Titiw Inside

Resep Coto Makassar

Tuesday, 15 January 2008

Coto Makassar adalah makanan berkuah yang berasal dari Sulawesi Selatan, tepatnya Makassar my heritage. Yang biasanya bikin makanan ini di rumah saya adalah si Papah. Doi memang jago. Dibuat kalo ada event Lebaran Haji ataupun Lebaran sebentar lagi. Kok namanya Coto? Yes, you spell it with C, not S. Kenapa pake C? soalnya kalo Soto dari daging Sapi, kalo Coto dari daging Capi (halah.. bang Arham.. lucu2an situ aye pake nih baang..) Udahlah, gak usah banyak cingcong, mulai saja kawan!

Bahan:

  • 1 kg daging sapi bagian sengkel (yang empuk itu, bilang aja ama abang-abang di pasar, pasti pada tau..)
  • 1/2 kg paru (digoreng, pisahkan, masukin toples, boleh juga masukin mulut kalo laper)
  • 2 liter air cucian beras/tajin
  • 5 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun salam
  • 250 gram kacang tanah, goreng, haluskan
  • 3 sdm minyak goreng, untuk menumis
  • 5 cm jahe, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan

note: sebenarnya kalo mau, pake juga 300 gram babat, rebus matang & 300 gram hati sapi rebus matang. Kalo mo pake beginian, daging sapinya dijadiin 1/2 kg aja. Tapi karena eh kerana keluarga saya pemakan daging (FYI, nama tengah kami semua adalah SUMANTO), hati dan babat skip, dan dagingnya dibanyakin.

Bumbu yg dihaluskan:

  • 10 siung bawang putih
  • 8 butir kemiri disangrai
  • 1sdm ketumbar disangrai
  • 1 sdt jintan disangrai
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt merica butiran.

Pelengkap:

  • bawang goreng
  • irisan daun bawang
  • irisan seledri

Sambal tauco:

  • Haluskan 10 buah bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 buah cabai keriting yang direbus sebentar.
  • 100 gram tauco yang ditumis dengan 6 sdm minyak goreng hingga matang, tambah garam dan gula merah secukupnya. Campur sama bahan yang udah dihaluskan barusan.

Cara membuat:

  1. Kalo pake babat atau hati, rebus terpisah hingga lunak, angkat, tiriskan, potong dadu.
  2. Rebus daging sapi bersama air tajin, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu.
  3. Panasin minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan ke dalam kaldu,tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.
  4. Penyajian: Siapkan mangkuk, isi dengan daging dan ati dan babat dan juga paru yg dari toples tadi. Taburi bawang goreng (enaknya banyak-banyak), irisan daun bawang dan seledri, sajikan dengan ketupat dan sambal taoco.
  5. Sajikan hangat.

PS: Tambahin kecap, garam, dan jeruk nipis jika perlu. O ya, lebih enak lagi kalo masak sama pacar, biar dia yg bikin, kita ongkang-ongkang kaki.

Happy Cooking!

209 thoughts on “Resep Coto Makassar

  1. aRul says:

    nikmatnya coto makssar…
    nantikan aku dimakassar :D

    –> Kebetulan.. situ berangkat naik apaan? sayah nebeng boleh? udah lama gak pulang kampung.. inget kakek.. nenek.. om. tante.. si pohon coklat yang dulu saya nyoba2 ngerokok di bawahnya.. akh.. *flasback yg gak back2*

  2. ega says:

    say..
    banyak yg bilang coto tuh enak…gw sendiri senang sswtu yg berkuah2 panas n gurih (apa tuuuhh)
    tp waktu prtama kali gw maem ni coto, gw habis dari prjalan makasar-enrekang, jalannya berkelok2, n bikin puyeng n mual…trus langsung disuguhin coto..

    slurppp! bleaachh

    hoooo..moment yg tidak tepat utk makan coto, jadi gw ga suka.
    well smua orang pd suka tuh tpinya

    –> Hyehehe.. emang makanan ini kagak makanan yg enak setiap saat kayak rexona (lha.. itu mah setia setiap saat yak?!) Saya aja cuman makan ginian yaaa.. setahun 5 kali deh.. (tapi sekali makan bisa berkali2 nambah..)
    Anyway pernah ke makasar? dalam rangka apa nak?

  3. thalique says:

    Tapi ko nga percaya kalau si mbak Tiw bisa masak coto..kaykanya sich kagak ada tampang bisa masak lah wong masak air aja hangus

    –> Sial.. ada orang yang membocorkan aibku.. (sok2 prolog kayak sinetron2 ituh..)

  4. Jiewa says:

    Uuhhh… coto makassar emang uenak tenan, apalagi kalo makannya pake buras. Tapi tiap kali abis maem ini selalu merasa berdoa, coz aku suka sekali makan jeroannya, especially Babat ^^

    –> Hooh.. aku mau taro juga resep buras, tapi agak ribet, soalnya cara rebusnya kudu advanced banget mas..
    Anyway.. buras itu semacam ketupat juga.. pokoknya dari beras juga dan dikasi santen, tapi bentuknya persegi panjang deh..
    Heh? berdoa kenapa? guilty pleasure ya? hihi..

  5. thalique says:

    Ko resep Cotonya nga sekalian disertai respe Buras. Kata temanku yang asli Makassar dimana ada Coto, disitu ada Buras

    PS
    Mana alamat Warung Coto Makassar langganan papahmu yang disekitar Cakung itu mbak.

    –> Entar deh kalo papah mau ngemeng lagi tentang resep buras mas.. ini aja saya nanya resep coto sombong bangat!!
    PS: bukan cakung, tapi cilincing mas.. gak tau alamat tepatnya, tapi kalo ke sana aku tahu.. huhu.

  6. ratie says:

    Tiw, gw maunya langsung makan aja aaah.. Syuse bikinnya.. Hahahaha… Eh, emang lo bisa masaknya??? Agak ragu sayah… xP

    –> Emang.. resep kali ini advanced nak. hohoho.. Heh? aku tuh gak pernah klaim aku yg masak ya.. tapi papah. Sekali lagi: PAPAH!!

  7. thalique says:

    Tuch kan Tiw, kagak ada yang percaya dirimu pinter masak. Asyik kapan lagi bisa nyela Tiw..piss jeung

    –> Wah.. dammit nih semua..!! *Ngejar semua orang pake badik di tangan kayak orang kesurupan*

  8. huda says:

    Hmm.. sering denger tapi blm pernah nyoba..

    –> Hmm.. udah sering nyoba tapi gak pernah bikin..

  9. rickisaputra says:

    Pesen Coto Catu yah…
    ama Juc Cetroberi catu..
    gak pake lama yah..
    :D

    –> Walah.. dek rikicaputra ini banyak maunya.. catu2 ya.. yang cabar..

  10. apy says:

    Rahmayanti Sumanto Akmar…. gyaaahahaha

    –> Jangan seneng dulu mas.. nama tengah gw yg lengkap itu adalah “Nggak Pake Sumanto”. Jadi nama selengkap2nya gw “Rahmayanti gak pake sumanto akmar”.. hyehehe..

  11. saya says:

    mbak .. cotonya satu,teh anget satu .. ama kerupuk dua .. berapa semua mbak

    –> Oh totalnya 3 juta dua ratus enem puluh satu ribu lima ratus mbak. Oh, tenang… itu udah diskon 20 % buat pelanggan baru.. Iya.. sama2.. makasih..

  12. thalique says:

    Mas saya, lebih enak kalau minumnya es PalluButung atawa Es Pisang Ijo,,behh (versi flexy) mantap tenan.

    –> Koreksi mas T, “saya” di atas itu cewek.. hehe..

  13. la mendol says:

    kelihatan wenak…aku dah pernah coba tapi kok lebih suka soto madura ya. Mungkin kalau di makassar beda kali y rasanya, sama di sini.

    –> Kalo soto madura aku malah agak gemana gitu.. soalnya gak terlalu suka santen2 gituh.. Iyah, beda tempat ya beda rasa doong.. :D

  14. Dy says:

    Tanya dong mbak : 2 liter air cucian beras/tajin ituh, mmg bener2 air yang habis dipake buat nyuci beras yah?

    n salam kenal ya :)

    –> Hooh, betulll!! tapi kalo gak salah papahku tuh gak pake cucian yg pertama, karena kotor kan.. tapi pake air cucian setelahnya (kok tiba2 inget bahasa lawas “cucian deh loo…” gini ya guah?!)
    Iyah, salam kenal jugahh.. :)

  15. tito says:

    ada gak resep coto yang gak ada dagingnya? *holoh*

    –> Ya kalo gitu bikin aja resep kuahnya mas.. hihihi.. saya kok jadi inget ada orang mau beli bakso bilang gini “Bang, tapi gak pake bakso ya.. mienya aja..” Lah kalo gitu mah mending beli indomie aja bukan?!

  16. sky says:

    hiaaah, dari dulu kukira coto tuh nama laennya soto. ternyata beda toh..
    coba bikinin coto dunk mbak.. pingin icipin.. :p

    –> Yak, ternyata Anda salah!! bikinin? ini saya ajah minta bikinin papah! hehe.. makanya main2 ke rumah ini kalo lagi lebaranan..

  17. goyangan says:

    apa bedanya coto vs soto ?

    –> Soto pake daging sapi, coto pake daging capi. Titik.

  18. Unee.Adisti says:

    halah… udh lama gak posting,sekalinya posting kok ya yang gak berguna buat gue.. RESEP MASAK gituw lhow… Gimana ya,tiw..gue dilahirin ke dunia ini HANYA utk menghabiskan makanan..BUKAN untuk membuat/masak makanan LALU menghabiskannya..
    Tapi ide masak bareng pacar itu bole’ juga.. Nah,the problem is…. gue nyari yang “itu” dimana yak ?…*thinking*

    –> Wah, ngocol ni anak! Hehe.. lho.. aku juga baru sekali2nya kasi resep, biasanya si apy nih.. tapi lagi pengin ajah, biar keliatan kren kayak blog2 kuliner di luaran sanah. Itulah makanya aku kasi tips bikin bareng pacar supaya kita santai aja dia yg kerjain! hehe.. eng.. kamu.. ng.. masih.. mm.. jomblo?? wah kalo gitu.. kesian yaaa.. *kabuuurr*

  19. johh? bedana coto sama soto afa segh?

    –> Kalo coto dari makassar, kalo soto dari luar makassar (asal mode:on)

  20. herru says:

    Setuju sama komen nomer 3 hehehe

    Ribet Tiw kalau masak mah, praktis beli lagi, nah kalo warung coto makassar yang enak dimana Neng?

    –> Huh.. gini nih, sekali2nya masang resep dicela sana sini.. Iya deeh.. warung coto enak? Tapi aku taunya di jkt aja.. di Kelapa Gading boulevard sama di daerah Cilincing, di samping jalan. Gak tau alamat tepatnya, tapi,, ini adalah tempat langganan aku dari kecil.. Enyak bangyet..!!

  21. tidak hanya suka mengulas film, ternyata menu makanan dihajar juga.. eh Papah itu apa sama dengan papa (ayah)… wah salut bisa masak juga papanya :D

    –> Iya.. Papah sama dengan ayah, babe, bokap, ataupun ayahanda. Hihihi.. FYI, di rumah ini emang yang bisa masak selain pembantu saya ya cuman papah.. hihi..

  22. jeng endang says:

    eh, kenapa ya kalo rumah makan coto makassar itu kebanyakan kecil, sumpek dan kurang bersih, gak yg di kendari (yak, aku pernah tinggal disana) maupun yg di jakarta…..RM Daeng Tata aja kayaknya yg lumayan…

    eh..aku pernah masak ini…..yg belum tuh Konro !

    –> Iya, aku juga selalu berpikir gituh. Giliran yg gede, yaitu RM daeng tata, eh rasanya gak segitu enaknya.. apa teorinya gitu ya? kalo yg kecil itu lumayan, yg ged kagak lumayan? halah..
    Konro? bikin dong. kalo udah bagi2 resepnya ke sini hehe..

  23. nike says:

    huiii. i love coto makassar, lengkap dengan burasnya
    bawain dong, tiiiw
    kadang ibu gw suka masak coto makassar.maklum sempat berdomisili ga jauh dr makassar.

    –> Bawain? gemana kalo kamu main aja ke rumahku kalok lebaran? ataw aku yg main ke rumahmu kalo ibunda sedang memasak inih? Oh sempet tinggal di sono.. (sono mana?) Ah.. aku tetap menanti2kan resep darimu niks.. hiks..

  24. Aku belum pernah makan Soto makasar loh tiw, jadi penasaran, beli aja ah, bikinnya susah hohohoho ^o^

    –> Lisan sayang.. sekali lagi, namanya COTO. Bukan SOTO. Kamu kan di daerah utara tuh, yang enak tuh coto makassar daerah kelapa gading boulevard.. happy tasting!!

  25. bangsari says:

    lha kalo coto saya juga mau. ini makanan daerah timur paling enak menurut lidah saya. (yang lain belum pernah nyoba) :D

    –> Lha.. saya juga mau. Paling enak? karena gak pernah nyoba yang lain kali.. hihi..

  26. nggak percaya sebelum dihidangkan di depan mata..( hi hi )

    –> Gak percaya apa nih mas? kalo saya cakep? ya udah, kapan kopdar kontek2 deh.. hyahahaha..

  27. wigati says:

    emang sedep banget coto makassar. duh, udah lama gak icip2 coto makassar belakang kantor nih!

    –> Kantornya di mana mbak? enak gak coto di situ? pasti tempatnya gelap dan kecil deh.. Haha.. tipikal warung coto ya begitu tuh..

  28. isnuansa says:

    Temen saya dari Makassar dateng, pengen makan Coto. Saya ajak di sebelah Lapangan Tembak. udah duduk, pas nanya menunya dia ngotot maunya pake jerohan. padahal nggak ada, adanya daging doang. Eh, dia langsung cabut. Alamak, malunya saya…

    –> Hehe.. kalo situ malu mbak, kalo saya rugi.. krn abis turun dari kereta jaman kuliah dulu, tiba2 udah ada temen2 minta traktir coto di daeng tata ke saya yg ultah hari itu.. huhu..

  29. ria says:

    yummy! biar tambah afdol, wajib pake buras tuh Tiw!
    eniwei, masih banyak kan makanan oke dari Makassar.. konro… es palu butung… pisang ijo… bisa masak jalang kotek gak? (itu kan nama pastel di Makassar, bener kan??)
    ya gini ini yg bikin gendut kalau ke Makassar… makanannya enak2 bok…

    –> Betull!!! kok kamu tau banyak tentang makanan makasar sih? Aku aja yg makassar abal2 tau dikit doang.. hehe.. Tapi kenapa aku gak gendut2 ya? padahal makan udah kayak babi yang baru buka puasa mutih 26 hari, hyahaha!!

  30. fertob says:

    ooooh… gitu cara buatnya ya..?

    *nyobain ntar* :)

    dulu waktu masih sering ke Makassar, coto makassar itu makanan yg pertama kali kucari, sama markisa tentunya. tapi setahun belakangan ini nggak pernah kesana lagi. di Jakarta juga nggak tahu dimana yg jual coto makassar.

    coto makassar dan soto madura itu 2 soto yang paling kusuka….

    hmmmm….. jadi lapar… :)

    –> Hah? Markisa…? siropnya ya? Setau akuh emang siropnya itu banyak yg doyan, padahal kayaknya bikin lengket tenggorokan, trus suara ini jadi agak2 beda tipis ama Mulan Jamilah-Kurang-Bulu gara2 minum begonoan, hyahaha..

  31. yummy, honeeeeey…

    lah, komennya banyak ahmat..
    laris manis si BCL mah.. :D

    –> Eh ada si abang yang lucu2annya aye pake. Kapan aye ke Makassar sono kita Kopdar ya bang. pokoknya abang kudu bela2in dari Kendarii!! ihiy!!

  32. gempur says:

    Mas arul kangen kampung halaman tuh! hehehehehe

    –> Oh.. mas arul dari makassar uga tho? Apa kareba?! ;)

  33. Ndoro Seten says:

    Welha…dalah, nama boleh lah dikit-dikit mirip, dari soto, sroto, coto…..tapi soal cita rasa, wow bhinneka tunggal ika….
    siiip…..

    Numpang lewat ae…
    Nuhun,

    –> Hihihi.. begini dong.. nasionalis.. (?!) silakeun silakeun..

  34. nggak mau resepnya…
    pengen yg udh jadi…kirim dunk,jeng!

    –> Ealah.. ni anak.. yodah ayo berkunjung ke rumahku.. :)

  35. andi bagus says:

    sumpah..coto makassar adalah makanan favorit cempluk…jadi pengen beli..

    –> sumpah bo, kalo beli bagi2 yaa.. :)

  36. stey says:

    suka soto,tapi soto kudus ajalah..hehe..

    –> Eh, kalo soto kudus aku juga suka nih.. di daerah otista jakarta enak tuh.. (sotoy marotoy..)

  37. Nna says:

    hm.. salam kenal… :)
    wah coto makassar lengkap dengan buras jadi menu wajib di keluargaku saat idul fitri & idul adha… tapi aku blm bisa bikinnya… :)

    ::nyam-nyam::

    –> Salam kenal juga, waah situ berarti orang makassar juga dong? hehe.. :D

  38. nike says:

    di sulawesi tenggara sih, tiw. tp lumayan sering ke makassar..hehehe

    –> Oh ngonoh, kamu juga berarti pernah tinggal di sonoh? apa pas jaman si ibu belom bertemu bapakmu?

  39. rickisaputra says:

    weeehhh keren! makasih resepnyaaa *dicobanya sih kapan2 aja hihihi*

    –> kembali kasiih..

  40. BangYo says:

    Tiw, coto makassar adalah salah satu makanan kegemaran BangYo, karena lidah orang Palembang sangat dekat dengan bibir eh maaf lidah org Makassar (artinya bisa macam2), BangYo pernah coba bikin sendiri Coto ini tapi pake tambahan susu,

    Jadi setelah hampir matang semuanya, masukkan susu cair, masak kembali hingga mendidih sambil diaduk-aduk.

    coba tanya Papa Tiw yg sangat berbakat itu, apakah resep BangYo ngaco??

    BangYo yakin Tiw pasti pinter masak, semua perempuan asli Indonesia punya potensi untuk pandai memasak krn menurut sejarah, kepandaian meramu dan berburu lbh dahulu dimiliki wanita Asia & Afrika sedangkan bersolek dan bicara dimiliki wanita Eropa,Amerika,Australia.

    Ditunggu resep berikutnya ya Tiw, BangYo jd pengen masakin Coto nih karyawan2 BangYo.

    –> Iyah, nanti tanya papa, tapi kayaknya sih doi gak pernah nyampur susu bang. Sok sonoh masakin karyawannya bang yo.. pasti pada seneng punya bos kayak situ, hehe.. Anyway, yakin tuh kalo aku pinter masak? Syahahaha… ;)

  41. gimbal says:

    mentang2 asli makasar…..
    masakin bwt gw donk tante……

    –> Cingcay.. lah situ bikin dong “tips membatik ala pekalongan”, hyehehe..

  42. Hhmmm kayaknya enak nih. Baru ngerasain soto itu Soto Betawi, Soto Banjar, Soto Ambengan dan Adobe Sotoshop :P

    –> Ahahaha.. sotosop!! kalo sotodigital gemandang?!

  43. evelyn says:

    Tiap hari aku makan nie masakan di kantin kampusku. Enak dimakan sama lontong!
    Gila rasanya gurih banget!
    Wow!
    Nagih banget…
    Tapi aku nggak kepikiran untuk bikin sendiri. :)

    –> Tiap hari makan beginian eve? kagak eneg?! hihihi.. aku aja kalo 3 hari hetrik lebaran agak mo muntah juga..

  44. LolitaJani says:

    Enak tuch…
    hmmm yammy….

    –> :D

  45. ternyata resep soto tah…..wah ini soto makassar aku belum pernah coba. Minta reviewnya donk

    –> Please dear, you spell it with C. Not S. Minta riviu apa nih? tingkat keenakannya? pokoknya maknyuss lah!

  46. Zee says:

    Sy doyan coto makasar, tp ga kepengen buatnya… beli aja kali ya lebih enak, he hehehee,,,

    –> Saya doyan makannya aja, gak mau beli.. maunya dibeliin.. hehehe..

  47. isya says:

    coto enak bgt, uda lama nich ngak makan abisya ngak pernah pulkam lg sich,sumpah kangen bgt.thanks resepnya mau coba masak sendiri.

    –> Oh situ orang makasar juga? apa kareba? hyehehe..

  48. papa athala says:

    duh seneng bgt dapat resep ini, dulu suka buat & suka makan waktu di bontang kaltim, sayangnya resep ilang nah sekarang ketemu lagi..
    besok libur balanja & buat de
    thanks malopo titiw…
    permata yang hilang udah ketemu lage

    –> Wah.. seneng deh bisa bantu situ.. makasih kembali.. :)

  49. sersan ompeng says:

    Enak mantongi tawa cotona makassar, apalagi kalo itu coto asuhanna Dg. Naba ato asuhanna lagi siapa yang di jalan pettarani itue????

    Poko’na kalo makang coto…sampe kulupai utangku…apalagi kalo tempa’ makang cotona itu geratis katupa’na dede…dede…dede…

    Tapi dari resep ini kayaknya ada yang kurang, nabilang penjual cotoa di Makassar kalo mauko kantalaki contonu, rendamki “undies” di dalam air coto sebelum dikonsumsi….selamat mencoba!!!!

  50. Eh Ti…asal Lu tau aja yakh..yg bikin coto tuh bukan bokap tp GW!!

  51. Abi Lutfianisa says:

    Aswrwb,
    Wah enak sekali coto makassar nah,,,
    kemarin waktuka buka puasa sama teman2 di Batam .CM jadi menu favourite :-)

  52. mustaman says:

    hehehe terima kasih mega na sinkamma ja ki orang makassar baji bajiki di resep nya emang lumayan yah coto mankasara emang yahut hehehehhe mariki diiiiii

  53. lala says:

    coto ga enak ah…

  54. rista says:

    thank y untuk resep coto makassarnya. kbtln aku org jawa dn suamiku org sulawesi. slh satu makanan favoritny y coto makassar. ntar aku mo praktek masak untk srprise di hari jadi kami.

  55. titiw says:

    Sama2 mbak (apa mas?) semoga bisa membantu.. Selamat untuk hari jadinya yaa.. :)

  56. ummi salma says:

    buat yg penasaran buras itu seingatku 2kg beras pulen. Bikin santan dari 1 btr kelapa tua parut + 5 siung bwg putih parut n garam sck. Aron beras + santan sampe stenga matang. Taro 1 sm di daun pisang, bungkus, trus ikat per 2 bungkus. Ikatnya yg kencang biar ga pecah or hancur. Trus kukus sekitar 2 jam. Jadi deh.

  57. titiw says:

    Wiii.. asik.. ada tambahan resep baru, buat BURAS!!. Makasih ya mbak ummi.. Appreciate it much :)

  58. evelynpy says:

    Langsung masuk dapur langsung nyoba….

  59. dhi says:

    air cucian beras?? tajin?? bukannya tajin tu air dari beras yg lagi di masak…trus air cucian beras, mksdnya beras yg mo qt masak kah??

  60. Maya S Smith says:

    Kebetulan banget ..lagi pengen Coto Makasar, disini nggak ada yg jual…so pasti laris buat acara Hut-4 my little girl. Thank’s banget for your recipe !!!

    –> Kembali kasih mbak, send my b’day wishes to your lovely daughter :)

  61. bob says:

    kita kan lg di kapal niy ceritanya, kokinya orang china, masakannya gak cocok ma perut kita2, so saya copy aja resep coto makassarnya trus sy kasi ke koki. begitu dihidangkan, wah… jadi ingat makassar niy. coto makassarnya mantap, orang2 kapalpun pada suka. mmmariki’ diiii…

    –> Waw.. glad my recipe can solve the problem, hehe.. Sama2.. :)

  62. nouva says:

    gw lagi nun jauh di amrik, mo nyari coto makassar kemana??? eh ketemu resepnya nih. tadi udah beli bahan2nya (gw gak suka intestines ama tripe tapi bf gw suka) jadi ntar malam mo bikin buat dinner, biar di icipin ama bf, mudah2an dia suka (soalnya dia chinese) hehehe. Thanks banget resepnya yah!!!!

    1. titiw says:

      You’re very welcome nouva.. Have a nice dinner ya.. :D

  63. okemi cappo. saya sudah l5 thn diperantauan. kadang kadang kangen dgn makanan khas makassar, es pisang ijonamo. coto kudanya. hbs makan coto saya langsung nyengir seperti kuda.

    1. titiw says:

      Ahahaha.. saya malah belom pernah coba coto kuda, daeng.. Wah kapan2 harus coba tuh biar muka jadi mirip iis dahlia yg mirip kuda.. (??!)

  64. mbahsebul says:

    tapi pacaran kan haram?????
    trus gimana????

    1. titiw says:

      Heh..? Selama gak pake daging babi sih kayaknya gak masalah.. *ngacir*

  65. uky says:

    ini mi resep yang ku cari2, tapi gak pake tauco boleh kan….?!

    1. titiw says:

      Hah..??! Kalo gak pake tauco kan rasanya jadi gak terlalu “coto” bo!!!! Hemph.. tapi suka2 aja sih.. Hee..

  66. virda says:

    wah jadi ngiler nih hemmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm

    1. titiw says:

      *nadahin iler pake mangkok coto*

  67. Andi satmar says:

    aq pengen jadi pengjual coto ….

    1. titiw says:

      Oh gitu.. postif banget tuh.. daripada jadi pengjual narkoba…. Teruskan ya nak..

  68. taufik says:

    lebih bagus kalau ada video membuat coto makassar,serta disertakan alamat warung cotonya tersebut.

    1. titiw says:

      HEH..? Waduh.. yayaya.. nanti saya tanyakan dulu sama ayah saya ya,apakah beliau berkenan resepnya itu ditampikan secara video. Dan satu lagi, saya nggak buka warung. Makasih.

  69. Ranaya says:

    Oks d, lebaran kali ini ga pake opor ayam ah, masak coto aja. Ga ribet kayaknya. Tp klo ga jd, ada yg tau warung coto d semarang? Hehe..

    1. titiw says:

      Ha. Yakkkiiin masak coto makasar gak ribet..? Kalo selama ini liat papaku bikin sih katyaknya malah super ribet! Hehe.. *manas2in*.. Semarang ya..? Wah.. ada yg tahu, guys..?! :D

  70. Intan says:

    JIntan tuh yg kaya gimana sih mba?

    1. titiw says:

      jintan itu salah satu bumbu masak semacem rempah2 gitu say.. *sotoy*, yaa pokoknya selengkapnya kamu bisa lihat di sini nih, DEFINISI JINTAN KATA WIKIPEDIA. Semoga membantu.. :D

  71. ade says:

    Resepnya udah dicoba nih…enak bgtzzzz…..suamiku nambahhh…kasih saran ya, supaya cotonya agak item dikit tambahin keluak ;) jadi pengen lagi :(oh iya….masaknya super ribeetttt…sangrai, goreng, blender, numis dll…enaknya ada bantuin biar cepet ^_^ selamat mencoba buat yg lain

    1. titiw says:

      Oh yaa…? Wah.. senangnya bisa membantu!! Bilang ama suaminya, bantuin masak, jangan cuma makan doang, hehe.. Wah.. makasih juga atas tipsnya ya.. :D

  72. milanamalo says:

    coto makasar ede de minana mi kodong……..

  73. abi salma says:

    Terimakasih resepnya, saya waktu di timtim selalu makan coto karena makan masakan lain takut banyak daging…..yang ga bisa aku makan… jadi tiap makan slalu coto… sampai muka saya kaya babat…

    1. titiw says:

      Huahha.. agak2 berlendir dan berbulu gitu dong mas.. Iyeuh.. :))

  74. leeta says:

    awesome!!! thanks resep nya.

    1. titiw says:

      Well.. senang dapat membantu kamu ya leeta.. :D

  75. yenny says:

    titiw …aku maen aja krumah mu beb klo aku uda pulang scara rumah yey ma ik deket bukan pondok bambu hahahaha bil ti..om yenny pesen satu gitu hihhihiih

    1. titiw says:

      Bener ya.. kapan pulang eike rikues deh sama bokap.. ajak semua anak2 PR ke marii!! yuuk.. :D

  76. ismail says:

    terimakasih resepnya ini seger dicoba karena kami sudah pngin coto makasar. sudah lama saya tdk kemakassar

    1. titiw says:

      Sama-sama.. mungkin kalo mau ke makassar bisa ajak2 saya..? Saya juga udah lama gak pulang kampung.. :D

  77. zenitha says:

    thanks resepnya….lagi nyari resep coto nih…dicoba dulu ya, nanti dikasih foloow up lagi :)

    1. titiw says:

      Sama2 mbak zenitha.. happy to help.. :D

  78. rembo says:

    makang moko semua BALALA coto… kanre minjooo!!!

  79. didang says:

    Resep Konro doooouuuunnngggssss!!!!!??????
    Pisang Epe?????
    Nyuk nyaaaang????
    mmmm..apa lgi yaaaak…bagus2 bisa dapetin resepnya Pallu Basa jl. Srigala Makassar??!!!!…hehehe
    ditunggu yak Tiw!!!:)

    1. titiw says:

      Hahaha.. buseet banyak bangett! Ditunggu aja kakak! ;)

  80. tondekan says:

    Dasar lo aja yg ngak pandai rasa

    1. titiw says:

      Heh..? Maaf, anda gak salah alamat dengan komentar seperti ini..?

  81. astri says:

    mmm. . . Bisa d coba nie. . Aku dr dulu pengen bnget bisa bikin sendiri. . Ni resep mw ku coba dlu y. . Oeya gimana lo daun jeruknya yang dikasi banyaaaaak gt. . . biar wangiiii gt baunya. . . .

  82. iin rakhmawati says:

    coto+buras,lezatnya………….thx resepnya,bs dicoba buat menu lebaran.

  83. Jiant says:

    enak… jadi pengen… tapi kagak bisa masak! :'(
    tapi makasih yah infonya! :)

    1. titiw says:

      Halah. Hihihi.. Kalo gak bisa masak nyoook beli aja. Di Daeng Naba tuh mantab cotonya! :D

  84. resep indonesia memang enak, saya suka resep indonesia, mantab euy

    1. titiw says:

      Ya mari yang mau nyoba resep di link ini.. sila lho.. namanya juga selera..

  85. lailaaja says:

    akhirnya dpt jg ini resep coto,dulu mamaku jualan coto,konro,es pallu butung sm ikan bakar colo colo di benhill,tp aku gk bisa masak coto&konronya..yg lainnya bs…skrg merantau k riau jd pengenn bgt..untung ada resepnya..tp seingetku serainya dihaluskan jg gk sih?

  86. sita says:

    Gak perlu jauh2 ke Makassar…..Di jakarta Utara atau tanjung priuk..Coto Makassarnya wena tenan rek….Tuh Restoran dari gw kecil n dh punya bocah gini…restoran itu tetep menyajikan makanan makassar yang TOB BGT…Cari aja di daerah Cilincing-Dewa kembar….

  87. Uncle sam says:

    Ada itue coto daeng yg di depan mall panakukang,enaknya…baru murah meriah. Daerah mana cilincing yg ada wrung coto,apa yg dkt marunda ato pasar pagi?info nya yaa

    1. titiw says:

      @sam: Wah, mal panakukang mah di makasar ya.. haha.. jauh sekali kalau begitu.. Hoho.. Di cilincing tuh di mana ya..? aku juga kurang tau persisnya.. tapi yang jual kecil orangnya, suka panggil kita daeng.. trus adanya di samping jalan raya..

  88. icha says:

    hu,,hu,,hu,, di malaysia ada yg jual coto ga yaa,,,
    mau nyoba buat sendiri aja aahhh,,,nyontek yaa tiw,,
    tks.

    1. titiw says:

      @icha: Mungkin kalo kamyu bener2 nyari ada kali ya cha. Hehe.. Sila diconteeek.. :)

  89. Anjar Rinjani says:

    sudah lama sekali mau bikin coto mangkassara sendiri,trims resepnya, mudhn disini ada org yg jual belanga tanah, biar kecil….yg penting ada…

    1. titiw says:

      @anjar: Sip. Semoga resepnya bisa dinikmati dengan mantap di bulan puasa ini ya! :D

  90. unding says:

    kebtln iseng cari kata coto makassar di google dan dapat website ini…
    jangan lupa kasih banyak kuahnya biar dipake mandi sekalian… soalnya resepnya disajikan sungguh lucu sekali..

    1. titiw says:

      @unding: Ahaha.. biar masaknya juga pake senyum dan gembira.. :)

  91. Allan says:

    brp lama ya pembuatan coto makassar normalnya?

    1. titiw says:

      @allan: Tergantung sih. Biasanya kalo papaku bikin (iya ini resep papaku), untuk ngerebus dagingnya aja butuh berjam-jam.. JAdi kalo emang niat masak coto, luangkan waktu seharian ya.. :)

  92. Thea Wankay says:

    Salam kenal dan terima kasih resepnya yah Mbak… pengen deh dicoba kapan2…

    1. titiw says:

      Salam kenal juga.. silakan dicoba.. lebaran ini aku eh papaku masak coto lagi lho.. ;)

  93. Zi says:

    tak coba maka tak rasa..

    1. titiw says:

      Harus coba dulu baru suka! :)

  94. frey says:

    membantu bgt, abang gue asli makasar.. dapet daging qurban bisa masak coto dah ^^
    soalnya di solo yg jual warungnya jauh bgt, tante di klaten… capcus dah ambil piso, nylain kompor ^^
    thks

    1. frey says:

      thks google, thks titiw

    2. titiw says:

      Ets.. bermanfaat dong nih kalo gitu..? baguus.. aku juga masak coto idul adha kali ini.. ;)

  95. ninies hp says:

    aku suka banget dengan coto makassar thank you very much dengan bumbu2nya kan kucoba klo bikin sendiri enak gak ya.

    1. titiw says:

      Siapp.. semoga enak ya! ;)

  96. Regina says:

    Terima kasih ya, resep cotonya benar benar mantap.
    Kalo sop saudara punya resepnya ngak ?

    1. titiw says:

      Sop saudara sih papa saya pernah bikin juga.. nanti ditanya trus dimasukin blog ini juga deh yaaw.. ;)

  97. liliz says:

    Hi…
    Koq aq prnh denger coto makassar ada yg pke susu y..?

    1. titiw says:

      Iya, Kadang2 ada orang yang nambah susu, yang mana aku gak tau untuk apaan.. Biar kentel..? Tapi kan aneh malah ya..

  98. Etha says:

    Wah kbtulan nih bln february ak nikah ma org makasar, mumpung masi lama bsa pljri resep ini, kan lumayan kl bisa n kl dh nikah biar suami bth di rmh, scra mknn fav’a coto makasar..

    1. titiw says:

      Aw.. so happy to hear that! Congrats! Semoga bisa bikin coto yang wenak yaaa! ;)

  99. dahria says:

    tante gw paling jago kalau coto makassar,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    1. titiw says:

      Bagi dooong.. :D

  100. dee says:

    Numpang tanya dunks, tu dagingnya knp harus direbus pakai air tajin yaa??

    1. titiw says:

      Biar empuk.. :)

      1. Cpy says:

        Mau tanya donk, air cucian beras itu, maksudnya beras yg kita cuci, trs airnya bekas cuciannya disimpan dan kita pakai untuk merebus dagingnya? Tks.

        1. titiw says:

          Iyak, betul! That’s what we called air tajin..

  101. Rahayu susanti says:

    Thank U banget resepnya…buat oleh oleh pulang kampung

    1. titiw says:

      Wah, orang makasar juga..? Toss dulu dong kita.. :D

  102. rahmi azizah says:

    makasih resepnya dah lama kucari-cari, sudah sering makan tp blm prnah coba masak sendiri.wah pasti seru kalo masak sendiri serasa di warung

  103. tin says:

    makasih resepnya
    gua org jawa, tp cowo gua org mangkasara
    susah cari RM yg jualan coto disini
    mending gua coba resepnya, biar cowo gua makin sayang

  104. SyiFa says:

    mo tnya dong say.. kuah cotonya ga pake bwg merah sm tauco yah? apa cm sambalnya aja yg pake bwg merah sm tauco? trs ada yg blg klo coto mkssr ga pake daun salam? yg mn yg bnr yah?

    1. titiw says:

      Kuahnya juga.. Wah kalo pake daun salam itu masalah selera kali ya.. YAng jelas resep dari papaku sih yg kayak gini.. :D

      1. ashadi says:

        mba mau nanya nih..untuk kuahnya, bawang merah ama tauconya apa ikut dicampur sama bumbu yang dihaluskan atau pada saat rebus dagingnya pake air tajin ya mba’?tks.

  105. seno says:

    gambarnya ilang beb…dan menunggu kamu bikin coto ini..nyam!! xD

  106. de zoel says:

    asik banget resepnya, jempol deh, pokoknya dua blog yang paling aku senangi yaitu blog ini dan blog http://www.softwaresimple.net, dua dua nya ngasi ilmu yang bermanfaat, thanks

  107. Bonitha says:

    Thanks resepnya, ini masakan kesukaan suami aku. tolong dong d share gmn buat burasak nya ( spt lontong atau ketupat tapi burasak ini memang lontong yg dibuat khusus sbg pendamping Coto Makasar ) klo ada yg tau share ya….thanks

  108. @Dedy says:

    Boleh ga pke daging Babi…

    1. titiw says:

      Boleh2 aja kalo seleranya begitu mah..

  109. chantika shepia says:

    wah itu mah juga kesukaan sy tuh,ditmbh lg suami orang mkasr jadi tmbh komplit deh,,,,mkash ya resepnya

    1. titiw says:

      Wah, suami orang makassar? Pasti laki2 banget deh tuh, hihihi.. You’re welcome chantika.. :)

  110. christy says:

    Thanks ya resepnya,
    pingin curhat ni, tadi barusan saya makan coto makasar, soalnya warungnya baru dan memang sebelumnya di kota ini (Madiun)gak ada yang jual coto makasar. tadi pas lewat lho kok ada, jadi aku coba. tapi rasanya kok gak sama kayak yang aku biasa makan ya. aku ini penggemar coto makasar. makanya pas pulang aku langsung buka internet cari resepnya, wah ternyata ada, aku jadi pingin buat siapa tau yang aku buat lebih eenak he he he…. aku ini orang manado tapi paling suka coto makasar. thanks ya resepnya.

    1. titiw says:

      Waaah.. aku juga lumayan suka masakan manado.. apalagi bakwan jagungnya.. mantapp! :) sama2.. makasih udah mampir ke sini..

  111. ummi says:

    mb.. resep di atas kira2 untuk berapa porsi? trus air tajin nya diambil dari berapa banyak beras? makaciy banget inpoh ny mba.. ^^

    1. titiw says:

      Kalo ini sih biasanya buat keluarga aku untuk 4-5 orang, dan untuk sekitar 1-2 kali makan ya. Kalo air tajinnya, dari beras yang dipake untuk masak ini aja berapa banyak. Kalo kayak kata resep2 yang bener sih.. Secukupnya. Hehe.. Semoga membantu.. :)

  112. Gleks says:

    Ehm, akhir nya ketemu juga resep yg komplit dari Tanah Daeng, Begini… saya ini orang sulawesi kuliah di jogja, di kampung belum sempat belajar bikin Coto Makassar sama Orang tua, jadi saya Mau tanya Air Tajin nya itu apa Air Tajin yang pertama yah, maksud nya karena Beras itu kan biasa nya di cuci nya berulang ulang… nah kalo Air Cucian yg pertama kan biasa nya agak kotor ya, Gimana Dong Say?

    1. titiw says:

      Kalo papaku paake air tajin yang ke-2 atau air tajin yang setelah dicuci bersih say.. Semoga membantu ya.. ;)

    1. titiw says:

      Yuk sini.. di rumahku masih ada nih, sisa Idul Adha kemarin.. :)

  113. depot pulsa says:

    saya rasa coto makasar perlu diperkenalkan ke dunia internasional

  114. nafa says:

    wahh itu kan kesukaan ku

  115. nafa says:

    maaf au tanya kalo coyo makkasar temannya ap sih

  116. anggita says:

    asik banget makananya enak loh

  117. laela says:

    makasih resepnya.,kmarin abis jalan2 di Makasar tiap hari mkn coto.,suamiku jd ketagihan.,pas udh pulang d bdg jadi pengen bikinin buat suamiku.,

    1. titiw says:

      Semoga berhasil! :)

  118. kresna says:

    sy mau tanya air tajinnya hanya untuk merebus daging saja dan tidak dipakai lg untuk kuah ya?

    1. titiw says:

      Lho, malah itu air tajin yang rebus daging yang dibuat jadi kuahnya.. :)

  119. ningsih says:

    hi mbak titiw salam kenal ya….jadi kangen coto di kampung halaman thanks buat resepnya ya kebetulan nih mau nyoba-nyoba buat sendiri di rumah itung-itung ngirit duit tiket klo kangen coto hehhehehe mampir ke blogku ya http://dniccakes.blogspot.com…salam paraikatte

    1. titiw says:

      Salam kenal juga.. Terima kasih udah mampir.. :)

  120. retno says:

    salam kenal dari medan ya mbak titi,aku dan suami mau coba resepnya kayaknya enak nich

    1. titiw says:

      Salam kenal juga mbak Retno. semoga enak yaa! :)

    1. titiw says:

      Memang itu niatnyaa.. Hehehe.. ;)

  121. Gozel says:

    Sekalian dong, sop konro, es palubutung, Ikan masak Kuah kuning, Kampalo, ribs,….aku mau buka resto nih,..he..he

    1. titiw says:

      Laaah.. kalo mau buka resto situ yang bagi2 resep doong.. :))

  122. anty says:

    thanks for recipe,, i will try to eid mubarak..insyAllah

  123. Imas says:

    Mbak.. Ini ga pake penyedap ya? Kalo ditambah penyedap gmn? Thanks be4..

    1. titiw says:

      Wah aku gak pernah pake penyedap tuh. Jadi ga tau rasanya kalo pake penyedap. Hehe. :D

      1. Imas says:

        Gtu ya.. Terus ada pertanyaan lagi neh mbak.. Harga daging skrg kan lg mahal, kalo kita campur dgn ayam kira2 gmn mbak? Kmdn sambelnya itu mmg harus pake toco ya?

        1. titiw says:

          its jangan salah. Kemarin papaku bikin coto ayam lho! Hahaha.. Rasanya enak2 aja, tapi karena gak biasa makan coto ayam jadi gemanaaa gitu. Hihi.. Iya sambelnya pake tauco biar berasa khas coto makassar.

  124. Olive B says:

    masya tuhaaan, salah ngeklik perutnya minta coto *ceglug*

    1. titiw says:

      JRENG JRENG JREEEENG! :))

      1. aswin says:

        assalamualaikum bu titiw mau nanya untuk membangun usaha coto itu modalnya berapaan bu ?

        1. titiw says:

          Wahduh, kalo masalah ini nanyanya ke daeng tata kak, bukan ke daeng titiw.. :D

  125. mama sedja says:

    Favorit saya juga nih coto makassar :) Kalau di Makassar, paling suka coto makassar yang di jalan Gagak (alias Coto Gagak) sama Coto Nusantara.

  126. You nick says:

    Kok ane pernah dapat resep pake santan ama kacang tanah ya.

    Tpi biasanya klo aq mau masak sich biasanya beli bumbu jdi aja paling tambahin santan ama kacang tanah.

    1. titiw says:

      Hah emang ada bumbu jadi coto makassar ya? Cool. Nemu di mana? Oh ya, ada beberapa resto coto yang resepnya pake santen sih tapi menurutku itu enek dan terlalu fusion, gak original lagi..

  127. Hikmah says:

    Thanks y
    resepx…pertama kali nyoba masakx untuk pengajian nnti mlm..semoga sy berhasil…amin…

    1. titiw says:

      Terima kasih udah mau nyoba resep turun temurun keluargaku. :D

  128. Mamanya Zora says:

    I’m a big fan of this kind soup and never try to cook before. Thank you for share this recipe, i’ll cook it tommorow (hari ini mah blanja dulu atuh ?)

  129. Zulfan Helmi says:

    aih salah timing pula baca artikel ini disiang hari jadinya lapar, ntar coba ajak emak untuk masakin ini hehehehe

  130. Seruni says:

    Coto Makassar, coto yang memiliki cita rasa nusantara. pas di lidah…

  131. wantopia says:

    waaahh.. jadi pengen makan soto makasar setelah lihat resep dari sini… semoga bisa buat nanti pas tahun baru.. hihi makasih banyak informasinya sangat bermanfaat

  132. Cream penghilang noda hitam bekas jerawat says:

    Makasih resepnay gan,bisa di coba di rumah nih

  133. marcella says:

    aduhh jadi ngiler, harus dicoba nih. terima kasih resepnya

    1. titiw says:

      Sama2 mbak Marcella :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now