Titiw Inside

The Partition… Sorry dear we have to part for our own good.

Friday, 29 June 2007

Seorang manajer dari bagian keuangan dengan tergopoh-gopoh datang ke ruangan IT. Seperti biasanya ruangan IT lainnya, disitu terhampar berbagai pernak-pernik komputer. Keyboard-keyboard berdebu, printer macet, floppy rusak, monitor-monitor tabung tua, mouse serial, kabel jaringan, tank, obeng dan segala jenis jeroan komputer lainnya.

Manager (laki-laki muda, 35 tahunan, rambut rapi, dasi garis-garis vertikal):
“Mas, tolongin saya dong, laptop saya kena ngehang, kena virus apa kenapa ya? Tolong ya, nanti habis makan siang saya balik lagi kesini. Makasih lo sebelumnya, Mas…”

Staff IT (laki-laki, umur 27 tahun, rambut gondrong najis, nggak terlalu ceking, kacamata, baju polo tulisan Linux, mukanya kusam pucat):
“Eh… iya iya Pak, udah dari kapan nih Pak rusaknya.”
The Business movie download
Ah sial, lagi buka bluefame ganggu-ganggu aja nih orang. Buset nih laptop keren banget, baru 2 bulan kerja disini dah jadi manajer dia, korupsi kali ya dia. Gw dah lama disini gini-gini aja…

Manager:
“Hmm, yaah kira-kira baru aja nih, tadi saya mau pake untuk liat email saya, tiba-tiba hang begitu. Yaah pokoknya saya serahin ke Mas deh, saya percaya deh pokoknya.”
Ugh mudah-mudahan dia nggak liat foto-foto gw lagi sama sekretaris baru itu. Gw dah hidden fotonya sih… tau ah gw makan dulu.

Staff IT:
(Memeriksa semua bagian laptop dengan seksama) Hmm, dari fisiknya sih nggak papa keliatannya. Baterei ada, bekas jatuh nggak ada… eh tapi tunggu, bercak apa nih diatas keyboard? Bleargh… hueeek… apa nih? Sapa yang buang-buang sperma disini? Duh terpaksa gw harus pake sarung karet nih.
(Menyalakan komputer) Ini nyala kok… harddisk berisik, agak lambat memang… proses booting lelet… tapi registry oke, nggak ada yang mencurigakan. Damn… 80 GB untuk laptop sekecil ini, nggak dipartisi pula. Pantes agak lambat, padahal RAMnya 1 GB.

Oke sebaiknya ini dipartisi dulu deh…
———————————————
Partisi adalah pemisahan harddisk menjadi beberapa bagian. Terdapat dua jenis partisi yang umum di DOS dan Windows, yaitu primary dan extended. Sebuah harddisk mampu menampung maksimal 4 primary dan 1 extended. Di dalam extended partition bisa terdapat banyak logical partition. Secara teori jumlah logical partition tidak terbatas, namun Windows secara efektif hanya mampu menampung sebanyak hingga huruf Z. Extended partition berguna untuk memisahkan harddisk ke banyak drive.

Mengapa partisi? Partisi sepintas hanya membuang-buang tenaga dan waktu. Tapi partisi sebenarnya amat berguna. Setelah dipartisi, drive anda akan bertambah sesuai dengan partisi yang anda buat sebelumnya. Anda bisa menyimpan file anda di semua drive yang anda suka. Windows biasanya menentukan drive C sebagai drive dimana folder C:\WINDOWS berada. Folder ini berisi semua setting dan konfigurasi mesin atau komputer anda.

Jadi seandainya komputer anda terkena virus atau seandainya terjadi error di instalasi Windows anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengkopi semua file-file penting anda ke drive selain C, berarti bisa D, E, F, dan seterusnya selama itu masih di Harddisk anda. Setelah itu format ulang bisa dilakukan tanpa merusak struktur drive-drive lainnya, kita bisa menentukan cukup drive C saja yang akan diformat. Drive-drive setelah C akan utuh, jadi file-file anda aman.

Sip…. partisi kelar, komputer jadi nggak lelet lagi nih… hmm, ini file apa ya? Dilihat dari namanya yang berseri ini dari kamera digital kayaknya. Coba gw buka… pake apa ya? Hmm ACDsee aja deh….. GYAAAAAhhh, apaan nih… kaskus sama bluefame pindah kesini? Wah ini kan sekretaris goblok itu? Sial, gw posting deh di kaskus… mampus lo Pak Manager!

← Next Post

4 thoughts on “The Partition… Sorry dear we have to part for our own good.

  1. iqs says:

    haha ngocol! waktu kerja di sebuah business ceter, gw juga sering tuh!

  2. titiw says:

    Eh eh eh.. mau partisi komputer nih.. cara detailnya gimana yaaa..?

  3. anggit says:

    Kalau mau partisi super gampang bisa install partition magic 8.5 yang bisa didownload disini kalau belum punya.

  4. Carilagump3 says:

    gak cuma aril, pak manager juga..hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now