Entertainment

5 People You Meet In Heaven

Monday, 25 August 2008

Jika kamu2 sudah menonton Simpsons The Movie, ada adegan seorang ibu yang melempar buku sampai kaca pecah di klub buku ibu2. Ia meneriakkan kalimat: “You are 5 people I will meet in hell!!”. Oke, sebenarnya, buku yang benar adalah The Five People You Meet In Heaven. Tapi karena untuk lucu2an, maka judulnya diparodiin sama orang2 yang ngerjain film gemblung itu. The Five People You Meet In Heaven adalah salah satu buku yang ditulis oleh Mitch Albom, seorang jurnalis kolum olahraga yang dikenal publik melalui buku pertamanya, Tuesdays With Morrie. Jika buku pertamanya itu adalah non fiksi alias berdasarkan kisah nyata, buku yang ingin saya ulas kali ini adalah fiksi.

Eddie adalah seorang maintenance di sebuah taman hiburan yang bernama Ruby Pier. Sehari-hari pekerjaannya adalah menjaga supaya wahana2 di taman itu berjalan dengan baik. Dari segi baut2 yang dikencangkan, hingga oli yang harus dilumaskan ke roda2 rollercoaster secara berkala. Taman itu ramai, namun tidak dengan hati Eddie. Usianya sudah senja, dan seumur hidupnya, ia hanya mengenal kawasan itu dan taman bermain itu pula. Pekerjaan itupun turun temurun dari ayahnya. Eddie juga bukanlah seseorang yang supel dan penuh senyum. Namun entah mengapa anak2 yang datang ke taman bermain itu senang sekali memanggil2nya dan mereka punya panggilan sendiri untuknya, yaitu Eddie Maintenance.

Cerita ini dimulai saat detik2 terakhir meninggalnya Eddie. Mengapa dimulainya malah saat2 terakhir? Sang penulis mengatakan bahwa toh sebuah akhir adalah awal dari sesuatu. Betul, judul buku ini sudah mendiskripsikan bahwa Eddie akan bertemu 5 orang di alam baka. Namun apakah alam baka itu? Bagaimana masa lalu Eddie sebenarnya? Dan siapakah orang2 itu?

Titiw’s opinion:
Selama ini, saya kurang suka dengan konsep surga dan neraka yang sudah tertanam di benak kita sedari kecil. Katanya jika kita berbuat baik akan masuk surga dan jika berbuat jahat akan masuk neraka. Apakah Tuhan masih mempunyai muka jika hambanya lebih ingin surganya dan lebih takut dengan nerakanya? Jujur, jika saya melakukan perbuatan baik, atau berdoa, ataupun shalat, saya tidak pernah terpikir dengan kedua tempat yang sangat kontradiktif tersebut. Saya melakukannya karena saya butuh, bukan karena wajib. Maka dari itu saya sangat setuju dengan konsep alam baka yang diceritakan Mitch Albom dalam buku ini. Dan satu hal yang bisa saya petik dari buku ini adalah: “Kamu tidak akan pernah merasa damai jika tidak berdamai dengan diri sendiri”.

PS:
Oke, digambarkan bahwa Eddie ini adalah pria kulit putih, cuma somehow kok kalo buku ini difilmkan, saya lebih suka kalo yang memerankannya Morgan Freeman ya? Hehe..
Yaa.. Sekedar share.. Kita kan care..

(c) Image

← Next Post
Previous Post →

24 thoughts on “5 People You Meet In Heaven

  1. det says:

    jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kau bersujud kepadanya?

    :mrgreen:

    1. titiw says:

      Eh lagu surga dan neraka ini kan jiplakan si ahmad dhani dari lagu luar negeri.. hemph..

  2. Anang says:

    ada surga ada neraka biar kita percaya Sang Maha Segala

    1. titiw says:

      tak ada surga dan neraka pun saya masih percaya pada sang kuasa

  3. unee says:

    aish…
    iya,saya udah pernah denger buku ini. Denger aja,belum nemu yang mau minjemin.
    haha.

    dan soal morgan freeman,saya setuju !!.
    Dia main di Cinta Fitri,saya juga bakal nonton.

    *cuph*

    1. titiw says:

      hihihi.. kamu tau gak ada cinta fitri spesial ramadhan..? buahahhaha..

  4. ratie says:

    Uneee gilaaa.. Masa Morgan Freeman maen CInta Fitri?? Yg bener maen Upik Abu dan Laura!! HAHAHAHA…

    PS : maaf OOT ya tiw! Hihihi… Mizz u anyway! Cuph!!

  5. Harison says:

    Ntar gue beli lagi bukunya dan baca….he…he…

    1. titiw says:

      Hehe.. thx for this gift ya mas.. :D

  6. Hamdiy says:

    Aah, kapan itu sempet liat di kinokuniya, tapi ga beli,,
    Ntar beli ah, lemayan masih ada voucher RM30, hohoho,,
    *mudah2an ga mahal2 amat tuh buku*

    1. titiw says:

      Jiyeh.. blaguk bener RM nya pakek ditulis.. huh..

  7. rea says:

    bukunya emang udah difilemin kok.. liat aja di youtube.
    yang jadi Eddie-nya itu ayahnya Angelina Jolie klo gk salah

    1. titiw says:

      Iya.. saya juga pernah liat, tapi kalo gak salah bukan film layar lebar.. semacem FTV doang gitu kali yaa..

  8. Fansi says:

    sering liat buku ini di toko buku, tapi kok ga tertarik ya belinya? tapi bagus ya mbak? banyak nilai” edukasinya ya? (cieh) klo gt.. nyolong ebooknya aja ah.. buku kan mahal.. T_T

    1. titiw says:

      Sebenenya bukan nilai “edukasi” nih fan.. tapi lebih ke nilai kemanusiaan.. Jiyeh.

  9. Pingback: | titiw.com
  10. niki says:

    pinjemin gue dong.. anyone..

    1. titiw says:

      Heh..? pinjemin..? oke.. *mundur langkah 1000*

  11. mima semar says:

    tiw, gw baru ngoprek2 web lo trus menemukan artikel ini. gw baca nih buku masih jamannya gw kuliah mungkin skitar thn 2004 apa 2005 gitu gw bacanya & jujur sampe detik ini tuh buku adalah buku favorit gw banget, da vinci code yg dielu2kan smua org lewat deh pokoknya. tuh buku bener2 ngajarin ttg kehidupan bgt dah, gmn cara qta hidup itu ternyata berpengaruh ke kehidupan org lain meskipun qta gak menyadarinya. inget gak cerita ttg anak kecil yg dia gak kenal bisa meninggal gara2 dia main waktu msh kecil??

    tp nyang bikin gw bingung kok diartiin ke Endonesa judulnya jadi Meniti Bianglala yah? apa hubungannya sih, mentang2 dia kerja di taman hiburan gitu. aneh banget. trus itu kayaknya tokoh dalam cerita itu, si Eddie itu nyata yah? di halaman paling blakang bukunya (eh apa di dpn yah?) ada fotonya si Eddie itu kan ya?

    1. titiw says:

      Asiikk.. blog gue dioprak2.. hehe.. iya gue inget kisah anak kecil itu. Entah kenapa, gue lebih seneng atau kalo bisa memilih.. Gue memilih akhir hidup gw dihadapkan seperti cerita ini. Bukan masalah reward yang lo dapatkan.. tapi lo dibikin tahu apa sebenarnya role atau peran lo dalam hidup.. apa ya.. kalo bisa diputer bak film gitu biar kita bisa ngeliat apa yang udah kita lakukan dulu.

      Btw katanya ini cerita sih fiksi, ntahlah kenapa ada foto si eddie di belakangnya. MUngkin dia bikin cerita ini karena terinspirasi oleh si eddie, bukan karena ini bener2 cerita nyata. Kalo cerita nyata, masa dia tau apa yang terjadi di alam baka..? ahhaha.. .

  12. seno says:

    pinjam bukunya dong.. :D

  13. Agnes Marlita says:

    Ah kamu mengandaikan Morgan Freeman krn dia yg jadi Tuhan di Bruce almighty yaa. Kalo aku sih pengennya antara Tom Hanks atau Matt Damon. (yg pasti ga tom cruise lah)

    1. titiw says:

      Sumpah yaa.. Aku malah lupa sama sekali kalo Freeman jadi Tuhan di Bruce Almighty. Hahahaa.. Gak. Lebih ke Morgan freeman karena apa ya. entah. Sreg aja.. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now