Entertainment

Dejavu

Wednesday, 1 August 2007

Dejavu Promotional PosterWhat would you do if you can go travel back in time? Will you tell everybody about the future? Will you do anything to save someone you care about? Buckle, up… and I’ll see you yesterday…

Algiers, New Orleans. Sebuah ledakan besar menghancurkan sebuah kapal ferry berisi kelasi dari USS Nimitz dan keluarganya. Korban tewas hingga 543 orang. Doug Carlin (Denzel Washington), seorang agen ATF ditugaskan untuk menyelidiki serangan yang disinyalir sebagai kegiatan teroris itu. Tanpa petunjuk apapun, Carlin mendapat informasi dari Sherif Reed. Seorang korban wanita bernama Claire Kuchever ditemukan tewas 1 jam sebelum ledakan namun terdapat luka bakar yang sama dengan para korban ledakan. Carlin diajak oleh seorang Agen FBI, Pryzwarra (Val Kilmer) untuk bergabung dengan dengan tim surveillance yang dipimpin oleh Jack McCready. Mereka melakukan survei melalui jendela waktu — sebuah teknologi rahasia yang dikembangkan pemerintah. Dengan bantuan tujuh satelit mereka melacak kembali ke 4 seperempat hari yang lalu. Selama penyelidikan, Doug jatuh cinta dengan Claire dan mencoba merubah sejarah dengan mengirimkan dirinya ke waktu sebelum ledakan terjadi.

Yap, Tony Scott (Sutradara), kembali beraksi di film laga fiksi ilmiah ini. Seperti biasanya, Tony Scott selalu menampilkan gambar dengan grain yang tinggi dengan nuansa saturasi hijau yang sedikit mendominasi film. Scene-scene di film ini berganti dengan cepat. Banyak cut dan hampir tidak ada crossfade antara scene — yang lagi-lagi merupakan salah satu ciri Tony Scott. Denzel Washington seperti biasanya berakting dengan penuh kharisma. Sayang tema yang diangkat di film ini terlalu biasa dan menurut saya, gambaran cinta antara Doug dan Claire terlalu subtle. Iya sih ini film action tapi mungkin sedikit kurang bernyawa karena terlalu banyak istilah teknologi dan kurangnya dialog berbobot antara karakter. Tapi secara hiburan sih, ini oke banget… cepat, banyak ledakan, dan saya pribadi suka sekali dengan konsep jendela waktu yang menjadi pondasi cerita ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now