Titiw Inside

Garage Sale? Yes Please.

Thursday, 6 August 2009

jakarta-garage-sale

Apa sih Garage Sale itu?
Gak akan saya bahas panjang2, langsung meluncur aja ke definisi Garage Sale berdasarkan Wikipedia. *pemales.com*

Bagaimana cara mengadakan Garage Sale?
Pilah pilih barang yang udah gak kamu pake, barang bekas ataupun baru, dan apapun yang kamu pikir gak diperluin di rumah. Adik bekas tidak dihitung. Mungkin bisa, tapi apakah kamu yakin dia akan laku..? Nah, gemana caranya kamu tahu kalo itu barang gak terlalu diperluin lagi..? Apakah dalam 3 bulan terakhir benda itu pernah terpakai? Kalo jawabannya TIDAK, maka langsung lempar barang itu ke dalam dus barang untuk dijual dalam GARAGE SALE kamu.

Begitu juga semua barang dari mantan, daripada kamu angot tiap ngeliat barang2 yg pernah dia kasih, mending ditaro di kardus untuk dijual juga ya. Caranya gampang aja, pilih satu tanggal dimana di deket rumah kamu ada keriaan. Misalnya hari Minggu pas ada kerja bakti, atau pas ada 17 agustusan di mana orang2 lagi pada ngumpul. Ng.. meskipun kalo ada yang meninggal, area rumah kamu rame, kayaknya gak proper untuk dijadiin pilihan waktu event ini kali ya.. Well, tanggal2 muda juga paling pas untuk mengadakan Garage Sale.

Barang2 apa aja sih yang bisa dijual di Garage Sale?

  1. Tas, sepatu, baju, blazer, rok, dress
  2. Perabotan rumah, lampu, piring, gelas, bangku, meja, lemari
  3. Alat2 elektronik: TV, radio, ipod, komputer, laptop, kipas angin
  4. DVD & CD
  5. Majalah, buku, novel fiksi maupun non fiksi, poster, komik
  6. Mainan Anak, boneka
  7. Kosmetik, parfum
  8. Aksesoris: gelang, kalung, anting,
  9. Pajangan, frame foto, karpet, sarung bantal, bedcover
  10. Daaan lain lain..

Suasana Garage Sale

Step by step bikin Garage Sale?

  1. Buka lapak aja di garasi atau halaman rumah kamu, karena itulah intisari dari Garage Sale. Menjual sesuatu di garasi kamu sendiri, tanpa adanya penyewaaan tempat macem bazaar.
  2. Yang harus harus diingat, garage sale bukan untuk mendapatkan keuntungan. Melainkan untuk membuang barang2 yang tidak kita perlukan tanpa perasaan bersalah telah “membuang”. Kalo mau dapet untung, jual sama temen sendiri kali yaa.. Atau jual aja sama Om Joni kayak biasa.
  3. Boleh juga kalo ada orang yang mau nitip barangnya ke kamu. Tinggal kesepakatannya aja gimana, bagi hasil, atau apapun. Karena gak seru juga kan kalo garage sale yang kamu adain barangnya cuma sedikit..?! The more the merrier, people!
  4. Jangan lupa barang2 yang kamu jual dielap2 dulu, dibersihin, dijait kancing yang copot, dikasi bedak, jangan lupa tambahin eyeshadow biar lebih HO OH.
  5. Jangan pake hati kalo ngejual barang2 ini, karena gak ada orang yg peduli kalo boneka tongki kamu itu adalah boneka pertama yang kamu dapet dari bibik yang ngerawat kamu dari umur 3 tahun.
  6. Jangan lupa juga tiap barang dilabelin harganya satu2, karena kamu akan capek untuk ngejelasin, dan calon pembeli lebih seneng karena gak perlu repot nanya2.
  7. Administrasi kamu harus teliti dalam melist barang2 yang ada. Karena siapa tahu itu bukan barang milik kamu sendiri. Jadi lucu juga kalo labelnya selain ditempel harga, dibubuhkan juga inisial nama dari si pemilik barang. Misalnya “20.000, TA”
  8. SENYUM. BT sih emang kalo ni calon pembeli udah nanya2 tapi gak jadi beli, tapi gak ada ruginya kok. Oh iya, calon pembeli juga seneng kalo dia udah beli, eh kamu kasih gratisan macem permen, atau jepit cantik gopekan yang kamu beli di stasiun kereta.
  9. Calon pembeli pasti haus, jadiĀ  lebih oke kalau kamu membuka 2 /3 tempat makanan & minuman untuk siapapun yang mau. Bagi hasil bisa dibicarakan.
  10. Berdayakan jejaring dan jaringan yang kamu punya. Mulut2 temen yang ember, fesbuk, frenster, multiplay, maispes, de el el untuk promosiin acara kamu.
  11. Jangan menaruh harga di internet, biarkan orang2 datang untuk melihat harganya langsung.
  12. Umumkan pada calon pembeli bahwa kamu tidak akan membuka garage sale sebelum waktu yg telah ditetapkan. Ini untuk mengontrol flow pengunjung dan supaya kamu juga tidak bingung. Umumkan juga ketersediaan tempat parkir, ataupun WC.
  13. Lebih oke kalo jualan kamu yang murah ditempel gede2 harganya. Misalnya kaos2 Rp 1000, ditaro di keranjang depan, dengan tulisan “1000 DOANG” tipe huruf ARIAL BLACK nyolot ukuran 164.
  14. Kasir bisa dibuka menjadi 2 tempat. Yang satu khusus orang2 yang beli sedikit barang dengan harga di bawah Rp 20.000 misalnya. Yang satu untuk yang belanja lebih dari Rp 20.000. Satu kasir bisa 3-4 orang, untuk nulis2 barang yg dibeli, untuk perduitan, untuk cek ini itu, untuk bungkus barang.
  15. Siapkan uang kecil yang banyak, dan jangan lupa woro2 ke calon pembeli untuk membawa uang cash dan uang kecil.

Seperti saya yang kemaren datang di sebuah Garage Sale di daerah Selatan Jakarta. Event dibuka jam 9, saya dateng 09.30, eh barang2 yang menarik hati saya udah abis boo!! Eh tapi liat dulu yang di bawah ini..

Barang-barang yang dijual di garage sale

Keterangan Gambar:

  • Vina dapet sepatu Nine West dengan kondisi 90% OK dengan harga Rp 75.000
  • Ibu2 yang borong semuaa mainan anak!
  • DVD, majalah, dan komik seharga Rp 2000 aja, kondisi 70% bagus
  • Fari yang dapet CD MUSE Collection, 5CD plus 2 DVD seharga Rp 350.00. Kondisi masih sangaaat bagus, Mbak Moi dapet tas Benetton keren dengan kondisi 95% baik seharga Rp 35.000

Hasil buruan!

Keterangan Gambar:

  • Dapet 2 baju, yg 1 Rp 20.000, yg 1 Rp 50.000 dengan merk lumayan, kondisi 90% baik. Semuanya ukuran saya. ASOY.
  • 4 CD Marvin Gaye Collection!! Kondisi 75% baik. Sedikit retak2 aja covernya.
  • The Best of Bob Marley & The Wailers buat kakak saya. 3 CD yang ciamik, seharga hanya Rp 25.000 saja, kondisi 85% baik.
  • Buku Photoshop berwarna seharga Rp 5000, kondisi 80% baik, serta 5 DVD seharga Rp 10.000 yang setelah dicoba semuanya OK, kecuali 1 DVD yang subtitle bahasa inggrisnya gak ada.

Jadi, jangan ragu untuk ngadain Garage Sale. Liat animo pembeli, barang apa yg paling banyak dibeli, minta kritik dan saran. Siapa tahu kamu bisa ngadain Garage Sale secara rutin. Enjoy the fun of Garage Sale!

PS: 3 hari tante tinggal dulu ya nak, mau ke Lampung nih ngeliat Lumba2.. Arrivederci!!

40 thoughts on “Garage Sale? Yes Please.

  1. gum says:

    tempo hari sempat ngobrol2 juga sama nyonya buat bikin ginian. banyak banget barang2 yang masih bagus tapi udah nggak pernah dipake.

    dibuang sayang, dikasih ke orang belum tentu bermanfaat buat orang itu. jadi pinginnya bikin garage sale kayak gini biar orang bisa beli sesuai minatnya.

    bikin yuk, tiw ^^

    1. titiw says:

      Nah toh..? yodah kamu siapkan tempatnya, aku siapkan barang2nya lagi deh.. mungkin lebih oke pasca lebaran.. woro2nya dari sekarang.. Yes..?!

      1. gum says:

        tiw, nomer hape dunk. jepri yak :D

        1. titiw says:

          Udeh.. via YM barusan, hoho..

      2. Tonny says:

        Bagi info dong mba

  2. aldriana amir says:

    iya, ide bagus tuh tiw! kalo dulu wkt kecil saya sm adik dan kakak saya malah pernah buka ‘garage library’ di rumah. tempatnya bnr2 di garasi rumah, dulu blm pny mobil tp udh ada garasinya, hehehe. animo pengunjung saat itu sngt antusias terutama anak2 kecil di sktr komplek rumah. akhirnya byk jg yg ikut2an buka perpustakaan deh. tp sayang, akhirnya byk buku2 cerita yg dipinjam pd ga balik, sedih deh.. waw, selamat bersenang2 ya tante! :D

    1. titiw says:

      Huah.. maaf ya di baru bales.. baru balik liburan nih.. hehe.. wah ngomong2 garage library aku juga pernah tuh ikutan bareng temen2 kompleks. Tapi sedih setengah mati karena komik2 aku jadi pada rusak dan ilang2an.. padahal aku ikutan itu bukan cari duit,, tapi biar ada kegiatan aja liburan.. huhuhu.. padahal juga komik2 itu koleksi.. Btw trip kemaren menyenangkan, tunggu cerita selengkapnya ya! :D

  3. Nugi says:

    AA” ada si fat..:D

  4. moi says:

    ayo sering2 (ngadain dan dateng ke) garage sale…

    1. titiw says:

      Ayo ayooo!! Ciyee.. yg dapet barang2 oke.. ;)

    1. titiw says:

      Yaah.. udah tak kasih ke kakak tertua.. Di SBY jarang ada garage sale, eve..?

  5. winda says:

    aku mau join donks kl ngadain garage sale…
    info-in yaaa…

    1. titiw says:

      Sip.. ntar kalo ada garage sale berikutnya aku taro di EVENT deh yaa.. :)

  6. tya says:

    aisshh!!! kayaknya seru banget tiw, ini kedemenan saya, belanja di empire2, dapet barang murah tapi masi joss!! wuih prestasi itu, kekeke :P

  7. tascha says:

    Haiii.. jangan lupa dateng ya ke GARAGE SALE di Jl. Cimahi 14 Menteng, Jakarta Pusat. buka every weekend (jumat, sabtu, minggu) selama bulan puasa. terima kasiii

    1. titiw says:

      Lebih oke kalo dikasih tau range harganya dari berapa sampe berapa, dan tipe barang apa aja yg dijual.. Thx for the info anyway.. :D

  8. mima semar says:

    *The Best of Bob Marley & The Wailers buat kakak saya*

    iiihhh…gitu2 lo juga cinta banget ya sama kakak lo itu ck ck ck….

    eh kalo ada yg mau ngadain garage sale gitu kasih tau gw dong tiw, soalnya gw banyak bgt barang2 yg pengen gw jual2in nih daripada menuh2in rumah. sedangkan kalo gw bikin garage sale di daerah rumah gw susah, sepi bgt nih gak bakal laku.

    1. titiw says:

      Jiyahaha.. iyeh iyeh.. garage sale di tempat yg gw mention barusan ini bakal ngadain lagi awal november.. tapi untuk naro barang di tempat dia udah ditutup bo.. kapan2 kalo ada gini2an lagi gw kabarin yaaa.. apa kita aja bo yg ngadain garagae sale bareng anak2 SD pas reunian PR..? hihihi..

  9. mima semar says:

    naaahhh itu lebih yahud kedengarannya, apalagi kan kita masih hangat2nya tai ayam tuh bertemu mereka. daripada bikin acara kumpul2 doang gak jelas kayak lo2 pd wkt ke bandung kemaren kan (pdhl gw ngiri stengah mampus pas liat fotonya) mending kita bikin aja tuh acara garage sale. kita suruh aja si biang EO a.k.a Depe buat acaranya, ahahahaha…..

    1. titiw says:

      Ya toch..? ya toch..? eh kate sapeeee kemaren eike ke bandung gak jelas..? jelas abisss lagiiiii.. hihihi.. kita main flying fox lho.. hoho.. Ayo2 komporin anak2 ngumpulin baju bekas dan lain2 buat garage sale!!

  10. Vina Fadhilanahal says:

    aku punya niat mw bt garage sale di rumah. tapi masih blum pede. kira2 buku apa ya yang bisa nambah persiapan&PD buat bikin garage sale?thanks ya buat jawabannya!!!

    1. titiw says:

      Wah.. gak tau juga ya dek vina buku apa.. aku juga belum pernah sih adain garage sale.. pernahnya aku ikut join naro barang doang tuh.. :D

  11. Vina Fadhilanahal says:

    ups sorry maksud gw buku bacaan yang musti gw baca buat nambah pengetahuan cara bikin garage sale yang sukses. soalnya gw takut gagal nich pas bikin garage sale eh ntar gak ada yang dateng. thanks a lot.

  12. Reza says:

    Mau dunk ngadain Garage Sale, kebetulan dirumah banyak banget barang (baju, pernak pernik) yang udah dipake lagi.
    japri ya mbak …
    mungkin kita bisa kerjasama …

    Thanks sista

  13. dita.gigi says:

    hihihi…. aku tau ini garage sale dimana… aku juga mau domz ikutan kalo dirimu bikin… :D

    1. titiw says:

      Waktu garage sale di sini kamu dateng..? dapet barang2 ok gak..? Aku iya bangeet! :D

  14. bocah getas says:

    mampir nich…
    menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
    salam….
    oh ya ada sedikit info nich tentang bibit jabon semoga bermanfaat…

  15. seno says:

    dan kamu udah sukses buat sendiri kan.. ;) gbr

    1. titiw says:

      bukan sendiri.. berdua tepatnya..

  16. thya says:

    aku mau dong ikutan titip barang kalo ada lagi..aku di bdg tp rumahku tak punya halaman tuk garage sale…kabarin yah..tq

    1. titiw says:

      Wah, di bandung..? Daripada nitip, mendingan bikin sendiri sama temen-temen di sana. Gak harus garasi. Di taman atau tempat terbuka gitu juga oke kok selama gak hujan.. :)

  17. Elisa says:

    ikut dong kalo ngadain lagi garage sale.. Nyari duit dari barang2 yang uda ga kepake.. hehe

    1. titiw says:

      Siiip.. boleh lho kalo @curipandang ngadain.. :)

  18. Lya says:

    waaah….seru banget kayaknya … saya mauuuu nyontek info nya ya mba.. salam kenal dari saya, Lya di Bandung yang pengen belajar bikin garage sale ^_^

    1. titiw says:

      Waaah.. semoga sukses ya Lya! :)

  19. tetty says:

    kalo ada yang punya info garage sale pls info, saya juga open buat yang mau kongsi bareng tq ^.^

    1. titiw says:

      Sering kok diadain, coba cek2 instagram dengan hashtag #garageSale kak :D

  20. eva says:

    bisa ikut nebeng jual barang gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now