbalannya. Belajar menerima kritik dari pengguna program kita. Sampe sekarang, jujur aja gw gaptek sama Mac, yah begitulah. Bukannya tambah respect, komunitas Mac justru membuat saya semakin males, itu kan cuma mesin, man. Mereka terlalu mendewa-dewakan mesinnya. Saya sih cuman pake P4 Ram 256 aja dah bisa bikin server handal pake linux. Coba lihat deh dimana2 server Apache yang jalan di Linux/Unix. Bahkan wikipedia menggunakan LAMP Stack nya Ubuntu. Saya sih nggak bilang jelek ke Mac, jujur aja itu mesin yang bagus. Tapi kenapa eksklusifitas justru menghambat orang untuk mempelejarinya? Kenapa harus mahal? Coba deh lihat Compiz nya Linux: http://www.solvingcorner.com/2008/10/09/beryl-compiz-ii/ Nggak kalah kan sama Mac? Dan itu semua…. GRATISSS..

  11. name says:

    Kenapa pilih Mac?

    1. Langsung jalan!

    Berapa banyak waktu sih yang anda buang untuk mengeset PC anda? Macintosh adalah sebuah komputer yang didesain dan dibuat oleh orang-orang yang menghargai waktu kehidupan anda. Dengan komputer Mac, semua peralatan dan software langsung berjalan dan bekerja baik bersama. Gunakan sebuah Mac, dan dapatkan kembali waktu anda yang direnggut oleh PC anda.

    2. Sumber Menuangkan Ide Kreatif!

    Semua komputer Mac datang dengan terinstall iLife, sebuah kumpulan software yang sangat dapat membantu anda mengorganisir foto, musik dan video menjadi berbagai macam kreasi keren! iLife membantu pengguna Mac untuk bikin website berkualitas tinggi, buku foto, DVD, lagu, slideshow, CD musik, kalender, kartu, cetakan, podcast, video klip, dokumentari dan banyak lagi langsung sejak keluar dari kotaknya. Sebenarnya, dengan Mac, hambatan terbesar hanyalah kreatifitas diri kita masing-masing. Coba anda beli PC, ok lebih murah, cuman apa yang anda dapat? Kalkulator? Solitaire? Clock?!! Waduh, kasian deh~

    3. Cantik bener…!

    Kami, pemilik Mac, nggak mau komputer kami tersembunyi di balik meja (angkat tangan anda pemilik PC yang menyembunyikan komputer di bawah meja… hehehe). Kami menginginkan komputer Mac untuk terekspose dan berada sedekat mungkin dengan kehidupan kami. Komputer Apple adalah komputer yang terdesain. Bentuk komputernya cantik dan sistim operasinya elegan. Simbadda? Udah lewat deh!!

    4. 114 ribu virus? Nggak ada tuh di Mac. Suer!

    Sistem operasi Mac OS didesain dengan mengutamakan keamanan, tidak seperti Win**** yang tidak di desain untuk bertahan melawan semua serangan kepadanya. Sebuah Mac menawarkan firewall yang built in, tidak “menandakan” keberadaannya di web, dan sangat kuat terhadap serangan setelah dinyalakan. Bahkan, salah satu rekan id-mac ada yang mengkoleksi virus-virus Windows di iBooknya. Bayangkan kalau ada komputer Windows yang terhubung kepada iBook tersebut.. hahahaha, pasti lewat bung~!

    5. Sistem operasi tahun depan, hari ini!

    Karena pada developer sistem operasi Mac OS tidak terhambat untuk memecahkan masalah-masalah seperti virus, worm, malware, adware, dan lain sebagainya yang menghambat para developer tetangga tercinta, para developer Mac OS menghabiskan waktunya untuk membuat teknologi baru yang inovatif dan keren untuk kehidupan kita semua. Seperti layaknya Dashboard widgets, sebuah inovasi yang menawarkan berbagai aplikasi mini hanya dengan sentuhan jari saja. Ngapain nungguin sistim operasi yang baru keluar tahun depan. Itu juga engga yakin keluar tahun depan! Buruan pakai Mac, keburu jenggotan loh.. hahaha…

    6. Prosesor Intel terbaru!

    Dengan menggunakan prosesor Intel terbaru, pengguna Mac adalah pengguna PC tercepat yang ada di dunia. Kadang-kadang, Mac itu sangat cepat sehingga mengejutkan teman-teman di Windows, yang konon selalu menjalankan benchmark terus-menerus. Buat apa susah susah baca majalah review jeroan komputer? Beli Mac aja, udah pasti paling cepet. Ga pusing.

    7. Video chat dimana saja, kapan saja!

    Membuat sebuah sambungan video chat dengan tetangga – atau di seluruh dunia – adalah semudah mengangkat gagang telepon. Di Mac, anda hanya tinggal klik sebuah icon untuk membuat video chat 4 arah, lengkap dengan efek visual yang mengagumkan. Dengan teknologi yang hanya bisa dimimpikan pengguna OS Jendela, pengguna Mac memang jauh lebih asik dengan gambar lebiih jernih.

    8. Lebih banyak kreatifitas dengan foto

    Dengan Mac, anda tidak memerlukan tambahan software untuk membuat sebuah foto album. Anda tidak perlu meninggalkan software organisir foto anda untuk membuat sebuah website. Yang anda butuhkan hanyalah Mac anda dan software iLife dengan iPhoto didalamnya. Kalau di OS lain, terutama di Jendela, untuk bikin ini aplikasi a, bikin ini aplikasi b. Susah bo, bikin ruwet. Mac itu simple dan elegan. =D

    9. Bikin website tinggal sekali ngeklik

    Berapa lama sih waktu yang dihabiskan untuk membuat sebuah video blog di PC? Dengan Mac, anda dapat mengambil gambar dengan kamera terintegrasi, lalu taruh di web dengan beberapa klik saja. Lihat, kagumi, lalu publikasikan. Bahkan, untuk membuat sebuah webserver aja engga perlu satu menit!. Engga percaya? buka aja Tutorial Macintosh.

    10. Nggak ada lagi cari “supir a.k.a. Supir!”

    Coba, kalau pertama kali kita beli sebuah mainan beru, ngapain dulu? Di PC, kita install dulu driver untuk mainan kita. Dengan Mac, kita dapat langsung bermain dengan mainan baru tersebut, colok ke Mac, dan langsung bjalan. Semua tinggal main colok aja, seperti flash disk, kamera digital, iPod, printer, dan banyak lagi. Mac juga bisa browse handphone dengan Bluetooth dan kemara firewire dan sekali lagi, nggak perlu reboot setiap kali ngelakuin itu. Di PC, selesai apa-apa, pasti restart dulu. Buang-buang waktu banget sih!

    11. Keren langsung dari kotaknya

    Memang benar komputer lain banyak yang menyertakan software didalamnya. Akan tetapi, cepat atau lambat anda akan menyadari kualitas software yang ditawarkannya (adalah so-so, kalau kata orang Singapore, hehe). Sebuah Mac selalu membawa software yang sudah terbukti terbaik untuk kelasnya. Ada iLife, Comic Life, Omni Graffle, World Book Encyclopedia, dan iApps seperti Grapher, Terminal, dan masih banyak lagi!

    Mitos Mac

    1. Anda kenal iTunes? Anda kenal Mac

    Anda pernah punya iPod? Pasti anda pernah pakai iTunes. Dengan komputer Mac, anda akan mengenali berbagai fitur umum seperti library, collection, playlist, dan pencari super instan. Jadi, kami bisa bilang, bahwa mengoperasikan Mac itu memang semudah mengoperasikan iTunes di PC.

    2. Anda bisa hidup bersama Mac

    Tenang aja, Mac engga akan menggantikan istri / suami anda (walau dalam beberapa kasus, ini dapat terjadi, hehehe). Yang kami maksud disini adalah, sebuah Mac bisa membaca dokumen apa saja dengan software yang tepat. Oleh karena itu, anda bisa hanya hidup dengan Mac, engga perlu pakai PC lagi. Banyak sekali aplikasi populer yang ada di Mac dan PC menggunakan tipe yang sama, membuat anda nantinya mudah untuk berbagi dokumen dengan teman, atau memindahkan file dari PC ke Mac.

    3. Ya, Mac menjalankan Microsoft Office

    Microsoft Office untuk Mac datang dengan Word, PowerPoint, Excel, semua dengan fitur bahkan shortcut yang sama dengan di PC. Sebagai salah satu pertanyaan umum switcher, ini dibahas lebih lengkap di FAQ Macintosh.

    4. Mac itu tidak lambat

    Dengan menggunakan prosesor Intel Core Duo terbaru, (Intel)Mac benar-benar mempermalukan komputer yang lain. Terlebih lagi, Mac OS “cinta” banget sama inti prosesor kedua tersebut, karena Mac OS X memang sudah mengenali banyak inti prosesor (multi-core processor) dari awal. Cobalah membakar DVD sambil menonton acara TV di iTunes. Tidak ada masalah thu!

    5. Tidak perlu beli segalanya baru

    Printer anda, kamera anda, keyboard dan mouse anda akan berjalan dengan Mac baru anda. PC dan Mac pada umumnya dapat berbagi peralatan bila mereka berbagi standar yang sama, yaitu bluetooth, usb atau firewire. Ketiga standard yang selalu ada di komputer Mac.

    6. Ya, anda bisa jalankan Windows

    Hm, bila anda memerlukan menjalankan sebuah program PC, atau kantor anda membutuhkan anda menggunakan aplikasi khsuus, anda bisa membuat Mac anda menjalankan Windows, dan pada beberapa kasus, jauh lebih cepat dari menggunakan PC. Bahkan, rekan id-mac disini ada yang membuat ulasan lengkap tentang ini. Baca aja di bagian Boot Camp.

    Kenapa Mac bisa begini?

    Kenapa sih Mac bisa begini? Hm, jawabannya mudah dan singkat aja. Karena, anda biasa hidup di jaman batu. Windows, OS yang anda kenal itu (ok, anda mungkin engga semua orang disini pakai Windows, ini hanya perumpamaan), adalah OS yang udah berumur setengah dekade!. Dengan memanfaatkan teknologi tahun 1980-an (Baca: BIOS). Hari ini adalah hari ini, dan Apple adalah perusahaan komputer yang benar-benar melihat dan mengaplikasikan semua teknologi canggih yang ada sekarang ke komputer Mac.

  12. maz says:

    Nimbrung ah…..
    Mau tanya, yg nulis thread ini sebenarnya udah pernah pake/punya MAC belum sih? Saya koq berpikir, jangan2 Anda ini cemburu, :-)
    Kenapa orang rela beli MAC yg harganya ditawarkan jauh lebih mahal? Bukan karena orang itu kaya atau tidak. Kalau kaya-kayaan mah, kaya Bill Gates dibanding Steve Jobs, hehehe
    Sudahlah, saya menganggap Anda cuma tau komputer PC dan membaca forum2 PC. Saya kira kalau Anda pernah mencoba MAC, anda akan tau bedanya.

  13. Prince says:

    huhu gw pemakai 2 system OS yaitu MAC n XP bagi gw kedua os tuh sama2 melengkapi.

    gw maen game kesayangan gw di xp, di mac gw pake bwat product design, movie editor, bwat ngetik tugas2 bikin persentasi.

    Klo di windows gw kena virus, gw pake mac bwat nyari file yg di hidden ma virus.

    klo lagi suntuk gw pake windows bwat dengerin mp3, gw pake mac bwat ngetik2

    so.. jadi saling melengkapi kan.

    klo di bilang hardwarenya mahal ya jelas sebanding dengan kualitas ama daya tahannya.
    prinsip ” Loe musti bayar mahal bwat suatu kualitas ”
    gw ada Ibook jaman jebot 2004 ampe sekarang masih nyala n masih tetep stabil dengan OS Tiger mac. beda dengan Toshiba dengan win dah berapa kali gw service mulai dari modem, keyboard ngerespon lambat,ampe layar nge blank.. nah membuktikan bahwa apapun pasti sebanding dengan harganya.

    gw ga nyebut win jelek ato ga mac hebat tapi segala sesuatu ada kelebihan ama kekurangan. mungkin kekurangan mac dari segi software ga sebanyak windows, tapi bukan berarti windows juara dengan banyak software.
    sekarang mac dah basis dengan INTEL jadi mo di procesor intel bisa di instal yang pastinya lebih greng dari pada windows. nah jelas bedanya dengan hardware sama tapi kok lebih kenceng mac.

    yg pastinya gw suka kedua os itu baik windows ato mac sama2 menunjang kehidupan gw kecuali si F**king LI Nuck.

  14. opensource heroes says:

    @prince
    Dasar orang pikiriannya pendek.
    Eh lo pikir lo buka web, servernya apa hah? LINUX DEBIAN, anjeng, kagak tau apa2 ttg LINUX jangan cari ribut deh. Dasar para pengguna MAC kontol. LINUS TORVALDS pada saat buat kernelnya bisa aja dia lisensi in, tapi dia malahan bagi2 kodenya ke seluruh orang biar bisa dimanfaatkan bersama. Lo pake windows asli ga? Paling2 lo cuma anak kecil yang kontolnya belum disunat yg ngerengek2 minta beliin MAC.

  15. Prince says:

    mo di buktikan silakan pa.. gw ada vista ori, xp ori, mac ori mo apalagi buktinya gw kebeli software.
    hahaha loe kali anak kecil yang belum di sunat yang bisanya pake yg gratisan karna ga da modal wkwkkwkwkwkww…

    I HATE LINUX F*CKING SHIT !!!!!!!

    MO ngadu hayu.. gw siap tandingin loe.

  16. dhe@rt™ says:

    numpang lewat.

    wah kok malah jadi ribut soal linux user ama mac user.

    ikut nimbrung neh.

    berdasarkan pengalaman saya ya. saya menggunakan 3 OS sebagai bahan riset 1 OS dengan 2 varian .

    1. Windows XP dan Vista
    2. Mac Leopard 10.5.5
    3. UBUNTU 8.10

    saya akui semua OS bagus. tapi segala sesuatunya juga ada kelebihan ama kekurangannya.

    bagi keluarga windows baik itu xp, vista maupun nanti keluar windows dengan codename 7 (seven) akan tetap bermasalah dengan yang namanya virus, karena hampir 90% virus menyerang DOS sebagai dasar keluarga windows.

    mungkin karna 90% virus di buat bagi DOS maka berbesar hatilah bagi MAc oS dan juga linux yang berbasis UNIX karna tidak banyak virus yang menyerang UNIX saya tidak bilang 100% Mac Os maupun Linux bebas dari virus.

    bagi pengguna windows dengan segala aplikasinya menurut saya agak susah beradaptasi dengan Linux, tapi pengguna windows masih dapat menggunakan mac os karna kalo saya perhatikan adanya kerjasama antara 2 OS tersebut sebagai contoh dulu mac hanya bisa di instal di PPC tapi sekarang sudah bs di iNtal di Intel, iTUNES dan safari yang berasal dari mac sudah dapat di instal di Windows,dan sebalikanya microsoft office, windows media player pun dapat di instal di Mac os, tapi itu bukan berarti USER FRIENDLY ada di windows saya tidak mengatakan demikian.

    saya mengakui Linux pun sudah banyak perubahan yang signifikan, saya pun melihat perkembangan dari redhat, mandrake, pclinuxOS, mandriva, dll tapi mungkin yang jadi hambatan bagi linux adalah kurangnya sosialisasi nya saja. linux bagus, mac os bagus windows pun demikian.

    Semuanya berbalik lagi beradasarkan kebutuhan dan kebiasaan masing-masing user jadi mau menentukan OS apapun asal berdasarkan keingininan tidak ada masalah. yang menjadi masalah adalah yang saling mengagung agungkan OS yang mereka idolakan sehingga menimbulkan miss understanding.

    karna kebebasan memilih adalah hak pribadi masing-masing dan hak pribadi pun bebas mengeluarkan pendapat atas apa yang telah diraihnya.

  17. vistasucks says:

    Ah sok bijak lo, kutil…. Linux rules. Windows suck, tapi karena kebanyakan penggunanya nggak banyak omong kayak pengguna Mac anjing, gw lebih suka Windows….

  18. M.I.Tech says:

    ini semua soal selera aja boi..!! apa karena lo pake mac lo anggep linux jelek?? kalo soal virus linux juga ngk kena virus. teknologi itu di ciptakan untuk mempermudah pekerjaan brur dan teknologi harus di sesuaikan dgn kebutuhan. kalo kebutuhan gw soal networking apa mac bs menjawabnya?? gw sih blm pernah denger ada server pake mac..

  19. Prince says:

    lum pernah liat mac jadi server makanya browsing2 dong, jangan bisanya cuman liat website Li NUCk doang. wawasan loe kaga maju2 hahahahhahahaa

  20. dhe@rt says:

    wah jadi tambah rame kayanya.

    klo saran saya sih semua kembali ke faktor pribadi masing-masing apalagi dia sudah cocok dengan OS yang di pakainya ya kenapa engga.

    saya sudah jelaskan baik itu mac, windows, maupun linux merupakan sistem OS yang bagus menurut saya. dan semuanya saling melengkapi.

    bagi para pecinta game baik game online maupun game offline pasti lebih senang dengan windows, bagi yang gemar multimedia maupun grafic pasti menggangap dan senang dengan mac, bagi para pemakai networking pasti memilih linux.

    tidak ada yang sempurna di dunia baik itu manusia maupun OS. karna OS buatan manusia juga.

    selama saya bekerja sebagai riset development banyak permasalahan yang menggema karna setiap individu meng agung-agungkan OS yang mereka pakai.

    cukup sekian.

    maaf apabila ada kesalahan mungkin rekan-rekan programer pasti lebih mengerti daripada saya. terima kasih

  21. dhe@rt™ says:

    @Vistasuck

    maaf bukan sok bijak tapi untuk meluruskan saja, karena inti masalahnya ada pada user sendiri bukan pas System Operasinya saja.

  22. devilmustdie says:

    wah” gimana linux mau berkembang liat aja usernya aja pada arogan gitu.

    salah satu alasan kenapa windows n mac jadi pilihan karna managementnya bagus. coba linux merubah cara managementnya lebih arif lagi sapa tau dpt cepet berkembang n diterima di masyarakat.

    oh ya ga usah pake acara AROGAN.

    AROGANSI = KAMPUNGAN

  23. OptimuZzz says:

    Gw setuju tuh ma devil & dhe@rt.

    klo emang tuh OS bagus banget menurut lo, ya kaga usah arogansi ke orang lain juga.
    sebagai contoh loe liat Yahoo Answers tiap ada yg nanya “komp gw kena virus” jawabannya apa ??

    bagi pemakai OS yang baik n termanage pasti membrikan solusi, bukan bilang ” ganti tuh jangan pake windows. pake linux bebas virus” dan itu bukan sekali gw liat.

    orang membutuhkan solusi bwat system OS yg di dia pake bukan OS yg orang pake di jadikan solusi.
    itu yang namanya diem2 ?
    gue ga pernah baca 1 pun klo ada user windows kena virus ga pernah ada yg nyaranin. “pake mac aja kk” tapi user yang make mac pun memberikan solusi bwat pemakai windows.

    loe bisa liat sendiri kan perbedaanya.
    ga usah ribut2 lagi lah ga jaman apalagi ampe bilang orang sok bijak padahal dia emang bener 1 hal. mungkin Linux bebas virus tapi dia ga bebas dari management orang arogan.

    perbaikin dulu diri2 loe pada baru nyaranin pake OS yang katanya bebas virus tuh. klo perlu loe minta negara bwat pake Linux bahan acuannya, gw jamin instansi banyak ga mau.

    inget ga ada OS se-superior yang loe2 banggakan.

  24. Cumi~ says:

    dah lah gini aja

    ” loe suka loe pake, loe kaga suka tinggal buang”

    gitu aja repot.

    @opensource Heroes

    kayanya loe sirik kaga kebeli software resmi ampe pake opensource ya.

    @Prince

    Wah kata2 loe musti di jaga neh ntar malah bikin permasalahan yg serupa

    @M I. tech

    sejauh mana loe kenal linux?

    bwat yang baru pake linux akhir” ini ga usah banyak ngasih komentar baru bisa belajar aja dah ngomongnya selangit, cari tau dulu ada apa di linux.

    sekarang gw tanya LINUX TUH BUAT SIAPA ??

    @dhe@rt™

    namanya kaya ga asing lagi. riset dimana om ?

    @OptimuZzz & devilmustdie

    Emang bener segala sesuatu musti di manage dengan betul hingga terdapat suatu kesimpulan apakah memang OS tersebut lanyak di pergunakan apa tidak.

    @vistasuck

    emang loe tau seluk beluk mac ? apa karna faktor kesirikan karna loe ga bisa pake mac?

    windows & mac user!

  25. apy says:

    ada apa nih rame2? hehehe, mantab nih thread dah setahun lebih masih rame. :D

  26. black_sonic says:

    Wah..
    Kalo masalah OS aq mah ngikut aja…
    Ada windows ya di pake (Sudah terhipnotis, dan terbodohi)
    Ada linux ya dicicipi (Gratis buat belajar, buat macam” dink asyik beud!!)
    ada mac (Waduh lagi pake mac skrang, mantapp!!)
    Cenderung pada linux ma mac aja dech masih 1 keluarga unix..
    Kalo wedhos eh, windhus nich os buat belajar apa buat maen game ya?? :lol: Tapi asyik juga winshit, karena winshit banyak duit karena sering install ulangin punya orang… Hahahahaha

  27. m45k02 says:

    pada belagu tuh semua…kyknya bill gate,steve jobs,linus torvalds dg os nya masing2 biasa2 sj tuh…kalian2 semua tggal pakai sj pd ribut…..CUMI semua!!!!!!! yg pny duit lbh bl mac,yg kantongnya cekak pk wedhus…yg mau gratisan linux…beres….manusia belagu mmng tmnya setaaaaaannnnnnn….

  28. kyoshiro says:

    kata siapa linux ga ada virus gaul makanya loe2 pada! baru bisa pake linux aja belagunya setengah anjing!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now