Entertainment

20th Century Boys

Saturday, 23 June 2007

Overview

Membaca 20th Century Boys bagi saya seperti menonton film Hollywood karya Tom Clancy. Twist demi twist mengalir seru tanpa terasa dibuat-buat. Ditambah lagi ensemble karakter yang luar biasa banyak plus detail-detail latar belakang mereka. Twentieth Century Boys karya Naoki Urasawa ini memang menyuguhkan tema biasa seputar politik, teori konspirasi, dan kejahatan terorganisir.

Urasawa menulis kisah ini bersamaan dengan Monster, karyanya yang juga bestseller. 20th Century Boys banyak terinspirasi dari cerita-cerita Stephen King, terutama It dan The Stand. Judul 20th Century Boys ini diilhami dari sebuah lagu berjudul sama oleh T-Rex.

Synopsis

Menjadi dewasa tidaklah semudah yang Kenji bayangkan. Terlebih lagi dia harus menjaga toko swalayan waralaba bersama ibunya. Seakan itu tidak cukup, Kenji juga harus merawat Kanna, anak perempuan dari kakak perempuannya yang menghilang secara misterius. Kenangan masa kecil meringankan bebannya, sampai pada suatu hari…. kenangan itu menghantuinya dengan cara yang tidak pernah dibayangkan Kenji sebelumnya.

Kenji dan teman-teman masa kecilnya terseret ke dalam sebuah konspirasi misterius yang akan mengancam dunia. Siapa sebenarnya “Friend” yang misterius itu dan apa hubungannya dengan masa kecil Kenji? Mengapa kematian-kematian dan hilangnya orang-orang tertentu secara misterus selalu mengarah ke Universitas Ochanomizu? Kenangan masa kecil mereka justru menjadi kunci untuk memecahkan puzzle, namun usia dan waktu menggerogoti ingatan mereka.

Kejadian-kejadian aneh seputar organisasi “Friend” terus muncul seiring kemajuannya yang absurd. Puncaknya adalah malam tahun baru 2000. Apakah Kenji dan kawan-kawan berhasil memecahkan puzzle dan menyelamatkan dunia?

I think

Cerita ini sungguh patut dibaca. Semakin dalam terlibat di kisah ini, semakin penasaran untuk membaca kelanjutannya. Dan yang membuatnya unik adalah alurnya yang berupa penggalan-penggalan cerita yang saling overlap pada saat tensi atau ketengangan memuncak. Kemudian yang tidak kalah menarik adalah bagaimana Kenji dan teman-temannya berusaha menggali kepingan-kepingan masa lalu untuk mengungkap kebenaran saat ini. Pertanyaan demi pertanyaan selalu muncul di tiap bab. Kok ini begitu? Ini siapa? Wah ini pasti begini… Loh loh? Tapi kan dia…?

Buat pencinta Manga, pokoknya jangan lewatkan komik yang satu ini. Terjemahan Bahasa Indonesianya juga sudah tersedia di toko-toko buku. Plus film ini rencananya akan diadaptasi jadi live action. Pasti keren!

21 thoughts on “20th Century Boys

  1. iqbal udah gak kece lagi says:

    ihhhhhh… ko tau 20th century boys?????
    keren banget tuh!!! gw punya mangascannya.. gapenting:P hehehehe
    bentar lagi kaos dengan logo 20th century boys meluncur ke pasaran distro underground pecinta manga dan anime :))

    nice synopsis.. copy paste ya?

  2. apy says:

    Kopi paste sih engga, cuman dari berbagai sumber dan ngarang sendiri aja hehehe. Soalnya saya sendiri juga pencinta berat 20th Century Boys ini. Iya, mangascannya baru sampai 22, biasanya sih kalo nyari di http://www.stoptazmo.com

  3. Hamdiy says:

    Hell yeah, keren emang.. GWe juga bacanya di mangascan, huhu.. abisan nunggu versi Indo lama, ditambah lagi, gwe udah ga indo sekarang,, males banget klo harus baca komik pake bahasa Malaysia, gyahaha..

  4. iqs says:

    udah baca manganya naoki urusawa yang berkolaborasi ama – god of manga – osamu tezuka?
    judulnya atom!
    kerennnnnnnnn!!!!!
    ceritanya mirip2 ama 20th centuryboys cuma aga dark.. temanya klise.. robot lawan manusia..
    wajib baca tuh!

  5. iqs says:

    salah! bukan atom judulnya! tapi pluto! maap.. soalnya ada atom disitu.. maap

  6. titiw says:

    Hihihi.. kagak ngerti sayah.. dasar orang2 manga.. beda sama saya yg orang Makasar.. (ditimpuk kerikil sama Hamdun, mas ang dan ikbal ampe semaput.. argh..)

  7. apy says:

    Iya saya lihat reviewnya. Jadi seluruh Astro Boys universe digunakan sebagai latar belakang ceritanya Naoki Urasawa. Pengen banget baca sih sayang di stoptazmo.com belon ada. Kalo ada boleh lah kita diberi :D

  8. iqs says:

    mau? boleh.. nanti saya bongkar dulu cd burning-an manga saya dulu :p
    btw the name is iqbal with “q” not “k” hahahahahahaha…

  9. apy says:

    Wah boleh lah kita bertukar manga.

  10. iqs says:

    hahaha.. boleh.. boleh…
    tambahin review manganya lagi dong :)

  11. titiw says:

    Hihihi.. iya ikbalq sayang, hehehehe.. (ngeselin..)

  12. 20th Century Boy bacaan yg ga boleh dibaca waktu puasa,,,bisa kesel bacanya, krn dibawa bolak-balik alurnya….hampir sama kaya Monster sih, mesti sabar. sayang siapa sebenarnya sahabat ga ketauan dgn jelas,,,,Fukube kah, Katsumata yg diisukan tewas wkt kecil di lab dulu, apa split personality si fukube?

  13. Xrs says:

    halo semuanya,menurut gw 20th century boys itu keren banget..tp sayang endingnya… =(
    tp katanya lanjut ke 21th century boys ya? dah spoiler tu di beberapa situs…

    oiye,pd kepikiran ga? kalo menurut gw,20th century boys itu,mirip sama situasi dunia skarang…”sahabat”nya itu Amerika-zionis…mulai dari perang dunia smp konspirasi 9/11..

    cuma ga tau.yg jadi Kenji siapa….

    rsrsrsrsr

  14. atit says:

    kereenn..
    suka bgt..
    ada yang udah nonton filmnya?

  15. titiw says:

    Ng.. Ok, Mas ang, gw baru baca komiknya yg bahasa endonesa 1-7!! Kalo ada manga scannya gw pinjem yakk.. Penasaran.. Tumben2nya guah doyan komik ginian.. Ah, semua komik atau film mah kalo bacanya dr pertama ngerti2 aja yak..

  16. Angga says:

    saya belum nonton filmnya. penasaran banget nih!

  17. gilang says:

    Saya sudah nonton filmnya, katanya mau dibuat trilogy. Bagian pertama so far so good sih. Yang pemeran Kenji lumayan mirip sama yang di komik, cuman tampangnya ga terlalu ‘Kenji’ sih

  18. ~CnN~NeAR~ says:

    wkwkwkwkwkkwkwkwkwwk gw seneng bngt akhirnya bisa nametin 20th centuryboy tp sebenarnya 20th century boys blm tamat soalnya kita blm tau siapa sebenarnya sahabat sooo! jadi ada lanjutannya yaitu 21st century boys sayangnnya belum diterbitin di indo makanya kalo mau baca 21st century boys di http://www.onemanga.com (tapi komiknya texs nya bahasa inggris)

    1. titiw says:

      OK. Thanks buat linknya yaa… :D

  19. ~CnN~NeAR~ says:

    SAMA~SAMA

    ayo kita main kenji

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now