Titiw Inside

An Extremely Simple Home Networking

Friday, 13 July 2007

Let's Network

Biasanya nih sekarang selain punya PC Desktop kita juga punya PC Laptop. Laptop berguna banget untuk kita yang mobile. Misalnya mengerjakan skripsi, tugas, atau mungkin ada deadline artikel di majalah tertentu. Desktop berguna untuk pekerjaan yang lebih berat dan bisa dikerjakan di rumah. Nah, suatu saat kita pasti ingin mentransfer file baik dari laptop ke desktop atau sebaliknya.Emang sih, selalu ada solusi transfer mudah seperti menggunakan USB Flash Disk atau Thumb Drive. Tapi seberapa besar sih, kapasitas Flash Disk itu? 2 GB? Bagaimana kalau kamu ingin mentransfer file video/musik/multimedia lain yang super besar itu? Pastinya kan lebih dari sekedar 2 GB.

Caranya gampang, solusinya adalah menggunakan jaringan sederhana. Disebut jaringan karena PC laptop dan Desktop akan terkoneksi melalui sebuah media, dalam hal ini kabel. OK, here’s the checklist:

Pastikan kedua PC memiliki Ethernet Adapter atau LAN Adapter. Bentuknya seperti dibawah ini nih. Perhatikan colokannay deh, mirip sama modem kan? Cuman ini bukan modem. Biasanya di laptop dan desktop keluaran 5 – 6 tahun belakangan ini sudah dilengkapi ethernet adapter, jadi kamu pastikan colokan seperti di bawah ini ada. Kalau misalnya nggak ada (biasanya di desktop), beli aja harganya murah kok. D-Link 100 Mbps harganya cuman Rp. 60 ribuan.

Ethernet Adapter

Belilah kabel UTP Cat-5. Tapi biasanya di toko-toko komputer cukup bilang kabel LAN atau kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), mba-mba nya dah ngerti kok. Bilang aja sama mba nya minta dikrimpingin sekalian dengan jenis krimpingan Cross. Apapun yang terjadi, bilang aja sama mba nya cross, yakinlah sumpah deh. Jangan peduliin apa kata si mba. Jenis krimpingan ini akan kita bahas lagi nanti kalo nggak capek ngetiknya. Kalau ditanya berapa meter, kamu sebutin aja secukupnya. Dikira-kira aja berapa meter jarak yang kamu inginkan dari laptop ke desktop kamu. Semeter kabel Belden USA harganya Rp. 3.000,- an dan konektornya Rp. 3.000,- sepasang. Ongkos krimping biasanya gratis. Kabel UTP yang sudah dikrimping seperti dibawah ini. Lucu kan warna-warni hehehe.

UTP

Langkah selanjutnya cukup mudah. Masukkan ujung UTP yang satu ke desktop dan yang lainnya ke laptop. Pastikan konektor masuk ke lubangnya. Dorong terus perlahan sampai terdengar suara klik, persis lah seperti nyolokin kabel telepon. Nyalakan kedua PC.

Kemudian langkah ini agak tricky nih. Tapi tenang aja, nggak susah kok. Di PC desktop: Goto Start —> Control Panel —> Network Connections —> Local Area Connection —> Properties —> Klik kanan di Internet Protocol (TCP/IP).

TCP/IP set

Di bagian IP Address kamu isi: 192.168.1.1
Di bagian Subnet Mask kamu isi: 255.255.255.0 (biasanya sih otomatis)
Setelah itu Klik OK, kemudian klik Close.

Di PC laptop, lakukan hal yang sama, cuma IP addressnya yang berbeda menjadi:
IP Address: 192.168.1.2
Subnet Mask: 255.255.255.0

Nah, selesai jaringan kamu sudah terbentuk. Sekarang tinggal memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan. Setelah kedua PC tersambung, banyak sekali yang bisa kita manfaatkan untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari kita, seperti berbagi file, berbagi printer, berbagi sambungan internet.

Selanjutnya… berbagi file menggunakan jaringan.

← Next Post
Previous Post →

4 thoughts on “An Extremely Simple Home Networking

  1. thalique says:

    sipp..sippp…makin meriah dan informatif web nya dech..di tunggu info kuliner nya haha (dasar pikirannya perut melulu)..!!

  2. Bayuz says:

    Thanks buat infonya. Tapi gw ada 2 PC, n baru aja langganan internet via kabel, nah masalahnya biar 2PC itu ada koneksi internet gimana sih caranya? Oh ya modemnya pake kabel Lan, tapi portnya cuman atu…
    Apa ada konektor adaptor untuk kabel lan seperti konektor kabel telepon ?
    Thanks dulu sebelumnya….

  3. lala says:

    loh mas ang,bukannya 192.168.1.1 itu router lynksys ya?

  4. Thanx Bro… mbantu bgt. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now