Top 10 Lagu Indonesia Ter-Indah

Top 10 Lagu Indonesia

Bo!!! Setelah bosen baca2 berantem-berantem dan tarik urat di media2 G4UL akhir2 ini.. saya jadi pengen dengar sesuatu yang indah2. Menurut saya.. indah dalam lagu itu adalah bagus, terasa nyaman di relung jiwa (ciyeh!) dan mengalun dengan lembut dalam atmosfer pendengaran. 10 lagu Indonesia terindah versi saya akan dijabarkan di sini tanpa berurutan:

1. Untukku – Chrisye

Lagu yang pertama kali saya dengarkan ketika SMP ini sangat cocok menjadi sontrek kisah cinta monyet di kala itu. Nadanya indah, dan suara dari pianonya sangat kuat, apalagi pas Reff terakhir ketika nadanya naik. Liriknya sendiri sebenarnya gombal, “Walau ke ujung dunia, pasti kukan menunggu, meski ke 7 samudra, pasti akan ku nanti, karena kuyakin kau hanya untukku..”

Tapi yang membuat lagu ini sangat kuat adalah sang vokalis, almarhum Chrisye, yang suaranya itu syahdu berat. Coba kalo lagu itu dibawain sama.. Let say, Komeng? Nah, udah kagak jadi lagu romantis dah, melainkan lagu untuk sontrek pas Komeng lagi lipsync suara monyet-monyet di Ragunan, uhuy!

2. Pulang – Float

Petikan gitarnya indah, catchy, dan sederhana. Video klip ini pernah menghiasi iklan program TV di O-Channel yang bertajuk DemO. Saya pribadi tidak pernah melihat video klipnya secara utuh, namun lagu ini merupakan soundtrack untuk film 3 Hari Untuk Selamanya.

Lagunya memang cukup berjodoh untuk film2 road trip seperti itu. Buktinya saja, setiap saya naik kereta untuk pulang ke Pondok Bambu, lagu wajib yang tersetel untuk si kuping ya lagu ini. Oh ya, jika didengarkan baik-baik, suara sang vokalis agak mirip dengan vokalisnya Dave Matthews Band.

Baca juga: 11 Lagu Momen Saat Hujan

3. September Ceria – Vina Panduwinata

Believe it or not, saya pernah nangis denger lagu ini. Bukan karena lagu ini bercerita tentang ultah saya yang jatuh pada tanggal 5 September lohh.. (colongaan..). Selain emang bener2 indah, lagu ini pernah dinyanyikan oleh almarhum Nita Tilana beberapa waktu sebelum ia meninggal.

Ia menyanyikannya di suatu program TV yang namanya Pesta Indosiar. Nah waktu dia nyanyi lagu ini, dia ada di kursi roda sambil dibantu sama suaminya-si-ganteng-turunan-Jepang-nan-setia ituh. Boong kalo waktu itu lo ada di posisi gue dan lo gak sedih..

4. Kau Yang Terindah – Java Jive

Ada suara wak..wak..waw.. yang khas di permulaan lagu yang diciptakan oleh Capung ini. Suara rendah Fatur dibarengi dengan lengkingan Dhani yang Masya-Allah-kuatnya-kayak-pekikan-gadis-baru-diperawani menjadi faktor utama keindahan lagu ini. Lagipula, nostalgi dalam lagu ini sangat kuat mencengkram di dalam ingatan ketika SD, sehingga saya memilihnya sebagai salah satu lagu Indonesia terindah.

5. Tombo Ati – Opick

Boong banget kalo tiap denger lagu ini saya jadi nggak inget dosa2. Boong banget kalo tiap denger lagu ini saya nggak kepengen temenan sama orang2 yang saleh. Boong banget kalo tiap denger lagu ini saya nggak inget utang puasa Ramadhan. Boong banget kalo tiap denger lagu ini hati saya nggak ngerasa tergetar.

Boong banget kalo tiap denger lagu ini saya tetep ngerasa jadi orang paling suci. Boong banget kalo tiap denger lagu ini saya nggak teringat Mirfad. Mirfad, temen komplek yang gila dugem pernah bilang “Buset deh Tiw, elo mo nyuruh gue berenti dugem? Tinggal setel aja lagu Tombo Ati di depan gua!! Pasti gua langsung nangis trus pengen minta maap ama Nyokap!”

6. Bila – Positi-V

Ini lagu emang udah lama banget, wira wiri di tipi pas jaman saya SMA (emang lo SMA kapan tong?). Pas dulu ada cowok yang deketin saya, saya bilang lagi suka ama lagu dari Positi-V ini (spellnya emang gini), eh malah dibeliin kaset dari band Positiv yang lagu hitsnya itu Pagi (Pagi, ini.. Tak ada lagi gundah.. bla bla bla..).

Sumpah nyari2 lagunya susye bener, sampe akhirnya ketika tahu kalo pacar temen punya ni lagu, bela2in ke rumah doi untuk ngesave. Lantunan lagu ini harmonis, dibawakan secara duet oleh cewek-cowok yang punya suara empuk kayak permen Pindy Mint. Cocok untuk jadi lagu-lagu di cafe menemani kamu-kamu candle lite dinner di restoran ber AC dengan ongkos makanan yang bisa ngejebol kantong anak kuliahan.

7. Cinta ‘Kan Membawamu Kembali – Dewa 19

Iya, saya tahu lagu ini cuman piano doang. Saya tahu Dhani Ahmad (apa Ahmad Dhani?) yang berada di balik lagu ini. Tapi kalo mau denger secara objektif, lagu yang ngehits ps jaman saya SD ini sangat indah dan bermakna. Permainan piano yang sangat ciamik, bung!! Tapi entah kenapa video klipnya nggak cocok banget sama lagunya. Oh ya, Dewa jamannya Ari Lasso emang paling ajib dah..

8. Pelangi – Yuni Shara

Sebenernya lagu ini dibawain sama Chrisye, tapi karena Chrisye udah dibahas di atas, kali ini mbak Yuni boleh ikut deeh, sekedar penghibur di kala hatimu sedang gundah, mbak. Lagu yang berlirik mantab ini pernah dibawakan dengan sangat pas (gak kurang dan berlebih) oleh pengamen cewek di dalam bus yang menuju Tanah Abang. Melodinya mengalun indah, seindah pelangi yang melengkung sempurna setelah rintik itu lelah menetes di siang hari.

9. Bintang – Lingua

Lagu yang diproduseri oleh (katanya) David Fosternya Indonesia -Yovie Widianto- ini merupakan lagu sederhana yang memiliki sentuhan akustik gitar dan piano yang sebangun dan kongruen. Suara mereka pada dasarnya gak segitu bagusnya (kecuali Ari), tapi emang lagunya sederhana, jadi suara si Tuwuhadijatitesih ini oke-oke aja tuh, malah bikin khas dengan serak-serak yang kayak udah orang-bronchitis-baru-sembuh-tapi-tetep-ngerokok-mentol.

10. Lukisan Pagi – Tohpati feat. Shakila

Subhanallah.. Lagu ini emang cocok sekali didengarkan sembari menatap semburat kemerahan sang surya yang bukan saputra di ufuk timur. Ketika saya mendengar lagu ini secara live, emang Tohpati tuh “berantakan” ya bo!! Bersih, jernih, dan beninglah itu kualitas permainannya. Tapi bukan sebening air dari Pegunungan Babakan Pari Sukabumi loh ya..

Itu dia 10 Lagu Indonesia terindah menurut saya. Kamu juga ada masukan? Langsung komen di kolom komentar yaa! :D

57 thoughts on “Top 10 Lagu Indonesia Ter-Indah”

  1. sepakat kalo untukmunya chrisye jadi nomer satu. aku inget nona yg jadi model di video clipnya, suhanallah cakep banget! padahal waktu itu kan dia cuman 15 tahun.

    btw pilihan top 10 ini memang top! kamu punya selera musik yg oke tiw ;)

    –> Hehehe.. itu judulnya untukku mas, bukan untukmu. Aku salah naro judul, hehe.. Emang sapa ya model klipnya? yg aku inget emang dia cakep, pake baju putih gitu.. Eh thx for the compliment anyway.. :)

  2. ternyata selera kita ga sama non ^^
    tp memang enak2 kok itu pilihanmuwh ;)

    –> Emang selera situ yg gimana jeuungg? eh mas..? ;)

  3. Suami ditinggal Pacar...

    Paling sip nyang sedang diputer da Blog sayah….

    :D

    ***cocok buwat ngiringin upacara kematiyan…***

  4. Tiw, selera musikmu boleh juga, aku juga suka “Untukmu”, aku ada kisah sendiri dgn lagu itu hehe..

    Abis ini bikin Top 10 Barat ya, aku tunggu :P

  5. wakakaka… komentator didominasi orang surabaya.. :mrgreen:

    titiwtitit… sesuatu yang indah kan gak mesti lagu. bisa juga berupa bisikan…. I LOVE YOU.. atau WILL YOU MARRY ME? atau… MALAM INI KAMU DAHSYAT BANGET..

    kekekeke…

    [dilempar bakiak]

  6. Bagus2…ay suka yu punya daftar.. saya pengen bikin daftar yang sama…tapi besok2lah..mau mandi dulu.. harus siaran. Hahahahha…..

    N.B : CHRISYE RAWKS !!!!!.

  7. Tiw, msh nyari positi-v ga?? hehe..
    btw, vocalis cewenya temen gw tuch..

    tp kalo om chrisye setuju bgt ga ada matinyeeee…!!!!!

  8. Kalo gw salah satu dari 10 itu harus ada OST-nya GIE!!! Yang diciptain Eros, yg nyanyi sapa tuh gw lupa.. That’s one best song I’ve ever heard! Liriknya oke pulakk.. Hwehehe.. Btw,jeng.. Kemaren ay jatoh dari motor.. Huhu…

  9. Nih versi saya, order by Artist, Title

    Chrisye – Gita Cinta di SMA
    tiap denger lagu ini mendadak serasa terlempar ke tahun 80an, jaman saya es-de.
    tiba2 inget banget suasana rumah saya di ciledug waktu itu.

    Eddy Silitonga – Angin Malam
    he eh, saya suka lagu jadul. sejadul ini, misalnya.

    Iwan Fals – Ikrar
    lagu ini ‘cowok’ banget. tentang ikrar seorang suami.
    dan ada nama pacar saya disebut di situ ^^

    Iwan Fals feat Vina Panduwinata – Penantian
    bener ndak sih ini duet iwan-vina? saya dapetnya gitu di warnet (ketauan modal ngopi).
    dulu saya punya rekamannya di kaset, tiap hari saya puter, tapi ndak ngerti sapa yg nyanyi.

    Naif – Selalu
    biarpun ini ttg cinta, tapi justru “the feel of loneliness”-nya yang saya dapet.
    serupa dengan lagunya Sore di sontreknya berbagi suami

    Reza Artamevia – Kepastian
    Powerful yet beautiful

    Romeo – Cinta
    ndak tau kenapa saya selalu gemeter dengerin lagu ini. pengen nangis. hiks…

    Vina Panduwnata – Melati Suci
    gubahannya mas guruh yg megah banget

    –> Eish.. berrrantakan mas.. oke2 banget.. thx for sharing..

  10. 1, 4, 8 10 emang keren banget! iya nih mbak Titiw selera musiknya asik bener. jadi pengen donlot smua deh.. (terutama 4 lagu tadi). :D

  11. Hey Dj….please play number 2, 3 , 5 & 10
    hehehehe…my Favourite too

    –> Haha, will do, madam! ;)

  12. waaah.., hampir semuanya samaaaa.. sama ama yg gw suka maksudnya.
    tapi kalo gw nambahin, gemintang-nya andien juga bagus.

  13. Lukisan Pagi favorit gw….kok ga ada Doy by Kangen Band? itu kan lagu yang indah dan syahdu banget, menyentuh kalbu….

    –> haha.. jijay banget lo id..

  14. Ni lagu gw suka banged..tp lupa judulnya..ada yang tau ga?
    reffnya kayak gini..

    Kutunggu kamu di gerbang sekolah
    maukah kamu mengantarku pulang
    aduh senangnya jalan kaki..bersama kamu..la la la la..

    Kalo ada yang tau judulnya e-mailin ke gw ya..

    –> Eladalah.. apaan yak..? wah.. ad ayg bisa bantu masnya..?

  15. groinkick anima

    umurnya brp mbak?
    kok krg sreg ama selera saya yg umur 18 (emang selera org beda2 kale)
    ada yg punya mp3&/ mp4nya exist yg Mencari Alasan & Fatur feat Nadila (iya bener g ini namanya yg cewe)Kulakuan Semua Untukmu g?
    Tak tunggu di emailku : [email protected]

    1. Wah.. saya suka bgt tuh lagu mencari alasannya exist.. namun sayang, gak punya lagunya. Ada yg bisa bantu mbak atau mas deva..?

  16. groinkick anima

    jgn panggil mas mbak
    klo lagunya ada mbak cm kepotong alias yg upload konexinya lg g bnr jd srasa terkorup gt lah
    hm klo g slh di stafaband aku donlodnya tp y gt lg lah

  17. ceu ti2w.. aq adi positi-v (gitar) dlu kr2 thn 2001an bkin lgu BILA ma novan (vocal). Skrg q udh gntung gtar jd pns d pmkot serang banten.

    1. Waaah.. serius nih ada artisnya di sini..?? hahahaha.. Senangnya.. kenapa atuh gak berkreasi lagi..? Padahal aku seneng banget loh sama lagu itu.. Tiap aku kasih denger temen2 aku, mereka pasti suka.. Ayo dong buat lagu lagi.. KAn keren tuh pns tapi musisi (ciyeh). Anyway thx for dropping by.. Sukses jadi PNS ya.. :)

  18. Kak titiw aku juga mw masukin 10 lagu indonesia terindah ya di sini,kan namanya juga sekedar share kita kan care *kedip2 mata :

    1.Pure saturday – hilang
    ah saya tidak tau dgn lagu ini,saya menyukai skali,apa karena saya tumbuh di era poster,atau saya menyukai musik brit-pop,tidak tau juga,pokoknya element di lagu ini ibaratnya nih ya morrissey,thecure,dan stone roses sedang berbagi kamar kos

    2.Crhisye-merpati putih
    Ini lagu, saya menggambarkan warna putih tetapi bernuansa gelap,dentuman melodinya yg indah di tambah suara merdu om crhisye yg menawan,nggak ada selain dia yg bisa nyanyiin lagu ini,waktu astrid me-ricycle lagu ini,sorry mba astrid suara anda emg bagus tp ini lagunya CRHISYE gtu loch!

    3.Posesif-Naif
    Video klipnya fenomenal,karena modelnya itu,tp sebenarnya lagunya lebih fenomenal,nuansa pop retro 70-annya kena bgt..ini baru band yg musiknya punya karakter..

    4.erros feat okta – cahaya bulan
    lagunya sangat pas sama filmya yg menggambarkan sosok soe hoek gie

    5.Dewa 19 -restoe boemi
    menurut saya ini lagu master piece-nya ahmad dhani,dari lirik sama musiknya briliant,tp knp dia nggak bisa buat musik kaya ini lagi ya?

    6.Vina panduwinata – aku makin cinta
    cause she is mama ina..thats it!!

    7.Ipank – sahabat kecil
    ini lagu baru,tapi kok saya merasa ini lagu akan terus seperti lagu2 lama yang sifatnya abadi *sedikit lebay* tp kan gak apa2 namanya jg sekedar share kita kan care :P

    8.Reza – satu yang tak bisa lepas
    kalau lagu ini mengingatkan dengan kisah romance saya…ah jadi malu hihihihi…tp emg bgs kok.

    9.Crhisye – ketika kaki dan tangan berkata
    crhisye lg,yeaahh he’s my idol and better than michael jackson hahaha *namanya juga selera* lagu yg lyricnya di tulis sama pak taufik ismail ini wah bner2 nyentuh,bahwa kita itu kecil di haapan yang maha esa,sumpah saya selalu merinding dan berkaca2 kalo dgr lagu ini dan sekedar share kita kan care katanya crhisye wkt rekaman lagu ini,beliau nangis dan hrs di ulang berkali2 rekamannya

    10.Float – 3 hari untuk selamanya
    fun&good to singing together!!

    ya udh deh kak titiw bloger idola saya saya cuma mau sekedar share kita kan care ciao *smooch

    1. Duh.. makasih banyak ya dek cockney udah mau bertandang di sini lagi dan share lagu2 kesukaan di sini sekaligus sama alasannya.. Kakak senangggg! :D *peluk erat sampe dek cockney keringetan*

  19. salam kenal sis… ^^

    waah…kebetulan neh, band yg dri dlu saya cari2 lagunya di bahas di sini.. :)

    cmn bermodalkan sepenggal lirik.. “isyarat hatiku ada di dekatmu…biarkan semua…bla bla bla” lupa… :p

    (soalna dlu cmn inget namanya postif, ga inget judulnya…dicari2 ga pernah nemu di google…)

    klo di itung2 8 tahun ga nemu2 neh lagu…dri zaman smp..pe gw gawe skrg…bru nemu kemaren sis…pas bgt gw ga bosen2 cri2 di mbah google berdasarkan lirik itu..eh nemu jg akhirna nama bandna n judulna…

    lgsung download di 4sh*red deh..dpt, lgsung dengerin seharian…hohoho

    8 tahun pencarian saya ga sia2…

    hmmm..sgitu aj deh..btw sis ad videonya ga? klo ad di share donk…coz cari2 di yout*be ga ad…

    thanks

    1. Hai2! Ih seneng deh bisa bantu kamu nemuin lagunya. Ini sih nama bandnya PosityV emang. Bukan positive. Cuma, videonya aku gak ada linknya. Ada yang bisa bantu..?

  20. Deny says:
    Thursday, October 9, 2008 at 3:17 pm

    Ni lagu gw suka banged..tp lupa judulnya..ada yang tau ga?
    reffnya kayak gini..

    Kutunggu kamu di gerbang sekolah
    maukah kamu mengantarku pulang
    aduh senangnya jalan kaki..bersama kamu..la la la la..

    Kalo ada yang tau judulnya e-mailin ke gw ya..

    –> Eladalah.. apaan yak..? wah.. ad ayg bisa bantu masnya..?

    Nih gw kasi liriknya …downloadnya cari sendiri
    http://lirik.kapanlagi.com/artis/tommy_soemarni_and_co/ranking_pertama

  21. Kl boleh daftarnya ditambah dg “Gemintang” dari Andien :) (tp mungkin lagunya baru dirilis stlh daftar ini dibuat)

    1. Bisa jadi yaa hahahaha.. Gemintang enak sih, tapi gak INDAH yang segitunya. Hehehe.. Makasih mas Romi udah mampir :)

  22. ada yg tahu lirik lagu ini?…:D (y)

    bintang di langit,
    kerlip engkau disana.
    memberi cahayanya di setiap insan
    malam yg dingin,
    kuharap engkau datang,
    memberi kerinduan di sela mimpi-mimpinya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top