Events

Selamatkan Harimau Sumatra! Jadilah Volunteer WWF!

Wednesday, 17 February 2010

Untuk menyambut Tiger Year ini, WWF mengadakan acara untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang Harimau Sumatera yang hanya tersisa 400 ekor saja di Indonesia. Maka daripada itu, tanggal 12-13 Februari kemarin, diadakanlah acara di Taman Menteng. Ada booth2 program WWF, ada panggung yang diisi dengan drama, musik, tari, dll.

Ini adalah kali pertama saya menjadi volunteer untuk WWF Indonesia. Yang jelas jadi volunteer WWF seru banget, dan nambah ilmu tentang apa yang menjadi concern WWF. Rundown lengkap acara sudah saya berikan di postingan yang lalu, jadi sekarang ini saya tampilkan foto2 beserta kisah di balik fotonya.

1. Booth Program & Camera Trap –> Di sini tempat saya jaga booth bersama Bang Timmi dan Kamila Parakkasi, sang tiger woman alias satu-satunya cewek yang jadi researcher harimau di Riau dan sekitarnya. Oh ya, gambar 1 lagi adalah camera trap digunakan untuk mendetect keberadaan harimau. Ada bekas cakar harimaunya juga!

2. Booth2 Lain

Para testerer madu Tesso Nilo

2. Booth2 lain –> Ada registrasi (buat dapetin doorprize dan pernak pernik menarik dr WWF, gratis loh!). Trus booth Sahabat Harimau tempat kamu bisa berdonasi untuk harimau2 Sumatera yang terancam punah, booth Environment Education yang paling rame, karena di sini tempatnya bocah2 ngegambar topeng2 harimau, dll. Ada pula tempat fund raising, serta booth green lifestyle dimana kamu bisa ngasi sampah kering ataupun barang bekas di sini. Oh dan tak lupa green cafe yang ngejual madu aseli dari Tesso Nilo (kawasan penghasil madu di Sumatera). Nah 2 orang ini merupakan tukang cicip madu tester. Liat muka mereka, sangat gay menikmati, bukan?

3. Wonder Eyes Project

3. Wonder Eyes Project –> merupakan proyek foto yang digagas oleh Hikaru Nagatake dari Jepang. Ia membagi2kan kamera kepada anak2 yang “amatir” dalam fotografi. Dari hasil2 yang dicetak, ternyata mata para “amatir” itu tidaklah buruk. Bahkan hasil2 foto mereka dapat memberikan sisi lain sekitar Taman Nasional Tesso Nilo dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dari sudut pandang mereka. Dalam acara ini, diadakan pula talkshownya dengan Jerry Aurum sebagai pembicara.

4. Game Jejak Harimau

4. Jejak harimau –> Digunakan untuk main games, kalo kita udah merangkak2 ngikutin jejak ini, dapet pin lucu banget dari WWF!

5. Cengkrama

5. Para pegawai & volunteer WWF –> bercengkrama (kata apa ini?!).

6. Bocah2 SD

6. Bocah2 SD –> Mereka berasal dari SD di Menteng dan sekitarnya yang dibawa gurunya untuk mendatangi acara ini. Pada bilang seneng banget di acara ini loh!

7. Mobil Panda

7. Mobil Panda –> dibuat khusus untuk WWF oleh Hino. Mobil ini dapat dibuka, ada ac, tv, buku-buku dan segala yang mengakomodir awareness masyarakat mengenai program2 WWF. Tapi itu modelnya sih termasuk jenis sampah basah. Boleh dienyahkan *gyahahha.. ampun gal!*

8. Patung Obama

8. Patung Obama

8. Patung Obama –> baru aja dipindahin kemarenan. Untung sempet foto2. Haha.. Lagian juga ni patung gak penting banget, trus ada kalimat terukir manis di patungnya : Friends of Barry Obama …. & …. *isi titik2 dengan nama2 orang pengen tenar sedunia* HELLLEEBB..

9. Hiburan

9. Hiburan –> Ada fashion show dan tarian dari Sariayu yang menampilkan “Color of Sumatera”. Trus pertunjukan “Kungfu Panda Saves the Tiger”. Tari2an daerah, serta Barongsai. Dateng ke 1  event ini, dapet banyak hiburan pokoknya!

10. Musicians

united 93 downloads

10. Musisi yang perform. Ada the Rombengs, kumpulan bocah2 abg yang main musik dari barang bekas, lagunya asik2 banget! Dear Nancy yang lagu2nya manis, Ballads of The Cliche juga ada. Eh iya, saya sempet2nya kenalan sama salah satu personelnya, yaitu Dimas Ario yang megang bass. Iya, yang tulisan musiknya dari jaman Friendster dulu saya suka banget!! *senankriang*. The Brandals juga manggung, sempet negor Ui sama Bang Eka pas mereka kelar manggung doang. Bang Eka pas diwawancarain keren banget jawabnya! Dia tahu banget ttg program dan lala lili lainnya. Ba’da magrib, Jamaica Cafe manggung ditemani kami para volunteers manis manja yang melantai di depan panggung. And last, acara ini ditutup sama Endah N Rhesa. Udah beberapa kali liat dia live, tapi kok tetep gak bosen ya sama mereka? Lagu favorit saya yang mereka bawain malam itu adalah “In The Jungle”. Endahnya maniiiis banget. Kalo jadi cowok, saya mah nyarinya cewek2 yang kayak gitu tuh. HA.

11. The Volunteers

11. Para volunteers di hari pertama dan di hari ke-dua. Itu yang oren2 kita foto sama Jamaica Cafe lho! Grup acapella yang sering ikut andil tiap acaranya WWF kayak waktu di perhelatan pemutaran film The Age of Stupid beberapa bulan lalu.

Begitulah kegiatan akhir pekan saya. Eh sebelum kelar, saya mau jelasin aja nih perbedaan antara macan dan harimau. Pertanyaan paling sering keluar ketika saya lagi jaga booth.

Anak-anak, macan itu beda sama harimau. Biasanya, kita mengklasifikasikan berdasarkan bentuknya fisik yg beda (macan lebih kecil). Nah, mereka berdua ini berasal dari satu genus yang sama, yaitu panthera. Macan adalah genus panthera berbadan totol, sedangkan harimau adalah genus panthera berpola garis2. Dan harimau ini adalah rantai teratas makanan di hutan, bukan macan. Semoga membantu. Kalo ada pendapat lain, sok atuh dishare, kita kan care..

Selamat hari kasih sayang, dan selamat tahun baru Imlek!

PS: Sebagian foto adalah milik Galih Aristo. Thx bro!

23 thoughts on “Selamatkan Harimau Sumatra! Jadilah Volunteer WWF!

  1. mima aja says:

    tau gak, waktu itu kan lo ngajak gw buat kerja ginian trus gw blg ada kerjaan, eh tnyata kerjaannya kagak jd. SIAL!!! tau gitu gw ikutan nih acara kayak gini, doyan bener guah.
    ooo….gw baru tau macan tuh beda sama harimau. kalo tiger itu harimau yah? nah kalo macan bahasa inggrisnya apah?

    1. titiw says:

      Hem.. makanya.. nanya dulu, kerjanya apa.. dese belum jelas udah menampik diriku sih! HUH! *kepala mendongak*

  2. thalique says:

    tapi ini bukan latah karena sekarang tahun macan menurut kalender china terus ikut-ikutan yang diselamatkan macan hahaha..ach benar-benar pernyataan dongo loe liq…anyway sakses lah…

    NB
    tapi aye pesen jangan ngikut2an gerakan moral diluar negeri, yang pada demo nude karena menolah pemaian kulit dan bulu binatang untuk dijadikan pakaian..ntar aye bisa ngecess liat orang orang kece pada demo begituan hahaha

    1. titiw says:

      Bukannya latah mas, WWF udah concern dengan harimau dari dulu, tpai karena momennya pas aja sehingga lebih digembargemborkan.. Ah, kalo ada yg nude mah sintip dua intip lucu juga kan..? ;)

  3. mima aja says:

    pertanyaan gw blm dijawab tapinya. kalo macan bahasa inggrisnya apa bo? *msh penasaran*

    1. titiw says:

      kalo liat kamus tiger juga, tapi dia sebenernya lebih dket ke jaguar deh.. hem.. ada yg bisa bantu..? ;)

  4. ayoe says:

    iya tiw.. macan bahasa inggrisnya apa?? *ikut penasaran* hehe ;)

    1. titiw says:

      GAK TAU WOOY!! ADA YG BISA KASIH TAU??!! HAHAHAHAHA!! *setress*

  5. MP says:

    Walaupun sama2 dari Genus Phantera, Macan (Panthera pardus) dengan motif kulit Totol atau Polos. Kl harimau (Panthera tigris) dengan motif kulit Loreng..

    1. titiw says:

      Thank you very much for your explanation sir MP.. :D

  6. feb says:

    cara jd volunteer gmn?

    1. titiw says:

      Waktu itu sih kebetulan aku ditawarin sama temenku yg juga volunteer di sana.. Mungkin kalo mo tau ini itunya kamu bisa hubungi langsung WWFnya di SINI dear.. :D

  7. escoret says:

    hahhah..itu eka the brandals….
    udah liat di yutube soal konsernya itu…
    the brandals kan duta wwf….ehheheh

    *pake kawos the brandals*

    1. titiw says:

      Yoi emang bang eka duta brandals.. udah gitu komprehensif banget pula jawabnya.. :D

    1. titiw says:

      Huahahaha!! Maaf baru liat.. komenmu itu masuk spam lho! Entah mengapakah..

  8. morishige says:

    keknya asik tuh jadi volunteer WWF. bisa nambah ilmu plus jalan-jalan.. hahay!!!

    1. titiw says:

      Yoi, asik banget cuuy! Tapi jalan2nya sih belom.. hehe.. :D

  9. Sheyka says:

    kak Titiw, nanya dong, gimana sih bisa jadi Volunteer begitu? Pengen infonya dong, thanks ya :)

    1. titiw says:

      Aku sih kebetulan karena ada temen di sana, jadi dia nawarin.. Kamu langsung aja tanya ke WWFnya, atau sampai besok nih ada acara eco product yang mana WWF dateng di sana.. kamu sok akrab aja ke sana dan tanya2 gemana jadi volunteer. Okeh? ;)

  10. Priyo Kurniawan says:

    bagaimana sih caranya tuk jadi volunteer WWF ..??

    1. titiw says:

      @priyo: Main2 aja ke kantornya di kuningan, atau email ke emailnya WWF.. Atau cari temen yg kerja di WWF, minta diajak2 terus deh.. :) Semoga membantu..

  11. seno says:

    mungkin kalo acra ini diafain di bukit barisannya langsung akan lebih bermanfaat imho. gbr

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now