HomeBlabBooksCulinaryEntertainmentEventsGreen ActMoviesMusicsReviewTechnoTitiw InsideTravelingVideoWedding

Cibang Cibung di Pulau Tidung (1)

15 July 2009

Sambil ngusap balsem pedes di pantat, saya ingin bercerita mengenai keikutsertaan saya dalam Trip ke Pulau Tidung, pulau terluas di seantero kepulauan Seribu. Hah? Kenapa saya ngoles balsem di pantat..? Itu akan terjawab di akhir tulisan ini. Oh iya, checklist tante yang kemaren ditulis gak ada yg kelupaan loh.. ih tante bangga sekali sama diri sendiri.. *menggelinjang sendirian*

Itinerary ke Pulau Tidung:

Jadwal: 11-12 July 2009
Harga: 250 rebu, all in!!
Jumlah peserta: 19 orang

Sabtu, 11 July 2009

06.30 Bertemu di meeting point, Pelabuhan Muara Angke.

Tidak tahu tempatnya? Dari Citraland Grogol, naik angkot merah 01 Jurusan Angke. Angkot ini melewati Pluit Junction, Megamal Pluit, Ps. Muara Karang, Ps. Muara Angke, Terminal Angke, terus kira2 100 m lagi sampai Pelabuhan Penyeberangan ke P. 1000. Gak biasa naik angkot? Dari rumah kamu, cari jalan raya, ada taksi, bilang “Bang, ke Pelabuhan Muara Angke ya”. Dan kamu pun tinggal tidur, sampai kamu ngerasa udah nyium bau laut nan amis itu berarti kamu sudah sampai. Oh ya, pastikan sebelum brangkat, batre HP penuh, karena setelah nyampe sini, sinyalnya rada memble.”

07.00 Berangkat ke Pulau Tidung.

Naik perahu yg bareng2 sama orang banyak, sama kambing, sama motor, de el el. Karena kalo di dalem kapal berarti gabung ama mpok2 yang suka nendang2 seenak upilnya dia, maka saya dan temen2 milih untuk duduk sok iye di atas kapal biar body tambah tanned. Kalo kamu ngeteng, cukup membayar Rp 33.500 untuk ke Pulau tidung.

Letak Pulau Tidung

10.00 Sampai ke P. Tidung

Eh.. Udah nyampe, lama perjalanan selama 3 jam jadi gak berasa sangking serunya bermain UNO bersama Tessa dan anak2 buahnya yg semuanya berbahasa Padang. Mungkin mereka sangat semangat bermain UNO karena rada2 mirip sama panggilan untuk mereka, UNI. Oh tenang, mereka gak nari lilin di atas perahu kok. Cuma aja ada terdengar lantunan Kampuang nan jauh di Mato selama sejam bermain UNO.

UNO on the board

10.30 Leyeh2 di Penginapan

Nyampe pulau, kita disambut dengan pantai yang hening, dan air yang biru kehijauan, serta penari hula2 dan upacara pengalungan bunga. Langsung ciao ke penginapan yang kira2 100 m dari dermaga. Marley Gultom selaku bapak kita semua alias yg ngadain acara, nyewa 3 wisma untuk kita ber 19. Dan hasilnya..? Rada2 gak kepake 1 wisma. Fasilitas wisma? Ada 1 kamar dengan ranjang king size, 1 kasur di luar, satu tipi, kipas angin, wastafel, 1 kamar mandi, 1 kulkas. Jadi kalo kamu ke sana ber 20, cukup pesen 2 wisma aja yeah. Nggak, pesen 2 kagak gratis 1. Lo pikir shampo emeron yg sachet?

Pantai Tidung! AHEEEY!

11.30 Saturday Brunch

Makan pake ikan, sayur asem dan tentu saja teh kotakku tersayang yg udah didinginkan di kulkas. Sesudah leyeh2, langsung rapih2 bawaan, karena mau sepedaan dan nyemplung2. Jadi kalo bisa kamu bawa tas kain atau tas kecil yg mampu menampung anduk kecil, minum, sunblock, baju renang, dan segenap harga diri.

12.30 Cek sepeda, start biking!

Ok. Ternyata gak langsung start. Kudu nunggu sepeda2 dianter2in dulu ke penginapan kita. Tertera di sepeda itu, kalo harganya Rp 10.000 untuk nyewa seharian. Rada lama karena ada aja sepeda yg gembos, atau rantainya copot. Tips dari tante: buruan pilih sepeda, jangan sok baik sama temen. Pilih yg bannya kuat, pedalnya gak ancur, dan ada keranjangnya di depan. HAKS.

We Are Sooo.. Ready!

13.30 Baru berangkat nih kite..

Rute yang dilewati: Ke barat dulu lewat kantor kelurahan Tidung yang bangunannya keren. Ngelewatin semacem taman bermain dengan fasilitas lapangan futsal dan basket yg lumayan banget, tapi kayaknya jarang dipake. Eike sama mas nugi udah napsu aja. Eish… Napsu apeh..? Napsu mau basket kalee. Lanjut ke Kampung Baru, hutan kelapa, hingga ke ujung barat pulau. Santai-santai, leyeh-leyeh dulu di pantai pasir putih yang panjang. Daaaan, keluarkan semua kemampuan kalian untuk narsis!! B’cuz this is the time for taking pictures!!

Long & Winding Sandy beach

Balik ke timur lewat sisi utara, ngelewatin puskesmas yg minimalis, hingga sampai sekolah SMK dan jembatan penghubung ke Pulau Tidung kecil. Macem dermaga gitu bo, cuco dipake buat foto2 pre wed. Pas mau lewat jembatan ini, ada bapak2 yang lagi nangkep ikan dan benerin jembatan, saya bilang “Misi pak..” Si bapak bilang “Oh silakan, silakan menikmati pulau Tidung yg indah.” Eh ada satu Bapak lagi dengan ekspresi nyolot2 asem “Indah gemana??! Airnya asin begini!” Oke. Pak. Laut = Asin. Dan itu kagak ada hubungannya acan sama indah apa kagak. Et dah.

Menyusuri Jembatan Penghubung

Nyampe sini, ketek saya udah basah bener, dan betis mulai kejang bagaikan tarian yang eksis di tahun 80an. Puas foto2 dan leleyehan di jembatan ini, kita nyebrang ke Pulau Tidung Kecil, Oh ya, karena sepeda kita tinggalkan kira2 200 m dari tempat kita berenang, jadi barang2 berharga dan peralatan nyemplung jangan lupa dibawa ya.

NYEMPLUNG!! Airnya asin banget (Oke, saya gak idiot ataupun imbisil. Serius, air di sini asinnya keterlaluan). Ngeliat teripang panjaaaaang, foto2 session di bawah aer, gak punya guts untuk loncat dari atas karena gak terlalu dalem. Takut kena karang.

Titiw: “Tessa, ayo lompat, ntar aku foto.”
Tessa: “Oke, tapi abis itu elo ya yg lompat. ”
Titiw: “Iye. Lo dulu aje. ”
Tessa lompat, Titiw moto, dan gak dapet momen Tessa lompat, titiw kabur.

18.00 Kembali ke penginapan, mandi.

Ngidam indomi dengan aksesoris cabe rawit di dalemnya. Jadi abis mandi langsung makan indomi ntu yg mesen di warung depan. Mantep bener dah.

19.30 Makan malem

Makannya pake kerang asem manis, ikan tongkol super gede, sama sop. Nyummy. Lanjut sama acara perkenalan (jiyeh.. ) dan tiup lilin  karena Anin ulang tahun!! Lanjut main UNO sama para para padang-ers ples Anin. Setelah game ke 7 dan saya gak menang2, akhirnya nyerah dan sikat gigi deh mau bobok.

Happy Bday Anin!

22.00 Istirahat, Selamat Tidung semuaa..

-bersambung- *ketika cinta bertasbih mode: on* ke “Cibang Cibung @ Pulau Tidung (Bagian2)”

PS: Judul diambil dari judul album foto  Mbak Nyanyu. Courtesy photo punya temen2 Tidungers. Ijin naro ya guys.. Maklum eike gak baru punya kamera. Ihik.

Komentar

94 Responses to Cibang Cibung di Pulau Tidung (1)

  1. iqs says:

    NICE!!!!!! nyesel kaga bisa ikut..

  2. Ngiriiiii
    mbko ya besok2 gue dikabarin nek
    biar bisa ikutan juga gituh

  3. herru says:

    beneran jakarta? lautnya bagus banged

  4. Sheilla says:

    Wow keren banget yah Pulau Tidung…

  5. gilang says:

    baiklah.. dengan ini saya menyatakan iri kepada titiw yang sudah ke Pulau Tidung

  6. thalique says:

    saya tetap menunggu cerita balsem dipantat..kayakna itu lebih seru hihihi

  7. zee says:

    Keren Tiw…
    Itu yg foto ke-gap itu juga keren banged…. siapa itu? Betisnya kok kayak elu tiw? Elu ya?

  8. aldriana amir says:

    waa tante titiw, fotonya bagus2 deh! pulau tidung itu memang pulau yang menyenangkan yaaa.. :)

  9. nik.e says:

    wah
    mau!
    deket pula!
    eh dijadiin artikel doong TIw

    • titiw says:

      Maunya gitu niks.. tapi kayaknya akan jadi artikel yang tulisannya pendek bener! hohoho.. secara aku lebih “anuh” ke foto2nya.. Foto2 high rest juga kudu minta ama temen2.. huhuhu.. *nasib anak gak punya kamera*

  10. pakacil says:

    bagusnyaaaa.. itu lokasi *ngiler*
    250rb itu perorang atau kalau cuma rombongan aja bisa dapat harga itu?

  11. Shanty says:

    hoho.. ke-gap pelukan ya ti? hihi..
    ohya, tempatnya keren bow!

  12. cebong ipiet says:

    serunyaaa lautnya masi biruuu… ituh siyapa yg ndusel berdua itu

  13. mitra w says:

    Wah, si misua pernah janji mau ngajak kesana :(… kapaaaaaan yaa?? huaaa :’( (buat seken hanimun bagus juga yak kayaknya,. :)

    • titiw says:

      Ayo mit!! Gak susye kok! (kalo kamu di jakarta.. hehe..) tinggal ke pelabuhan muara angke, naik kapal 33.500 perak deh.. step2nya bisa diikuti dari itinerary di atas.. Tunggu trip ke Tidung bagian 2 juga ya.. biar lebih puwasss..

  14. miftah says:

    busyet, keren bro…

  15. Rahim Rasyid says:

    wah…….jadi pengen nyoba liburan kesana……

    kira2 modal berapaan yah kesana…..hehehehe

  16. BlogDokter says:

    Udah lama nggak pernah bertualang lagi…Jadi kangen. :)

  17. yoga says:

    keren2 fotonya tiw..
    itu jembatan nyebrang pulau kah??

    kerenn

    • titiw says:

      Ya iya keren, ga.. wong ini hasil embat fotonya anak2.. iya itu jembatan nyebrang dari tidung gede ke tidung kecil.. Huhu.. kangen nih jadinya ama desye..

  18. zam says:

    woh!! kapalmu itu kapal yang ada di belakangku!!

    itu yg kapal warna biru itu kapalku!!

    ternyata kita emang berangkat di hari yg sama!!

    • titiw says:

      Hehe.. bener toch..? ternyata mas zam ada di kapal yg panuhnya setengah ambrol, hehe.. emang sih lebih banyak orang2 yg mau ke pramuka dibandingin ke sini, hohoho..

  19. tya says:

    doohh yang lagi pelukan… meusra beuneur!!!
    emang hawa2 pantai bikin orang full of tatih tayang ya tiw
    asip dah pokonya, kapan2 ajak donnggg…

  20. acit says:

    penginapannya biayanya brp ya? namanya apa? soalnya da rencan mau kesana juga nih

  21. acit says:

    ooh gitu yaa.. berarti 250rb itu karena pesertanya 19 orang yaa? kalo mau naek kapal itu, tanya aja yang ke pulau tidung? 33.500 krn 19 orang juga atau emg ongkos perorang segitu? maaf yaa aku nanya tersu soalnya lagi pgn ngisi liburan kuliah :)

    • titiw says:

      Iya, 250 karena yg ikut banyak.. tapi kalo harga kapal segitu emang standar kok, mau sendiri juga segitu harganya. Kalo mau gak penuh, datengnya rada pagian, karena jadwal keberangkatan kalo gak salah jam 7 pagi.. Gpp kok, senang bisa membantu.. :D

  22. acit says:

    oh iya iya ngerti skr, kira2 kalo orangnya cuma 10 biaya nginap ada yg murah gak yaa?

    • titiw says:

      Kayaknya bisa sih.. soalnya kemaren aku ber-19 aja kan sewa 3 tempat eh kebanyakan.. mestinya 2 aja.. jadi kalo ber10 bisa nyewa 1 tempat aja.. jelas jauh lebih murah, tapi harga pastinya kurang tau ya.. :)

  23. Kia says:

    wahhh kerennnn euy …
    titiw, salam kenal
    boleh tanya gak? disana ada yg nyewain pelampung gak?
    thx b4 yah infonya

    • titiw says:

      Salam kenal juga KIA. Wah gak ada yg nyewain sih waktu itu. Nah, kalo gitu gemana kalo kamu aja yang buka bisnis penyewaan pelampung di sana..? gut idea bukan..? ;)

  24. Kia says:

    hahahaha … jadi bawa pelampung sendiri aja gitu yahh? hahaha
    btw banyak penginapan gak sih disana?

    • titiw says:

      Yoi. Temen2 aku sih pada bawa pelampung sendiri ke sana. Penginapan cukup banyak kok di sana.. Karena di sana kan emang pulau berpenghuni.. yaa.. kalo dianalogiin kayak nyari kos di Depok UI lah.. gak susye.. tapi kalo gak dulu2an takutnya penuh pas lagi musim liburan. Gemana..? minat dengan ide nyewa2in pelampung..? :D

  25. Kia says:

    hahaha bole bole lah, hakahahaha *tertawa durja* hihi

  26. dipo says:

    tante ..

    harga 1 wismanya per malem waktu itu brp duit .. ??

    trus klo mau pulang kapal yg ke angke brangkat dr sana jam brp ??

    thx tante .. ^^

    • titiw says:

      Iya say.. yg manage semua ini temen aku.. aku gak tau bayar wismanya berapa duit. Trus kalo pas pulangnya aku gak pake kapal yg ngeteng, tapi nyewa kapal buat ber-19, jadi terserah kita tuh pulangnya jam berapa.. gitu lho.. :D

  27. Nita says:

    Mba sebelumnya salam kenal. Sy Nita, rencana mw libur lebaran sm tmn2 ke pulau tidung. Boleh tidak sy minta contact person yg ngurusin penginapan dll disana. wkt mba kesana. Makasih ya mba.

  28. fina says:

    wah liat foto2nya mupeng niy..rencananya aku sm tmn2 jg mau kesana nov ini..mau info tlp penginapan disana n kapal nya donk say..
    kesana nya enakan rame2 gt yah, biar ga sepi yah?
    plz infonya ke email ku yah.

    thx b4
    fina

  29. uwie says:

    boleh tanya berapa biaya wismanya permalam … kalau boleh .. minta no kontaknya juga sekalian … thanks before …

    Uwie

    • titiw says:

      Kurang tau deh berapa biaya wismanya.. yang jelas saya bayar Rp 250,000 udah semua2nya say.. kapal, makan, dan penginapan.. :D nomor kontaknya juga gak ada.. maaf yaa.. :D

  30. alia says:

    hhaaiii…salam kenal ya mba…
    wwaaaaaaaaaaahhhh….seru banget penjelajahannya..
    next..rencana mo menjelajah kmn lg nih…????
    bagi2info dan foto2nya yaaa mba….
    oia,,kl boleh mba aku mau minta nomor tlp utk cari info akomodasi di pulau tidung ini….

    terimakasih banyak yaaaa….

    -alia-

    • titiw says:

      Hehehe… rencananya sih akhir minggu ini saya mau jalan ke Sukabumi tuuh.. :D silakan dishare info dan fotonya.. asalkan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya *yaitu blog saya :) ) telponnya untuk di pulau tidung gak ada say.. aku ikut temenku soalnya dan dia yg ngatur segalanya dan kita tinggal terima beres.. maaf ya.. :D eh salam kenal juga..

  31. liggy says:

    mo nanya dong ada no telp penginapannya gak…

  32. Dagul says:

    cuma mau kasih tau di kaskus ada yang jual paket wisata ke Pulau Tidung tuh, Rp 250ribuan udah full paket!,
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3782400

  33. ivan says:

    pliss bngt kasih gw kabar buat penginapan yang murah di p. tidung..

  34. mizstync says:

    mba, waktu itu pake tour-nya siapa? ada link ke FB/web ato apanya dia gitu?? *bahasa yg gak beraturan -_-’

  35. she says:

    haii haiii….
    seru baca n liat foto2nya
    btw lam kenal, saya she”, kebetulan juga mu rencana ke tidung juli nti.
    mohon rekomendasinya lebih detail bisa?
    fasilitas kamar? ac / non? jumlah 20 org bisa harga 250 lumayan yaa??
    bisa dpt apa ajah tuh?

    • titiw says:

      Waktu aku ke sana tahun lalu, kamarnya tidak berAC, tapi ada kipas angin. 250.000 20 orang dapet semuanya. Kamu tinggal ongkang ongkang kaki.. :D
      Dapet makan siang, malem, pagi, siang lagi.. (sabtu-minggu)
      Sewa kapal, penginapan, asuransi. Tapi gak dapet sewa snorkel.. :D Semoga membantu ya..

  36. risna yanti says:

    Teman-teman…
    Semilir angin bercampur jernihnya air laut adalah sesuatu yang sangat jarang kita dapatkan di kota Jakarta, Kehidupan yang serba sibuk dan selalu dikejar kejar waktu membuat tubuh dan pikiran kita menginginkan sesuatu yang fresh untuk me recharge badan kita agar bisa Fit dan segar kembali dalam menjalankan aktifitas.

    Atas dasar tersebut, kami Rizzna Adventure mengajak teman-teman semua untuk me-recharge tubuh dan pikiran kita dalam suasana kebersamaan @ Trip : Liburan di Pulau 1000, 31-01 August 2010

    Kegiatan selama disana Ngapain aja?
    Hunting foto, snorkeling, ekplorasi pulau tidung, pulau payung, pulau karang beras dll,

    Berapakah Biayanya?
    Rp. 350.000/pax min 15 pax dan maksimal 35 pax ya…

    Fasilitasnya?
    1. Transportasi kapal umum Muara Angke – Pulau Tidung
    2. Transportasi kapal loka untuk jelajah pulau-pulau
    3. Akomodasi (homestay full AC : Shareroom)
    4. Konsumsi 3x
    5. Pendamping aktivitas
    6. Peralatan snorkeling (masker, snorkel, fin dan lifevest)
    7. dan pastinya kenangan indah tak terlupakan

    Info Yanti at 08567 62 5500, Email rizzna.adventure@yahoo.com / Yanti_inayati@yahoo.com
    Organized by :
    Rizzna Adventure

  37. SARBON says:

    KIRA KIRA KLO BIS LEBARAN KENA BIAYA BRAPA YAHH,,,
    ITU NGINEP BRPA HARI YG MPOK…
    NAFSU NII LIAT PULAU TIDUNG,,,,
    confirm YM SAYA YAHH MBAK cwo_fs90@yahoo.com
    thank sblum nya

    • titiw says:

      @sarbon: Iyah.. keliatan sih situ napsu.. bisa diliat dari huruf2 gede ini.. hahaha.. ini nginep sehari doang.. kalo abis lebaran gak tau juga deh berapa duit..

  38. pulau tidung says:

    karena tak terjaga, aset wisata ini pun terbelengkalai oleh sampah2 :( silahkan di re-check lagi link ini… http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5256523

    • titiw says:

      Iya.. memang sih sangat wajar jika banyak turis, makin banyak juga sampahnya. Di sini harusnya ada kesadaran dari penuduk setempat untuk menjaga tidung untuk ttp bersih, bukan semata2 mengambil keuntungan saja.. Terima kasih infonya ya..

  39. erna says:

    kalo ga mau ikut paket,hrg penginapannya brp ya perkamar? ada yg tau ga? please send me the information. tq.

    • titiw says:

      Rata2 penginapan di sana 100 ribuan perhari kayaknya.. itu udah yang lumayan.. kalo mau nyewa 1 rumah yang isinya ada beberapa kamar pastinya lebih mahal sih.. Saya juga gak pernah gak ikut paket ke pulau seribu ini.. Maaf jika jawabannya kurang meuaskan ya.. :)

  40. Semoga pantai ini nanti tidak kotor seperti pantai2 lainnya yang dulu bersih karena banyaknya pengunjung yang datang

  41. Debbie says:

    Tante Titiw, salam kenal ya. Aku Debbie, hehe penulis novel remaja. Aku lagi nulis novel yang salah satu adegannya ke Pulau Tidung, tapi aku belom pernah ke sana. Numpang ngutip beberapa pengalaman Tante di sini boleh yaa? (maksa) Tulisan Tante asli kocak, aku sampe ketawa-ketawa bacanya ahahahha. Makasih Tantee :)

    • titiw says:

      Salam kenal sayang.. Haha boleh kok ngutip pengalaman. Asal gak ngutip uang aja. Kalo udah jadi kabarin tante ya darling. Good luck! :)

  42. seno says:

    sama seperti sebelumnya: gambar :(

  43. syasa says:

    asik banget yaampun hahaha kak kalo boleh tau nama penginapannya apaan kak? makasi sebelumnya yaaak

    salam damai,
    syasa hahahahahahahaha

    • titiw says:

      Wahduh.. Aku juga gak ngeh deh itu nama penginapannya apa. Soalnya aku dianuh2 sama temenku doang waktu itu.. dianuh2 tuh apa ya bahasa benernya.. dimanage gitu deh.. jadi aku tinggal ongkang2 kaki aja.. :)

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. [...] besok mau ke Pulau Tidung (cihuy!), jangan [...]

  2. [...] Cibang Cibung @ Pulau Tidung Bagian 1 bisa dilihat juga lho.. Yang di bawah ini bagian ke-2 nya. [...]

  3. [...] Part 1 gak puas ah. Masa di sana cuman berenang-renang di pantai doang Tante? Apa bedanya sama trip-trip tante yg sebelumnya? Eh kamyu lagi! Eish. Jangan salah. Berbasah2 itu hanya hari Sabtunya aja. [...]



Latest
Random
Comment

Popular