Titiw Inside

Abece Lima Dasar

Sunday, 1 July 2007

Kalo yang merasa orang Indonesia aseli pasti tau permainan bocah-bocah esde : Abece lima dasar. Permainan ini simple najis, para pemain cukup menentukan katogori2 yang akan dimainkan. Biasanya bocah2 memilih kategori estede yang gampil-gampil : Nama, Buah, Benda, dan Hewan. Dulu, saking seringnya eiks maen abece lima dasar, eiks sampe apal kudu ngejawab apa, misalnya: nama benda paling susah dari hurup E, jadinya pasti samaan sama yang laen, kita pasti pada nulis : Ember. Kalo hewan dari E : Entok, kalo buah dari E: Enau. Kalo udah bgini kagak bakalan dapet nilai cepek, karna semua pemain memiliki ide dan kreativitas cetek tersebut.

Spirit yang dianut para bocah esde pemain abece lima dasar sama dengan spirit peserta olimpiade fisika yang berjuang sampe titik darah penghabisan. Malah kertas nya sampe ditutup2 in pake buku yang didiriin gitu biar ga dicontek oleh kompetitor, yaah terkadang anak kecil emang lebih hiperbol…

Seyogianya, permainan ini memang dimainkan anak2 esde, namun ada beberapa orang dewasa kurang kerjaan yang masih memainkan permainan indang. Bisa ditebak, salah satunya adalah diri saya sendiri. Waktu kuliah dulu (serasa tua amat..), partner maen abece lima dasar gua adalah vera sama titiw. Selain lihai berkaraoke, mereka ini juga profesional dalam bermain abece lima dasar. Saya memiliki prinsip : kadang seru tidaknya permainan itu bukan dilihat dari jenis permainan itu sendiri, tapi juga tergantung siapa yang memainkannya, termasuk tingkat kewarasan pemain ybs.

Pada suatu hari yang indah, gua sama titiw maen abece lima dasar pas mata kuliahnya si kusut, kalo ga salah dasar-dasar penelitian something gitu lah…

Karna kita ga mau level permainan disamain sama anak esde, maka kita pun meng-upgrade permainan ini dengan mempersulit kategori, yaitu film, iklan, dan artis. Awal2 sih permainan terasa normal layaknya manusia pada umumnya..namun sesampainya kita pada huruf R untuk kategori artis, gua menulis Rhoma Irama, dan guess wat, si kucing garong itu nulis aja : Rica Rachim, yaaah suami istri aja gituuuu..padahal gua tadi mau nulis Ricky Ricardo…betewe kayaknya masih banyak deh artis masa kini yang bisa disebutin.

Setelah cekikikan dan mules2 nahan ketawa, permainan pun berlanjut. Suasana makin menegangkan.

Sekarang giliran hurup O. Adooh otak mulai berpikir keras, apaan nih film dari huruf O ? tiba2 selera jadul jijay gua keluar…jaman esempe dulu, pulang sekolah gue suka nonton RCTI yang lagi menayangkan pilm2 jadul spt pilemnya Warkop DKI, Suzana, Ateng & Iskak, Darto Helem, dan kawan sejawat nya…Namun ada satu pilem yang gua kaga ngerti maksud, tujuan, dan motivasi dibuatnya film itu…

Judul filmnya :Orang-orang sinting. Lo pasti pada tau kan? pasti ada yang pura2 kagak tau….kalo anda pemerhati pilem jadul Indonesia sejati kudu tau dong. Kalo ga salah salah satu pemainnya adalah si Monos ato siapa gitu…ceritanya tuh tentang seseorang yang gila dan dirawat di Rumah Sakit Jiwa. Namanya di rumah sakit jiwa, maka banyak adegan2 ga mining yang dilakukan oleh orang2 giling tsb. At the end, ternyata tu orang kaya kebangun dari mimpi setelah tertidur di bawah pohon. GUBRAAAAAAAAAAAAAKKKK, mo nangis gue kalo inget2 detik2 gua menonton pilem itu…

Back to the game, akhirnya gua put tuh “orang-orang sinting” di kategori film, dengan persiapan segudang argumentasi ke titiw bahwa pilem itu bener2 exist dan bukan khayalan gue semata..pokoknya kalo dia kagak tau, gua bakalan deskripsiin sedetil2 nya!!! kalo perlu gua sms in produsernya.

Emang dasar aja takdir mempertemukan ide najis gua dengan kreativitas kacrut nya dia, dia nulis kategori film dengan judul pilem yang SAMA…yaitu orang-orang sinting. Amit-amit jabang bayi…

Abis itu kita dipelototin anak2 karna ketawa melewati batas wajar.

Bhuaahahahhahah….. lumayan juga lah buat menyegarkan suasana yang garing di kelas…

← Next Post
Previous Post →

14 thoughts on “Abece Lima Dasar

  1. apy says:

    Fwaahahaha, game klasik sepanjang masa nih. Harusnya dikembangkan dan dibuat kuis TV nya ya, yang maen orang2 tua gitu pasti seru.

  2. thalique says:

    PAzti nge post tulisan ini terilhami dari iklan Indovision di radio ya mbak..!

  3. widya amelia says:

    iklan indovision yang mana yak? gua tau juga kagak, hueheheh….sebenernya sih eike terinspirasi dari pengalaman dodol gua sendiri, tentunya bersama cewe gila yang namanya dijadiin web address inih. Nah, pengalaman2 sinting inilah yang paling enak buat dijadiin bahan blog. Gituh….

  4. apy says:

    iya.. setuju mba widya, pengalaman sinting emang enak disimak… gw ketawa-tawa melulu liat ini blog gemblung banget. ayoo nulis donk.. ditunggu tulisannya.

  5. thalique says:

    bearti si mbak widya dengerin radionya bukan i-radio, soalnya sering banget tuch iklan itu..yang isinya anak kecil lagi maen abece lima dasar..tapi topicnya nama hewan purba (dinosaurus) gitu…ah sudahlah ga penting mendhing surfing di sini !!

    hehehe

  6. titiw says:

    Ih.. iklan indovision yg norak itu wid.. gak logis banget. Masa anak2 kecil men abc 5 dasar tentang nama2 latin binatang2 purba gitu!! it doesn’t make any fuckin sense!!
    Eh tergantung juga.. siapa tau anak jaman sekarang emang lebih gemblung daripada kita.
    Btw lagi wid.. kau lupa menambahkan kalok pas kita men abc itu, di kategori film/sinetron, huruf L keluar,, dan kita juga sama2 nebak “Lika Liku Laki Laki Laki”!!!
    Lali lili lilala… (ost sinetron itu..)

  7. thalique says:

    Anda benar Titiw..!! Berarti sering denger radio dikau..Pinter bener !!!(nada Iklan Indonvision itu)

    Wah dulu tebak-tebakan kami dikampung paling banter merk mobil atau nama bus atau angkutan yang lewat di depan rumah..hahaha..kalah jauh ya dengan anak-anak di iklan itu !

  8. anggitpy says:

    kangen bgt sama artikel2 model gini disini :D

    1. titiw says:

      Kapan2 nyampah lagi aaah.. Soalnya tulisan2 nyampah lebih lama mikirnya daripada yang seriyes.. x)

  9. Passerby says:

    Wah koplak! :D
    Mbatiw sama Mpok Jwalla Ponappa solmet banget tuh #thumbup
    Trus-trus kena semprot ama si Kusut gak? #oops #salahfokus :p

    Jadi inget jaman dulu juga men abece-abecean, tapi kagak ditulis. Dulu-duluan jawab, yang gak bisa njawab dicoreng areng or dicemong bubuk kapur #nostalgila :D

    1. titiw says:

      Wah ini pasti penggemarnya widya yaaa.. anak2 badminton yaa? :)) makasih udah mampir.. :)

      1. Passerby says:

        Hehehe, sebenernya ogut fans situ juga kok #ihikihik :D
        Apalagi jij gravatarnya caem, mengingatkan eik pada Bic Runga nyang ngehits pas era esempekuh #oops #gagalgombal :p

        Oke, ini completely random dan mungkin juga udah kadaluarsa pakek banget, tapi berhubung lagi ngomongin Mbawid, eik mo kasih big thanks ama jij coz udah bikin doski buka pintu hati, eh gembok twitternya. Jadi bisa ngikutin kegilaan kelian lagi deh #peace :D

        Waduh, jadi ngacaprak. Men abecean aja yuuuuuk…
        Penyanyi cowok dari huruf G! Sapa hayoooo :D
        Have a good day ya Mbatiw
        Syukur deh tahun ini (lagi-lagi) ente terhindar dari razia hewan kurban #peace ;)

        1. titiw says:

          Aih bukan main Valeria. Bic Runga itu yang nyanyi Sway kan?! Ahahahaha.. jaman sekolah banget tuh. Eh jangan2 kita seumuran?! :)) Iya si Widya aku paksa buka gemboknya biar bisa lala lili lagi sama fans2nya kayak situ. Have a nice day juga kakaaak.. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now