Traveling

Tour The Java 2: Cirebon & Kuningan

Tuesday, 6 January 2009

Huiiii… Setelah jalan2 ke Tegal, Semarang dan sekitarnya, kita kembali lagi ke rumah tante di Cirebon. Di daerah yang terkenal dengan nama kota udang ini, saya plesir dengan angkot ke Kraton Kaspuhan. Di Cirebon, terdapat 4 Keraton, 2 milik pemerintah (Keraton Kaspuhan & Keraton Kanoman), dan 2 lagi berbentuk padepokan (Keraton Keprabonan & Keraton Kecirebonan). HTM Keraton Kaspuhan yang saya kunjungi sebesar 3000 rupiah. Kita juga akan dipandu oleh guide yang menerangkan ini itu ttg sejarah Keraton. Untuk pemandu, kita bisa memberi 10-15 ribu setelah selesai pemanduan.

Anak baru di Keraton Cirebon

Anak baru di Keraton Cirebon

Saya dan 2 sepupu ABG saya sih gak terlalu suka dipandu, karena inti jalan2 kami adalah foto2, sedangkan kalau sama pemandu kita seperti diburu2 harus cepet2 ke sana dan ke situ. Belom lagi dia ngemengnya cepet bener, saya mau nyatet2 jadi kagok. Pemandunya bilang sih kalo mau tau sejarah lengkapnya ada brosur (yang harus dibeli, males deh..). Foto di bawah ini adalah kereta untuk para Raja yang dinamakan Singa Barong, yang ditarik 4 kerbau bule. Dinamakan Singa Barong dari bahasa Cirebon, yaitu Singarani dan Bareng2. kereta ini tidak boleh dipakai di luar wilayah Keraton, sehingga dibuat duplikatnya untuk acara Festival Keraton Senusantara.

Penampakan Kereta Singa Barong

Penampakan Kereta Singa Barong

Cuman yang harus digarisbawahi nih ya, buat orang2 di Keraton, mbok ya barang2 pusaka itu dilap2 dikit, lantai dipel dikit, saya digrepe dikit (lho?!). Gak bersih aja banyak yg mengunjungi, gemana kalo bersih? Ya sekedar share aja lho.. Nah, yang di bawah ini merupakan potret dari Prabu Siliwangi, yaitu Raja Padjajaran ke-2. Katanya sih potret ini istimewa karena 3 dimensi, jadi kalau kita lihat dari sisi manapaun, matanya seperti mengikuti kita. Ahahaha.. katanya lho..

Prabu Siliwangi 3D Portrait

Prabu Siliwangi 3D Portrait

Di atas itu ada bulet2 ijo yg bertuliskan Allah

Di atas itu ada bulet2 ijo yg bertuliskan “Allah”

Nah, masuk lagi ke ruangan selanjutnya, kita akan menemui lukisan2 dan keramik2 serta lampu yang merupakan pemberian dari Belanda. Foto di bawah ini adalah gambar kelopak buah Manggis, yang melambangkan kejujuran. Kenapa kejujuran? karena buah manggis kalau dari luar kelopaknya ada lima, maka isinya pun ada 5. Jadi apa yang dikatakan di luar dan di dalam hati sama.

Di samping mas2 pemandu

Lanjut, kita akan menemui jubah2 perang, tombak, kerajinan kuningan, dan sebagainya. Tengkorak buaya di bawah ini konon merupakan putra dari Sultan pertama yang dikutuk jadi buaya. Kata Mas Boy si pemandu sih, si putra Sultan ini dikutuk jadi buaya karena makan sambil tiduran, Hayo.. buat kamu2 yang suka makan sambil tiduran ati2, ntar jadi buaya darat loh, buset..

Makan sambil tidur -- jadi buaya

Makan sambil tidur –> jadi buaya

Silsilah keluarga raja

Silsilah keluarga raja

Tiba2, si pemandu udah gak keliatan lagi, hihihi.. Mungkin dia capek nungguin kita yg sibuk foto2, sehingga dia nerusin perjalanan sambil mandu orang2 Bogor yg bareng kita tadi (FYI, 1 pemandu bisa memandu beberapa kelompok). Lumayan bingung sih mau ke mana lagi, tapi yodah kita jalan sendiri, eh ketemu gerbang entah apa ini, yang katanya perempuan gak boleh masuk. Ada pendopo juga yang menampilkan motif2 batik khas Cirebon.

Hayo, mau ke mana??!

Hayo, mau ke mana??!

No Girls Allowed

No Girls Allowed

Motif Batik Cirebon

Motif Batik Cirebon

Puas bego2an tanpa membayar pemandu di sini (abis doi ilang, hihihi..), kita ciao ke Gua Sunyaragi. HTMnya gak ada, cuman seiklasnya aja, kalo kamu dateng ber3, bayar 10.000 juga udah OK kok. Sesampainya di sini sih apa ya, penampakannya kayak batu2 aja, bukan gua yang berbentuk lorong. Saya ngeliatnya malah jadi inget tanah lot di Bali. Sejarah di balik gua ini, katanya dulu sih Sunan2 itu atau orang2 sakti di sini kalo mau ke Mekkah (iya, Mekkah tempat orang2 mau naik haji), tinggal masuk gua ini, dan Zap! langsung nyampe. Ck ck ck.. kalo jaman sekarang enak bener yak, gak usah utang sana sini buat ONH. Ahahaha.. Jalan2 di sini, eh kita2 malah ditawarin ikut sinetron ama mas2 di situ. Dia bilang dia pengarah gaya or samting yg gak jelas. Katanya karena kita2 badannya bagus, hihihihi *geer mode:on*. Jadi sedikit tergoda untuk menjadi artis lokal Cirebon.. Haks!

Gua Sunyaragi

Vandalism is all around us

I O U vandalism..

Manis manja grup

Manis manja grup

Calon artis Cirebon. Haks!

Calon artis Cirebon. Haks!

Jendela rumah kita

Jendela rumah kita

Dari gua ini, kita pulang dulu ke rumah dan makan siang kepiting kecap bikinan tante saya yang endang estaurina banget!! Tidur2 bentar, Om saya dateng dan kita lanjut ke pemandian di Kuningan, kira2 40 menit dari Cirebon. Renang2 bego, dengan hasil foto yg banyak blur karena yang megang adalah tante saya si tangan tremor, hehe.. no offense Pung Undu.. (Di Makassar, kita manggil orang yg dituakan dengan panggilan “Pung”). Abis basah2an, kita makan lesehan di restoran samping kolam renang. Balik lagi ke Cirebon, mampir buat mabog duren. Karena malam itu adalah malam tahun baru Islam, di jalanan banyak orang2 yg lagi pawai, seru2 deh nampaknya.

Pemandian Kuningan, paling depan gajah duduk, hee..

Pemandian Kuningan, paling depan ada gajah duduk, hee..

Mabog Duren

Mabog Duren

Mom & I on dtrain

Mom & I on d’train

Besok paginya pulang naik kereta ke Jakarta berdua Mama aja karena Nenek & tante saya yg dr Makassar tetep di Cirebon. Bela2in pulang pagi karena sorenya mau ada pesta natal di rumah sahabat saya tercinta, Temi. Huih… I had lotsa fun this holiday. Makasih banyak buat semuanya ya, khususnya Om & Tante saya yg di Cirebon yang sudah memfasilitasi kita2 dengan begitu baik. Kalo kamu2? liburan Natal kemaren pada ke mana? Share dikit dong di sini.. :)

← Next Post
Previous Post →

14 thoughts on “Tour The Java 2: Cirebon & Kuningan

  1. fathul says:

    edaaan….jadi bikin pengen dah… cara nyampeinnya juga bagus, nampakny anda cocok sekali jadi jurkam…..

    1. titiw says:

      Auw!! Ada arteesss yang kasi komentar di sini! Awww!! Bang Omaaa!! *lebay mode: on* Eits, maaf ya, anda jangan muji2 saya, karna saya udah jadi jurkam salah satu partai swasta di jkt. Hehehe.. kapan kita jalan2 bareng yuk bang, nek motor aja kita bedua? sampe binaria?

  2. thalique says:

    ternyata di keraton ada gender juga..masak perempuan nga boleh masik

    1. titiw says:

      Yoi, gak tau kenapa dah tuh mas.. keki ya ciin udah jauh2 gak boleh masuk..

  3. kuy says:

    wah dicirebon ada makanan yang lumayan aneh, namanya ‘bubur sop ayam’…
    seperti bubur ayam, tapi kuahnya pake sop ayam..hem enyak!!!!
    *jangan tanya lokasi tepatnya, karena saya tertidur dijalan menuju TKP…ehehehehehehe….

    1. titiw says:

      Bubur. Sop. Ayam. Okeh, ah.. baru mau nanya di mana ternyata dia gak tau. HOAX!

  4. ari says:

    enak bener baca blognya si ibu ini…
    bisa senyam senyum ketawa ketiwi sendiri…serunya jalan2 berasa

    1. titiw says:

      Hehe.. makasih pak ari.. :)

  5. seno says:

    lama juga ya kamu di cirebon…sayang gambarnya juga ilang yg ini…

  6. #TourCirebonHEMAT
    Paket Tour Cirebon Hemat *Keraton Kanoman (Silent Palace)

    ITINERARY
    09.00 – 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 – 10.00 Melewati Bangunan Cagar Budaya *Jajanan Khas Cirebon
    10.00 – 11.00 Tour Keraton Kanoman
    11.00 – 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 – 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 – 14.30 Tour Industry Kerajinan Kerang
    14.30 – 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 – 17.30 Oleh – oleh Khas Cirebon
    17.30 – 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 – Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp370.000,- (5 Orang)
    Rp295.000,- (10 Orang)
    Rp245.000,- (20 Orang)
    Rp205.000,- (30 Orang)
    Rp185.000,- (40 Orang)
    Rp165.000,- (50 Orang)
    Rp145.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    · ARMADA WISATA, MOBIL / ELF / HIACE / BUS MEDIUM / BIG BUS (AC)
    · TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    · TOUR GUIDE
    · MAKAN PRASMANAN 1X (KHAS CIREBON)
    · JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    · AIR MINERAL 600ML
    · HTM OBJEK WISATA
    · LOKAL GUIDE

    RESERVASI & BOOKING :
    PLESIR WISATA GROUP
    0231-324282, 087710663947

  7. Kendall says:

    yɑng saya pelajari dari berita ini amat bermanfaat untuk kami.
    Puji Syukur, saya yakin paԁa tulisan selanjutnya
    pasti lebih menarik lagi. Sukses untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now