Entertainment

Cara Menjelek-jelekkan Anak Musik

Monday, 30 July 2007

.!.

Sekarang ini banyak banget aliran musik yang sebetulnya merupakan cabang dari aliran musik sebelumnya yang telah lama ada. Suka atau nggak suka, suatu hari kita akan menghadapi, menjumpai, bahkan bersentuhan dengan para pemuja aliran musik itu. Kadang-kadang ehehehe maap yak, kita orang Melayu ini kurang pas dengan dandanan macam itu. Lebih mantap kalau kita pakai Peci, bukan begitu Mak Cik? Hehehe. Anyway ini cuma lucu-lucuan loh, no hard feeling.

Emo, short for emotional banyak mengusung lirik-lirik cengeng di latari oleh musik rock yang biasanya simpel, cuma gitar, bass, dan drum. Kebanyakan yang nyanyiin sih band-band dengan personil yang masih muda belia nan segar. Menurut saya musik ini adalah apresiasi ABG untuk hal-hal yang terutama tidak disukainya. Atau kalaupun temanya tentang menyukai sesuatu, mereka mengungkapkannya via kata-kata negasi, jadi lebih depresi kedengerannya. Ngomong-ngomong banyak juga lo yang salah eja jadi imo, terus tukang cukur kamse di daerah komplek saya ini punya abreviasi sendiri tentang imo, yaitu indies mohawk (Gabruukkk).

Kata yang tepat untuk emo: “Iiih lo kok mau sih pacaran sama anak emo? Kan labil, mendingan sama gw anak mami, diurusin dan sehat.” Ucapkan dengan nada santai, tenang dan stabil sebagai ungkapan untuk melawan anak emo yang suka teriak-teriak.

Hip-hop. Musik ini umumnya banyak memiliki beat, tempo cepat, dan biasanya dinyanyikan oleh orang kulit hitam Amerika, walaupun nggak semuanya, tapi musik ini identik banget sama orang Amerika berkulit hitam keturunan Afrika. Liriknya sih bervariasi, dari sekedar cinta monyet sampai yang berbau politik. Kadang-kadang tidak nyambung tapi yang penting memiliki rima supaya asiik dan cool kedengerannya. Kadang-kadang disertai tarian yang menarik tapi lebih sering cuma kental-kentul kayak di kaki para penyanyi hip hop ini ada per keongnya.

Kata yang tepat untuk hip hop: “Ah gw juga bisa bikin musik kayak gitu, bikin aja musik banyak beat, terus bikin lirik yang banyak rimanya, terus kental kentul, jadi deh gw artis hip hop. Musik sama nyanyi ga perlu nyambung, yang penting keren.” Ucapkan dengan jumawa sambil kedua telunjuk menunjuk-nunjuk ke segala arah seperti menodongkan pistol. Kalau perlu kental kentul sedikit.

R and B. Aaahh ini dia nih. Musik jenis ini menurut saya mesum banget. Sebetulnya ini cuma musik ballad simple bertempo rendah yang di hampir seluruh bagian lagu ini diberi beat. Kebanyakan sih bertema cinta dengan nuansa lirik yang mesum. Video klipnya biasanya cuma gambar artis R&B yang sedang memamerkan kekayaan dan kejayaannya, entah itu dengan mobilnya, di rumahnya, atau sedang bercengkerama dengan gadis-gadis hitam berpakaian minim. Banyak sih yang walaupun liriknya bagus dan cukup mengena tapi video klipnya nggak nyambung. Yang penting pamer.

Kata yang tepat untuk R&B: “Are you gonna sing or are you just wanna go bling bling on TV? Get your black ass outa here. Mah (my – red) TV is for the real singer, not some car salesman. Yeah, go git (get – red)  your momma to milk you.” Ucapkan dengan nada sarkas dan mencibir.

Punk. Penikmat musik jenis ini sebetulnya nggak terlalu suka-suka amat sama musiknya. Mereka cuma ingin berada di komunitasnya. Mereka ini mengklaim diri anti kemapanan dan suka melimpahkan kemarahan mereka dengan kegiatan vandalisme. Walaupun motif mereka bernuansa politik, tapi mereka sendiri tidak tahu apa arti politik. Mereka cuma enjoy marah-marah dan meluapkannya ke lingkungan sekitar mereka sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Kalau emo cengeng karena cinta dan kegiatan sehari-hari mereka, punk ini boleh jadi cengeng karena nggak suka sama sesuatu yang sudah mapan dan well established. They argue, but with rage not with facts. But it’s also true kalau ada juga band-band punk yang punya irama ciamik dan slow dengan lirik protes yang subtle — itu baru namanya protes.

Kata yang tepat untuk Punk: “Mas, belajar dulu yang bener Tata Negara kalau mau jadi anak Punk, Pak Yusril (Yusril Ihza Mahendra – red) lagi nganggur kok sekarang sapa tau dia buka les privat belajar Ilmu Tata Negara.” Ucapkan dengan nada intelek. Letakkan tangan di kantung celana seakan kita orang penting.

← Next Post
Previous Post →

77 thoughts on “Cara Menjelek-jelekkan Anak Musik

  1. Ale says:

    duhh.. gw baru tau yang namanya emo baru2 aja, denger musiknya pun belum pernah!
    jadi berasa tuanya, sebeeelll….
    berkat mbak titiw jadi sedikit punya gambaran nih sama yang namanya emo!

  2. titiw says:

    Ehehehe.. ini tulisan temenku yg namanya mas Anggit le.. This is our site, cuman karena dia orangnya sok introvert (introvert kok sok), mangkanya site ini memakai namaku. Pokoknya kalo penulisnya “titiw” itu aku, kalo penulisnya “apy” itu mas anggit. Gituh..
    Hihihi.. aku juga kurang “ngeh” sebenernya.. yg mana sih musik imo? yg di pikiran mah kalo dgr musik imo, adalh anak2 umur 15-26 dengan dandanan rambut yg aduhai serta celana ketat merekecet yg bisa menyebabkan pek-tay.
    Tapi aku mah gak mau jadian ama anak punk, soalnya anti kemapanan.. aku kan mau cowo tajir nan mapan yg bisa menghidupi diri lahir dan bathin. Amin. (najis ah tiw..)

  3. kak rahmat says:

    eh…
    jangan sembarangan ya…!
    gua anak emo tauuuuu

  4. Gaga says:

    Wah sehati nian sama diriku yang kurang suka ma EMO, R n B, N Hip-Hop…

  5. iqs says:

    punk isn just music honey… u may be right, kalo (orang) indonesia maenin lagu punk dengan lirik indonesia jadinya… hhhhhhhh…..

  6. iqs says:

    tapi jaman sekarang style seseorang kadang ga mencerminkan musik yang mereka mainkan/dengarkan.. ada yang berdandan ala rnb tapi musiknya pop mendayu kepunyaan tante betharia sonata.. ato ada yang berdandan ala punk tapi musiknya dangdut.. ato bahkan ada yang berdandan ala 80’s tapi musiknya malaysian rock semisal exist.. yaaahhh kenyataannya emang kaya gitu.. looks can be deceiving..

  7. thalique says:

    Satuju…iya kadang orangnya tampang sangar dan garang lagunya melow ga ketulungan..istilahnya “Tampang Rembo Lagu Rinto” haha

  8. titiw says:

    Laahh.. sudahlah.. genre yg paling okeh ituh sudah dipastikan adalah rock-pop melayu emo-tional!! Exist, iklim, slam, search, de el el.. “Engkau bagai air yg jernih…” (suci dalam debu by iklim.Red)

  9. gimbal says:

    kalau musik reggae gmana Om and Tante?
    *sambil gibas-gibasin rambut gimbal*

  10. apy says:

    kalo anak reggae gampang, ngebaks aja deket dia tapi jangan dibagi baksnya… pasti dia stress.

  11. titiw says:

    Syaaahaaahaaa.. bener banget tuh mas ang. Biar mereka setress.. huahahaha..

  12. gimbal says:

    bagz-bigz-bugz….
    sedot sana.. sedot sini, isep sana- isep sini.. *mata merah sayu sambil manyunin bibir*

    uppsss lupa… bulan puasa, jaga hati dan tindakan.

  13. apy says:

    gyahahaha, sekali-kali ke tempat kita tinggal. this is the land where baks is equal to smoke.

  14. gimbal says:

    “sekali-kali ke tempat kita tinggal. this is the land where baks is equal to smoke”

    hahahahaha it sounds nice ras, would you give some??? hmmm harum… awkawkakawkawkaw

  15. titiw says:

    Iya.. meski kita berdua bukan pengonsumsi bags bigs bugs ini, kalimat “this is the land where baks is equal to smoke” sangat tepat pengimplementasiannya di sini.. Sila untuk berkunjung..

  16. chellon says:

    emang lw bisa bikin ‘beat’nya..?
    semudah menjulurkan lidahkah..?
    :-(

  17. oGix says:

    emO tHu kren baNgeT. . .!
    gw cinta bangEt ma emo dan gak mau citra emo drusak ama orang yang gaK ngerti apa thu emo sbenernya.
    klo untuk sTyle yang agak-agak nyeleneh itu cuma buat pencarian jati diri dan ciri khas,, gak jauH beda dengan anak metal yang kebanyakan rambut panjang sambil ngacung2in jari meTAL. mereka nganggap itu sbagai ciri khas mereka walopun kebanyakan juga gak ngerti apa artinya thU..
    mnurut gw emo thu emosi yang ada dalam diri karena tertekan dalam kehidupan, sperti cinta, keluarga, masyarakat, sekolah, sosial-politik dll gak melulu buat lagu melo komersil kayak ungu. . Anak emo buat lagu lebih dari hati dan emosi yang terpendam.. .
    sesuai namanya EMOTION, . . .!!!

    –> Hihi.. tenang mas, eh mbak, apa sus? oh itu namanya EMOTION, kalo :) atau ;) atau :p namanya EMOTICON..

  18. JuLIanTi says:

    duh..masih gak ngerti apa itu emo??…

    T.T

  19. reggae bro pling enjoy musik tu damai!!!!

  20. gw... says:

    heh,, klo gak ngerti mending gak usah bikin definisi sendiri deh..

    –> Iyah, makasih atas masukannyah loh mas gw, apa mbak? apa jeung? ah, kalo sus lebih enak kali ya..

  21. abcde says:

    Ngaca dulu baru ngomong.. oke?
    merasa jago?
    bisa bikin musik hebat?
    ga taw apa-apa jangan ngomong..
    wokeeh..?

  22. emo_girl says:

    anjik loe………
    sok tau soal emo……
    bukannya gak bener banget kita ngehakimin sesuatu yang ngak kita pahami……..
    kalo berani kenapa loe nggak nyoba emo-style?????
    jangan cuma tau gambus….
    loe pahamin dulu emo-style baru loe ngebacot……
    MULLUTMU HARIMAUMU……
    _eMo iS tHe bEsT_
    FUCK U titiw_anjienk

  23. ironepunx says:

    maaf saia kurang sependapat dengan artikel anda tentang PUNK……
    ndak bener kalo anak punk ndak terlalu suka dengan musiknya,justru lewat musik mereka menyuarakan isi hati mereka!!!!
    sedangkan KOMUNITAS adalah sarana berkumpul bagi para PUNKERS.

    kayaknya terlalu picik kalo anda bilang anak punk tidak tahu politik,cobalah anda berbaur dulu dengan anak punk baru anda bisa menulis ANAK PUNK TIDAK TAHU POLITIK,sebaiknya anda turun ke lapangan dulu sebelum menulis artikel.

  24. evescent says:

    wakakakakaka… panas…panas…(sfx gigi) wekekekekeke….
    tabok hajar tikam culik
    lampiaskan semua nya nak!
    music itu apresiasi
    jng peduli org lain
    ga usah permasalahin music org lain
    JUST LISTEN!
    lagian cuma lucu2an
    keep rocks dude!
    klo ga suka lo culik terus lo buang di tol
    klo lo suka ketawa
    joker musuhnya batman aj punya selera humor, masa kalian ga punya….?
    Sayang sekali….
    wakakakakaaka

  25. mookie... says:

    emo adalah subkulture musik dari hardcore yg dimana hardcore sendiri adalah subkulture dari punk….

    jd ga da yg nama nya EMO KID…..

    karena emo itu sendiri adalah SUBKULTURE MUSIK DARI HARDCORE

  26. mookie... says:

    emang sok tau yg bkin nii…

    belaga paling tau tentang emo n punk….

    mending diem ajj klo ga tau….

    orang2 kaya kalian yg bkin orang berpandang negatif sama musik2 underground…

    aNJING LU BE2…..

    KONTOL….!

  27. apy says:

    Gyaahahaha, kocak2 nih komennya. Kenapa ya kalau udah menyinggung identitas diri, atau sesuatu yang kita idolakan di kritik, pasti kita tersinggung. Mungkin suatu hari kalau dah pada tua. Kita cuman ketawa2i aja nginget2 knp ya gw bisa kasar waktu gw suka sama aliran musik itu ya.

  28. Emo setau gw musik buat orang2 yg ga Labil…suatu saat bisa bunuh diri!!!
    paling asik ya anak reggae..DAMAI coy, melayang2 gitu deh..uhukk..uhukk (sambil bax)..!!

  29. mendingan sekarang tuh Lo2 pada dengerin musik2 agama..biar tambah religius!!!
    KIAMAT SUDAH DEKAT kawan…!!!

  30. preacher says:

    Betul sekali bung Rahmat. Sebaiknya kita tingkatkan Iman dan Ketaqwaan kita dengan lebih mengamalkan nilai-nilai agama. Haaiii pemuda-pemuda emo yang labil, jadilah yang stabil dan berbudi. Hai pemuda R and B, hindarilah perilaku ria atau suka pamer. Jangan cuma bisa pamer mobil, sebarkanlah harta kamu untuk yang membutuhkan. Haaiii pemuda punk, kalian adalah anak-anak yang mengerti politik. Buatlah dunia ini menjadi lebih baik, buatlah sebuah sistem dan jangan lari dari kemapanan. Haii pemuda Reggae, ihihihi, bagi dikit donk baksnya. Uhuukk. Mantaaabb…

  31. Idham cinta musik indonesia says:

    oi boy..!! pada ngk ngerti apa yak ini cuma untuk lucuan2 aja.!! Emo aja di banggain.. Punk aja di banggain.. kamu suka musik dengarkan dan nikmati.!! Aku suka Bang Haji Oma Irama..

  32. Saint says:

    lw orang kyana gk ska bgt ma musik yeh,genre musik orang kok d kritik2
    atau mgkin lw doyan lagu pop ye,pntesan dr tadi gw liat ga ada lagu pop yang d kritik.
    blajarlah menghargai orang

    tapi santai aje bozz gw jga kya lw bgitu ska nak punk,kya ngerti aje tuh bocah2 poltik negri ini

    tetep dangdut……………………………stll be my nation anthem

  33. lala says:

    Izinkan Zayaaaa…..*bang rhoma*

    tertawa !!!! JUAGAGAGAGWAAKAKKAKAKAKA

  34. lala says:

    sebenarnya sih gw ga terlalu memasalahkan apa yang jadi selera musik orang2…tapi yang bikin gw “ngga banget” itu ya busananya…

    misalnya anak2 band jaman skrng pake celana street yang superketat buat masukinnya aja d licinin pake kantong kresek…lagian buat apa pake celana gtuan nyempit2in p***s aje tar impoten luh…trus rambutnye…rambutnye di poni ga jelas…jadi buat nutupin muke biar kalo di liat di angle2 tertentu bisa di ganteng2in…

  35. Cockney Boy says:

    EMO itu adalah musik paling sampah yang pernah gw denger….
    gw setuju banget sama yg nulis,buat yang gak suka buat apa marah2,terima aja kalo musik yang lo suka itu sampah!!!!!
    ngakunya nge-rock tapi cengeng!!!
    Punk ya punk,hardcore ya hardcore,kalo EMO?apaan tau!!!sok tau lo tentang subkulture2-an!!!punk terlalu bagus buat jadi bagian dari subkulture-nya EMO,mimpi apa sex pistols,the ramones,iggy pop etc kalo mereka tau punk merupakan bagian dari subkulturenya EMO, ga kebayang gw,betapa tololnya orang yang nulis tentang subkulture itu…
    cuma menang style,eh salah deng malahan ga punya,stlye paling MONOTON yang pernah gw liat,ah pokoknya katro deh EMO….eh lo yg pada anak2 EMO terima aja deh kalo musik lo ga ada nilai seni dan jualnya….gw sih sebenarnya suka semua musik tapi kalo buat EMO najis tralala!!!
    kalo hitler benci bgt sama yahudi,gw benci banget sama yang namanya EMO…jgn sampai holocous kejadian buat anak2 EMO hahahahaaha!!!!!!!!
    lo bilang crhis carraba itu bagus?kalo menurut lo dia dewa di EMO lo itu,tapi kalo menurut gw dia itu cuma seorang musisi GAY amatir yg coba memainkan musik sampah!!!

    “I HATE EMO VERY MUCH”

    “Cokney_Boy”
    from london

  36. lala says:

    ^
    ^
    ^
    wah sarap @_@

  37. greessss says:

    ea ea ea sepertinya topic ini mulai memanasss

  38. apy says:

    dah sana pada sekolah, nge band melulu. kayak laku aja, mendingan gw denger kangen band daripada emo. gyaaahahaha, paling nggak mereka laris…

  39. whitedemon says:

    wah wah wah gara2 modem indoshitM2 rusak gw jadi ngga tahu ada rame2 begini!!! BOLT!!!!!!!!!!!!!!!

  40. whitedemon says:

    woooii eoooi yang diributin apa sihh resse amat mau emo kek mau punk kek semua music enakkkk!!! EMANGNYA GAMPANG buat lagu… apa lagi sampe jadi hits??? bs nya cuman mengolok2 aja bisanya!! sementara elo elo duduk manis di depan tv melihat para emo-ers manggung elo cuman duduk saja sambil makan kripik kentang + ngatain mereka lagi dasar sack of potatoes!!!

  41. Ivan ganteng says:

    dari tadi emo, r&b ama punk truss mana ni hip hop ?

    asal lo tau y7a ,

    hip hop itu musik orang yang cerewet eh salah bagus!

    n hip hop ada persamaan nya sama reggae ,

    sama2 suka bucks , ( BUAT SEMUANYA NAMANYA TUH BUCKS BUKAN BAKS >

  42. preacher says:

    wah lo yg salah bro. kalo nggak ngerti ga usah sok2an deh. baks itu berasal dari bakar kemudian disingkat menjadi bak kemudian ditambahkan s jadi baks.

  43. Cockney Boy says:

    yang bener baks lah…
    bucks lo kira starbucks

  44. titiw says:

    Hyahahhaha.. baks.. BAKSO??!! gw jadi pengen makan baksonya pak gendut nih..

  45. black_sonic says:

    EMO?? Tuch panggilan emak ya?? :lol: kayaknya di laptopq udah kata “HARAM” buat kata itu..Hihihihihi…
    Yang cuma komen gag tau aliran lo apa, mending lo ikut ALIRAN SUNGAI aja.. Hahahahaha

  46. Didien says:

    Ah… melihat komen2 diatas… membuat saya ingin menyanyikan sebuah lagu… dengarkan kawan-kawan…

    manis di bibir memutar kata
    malah kau tuduh akulah segala penyebabnya
    siapa terlena pastinya terpana
    bujuknya rayunya suaranya
    yang minta simpati dan harapan

    Syubidu bidu…

    (Terima kasih Tuhan, telah menghadirkan exist…kikikik..)

  47. servo says:

    servo says
    fucking emo
    style nya sekarang nyrempet2 ke gothic n ngeclaim klo mereka juga anak gothic, tai anjing lah emo, maybe ni kya boomingnya ska pada wal taun 1998, cepet naik daun pasti cepet ngilangnya, so tunggu aja musik emo y musik kontemporer lah.
    ne gw dpat blog dari tetangga sebelah semoga tidak disalh gunakan

    MINGGU, AGUSTUS 10, 2008
    EMO?? FUCKING EMO
    arti EMO !!!

    Diawal tahun 2005,gw mengenal suatu musik yang oleh kebanyakan orang disebut EMO/SCREAMO. Dari situ gw mulai tertarik untuk cari tau, Tanya sana-sini, cari Mp3 nya, malah gw pernah bikin band dengan influence dari band-band seperti yg ada di bawah ini. teruz APA SEBENARNYA “EMO” ITU & SIAPA SAJA BAND-BAND YANG MEMAINKAN MUSIK EMO!!! Jujur,pertama kali gw (Dan kebanyakan orang tentunya) mengira band-band Emo Tuh Seperti :

    THE USED
    FINCH
    STORY OF THE YEAR
    MY CHEMICAL ROMANCE
    TAKiNG BACK SUNDAY
    FROM FIRST TO LAST
    FALL OUT BOY
    DASHBOARD CONFESSIONAL
    SAOSIN
    FUNERAL FOR A FRIEND
    HAWTHORNE HEIGHTS
    MATCHBOX ROMANCE
    SILVERSTEIN
    UNDEROATH
    ALESANA
    CHIODOS
    ALEX IS ON FIRE
    ATREYU
    36 CRAZY FISTS
    A STATIC LULLABY
    AIDEN
    A CHANGE OF PACE
    and another shitty band like those band ;p

    Rasa pengen tau gw ama emo gak berhenti sampai disitu aja,gw terus dan terus menggali lebih dalam tentang emo, setelah browsing sana-sini… ikut berbagai macam forum diskusi, sharing dengan banyak teman (kebanyakan di Philipine dan Malaysia), akhirnya gw nemuin MUTIARA!!! Thankz God !!!

    Yang waktu itu gw anggap sebagai band Emo ternyata SALAH BESAR!!! Kesimpulan yg gw dapat adalah, EMO…Sub-genre dari Hardcore-Punk Musik, muncul pertama kali diawal tahun 1980 an, tepatnya di scene DC Hardcore Punk !!! Band yang mengawali “Gelombang Emo” saat itu adalah : RITES OF SPRING Trus di “populerkan” oleh MOSS ICON, THE HATED, JULIA, UNION OF URANUS,INDIAN SUMMER dll. Emo sendiri udah “mati” di pertengahan tahun 1990 dan emo gak akan pernah jadi SUB-CULTURE…Karena emo TIDAK MEMPUNYAI suatu “Movement / Pergerakan” yg akan mereka perjuangkan, Tidak Seperti PUNK dan HARDCORE (Tapi skrg udah banyak band-band Emo yang mengangkat tema POLITIK dll. Seperti LA QUIETE, AMANDA WOODWARD, etc)

    Jadi, NGGAK ADA yang namanya Emo-Pop, Emo-Punk, Emo-Metal, Emo-Goth, Emo-core, Emo-rock, Emo-Coustic (ada sebagian orang menyebut ini sebagai sub-genre or Evolusi dari Emo) , and another shitty things !!! Karna apa??? Karna, Emo itu Sudah menjadi AKAR (sub-genre) dari Hardcore Punk musik, gw ulangin, dari Hardcore Punk musik!!! Gak ada kan “akar” dari suatu “akar”?!!? Gampangnya gini, PUNK—HARDCORE—EMO…Emo dari Hardcore, dan Hardcore dari Punk. Jelas???

    Cuma SCREAMO yang bisa jadi Sub-category dari EMO itu sendiri. Pada dasarnya,Emo dan Screamo sama aja, sama2 berunsur CATHARSIS (Menyenangkan orang yg mendengarkan) dan masih mempunyai Hardcore ETHIC, itu unsur yg harus dijaga oleh band-band emo,karena mereka berasal dari Hardcore. Hanya saja, klo kita lihat dari segi sound nya, Screamo lebih Chaotic + Lebih banyak Scream nya jika dibandingkan ama band-band emo kebanyakan (Coba dengerin INDIAN SUMMER, truz dengerin ORCHID / P.99), dari situ kalian bakalan tau apa BEDA antara musik EMO dan SCREAMO ;) Lirik juga kebanyakan tentang “kemarahan” dibungkus dalam suatu Epic dan sesekali tentang cinta (Tapi TIDAK cengeng), seperti “Venus & Bacchus” nya SAETIA), karna band-band Screamo seperti :

    AMPERE
    CIRCLE TAKES THE SQUARE
    P.99
    JOSHUA FIT FOR BATTLE
    ORCHID
    LOVE LOST BUT NOT FORGOTTEN
    SAETIA
    JEROME’S DREAM
    HASSAN I SABBAH
    THE APLOPEXY TWIST ORCHESTRA
    USURP SYNAPSE
    CITY OF CATERPILLAR
    ENVY
    DAITRO
    NEIL PERRY
    YAPHET KOTTO
    WELCOME THE PLAGUE YEAR
    SINALOA
    FUNERAL DINER
    KAOSPILOT
    ENVY
    THE KODAN ARMADA
    HOT CROSS
    FINGER PRINT
    1905
    LA QUIETE
    AMANDA WOODWARD
    ANGORA STATIC
    ANTIOCH ARROW
    ANGEL HAIR
    ASS FACTOR 4
    I, ROBOT
    I WOULD SET MYSELF ON FIRE FOR YOU
    DEAR DIARY I SEEMS TO BE DEAD
    I WROTE HAIKUS ABOUT CANNIBALISM IN YOUR YEAR BOOK
    HEROIN dll.

    Ter influence dari Sounds Hardcore Punk + Grindcore (Grindcore kan juga termasuk salah satu sub-genre dari Hardcore).
    Emo itu Sendiri Kependekan dari EMOTIVE HARDCORE !!! BUKAN EMOTION / EMOTIONAL HARDCORE !!! Disini Telah terjadi kesalahpahaman, Emotional (Dari segi Lirik) yang SEHARUSNYA berarti LUAPAN KEMARAHAN akan SUATU KETIDAK ADILAN malah di artikan sebagai RENGEKAN CENGENG DEPRESI DIRI karena PUTUS CINTA, atau sesuatu yang berhungan dengan MENYIKSA DIRI SENDIRI dan berakhir dengan BUNUH DIRI!!! SESUATU HAL YANG MENYEDIHKAN DAN TIDAK BERGUNA SAMA SEKALI!!! jika kalian menganggap itu sebagai emo, Lebih baik kalian buat band POP aja!!! Seperti KANGEN band. Tapi vokalnya teriak2 kayak FINCH dll. Hahaha

    Disini, for Basically, Kita harus mengerti klo emo tuh Sub-Genre dari Hardcore Punk (Kapan yah gw capek ingetin ini???)… Emo/Screamo tetap menganut filosofi DIY (Do It Yourself ) dari Punk itu sendiri. Jadi, emo TIDAK BISA menjadi “sesuatu” yang MAINSTREAM, Tetapi band – band emo yang seperti gw sebutin di atas itu BISA POPULER seperti hal nya band-band MAINSTREAM lainnya!!! Thankz to God for leading me to the Truth !!!

    EMO = STYLE / GAYA HIDUP ??? guyz, kalian SALAH BESAR!!! Emo itu HANYA suatu Sub-genre musik!!! Gak lebih!!! Apalagi kalo kalian sampai mempunyai pikiran / pandangan seperti : EMO IS LOVE or EMO IS A WAY OF LIFE or EMO IS SOUL and another dumbass though… guys, itu hanya akan membuat kalian semakin terlihat bodoh!!! Sorry bgt klo gw ngomong seperti ini…but, that’s the fuckin truth guyz!!!

    Jika kalian mengerti Akar dari Emo dan apa itu arti emo sebenarnya, maka kalian akan paham suatu hal, Memang sudah seharusnya TIDAK ADA ISTILAH “emo kid”, “emo girl”, “emo boy” atau istilah2 goblok lainnya yang gak ada hubungannya ama Emo!!! Dan juga kalian akan paham bahwa emo tidak ada hubungannya dengan Sexual activities seperti GAY, LESBI, or BISEX!!! Coz EMO/SCREAMO IS JUZT SUB-GENRE from HARDCORE (Charged with PUNK).

    Oke, gw udah share sebagian yang gw tau tentang “what the heck is emo???”…gw harap temen-temen yg ada di forum (dan baca tulisan ini) jadi mengerti apa itu emo yang sebenarnya, dan mulai BISA BERHENTI untuk bilang kalo THE USED, FINCH, ALESANA, dll itu adalah band-band emo/screamo (itu sangat2 memalukan)!!! Karena gw bakal seneng liat anak2 muda Indonesia mengerti apa itu emo, tidak Cuma sekedar ikut2an trend yang lagi IN (sudah saatnya Indonesia “sembuh” dari penyakit FALSE EMO, FASHIONCORE, TEARSCORE, dll.) seperti yang diciptakan oleh MTV bangsat dan MEDIA-MEDIA lain yang ngawur dan gak tau apa2 tentang Emo!!! Kalo ada yg mau diskusi tentang EMO musick ato segala sesuatu yang berbau Hardcore, silahkan! Bukan kah GROUP ini dibuat agar kita sharing satu sama lain (mskpn sekali2 mencela&mencemooh hihihi) dan untuk pencerahan akan sesuatu??? Iya kan??? Karena gw lebih senang berdiskusi dengan banyak orang daripada dengan 2-3 orang yang sudah gw kenal !!!

    So, keep educating yourself guys!!! DIY or DIE !!! Cari sesuatu dari sumber yang jelas, pelajari, dengarkan dan pahamin apa yang kamu percaya (musik maksud gw), diskusikan dengan teman2 kalian, trus sebarkan apa yang kalian tau!!!

    Jadi orang “keras kepala” itu bukanlah suatu kejahatan, kalo bisa jadilah orang yang “keras kepala” tapi TAU apa yang kamu pertahanin!!! Jangan Jadi orang yang “keras kepala” tapi tidak tau apa2!!! C’mon guys, itu suatu kebodohan tingkat tinggi!!!seperti…(gak perlu gw sebutin disini nama orangnya, gak etis) Hahaha

    Oke then, Everybody is a Winner !!!

    See…Semua yg gw tulis disini MURNI dari pikiran gw, berdasarkan DEBAT sana-sini, TUKER PIKIRAN dgn beberapa orang!!! THIS IS FUCKIN ORIGINAL!!! NONE OF THIS WAS PLAGIARIZED!!!

    dari sumone beralamt di:
    http://emotion_me.blogs.friendster.com/emotion_me/2007/11/arti_emo_.html

    Diposkan oleh Nuputz di 06:55

  48. apy says:

    mas kalo lagunya exist sama iklim emo bukan?

  49. didien says:

    Mas Apy… justru lagunya exist, iklim, search, wings, XPDC adalah cikal bakal lahirnya myuzic emo. Seperti apa yang dituliskan rekan titiw dalam komentarnya bahwa emo adalah kependekan dari emo-tional atau emo-tion menurut rekan oGix. Suatu bentuk penumpahan emosi, kepedihan dan kecengengan. Dan seperti kita tau, tidak ada yang lebih bisa mentranslasikan emosi kedalam bentuk lagu sedahsyat iklim atau exist.

    Bagi pencinta emo, coba liat video klip iklim disini, atau disini untuk versi karaoke-nya. Saleem menyanyikan suci dalam debu dengan penuh emosi yang mendalam. Soul-nya dapet banget. Setara sama James Brown pas nyanyiin Sex Machine di Woodstock 99. Soul-nya muncul karena mereka emang pernah bener-bener ngerasain apa yang mereka nyanyiin. Kepedihan, sakit & luka. Pedih karena cita-cita Saleem buat jadi nelayan yang berjaya harus kandas. Dia harus jadi asisten tukang masak, merayap-rayap dari bawah sebelum jadi penyanyi legendaris. Pernah ngalamin perceraian dan dinginnya penjara. Pengalaman dan kepahitan hidup bener2 tergambar di garis2 mukanya.

    Coba bandingin sama anak2 emo jaman sekarang.. macem fall out boy, my chemical romance, the used ato alone at last buat lokal indo-nya. Mereka cuma nyanyiin kecengengan dan kepedihan semu. Anak bau kencur kemaren sore. Kalkulus juga masih ngulang.. Liat aja mukanya, alus-mulus-terawat-tanpa-jerawat. Pasang poni setengah lempar sama eye shadow biar keliatan garang (dikit). Kepedihan yang mereka rasain cuma karena gak dapet jajan, ceweknya direbut orang, gak naek kelas, ngulang mata kuliah berkali-kali, gak dibeliin motor sama bokap karena blom punya sim. ah… cemen…

    intinya adalah… iklim is the real EMO! Wahai band-band yang mengaku emo, belajarlah dari iklim! he he he..

    (nyantai ah.. kok pada serius sih.. :D)

  50. titiw says:

    @didien: bo.. aku salute sekali atas komenmu di atas ini nak.. Sangat komprehensif dan mengharu biru. Gini2 juga aku lumayan apal lagu suci dalam debu, ahahhaha.. Hidup IKLIM!!

  51. didien says:

    Hail IKLIM…! Hail IKLIM…! he he he…

  52. toby.garzo says:

    aahhhh…. macam betull saja kalian semua

    pokoknya hidup musik

    hahahahahahaha

  53. toby.garzo says:

    @ emo girl :

    “anjik loe………
    sok tau soal emo……
    bukannya gak bener banget kita ngehakimin sesuatu yang ngak kita pahami……..
    kalo berani kenapa loe nggak nyoba emo-style?????
    jangan cuma tau gambus….
    loe pahamin dulu emo-style baru loe ngebacot……
    MULLUTMU HARIMAUMU……
    _eMo iS tHe bEsT_
    FUCK U titiw_anjienk”

    PENGARUH EMO-NYA KLUAR huahuahuahua
    santai kali mba…

    btw lo tau ngga musik gambus apaan?? lo membanggakan musik dari luar negri tapi ngga perduli sama musik dalam negri termasuk musik tradisional sama aja boong dul..

    musik tradisional indonesia asal lo tau sangat dipuja sama orang-orang luar negri terutama(penulisan part), masa orang luar negri lebih ngerti musik dalam negri kita?? malah bisa mainin lagi hahahaha… dicolong baru deh kebakaran jenggot..

    makanya ngga usah terlalu emosional lah hahaha lagi pula ini kan cuma buat fun…^^

    BTW contoh tuh si Servo….. bravooooo

    @ ironpunk :

    “maaf saia kurang sependapat dengan artikel anda tentang PUNK……
    ndak bener kalo anak punk ndak terlalu suka dengan musiknya,justru lewat musik mereka menyuarakan isi hati mereka!!!!
    sedangkan KOMUNITAS adalah sarana berkumpul bagi para PUNKERS.

    kayaknya terlalu picik kalo anda bilang anak punk tidak tahu politik,cobalah anda berbaur dulu dengan anak punk baru anda bisa menulis ANAK PUNK TIDAK TAHU POLITIK,sebaiknya anda turun ke lapangan dulu sebelum menulis artikel.”

    nah bung yang satu ini jauh lebih kalem di banding yang emo emo itu tadi hehehe…

    bung ironpunk,masalahnya mungkin ngga semua komunitas punk mengerti akan politik. di deket rumah saya ada komunitas punk kalo gua liat yah, mereka itu sebenernya ngga tau apa2 selain masih pada muda2 mungkin mereka menganggap itu cuma tren aja untuk bisa mendapatkan pengakuan dari publik ato temen2-nya..

    mereka mungkin cuma menangkap beberapa hal aja dari referensi musik mereka yang mereka punya/denger/lihat.. mungkin ngga salah juga kalo pandangan orang terhadap komunitas punk agak miring, soalnya yang gua liat dan gua tau mereka suka “malak” dan hasilnya dipake buat beli hmm let say drugs (ngelem,botti,dll) sebenernya sih ngga masalah buat gua asal ngga mengganggu orang lain tapi nyatanya kadang malah suka bikin ribut hehehe..

    yah sebenernya semua tergantung sama tingkat intelegensi mereka juga sih.. tapi kan ngga semua nya begitu.. bukan begitu bung Ironpunk?? hehehehe

    tapi seru nih hehehehe jadi pengen nyanyi juga bareng sama bung didien..

    Embuuuunnnnnnn-Embuuuuuunnnnn paaaagggggiiiiiiiiii………..

    hahaha^^

  54. ironepunxs says:

    @titiw
    bener kalo anda katakan NDAK SEMUA komunitas punk mengerti akan politik.
    salooooottttt……..
    tapi alangkah baiknya jika argumen anda itu anda tuliskan di artikel anda di atas.
    di artikel anda,anda menuliskan bahwa Punk. Penikmat musik jenis ini……
    secara nggak langsung anda udah men JUDGE semua anak punk…..

    no offense

  55. jadul says:

    i don’t like emo. It’s kinda shit.

  56. dimz says:

    FUCK PUNK, REALLY ASS HOLE, BULLSHIT WITH EMO…

    LIKE A DUMB MOTHER…

    ASS HOLE

  57. Elder Goth says:

    Anak2…kalo ngga suka sama salah satu jenis musik, ya jangan menghina, diam aja kenapa sih?
    Kayak om nih, suka sama jenis gothic, darkwave, ebm. tapi ngga komen ama musik yang om ngga suka.

  58. FUCK THE HATERS says:

    FUCK THE HATERS&FUCK YOU’RE SELF HATERS,KALO KAMU MANUSIA JGN MENGHAKIMI SESAMA MANUSIA,LIAT DIRIMU,APA YG SEMPURNA ??? KEPARAT!!!!AGAHAGHAGHAAHA…

  59. FUCK THE HATERS says:

    MAKAN KERTAS DAN PENSILMU DAN MUNTAHKAN TERIMA KENYATAAN KAMU ITU,KAMU MENGHAKIMI ALIRAN MUSIK DAN GAYA HIDUP MEREKA….BERUNTUNG KAMU TERLAHIR DENGAN ORGAN TUBUH SEMPURNA,BAGAIMANA DGN YG TIDAK SEMPURNA ???APA KAMU AKAN MENJELEK2KAN MEREKA JUGA ???DASAR MANUSIA YG TIDAK TAU DI UNTUNG….

    http://www.urbandictionary.com/define.php?term=punk
    http://www.urbandictionary.com/define.php?term=emo
    http://www.urbandictionary.com/define.php?term=goth
    http://www.urbandictionary.com/define.php?term=gothic
    http://www.urbandictionary.com/define.php?term=black+metal
    http://www.urbandictionary.com/define.php?term=death+metal

    1. titiw says:

      well hei.. sepertinya kita ada tamu baru.. oke.. thanks anyway udah ngasi link2 definisi ini ya mas.. (eh apa mbak? sus? jeung?)

  60. FUCK THE HATERS says:

    PAHAM ????!!!!FAHAM ???!!!!

  61. cockney boy says:

    I’m Back…. 1 kata dari gw buat anak2 EMO an**ng lo semua!!!
    knapa lo harus marah2 sih,kalo emang musik lo sampah,ya terima aja-lah ga usah marah2 kaya gitu,kan tambah lagi beragam jenis musiknya ada musik roxk,pop,sama musik lo tuh musik sampah hahahahaha!!!!!

    @Fuck The Haters :
    Emangnya penting buat gw… buat orang2… untuk ngebaca link2 sampah lo itu…??? GAK PENTING.. GILLLLAAAA!!!
    pasti lo tipe cowo yg gendut2 abis yang gak pernah keluar rumah,ga pernah clubing,gak pernah ketemu cw,cuma masturbasi doang bisanya..
    gw ini orang yang sangat haters sama EMO(emo anjing!!!)jd kalo lo bilang fuck the haters.. ELO ITU BERURUSAN SAMA GW!!!!
    untuk membenci sesuatu kan hak setiap orang, apalagi buat benci sama orang KAYAK LO!!!!! ITU HAK SEMUA ORANG BANGET..

    salam kandang anjing, jing..

  62. penikmat musik says:

    buat cockneyboy anjing loe………….
    qm asal bacot aza..
    pahami dulu apa arti emo..
    jgn cm bisanya bacot ga karuan……

    MAKIN KEPARAT AZA NEY ORANG ..
    NGANGGAP BAND ORANG LAEN SAMPAH..
    EMANG KARYA APA YG DAH QM BUAT…
    SAMPE2 KARYA2 ORANG LAEN QM ANGGAP SAMPAH….

  63. cockney boy says:

    eh yang punya nick namenya penikmat musik denger ya,gw ga sembarang bacot njing!!!!!
    gw ga perlu pahami arti emo itu ap,emg penting buat gw untuk tau apa dari sampah yg lo sebut EMO itu?gw keparat kata lo,eh njing banyak ya keparat2 di dunia ini,jd emang gw keparat,malahan gw keparat tingkat tinggi..puas lo KONTOL,trs kalo gw keparat ga suka lo?
    emangnya karya apa sih yang lo buat,gw jg mw tanya ke lo?kalo EMO itu lo sebut karya,itu salah njing itu SAMPAH!!!!!

    EMO=SAMPAH

    EMO=SAMPAH

    EMO=SAMPAH

    ngerti lo?pasti ngerti lah kalo lo emang bener2 orang tp kalo lo ANJING pasti ngga ngerti…jd lo anjing apa manusia? kalo gw rasa sih lo itu ANJING!!!!!!

    salam damai dari gw peace!!!!

  64. prizer says:

    wah jangan kehasut deh, ini web cuman provokator doang. apalagi authornya ga jelas gitu. coba lebih smua lebih lebih terbuka (open minded ) jelas web ini merupakan web PENGHASUT yang malah membuat kesalahan persepsi di berbagai pihak, saya berniat melaporkannya agar web ini di close.

    –> Kan maen deh bung yg satu ini. Apakah kamu kacang? (baca: Are you nuts?!) Mungkin, bung bisa baca di sini tentang identitas author web ini. Jadi ya dibaca dulu lah sebelum dikasih komen. Kalimat pertama malaikat buat nabi Muhammad aja IQRA. Berarti baca itu penting kan? Lagipula.. Bukannya situ yg nggak kasih identitas asli?

  65. butoijo says:

    @prizer..
    Waduh masa gitu aja dilaporin mau di close. Cuma musik doang, di dunia ini masih banyak masalah yang jauh lebih berat. Semua orang kan bebas ber-opini. Coba di negara maju seperti Inggris, bahkan pemimpin negara, Ratu dan keluarganya sering dibuat bulan-bulanan. Nah anggap aja web ini pers amatiran. Sebagai bacaan alternatif. Menambah wawasan kan? Dan saya pikir ada juga beberapa poin di tulisan ini yang benar – walaupun memang agak kontroversif cara penulisannya. Tapi memang blog seperti itu kan? Cenderung subyektif. Jadi saya pikir kalau anda ingin melaporkan dan menutupnya mungkin anda juga harus menutup banyak blog di dunia maya ini yang kurang sesuai dengan opini anda.

    –> Yak, kurang lebih apa yg mau saya bilang ke bung prizer di bawah ini sudah terjawab sama.. bung butoijo. Terima kasih, dan jangan ganggu2 timun mas lagi ya..

  66. The Manchurian says:

    Eh buat bung prizer,yang PROVOKATOR itu elo bukan web-nya,lo kira lo siapa ngapus2 web orang…terserah orang mw berpendapat,baik kasar maupun halus namanya jg watak orangkan berbeda,ada juga elo yang harus lebih open minded pro dan kontra itu biasa bung di negeri ini,kalo lo ga mw ada pro dan kontra jangan hidup lo sekalian,MATI aja lo!!!!
    satu lagi kalo banyak orang di negeri ini yang pikiran-nya sempit dan picik kaya lo,makin ancur aj deh bangsa ini…sekali lagi mendingan lo koreksi aja diri lo,dari pada lo mw ngapus web orang,lo kira gampang buat web!!!
    dasar TOLOL!!!

  67. IbenEMo says:

    heeee anjing2 yang banyak bacooot nyebuuut emoo sembarangan
    mereka hanya merasa terskiti dann pribadinyaa yang perlu disempurnakan.,.,,,taiii loe yang nagtsen emooo.,.,.,anjing semuaaa..,.,
    EMO is the best.,.,.????
    damn shit hAters,.,,.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  68. butoijo says:

    Emo tuh seharusnya ditulisnya begini: Imo = Itil Monyet. Haahahahaha Mampoes

  69. Cockney boy says:

    @ibenEmo yang paling anjing!!!!!
    emangnya gw peduli sama mereka yang tersakiti dan pribadinya perlu di sempurnakan?malah lebih baik binasa aja tuh apa yg lo sebut EMO itu…GOBLOK dasar!!!

  70. lala says:

    @ Fuck The Haters :

    If Einstein is the one who doing this,He’s a bastard than?

    @ Prizer :

    Are you a fuckin WordPress admin?prove it bitch!

    RAMBUT EMO = GA BEDA JAUH MA GARPU

    Misalkan GWA GA TAU kalo MOLDY ITU GITARIS RAJA…GWA MAH LANGSUNG BILANG AJA KALO DIA EMO…SO WHAT?that’s my humble OPINION…

    SO THIS WEBSITE WROTE THEIR HUMBLE OPINION…

    BUAT ELO BERDUA…

    EMAK ELO PEREK BAPAK ELO ANJING! :fuck:

  71. cockney boy says:

    yang di atas gw nyali-nya gede jg, mantep2 hahahahhaha!!!!

    @fuck the haters,iben emo,prizer,penikmat musik :

    MUKA LO KAYA KONTOL!!!

  72. lala says:

    halah mas aji pura2 ga kenal ma gwa :D

  73. tqlz2bars says:

    Entah mengapa gw mendadak nyasar kesini -_-”
    Permisi yah mbak titiw. Numpang lewat di blognya :p

    Eniwei, Sebagai seorang hip hopers sendiri, gw sebenernya sempet ngakak sama postingan ini scr overall. Apalagi kritik dari mbak titiw yang bilang ttg hip hop kalau: “Ah gw juga bisa bikin musik kayak gitu, bikin aja musik banyak beat, terus bikin lirik yang banyak rimanya”. Ini dia yang bener2 yang bikin hari gini tuh makin banyak musisi karbitan menjamur :p

    Tapi jujur, saya pribadi sempet kecewa pas liat ending2nya kok cuma segitu? Dikit banget? Apa kabar dengan genre yang lain? Saya pribadi sih melihat genre yang diangkat sama mbak titiw ini tuh genre2 yang identik dengan poser-nya yang menyilaukan. (bahaha)

    Gw mungkin akan lebih respect lagi sama postingan ini kalau genre lain juga diangkat jadi obrolan sama mbak titiw. Contohnya Jazz yang kalo lagi perform suka kayak orang ngeden mau buang hajat (saking nge-soulnya), dll.

    Tapi kalo referensi mbak titiw masih segitu, gpp lah. Toh postingan ini juga tahun 2007, dan kebetulan tahun segitu hanya genre2 ini yang ngangkat banyak poser (tahun itu ada tambahan lagi yaitu Harajuku or J-rock. Whatever it is).

    Saran gw untuk comment2 “yang ceritanya” fanatik abis sama genre apalah itu, plis abis banyak2in kegiatan sexnya biar lebih nyantai. Jadi gak over serious jadi lebay gitu lho -_-“

    1. titiw says:

      Wahaha.. Thanks ya tqlz2bars, kebetulan ini yang nulis APY, tandeman saya di blog ini.. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now