Titiw Inside

Asal Usul Nama Bir Pletok Betawi

Friday, 27 November 2009

bir pletok1

Rumah mungil di pelosok kampung tersebut terletak agak ke dalam, yang jalanannya hanya bisa dilalui motor. Di situlah tinggal Ibu Rosiah, seorang ibu berumur 60-an yang menjabat sebagai ketua Ketua Betawi perempuan sekaligus seorang pembuat bir pletok, minuman khas asal Betawi. Mengapa minuman yang berkhasiat untuk menyegarkan badan itu dinamakan bir pletok?

Sambil tersenyum, Ibu Rosiah menjelaskan “Jaman penjajahan dulu, orang-orang Belanda dan Jepang sering terlihat minum-minum bir di pos, sehingga orang-orang Betawi ingin memiliki minumannya sendiri. Akhirnya mereka membuat minuman di bumbung (selongsong bambu) yang diisi es dan bumbung yang terkocok-kocok tersebut mengeluarkan bunyi pletak pletok. Dari situlah asal usul nama bir pletok berasal.

Masyarakat umum masih banyak yang beranggapan bahwa minuman ini memiliki kandungan alkohol ataupun bahan yang membuat mabuk. Anggapan itu tidak benar sama sekali, karena bahan-bahan yang terdapat di dalamnya kebanyakan adalah bahan-bahan herbal yang jamak digunakan orang untuk membuat jamu. Sebut saja jahe merah, kapulaga, daun pandan, sereh, kayu manis, dan semacamnya.

Ibu Rosiah yang sudah memulai industri rumahan sejak tahun 1996 ini tidak segan untuk berbagi resepnya. Ketika ditanya, ia serta merta mengatakan bahwa cabe jawa merupakan bahan yang membuat bir pletoknya terasa beda dari bir pletok lainnya. Pembuatan bir ditangani langsung oleh Ibu Rosiah, sedangkan anak-anaknya hanya membantu pengiriman ke tempat-tempat yang sudah memesan bir buatannya.

bir pletok

Ketrampilan Ibu Rosiah untuk membuat bir pletok ia dapatkan dari Gapokan, semacam gabungan kelompok tani, yang memang mengajarkan orang-orang setempat untuk lebih kreatif dalam membuat industri kecil-kecilan. Untuk urusan penjualan, Ibu Rosiah hanya memasarkannya dari mulut ke mulut. Meskipun tidak dipasarkan secara luas, kepiawaian Ibu Rosiah untuk membuat bir pletok membuat beberapa perusahaan besar seperti perusahaan telekomunikasi ataupun hotel-hotel besar secara teratur membeli minuman berwarna kecoklatan itu dari dirinya.

Harga yang ia patok? Tergantung siapa yang membeli. Jika yang membeli adalah tetangga, maka harganya adalah “harga tetangga”. Namun jika yang membeli ialah perusahaan besar, maka Ibu Rosiah menyesuaikan harganya lagi sesuai kemampuan perusahaan tersebut. Selain itu, ia juga rajin mengikuti bazaar, apalagi yang memang diselenggarakan oleh paguyuban betawi.

Cara penyimpanan bir pletok yang enak diminum hangat ataupun diberi es ini tidaklah sulit. Hanya diletakkan di lemari es, maka bir pletok akan tahan selama 5-6 bulan. Namun jika tidak ditaruh di kulkas, daya tahannya bisa sampai dua minggu. Khasiatnya pun baik untuk kesehatan, seperti mencegah masuk angin, penghangat badan, dan menghilangkan pegal-pegal. Jadi, tertarik untuk mencoba bir pletok?

23 thoughts on “Asal Usul Nama Bir Pletok Betawi

  1. herru says:

    Ti, the big question is: elu sendiri udah pernah beli belom dari Bu Rosiah? terus rasanya gimana?

    1. titiw says:

      Weits.. bukan cuman beli!! Ini eike wawancara langsuuung ama doi!! rasnya pedes2 seger!! waktu ke sono mah dikasih yang adem, tapi pas nyoba di rumah enaknan anget.. cuco diminum kala hari hujan kayak gini Om.. :D

  2. titi says:

    ada2 aje dahhh ahahhaa top
    bahlul

    1. titiw says:

      Ente yang bahlul!! hihi..

  3. tya says:

    wew.. bir pletok sama bandrek enakan mana tiw?

    1. titiw says:

      Gak doyan bandrek.. jadi gak bisa compare!! haha.. intinya kalo diminum anget2, bir pletok ini mantep cuuy..

  4. Fajrin says:

    tiw leh tau alamat or kontaknya ga
    gw mau pesen buat event gw nanti thx

    1. titiw says:

      Alamatnya di Jalan Kebagusan 2 No. 42, Jakarta Selatan. Kalo nomer telepon dia kasih nomer anaknya, namanya Ibu Ida, nomernya 02199318839. Silakan dihubungi.. bilang aja tau dari reporter solfacorners.com yang waktu itu main ke rumah bertiga.. :D

  5. anggita says:

    mau tanya donk, itu usaha besar atau kecil2an aja? mau aku buat tugas sekolah nih, disuruh bikin film dokumenter. thanks before :)

    1. titiw says:

      Ini usaha rumahan aja say.. Thx after.. :D

  6. anggita says:

    kira-kira bisa dibuat film dokumenter nggak ya?

    1. titiw says:

      Bisa kok.. apa sih yg gak bisa.. :D

  7. Ooo … W KiRAiN Bir PLEtoK YAnG KAYA di SenAYan Gtu, TernYATA BuKAn

    ArmSTROng_PROduct@YahoO.co.ID

    1. titiw says:

      Ey44h. AkwoU pQr jwg4 getoCh. TrNy4t4 g4x.

  8. nisdi says:

    good (y) rumah ibu ini dimana yaa?

    1. titiw says:

      Daerah Jagakarsa..

  9. seno says:

    ahahaha ini bir sehat. aman dikonsumsi berkalikali selama dompet terus terisi.

    1. titiw says:

      Betul kakk.. pinter.. :)

  10. muhtar says:

    sekarang beli bir pletok tuh da di mana sih?

    1. muhtar says:

      daerah yang jual bir pletok tuh ada di daerah mana ajah?

      1. titiw says:

        Kurang tahu juga di mana aja.. yang jelas kalo yang saya tulis ini di daerha jagakarsa. Sekarang di PRJ juga banyak kok.. :D

  11. melan says:

    minta alamatnya ibu pembuat bir pletoknya donk?

    1. titiw says:

      Alamatnya di Jalan Kebagusan 2 No. 42, Jakarta Selatan. Kalo nomer telepon dia kasih nomer anaknya, namanya Ibu Ida, nomernya 02199318839.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now