Traveling

Jeram Lobang Cinta di Rafting @ Cianteun, Bogor

Saturday, 12 September 2009

100% saya yakin kalo kamu belum pernah denger ada tempat rafting di Bogor, tepatnya di Cianteun daerah Situ Udik (Situ udik? Saya kota). Jadi pada tanggal 24 Mei 2009 kemaren (kemaren..? halo.. it’s like.. 4 months ago, yo!) saya dan pacar serta dua orang temannya berarung jeram tanpa perencanaan matang di sini. Namun karena sepertinya temen kita ini sudah terbiasa rafting di situ, kita mah ngikut ajah kayak kebo yang moncong putihnya dicocok. Tanggal 24 Mei bertepatan dengan dirgahayu si Kang Mas lho.. Happy 30 something banget b’day beb!

Perjalanan dari Jakarta ke Bogor dan ke daerah Situ Udik memakan waktu sekitar 1,5 jam. Sebelum ke sana, kita jemput orang yang namanya Epiq yang ternyata menyewakan raft, dan seperangkat peralatan gono gini. Yep, kita nyewa peralatan dari kolega, karena di sana gak ada penyewaan. Maklum daerahnya belum komersil, padahal udah ada sejak tahun 90an. Dari Bogor kota ke Situ Udik lumayan lika liku perjalanannya. Kita naro mobil di deket museum Pasir Angin, nah dari situ carter angkot ke tempat rafting. Kenapa kudu carter angkot? Karena emang daerahnya kurang geboy buat dilewatin mobil. Kesian mobilnya ntar turun bero pulang2. Turun angkot, kita masih kudu jalan kira-kira 200 m ke arah sungai dengan membawa peralatan rafting masing2.

Nyampe sungai, masih harus turun tebing kecil dikit dengan derajat yang cukup membuat paha saya yang masih biru2 karena kepleset di depan resto padang jadi cukup kebat kebit. Karena ini adalah pengalaman saya ber-rafting ria, maka dapet brief sebentar dari Kang Ntis. Ntis ini adalah pemuda setempat yang katanya udah sering ikut perlombaan rafting nasional yang gradenya tinggi. Menurut Ntis, Grade di sungai ini adalah grade 4 (waduh, belom pernah repting langsung gret 4? Kan maen..)

Rafting Cianteun

Nyemplung.. Airnya super dingin!! Debit air sedang bagus karena baru saja hujan, jadi kalo lagi kemarau rada capek ngayuh si raft karena airnya dikit. Di sekitar tampak anak2 kecil melompat dari atas dengan dilengkapi tawa terbahak-bahak, tanpa selembar benang pun di tubuhnya (bahasa gw mulai eni erow nih). Titik kita berangkat dari Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA di sana, keren macem air terjun gitu mak. Sayang, kamera ditinggalkan di mobil, sehingga keindahan alam sekitar tidak dapat direkam dengan pol. Saya dan pacar di atas raft bersama Epiq & Ntis, sedangkan 2 teman kami naik kayak.

Perjalanan dimulai.. Jebyar.. Jebyuur!!! Seru!!! Di sungai itu, tiap2 jeram yang menggila dinamain lho! Ada jeram “Lobang Cinta”, jeram “Kuda Liar”, dan lain2 yang namanya nyeleneh. Hihi.. Di perjalanan, ngeliat ada lapangan bola di tengah sungai (as in LAPANGAN BOLA), sama kerbau2 yang lagi jalan santai. Total waktu rafting kita 1,5 jam udah sama istirahat. Iya, jadi di tengah2 perjalanan kita sempet istirahat bentar minum dan makan cemilan2. Sedangkan total jarak yang ditempuh sejauh 14 km kurang lebih. Nah, titik finish kita adalah tempat mobil kita berada. Jadi angkot yg kita pake tadi untuk menuju titik start.

Nyoba kayak

Wih.. Pengalaman yang cukup seru. Tapi meskipun gak ada foto kita lagi di jeram2 itu, sempet foto2 pas di titik finish kok. Hehe.. Terlihat kurang seru jadinya ini foto. Btw, tadi kan saya bilang kalo kita naro mobil di deket museum bernama Museum Pasir Angin. Kata hati ingin berkunjung dong, namun sayang seribu sayang pas saya naik untuk silaturahim eh pintunya masih digembok tuh. Overall.. Perjalanan kali ini menyenangkan, maklum baru pertama kali, hehe. Total uang yang dikeluarkan untuk trip ini cukup murah. Rp 250.000. Yah Tiw.. Itu mah standard. Rafting di mana2 emang Rp 250.000-300.000! Oke, tapi kalo saya bilang harga segitu untuk berdua? ;) Happy rafting!!

(c) rafting picture

← Next Post

25 thoughts on “Jeram Lobang Cinta di Rafting @ Cianteun, Bogor

  1. rizoa says:

    wah…seru banget itu pasti… pengeeen

    1. titiw says:

      Yak yuuuukk.. :D

      1. ersa says:

        bisa minta alamat reservasinya?di kota bogor atau di sukabumi?

        1. titiw says:

          Gak ada reservasinya.. waktu itu pribadi aja.. :D Di Bogor ini..

  2. nugi says:

    “Sayang, kamera ditinggalkan di mobil, sehingga keindahan alam sekitar tidak dapat direkam dengan pol” –> bener2 gak boleh terjadi lagi..:(

    1. titiw says:

      HOOH.. inget gak be yg anak2 loncat2 dari atas..? itu keren banget.. belom lagi PLTA dan lapangan bola di tengah2 rafting.. hihihi..

  3. pakacil says:

    bolak-balik saya perhatikan, sepertinya ada yg ketinggalan.
    Foto andalan-nya mannna?

    1. titiw says:

      Itu khusus di PANTAI aja pak.. hehe.. ini kan SUNGAI.. :D

  4. kuy says:

    dimana arung “jeram” nya tiw?
    kok airnya tenang semuah?

    1. titiw says:

      Makanya dibaca baik2 darling.. “Tapi meskipun gak ada foto kita lagi di jeram2 itu, sempet foto2 pas di titik finish kok. Hehe.. Terlihat kurang seru jadinya ini foto..”

  5. kuy says:

    ehehehehe..maap tante, saya baru baca kotennya..ehehehehe…
    jadi malu…

    comment terbaru :
    hwuaaat!!!! grade 4 ? paraaaah!!!!
    iri mampus ghuweh….

    1. titiw says:

      hemph.. belagu siiih.. ahahhahahah!!! *ketawa ala brama kumbara*

  6. shinta says:

    info lngkapny dong ini dmn??seru d!!

    1. titiw says:

      Maafkkeun.. itu udah yang paling lengkap di atas.. -_-“

  7. Ivan Maulana says:

    Minta infolengkapnya doong,,kayana seruuu!!

    Thx

    1. titiw says:

      Tulisan ini udah lengkap say.. Aku soanya waktu itu tingal ikut temen aja, jadi gak gitu detail.. :D

  8. seno says:

    judulnya gak nahannnn… xD gbr

    1. titiw says:

      Iyeeh.. Gambarnya juga belom dibenerin nih..

  9. Jaka says:

    Klo mau rafting disitu bisa menghubungi siapa ya? tertarik nih, mohon infonya, thx

    1. titiw says:

      Kebetulan waktu itu saya betul2 diajak sama teman dan dia yang mengurus semuanya. Maaf jika kurang membantu ya.. :)

  10. Ica says:

    tanya dooong, maksudnya daerahnya belum komersil gimana yaaah??

    1. titiw says:

      Maksudnya ini belum biasa dipake rafting, safety procedure gak bisa dibilang oke juga karena waktu itu kita cuma sama teman aja, dan gak ada tim yang khusus jaga kita. Alat-alat juga kita sewa sendiri waktu itu. :)

  11. Ica says:

    oh ya, aku mau tanya lagi nih. . gimna dengan safety procedure d sana??
    maaf yaah,soalnya aku dapet tugas observasi gituu. . mohon banget bantuannya yah kakak :)

  12. Tyo says:

    mav gan,, kl sekarang harganya brp yaah..???
    ^_^

    1. titiw says:

      Wah, kurang tau juga. Waktu itu saya dibayarin semuanya dan gak pake tour dll.. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now