Entertainment

Belajar Planology dengan SimCity 4 bagian 2

Thursday, 13 November 2008

Utilitas

Air

Air merupakan bagian utama dalam kehidupan. Semua Zona membutuhkan air. Instalasi air di awal permainan akan memaksa anda menggunakan tanki air sederhana yang hanya cukup untuk wilayah low density. Tambahkan tanki-tanki ini di tiap zona dan sambungkan dengan pipa agar tiap zona bisa menikmati air secara merata.

Jika kepadatan mulai bertambah, berarti sekarang waktunya mengganti pompa air yang lebih besar. Pompa air ini berisik, jadi lebih baik diletakkan jauh-jauh dari kota. Diletakkan berdekatan juga boleh sih, tapi beberapa warga tidak terlalu menyukainya. Pompa ini memiliki kapasitas yang luar biasa dan mampu memenuhi kebutuhan kota besar yang padat penduduknya. Tapi yaa sekali lagi, perawatan per tahunnya juga mahal. Kira-kira 10 tanki sama dengan 1 pompa air.

Konektivitas Kota

Road (Jalan kecil) dan Street (Jalan besar)

Ketika membangun zona, road sudah termasuk di dalamnya. Untuk kota yang kepadatannya masih rendah, road cukup ideal. Tapi setelah cukup padat sebaiknya ganti dengan yang lebih lebar (street). Tiap segmen jalanan memiliki biaya perawatan per tahunnya. Hitung dengan baik pemanfaatan jalan ini sehingga kamu tidak over budget. SIM City 4 menurut saya punya kekurangan dalam algoritma perilaku mobil melewati jalan. Mobil akan lebih memilih jalan yang terdekat dan bukan jalan yang kosong. Jadi sebaiknya kita minimize perjalanan jauh.

Rel Kereta

Kereta berguna terutama untuk mengangkut ‘goods’ atau barang-barang dari ZI ke ZR dan ZK secara cepat dan massal. Sifatnya yang bebas hambatan juga membuat kereta cocok jadi alternatif warga menuju ke tempat kerjanya. Untuk hasil yang maksimal, hindari pemotongan jalan biasa dengan jalan kereta.

Rel Subway (Bawah Tanah)

Pembuatan subway jauh lebih fleksibel daripada rel kereta. Subway otomatis lebih efisien untuk mengangkut penumpang karena tidak adanya persimpangan dengan jalan. Pembuatan subway akan mengurangi tingkat kemacetan secara signifikan. Jika penduduk sudah mulai banyak atau anda sudah mulai membangun zona residensial menengah, subway akan sangat dibutuhkan.

Monorail juga kurang lebih memiliki fungsi yang sama dengan subway. Bedanya dia berada diatas bukan di bawah tanah. Monorail sedikit lebih cepat daripada subway, tapi lebih mahal biaya maintenancenya. Berbeda dengan Kereta Api, Monorail hanya digunakan untuk manusia bukan barang. Kombinasikan stasiun subway, kereta api, dengan monorail untuk efisiensi.

← Next Post
Previous Post →

9 thoughts on “Belajar Planology dengan SimCity 4 bagian 2

  1. lala says:

    ampun deh kalo udah main mind gaming mas…mending maen GTA,YEAHHHH!!!

  2. Qori says:

    sip,bro…saya selalu bangkrut terus,bikin kotanya,
    thenks atas pencerahannya…

  3. dita says:

    mas, tau ga caranya bikin turunannya highway?
    kok ngawang terus ya di aku hehehe…

  4. ronny says:

    downloadnya di mana mas
    pengen main juga

  5. Randy says:

    Wah ,salah tuh nulis.A ,harusx jalan kecil tuh street bkn road !!

    1. apy says:

      hehe iya sori, makasih dah dikoreksi

  6. lukas sebayang says:

    GUA DAH BIKIN REL DAN STASIUN TP KOK KGK ADA KERETANYA? BIKIN SUBWAY SEMUA ORAN GKGK ADA YG MASUK

  7. yusmar says:

    mau urun rembug buat lukas, bgmn masih main sc4? kalo belum bosen, bikin stasiun itu yg sabar, nanti lama2 ada juga penumpangnya, tapi lebih baik jika antar stasiun jaraknya cukup jauh, misalkan antar blok, atau antar zona, … kalo subway baiknya di buat pada saat trafic sdh penuh (merah), kalo dr awal di siapin satu kota aja buat stasiun subway ini per bagian kota, kemudian saat kota jadi besar, maka subway jadi pilihan penduduk, bahkan penumpangnya banyak kok!

  8. marwan Pemula says:

    Halooo senior sc4
    Aku main SC4 Rush Hour
    kotaku sih sudah berkembang
    nah yg jadi pertanyaan ku
    1. Kalau kita berhubungan dengan region yg lain apa pengarauhnya terhada region ku / ekonomi
    2. Gmna caranya agar bsa membangun gedung yang tinggi
    3. Residential ma Commercial bisa digabung tidak
    Aku tidak pake cheat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now