Titiw Inside

Tiada Kata Seindah Doa

Wednesday, 21 November 2007

Beberapa waktu ini orang2 terdekat dari teman2 saya pulang kepada sang pencipta. Papanya Jatu, Papanya Mario, dan yang baru aja pulang Sabtu kemarin adalah Icha, pacar sahabat saya Ari yang biasa saya panggil Temi. Papanya Jatu dan Mario emang udah berhari-hari di rumah sakit, tapi si Icha ini, baru kemarinnya saya nginep di kos dia, baru kemarinnya saya ngasi baju & lipgloss ke dia, baru kemarinnya dia ngajarin saya main game di komputer, baru kemarinnya kita makan sate bareng2, baru kemarinnya saya ajak main bilyar. Dia seneng banget karena itu perdananya dia main bilyar. Dia sampe smsin saya “K’ Tiw mksh bnyk y! Mksh bnyk jg bwt Mas Nugi. Aku seneng dech hari ini! Luv: IcH@.” Tulisan khas anak Abg.

Oh My God, she’s only 17!! Masih anak SMA kelas 3, tapi hidupnya kayak sinetron banget. Ditinggal orang2 yang dia sayang, sodara2 yang jahat, dan sebagainya. Sedangkan pas saya umur 17 dulu, kayaknya lagi rebel2nya sama orang tua. Jarang2 saya bisa akrab sama orang yang lebih muda dari saya, tapi kalo ama anak ini entah kenapa saya klik banget. Pas saya kemalingan kemaren, dia langsung dateng ke kosan saya dan menemukan hipotesa2 yang brilyan tentang apa yg dilakukan si maling. Kata orang sih kita cocok jadi adik kakak karena postur yang mirip, kurus2 gitu juga deh. Temi temen saya sedih banget. itu pasti. Dia bilang “Tiw, Icha tuh anak baik, setiap inci kamar aku dia bersihin, kalo aku pulang kantor, semua baju dan sepatu aku udah rapih, sampe terakhir2, dia udah nyuci semua baju Tiw! Aku gak disisain satupun baju bekas dia untuk dicium baunya dia. Aku banyak banget janji2 ke dia Tiw. Janjiin kamu bedua jalan2 bareng, for God sake Tiw, dia belum pernah ke Pim! Tapi dia gak pernah minta ini itu sama aku. Secupu2nya aku, cuma dia yang bilang aku cakep, sekere2nya aku, dia tetep mau sama aku. Dia gak pernah minta banyak..”

Ya Allah.. aku peluk Temi, dan bajuku jadi basah semua.. tangis dan kesedihan itu tercampur semua. FYI, mereka ini beda agama, jadi pas Temi ke rumah duka, Icha mau disolatin, orang2 pada bilang “Boleh disholatin..” Temi cuma bisa senyum bilang “Enggak..” dia ke belakang rumah dan nangis.. Temi bilang sama aku “Kalo aku tahu bacaan apa yg dibaca orang2 pas tahlilan itu Tiw, aku mau gantiin semua orang itu sampe pagi, biar aku sendiri aja. Tapi aku clueless Tiw, aku gak ngerti sama sekali. Aku bawain semua baju dan bedak Icha. Kata Mamanya ‘Ari, itu semua gak dipake’, aku kekeuh bilang ‘Ma! Icha pasti pengen keliatan cakep!’. Ya ampun Titiw, pas Icha dikafanin, mukanya dikasih bedak2 sachet gak jelas gitu, alisnya digambarin gak bagus, pasti dia gak suka digituin.” Saya pegang tangan Temi yang gemeteran banget.

Temi nambahin “Pas Icha kejang2 dan dibawa ke RS, aku ngarep kalo RS itu sigap dan cepet kayak di film2 Tiw! nyatanya mereka lambat banget!! Gila, tipikal banget Tiw. Ceweknya mati di pangkuan cowoknya, dan RS gak bisa berbuat banyak. Dia pernah bilang supaya aku jangan ninggalin dia, aku malah bilang ‘Dek, kamu masih muda, jalan kamu masih panjang, pasti bakal ada aral melintang dalam hubungan kita’. Ya ampun Titiw, bahkan untuk hal itu aku gak bisa janjiin apa2 ke dia..”

Saya yang denger semua cerita Temi cuma bisa berdoa yang terbaik buat Icha. Katanya emang kalo orang baik akan dipanggil Tuhan pas dia masih muda. Saya lihat ke atas, matahari tepat di atas kepala, awan kumulus bergumpal. Saya jadi ingat stiker yang lemnya udah mau copot di Patas kemarin, “Tiada Kata Seindah Doa”. Iya, bener banget, saya gak bisa ngomong apa2 lagi selain berdoa yang terbaik untuk semuanya. Everything happens for a reason, jadi harus diyakini banget kalo apa yg terjadi sama kita sekarang ini adalah jalan terbaik yang bisa dikasih Tuhan sama kita. Manusia boleh berencana, tapi tetep.. Tuhan yang punya kehendak…

← Next Post
Previous Post →

12 thoughts on “Tiada Kata Seindah Doa

  1. Yopie Valentino says:

    Tiw, abang juga kirim doa untuk Icha, semoga dengan sangat simple hidupnya membuat perhitungan atas pahala dan dosanya juga simple, smga Allah SWT tempat Icha di tempat yang terlayak untuknya.
    Memang, hidup kita penuh dengan motivasi, kegigihan, perjuangan, kesempatan, kegagalan, namun dari semua skenario yang kita jalani ada skenario yang tak terbantahkan, skenario ilahi, siap atau tidak kita pasti dan wajib meng-amin-kannya.
    Selayaknya gadis baik yang kamu deskripsikan dan kebetulan kecintaan Allah lebih kepadanya shg ia tidak terbebani dg “peluang” dosa dihadapan yg mgkin kita pun ga mampu hdpi,
    Kesedihan memang menjadi fase yg harus dijalani oleh yang ditinggalkan, saat seorang rasul meninggal, seorang ibu yg soleha meninggal, bahkan seorang Hitler meninggalpun semua yang “terlibat cinta” dengannya menjadi sedih. Namun akankah kita bisa “pergi” dengan mulia spt Icha?? belum tentu.
    Untuk Temi, Temi sangat beruntung pernah mengenal kebaikannya, doakan aja dengan keyakinan Temi, bukankah Tuhan adalah sumber kebaikan?, Temi bisa sebut nama Icha dlm doa malam Temi. karena kita hadir dan kita pergi ke sumber yang sama. Ke Maha Pencipta.

    Bekerja dan berusahalah Engkau semaksimal mungkin seolah engkau akan hidup selamanya, dan Beramal baik dan bertaqwalah engkau seakan engkau akan meninggal esok hari. (Al-Quran)

    –> Makasih banyak ya Bang yo.. ntar aku sampein buat Temi. Makasih banget..

  2. kuy says:

    my tears went crazy when i saw my friend crushed in my arms…
    temmy bilang gue ancur kuy…
    gw cuma bisa bilang no..you’re not..no you’re not…
    hari itu minggu malem, A.K.A. the first night for temmy sleepin without her…
    buat orang lain mungkin cum ebisa bilang dengan sinis “ah..baru pacar aja udah segitu amat..”
    tapi buat gue, temmy dan orang2 yang tinggal bareng pacarnya, hal itu nyolot banget!!!
    gila bayangin aja, when we came home from work they’re waiting for us with love and compassion…
    bwt temmy gw cuma bisa bilang “if you ask me anythin to cheer you up i’ll do it..but don’t ask me to wipe away your tears…coz only you-yourself that can do that..”

    you deserve all the grief brother…
    semoga kepergian Icha bisa jadi pelajaran buat kita semua yang masih dikaruniai hidup oleh sang pencipta….death is always waiting in our front door…
    GOD..that was quick!! paginya gue masih minjem kompor ke sebelah, dan icha yang ngasih ke gue…and sore nya…dia udah ngembaliin hidupnya yang dia pinjam dari sang kuasa….
    selamat jalan Cha…semoga di alam sana nggak ada tetangga kosan se nyebelin gue…
    rest in peace girl…*hiks…

    –> Huhuhu.. kuyaaa.. aku sedih lagi membaca tulisan darimu inih. Iyah, aku juga baru aja smsan ama dia, baru aja janjian mau jalan2 bareng. Kesian si Temi, tapi emang pasti bgt ini jalan terbaik buat Icha ya pren. Rest in peace dear..

  3. Kurt says:

    Menyimak cerita yang seru dan mengharukan.. sebuah perjalanan yang asli sekali milik kehidupan manusia. Bukan milik hewan atua tumbuhan.. apalagi malaikat.. so menikmati hidup dengan segala konsekwensi. :)
    maaf kalau OOT.

    –> Nggak, mas Kurt gak OOT banget kok, thx udah sharing mas.. :)

  4. thalique says:

    Waduh baru kali ini begitu bijak comment engkau menyikapi atas sebuah kejadian bang Yo, salam kenal dari talik.

    PS
    Bekerja dan berusahalah Engkau semaksimal mungkin seolah engkau akan hidup selamanya, dan Beramal baik dan bertaqwalah engkau seakan engkau akan meninggal esok hari. (dalam bahsa arabnya latinnya begini kurang lebih begini..(maaf kalau salah pengucapan)., I’mal li dunyaka ka annaka ta’isyu aba dan..wa’mal li akhiratika kaannaka tamuutu ghodan)..terjemahan bebasnya “Beramallah untuk duniamu seolah-olah kau akan hidup selamanya, dan berbuatlah untuk akhiratmu seolah-olah kau akan mati besok”.
    maaf bang Yo jelas itu bukan dari Al Quran ..ada yang bilang hadits walau dhaif atau lemah malah ada yang bilang itu ucapan ALi bin Abi Thalib..nanti insya alloh bila ada jawaban yang komprehensif talik atau teman teman tahu mohon pencerahannya..tapi jelas bukan dari al quran bang yo..

    –> Makasih banget untuk masukannya mas T.. Tuh bang yo, dapet salam kenal dari mas Talik, huehehehe..

  5. GuM says:

    My God. Saya sendiri nggak bisa bayangin perasaan Titiw dan Temi untuk kehilangan orang yang kalian sayangi. Sampaikan salam duka saya buat Temi dan keluarga Icha ya, Tiw.

    Mudah2an tabah dan ikhlas karena ini semua kehendak Allah.

    –> Iyah, emang agak berat sih mas Gum, tapi Insya Allah we’ll make it through.. Nanti akan aku sampaikan salamnya. Makasih banyak mas..

  6. herru says:

    Yang sabar ya Tiw. Om percaya everything happens for a reason

    –> Aku juga berusaha untuk percaya hal itu Om, bunch of thx from us..

  7. escoret says:

    hmm..yang tangguh ya…sabar..!!!

    –> Makasih!!

  8. Yopie Valentino says:

    talik yang baik, talik bener bgt, itu bukan dari al-quran. terimakasih untuk koreksinya. karena semakin banyak orang yang membuat rujukan yang salah malah keluar dari akidah sebenarnya. Semoga kita bukan termasuk orang yang merugi.

    salam kenal juga…

    ps. tiw, kamu terus semangati Temi yah… sekaranglah peran sahabat sangat diuji.
    Temi, tetaplah jadi temi yang baik maka pasti Tuhan akan memberimu kebaikan selalu, menangislah namun tetap dalam doa, insyaallah ada hikmah yang baik dibalik ini. amien.

    –> Iya bang yo, sebisa mungkin aku tetep beredar di kala sahabatku itu membutuhkanku. Ehem.. mas T ama bang yo kayaknya mulai ada percikan2 nih, hehe.. apa coba…

  9. nik.e says:

    turut berduka cita yah…
    gw sendiri jg pernah kehilangan temen deket. pake proses sakit dulu aja udah berat banget, tiw. apalagi kalo tiba2.
    mudah2an di terima di sisi Nya

    –> Makasih niks, iya moga2 dia diterimanya di sisiNYA. Amin.

  10. ratie says:

    Ampe sesek bacanya tiw.. Ngedadak banget ya kepergiannya..? Aduuuh… Pasti berat banget ya buat temi. Gw inget, Icha ini yg langsung dateng pas lo kemalingan kan? Ya ampunnnn… Semoga dia diterima di sisi Allah ya.. Amal ibadahnya diterima dan smua dosanya diampuni. Tolong bilangin buat temi, turut berduka cita dari gw.

    –> Iya Rat, entar disanpaikeun yah, tengkyu banyak banget buat doanya. I’m sure my pal will be glad to hear this message from you.. ^_^

  11. ratie says:

    Tiw, baru buka FSnya temi ternyata dia Arius Krypton yang minta pendapat gw tentang blog ya? Ya ampyuuuunnn..jadi tambah2 sedih….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now