Entertainment

Twitter For Dummies

Thursday, 20 May 2010

Kakak, apa beda retweet sama reply? Apa beda #link dengan@link? bisa upload foto di twitter ga?

Weleh. Tiba2 di kotak chatting saya ada pertanyaan kayak di atas. Hari gini ada yang masih nggak tau dasar-dasar Twitter? Hal-hal yang barusan ditanyakan oleh dik Eko di atas itu simpel lho. Tapi kalo namanya baru punya Twitter dan emang nggak tahu? Itu bukan berarti si Eko bego, tapi lebih kepada tidak tahu. Setelah semalaman ngasih wejangan sama Eko, lampu ide di kepala saya berpendar. Kenapa nggak bikin Twitter For Dummies aja ya? Yaah, gak lengkap-lengkap amat sih, tapi setidaknya merangkum basic penggunaan Twitter secara teknis. Agar lebih mudah, saya memakai contoh 2 orang, yaitu @ekobimantara dan @TitiwAkmar. Here you go!

Twitter For Dummies

1. Timeline itu apa ya..?

Timeline adalah sekumpulan tweet orang-orang yang telah kamu follow. Misalnya kamu sudah follow 100 orang, timeline kamu akan penuh oleh 100 orang itu.

2. Apa beda follower dan following?

Dibahasa indonesiain aja. Follower adalah orang yang follow kamu, sedangkan following adalah jumlah orang yang kamu follow. Yang jamak terjadi, ketika kamu adalah seorang ARTIS, follower kamu hampir PASTI lebih banyak daripada jumlah orang yang kamu follow (following). Karena banyak orang yg pengen tahu kehidupan artis sehari2, tapi si artis itu ya gak pengen tahu kehidupan ELO kan..?

3. Bagaimana cara membalas tweet?

Balaslah tweet seseorang dengan memakai reply, bukan dengan ReTweet (RT). Misalnya:

@ekobimantara: Eh @TitiwAkmar, lagi ngapain sihh..?

@TitiwAkmar: @ekobimantara aku lagi ngerjain pe er nih dari tadi. Kamu ngapain?

@ekobimantara: @TitiwAkmar aku lagi corat coret aja nih buat komik baru.

Mengapa tidak memakai RT untuk membalas? Karena jika menggunakan reply, yang melihat twitter percakapan kalian hanyalah orang yang memfollow kalian berdua. Dalam kasus ini, yang bisa liat conversation di atas hanyalah orang yang follow @ekobimantara dan @TitiwAkmar. Sedangkan jika memakai RT, semua orang di dunia bisa lihat tweet kamu. Ngobrol bedua doang kok pengin diliat? Lagipula jika memakai RT untuk membalas, nilai sebuah twit untuk diRT menjadi tidak jelas. Ah, kalau point yang terakhir tanya tante secara pribadi ya nak, terlalu expert jika dijelaskan dalam bahasan Twitter for Dummies ini.

4. Pernahkah kamu melihat “Re” di akhir sebuah twit?

“Re” bertujuan untuk menjelaskan topik yang dibahas. Karena terkadang orang tidak langsung menjawab sebuah twit kan..? Misalnya:

@ekobimantara: @TitiwAkmar menurut kamu gemana tadi pameran air brushnya? (twit pukul 16:00)

Di sini, si @TitiwAkmar tidak menjawab sampai 4 jam kemudian.

@TitiwAkmar: @ekobimantara Bagus kok (twit pukul 20:00)

Ternyata, si @ekobimantara antara pukul 16:00 ke 20:00 udah ngetwit banyak. Dia jadi bingung, si @TitiwAkmar ini ngejawab twit dia yang mana ya..? Di sinilah “Re” berperan. Lebih jelas kalo si @TitiwAkmar ngebales gini:

@TitiwAkmar: Bagus kok coy. Aku suka. Re: pameran air brush.

Atau gini aja gampangnya. Ketika @TitiwAkmar reply ke @ekobimantara langsung dengan klik “reply”, maka di belakang twit itu akan ada tulisan “see replied”. Nah, tinggal klik aja itu dan kamu akan tahu itu adalah twit balasan untuk twit yang mana. Malah di beberapa aplikasi seperti tweetdeck, kalo kamu bales-balesan pake “reply”, kita bisa “see conversation” lho. Jadinya emang rapih banget dan jelas apa yang diomongin.

5. Gemana caranya tahu saya ada di twit seseorang?

Camkan bahwa tweet yang mention (menyebut twitter kamu) itu tidak dikirim notifikasinya ke email, tapi kalo yang pake BB bisa disetting supaya ada notifikasinya. Jadi harus rajin2 buka “Connect” di sebelah kiri atas halaman utama twitter kamu (buka di twitter.com). Iyak betul, yang ada di antara “Home” dan  “#discover”.

PS: Di sistem twitter baru, jika ada yang mention, RT, ataupun mark as favorite tweet kamu, akan ada notifikasi di email. Untuk mematikannya, klik Setting –> Notification –> centang yang mana yang mau dikirim notifikasinya lewat email. Kalo saya sih milih notifikasi yang dikirim kalo ada orang yang follow dan ada DM aja biar inbox email gak riweuh. :)

Twitter Engine

6. Terus ada notifikasi yang masuk di email ini selain mention apa?

Notifikasi yang masuk ke email itu berarti notifikasi Direct Message (DM). Fungsi DM adalah mengirimkan pesan ke teman kamu tanpa terlihat di timeline. Japri lah istilah anak mudanya (anak muda tahun pitung?!). Camkan bahwa DM hanya dapat kamu kirim kepada orang yang follow kamu. Short cut cepet bikin DM ini di kolom status Twitter hanyalah dengan menambahkan hurup D di depan twitter seseorang (tanpa menaruh @). Misalnya:

D ekobimantara ko, ko.. aku ada gosip.. Si inih tuh ternyata anuuh! Kamu tahu gak?

6. Apa artinya #?

Ini adalah hashtag, anak-anak. Misalnya aja, pas Thomas-Uber Cup 2010 lalu, saya live tweet, nah di belakang twit saya semuanya ditambahin #thomasuber2010, biar org2 yg ngetwit dgn topik sama kekumpul dlm satu wadah.

7. Reply, Re, Hashtag udah. Nah kalo ReTweet?!

Retweet digunakan ketika kamu mau menyebarkan berita ke followers kamu. Misalnya saya mau ngetwit gini: @TitiwAkmar: RIP Mama Lauren yang meninggal malam ini di RS Bla bla.

Nah, kalau mau nyebar info ini ke orang lain.. nah caranya adalah langsung klik Retweet di bawah status orang tersebut (khusus di Twitter.com). Tapi kalo kamu klik itu, kamu nggak bisa ngedit beritanya. Kalo kamu mau nambahin kata2 sendiri, bisa kamu ketik sendiri gini:

@ekobimantara Turut berduka cita jg.. RT @TitiwAkmar RIP Mama Lauren yang meninggal malam ini di RS Bla bla

Ingat, ReTweet berfungsi menyebarkan info yg kamu rasa penting, bukan untuk ngobrol, jangan jadi RT abuser ya.. Biar timeline orang yg follow kamu dapet info2 bagus dari kamu, tanpa HARUS tahu apa yg kamu obrolin sama temen kamu.. :) Ciri2 RT abuser adalah seperti di bawah ini:

@TitiwAkmar: Duh laper nih, makan apa ya..?

@ekobimantara: mkn babi cah kecap aja tiw.. RT @TitiwAkmar: Duh laper nih, makan apa ya..?

@TitiwAkmar gak ah, kecap kan manis, bikin gendut.. RT @ekobimantara: mkn babi cah kecap aja tiw.. RT @TitiwAkmar: Duh laper nih, makan apa ya..?

8. Kalo “listed” itu apa?

Begini.. misalnya saya punya 100 orang yg difollow dan saya mau bikin list “temen komplek”, nah saya pilih deh dr 100 orang itu yg temen2 komplek aja. Kalo saya pribadi sih gak bikin list apa-apa. Hihi.. Tapi pernah liat saya dimasukin di list sama seseorang. Tau judul listnya dia apa..? “Orang Penting”. Uhuk. Oh ya, kamu juga bisa follow list yang udah dibikin orang lain, misalnya list BADMINTON (isinya tweet atlet2 badminton) buatan temen saya yang badminton freak Widya, atau list SELEB (tweet selebriti2) buatannya Curipandang. Enaknya list, kamu bisa lihat twit-twit orang yang kamu mau tanpa harus follow mereka!

9. Adakah batas maksimal dalam ngetwit, ataupun jumlah follower dan following?

Saya sih pernah liat ada twitter brand (produk gitu..) yang follow lebih dari 2000 orang. Kalo follower sih kayaknya gak terbatas ya.. Masa twitter ngebatesin berapa juta follower kita sih..? Liat aja artesh2 ibukota yang followernya ratusan ribu. Apalagi kalo udah cakupan artis manca negara. Kan maen followernya jut jut..  Kalo kata salingsilang, Twitter memberikan limit setiap harinya sebanyak:

  • 250 pesan langsung perharinya
  • 1000 status perharinya, RT dan reply juga terhitung di dalamnya.
  • 4 kali penggantian email dalam sejam
  • 2000 akun yang boleh di follow perharinya.

10. Siapa yang harus kita follow?

Kalo saran saya, jangan main follow orang gitu aja. Liat2 dulu twitnya dia.. Berguna gak, kocak gak, pokoknya hal2 yang ada gunanya buat kamu.. Soalnya kalo trnyata gak penting kan menuh2in timeline ajah. Jangan mentang2 difollow sama seseorang, trus langsung kamu follow balik.. Santai aja.. liat berapa hari ni orang layak difollow atau gak. Karena belum tentu orang yg asik kesehariannya ternyata twitternya GUNA. Gak ada kewajiban kamu hrs follow siapa2 kok.

Hashtag

11. Bagaimana cara menaruh foto di status twitter?

Ada layanan twitpic.com ataupun yfrog.com untuk upload foto. Tinggal ikutin step2nya aja kok. Kalo dari HP agak jadul, enak pake Tuitwit, klik “upload” untuk mengikutkan foto di status twitter kita. Guna foto apa sih..? Supaya twit kamu tidak disangka hoax, atau supaya hidup kamu terlihat lebih ceria dan banyak temen.

12. Twitter cuma bisa 140 karakter! Kalo kita mau curhat panjang gemana?

Untuk orang2 yang kebiasaan nulis panjang dan gak bisa nyingkat2 kata, ada layanan yg namanya Twit Longer. Twit Longer ini tidak berafiliasi dengan Twitter.com, hanya sekedar membantu orang2 yang butuh sesuatu yg panjang aja. Jd kalo mau yg panjang, gak usah ke Mak Erot, tapi pake twitlonger aja. Twitlonger, membuat twit kamu makin loong.. Uhuk. Saran saya sih, jgn lebih dari 140 karakter ya nek, soalnya orang yg baca status kamu akan effort klik link lg untuk melihat keseluruhan twit kamu. Namanya jg twit, kalo mau panjang mah yuk mari kita ngeblog ajah. Lagipula, jika kamu mention seseorang, dan nama dia terletak di twitlonger kamu, dia tdk akan tahu kalo sudah dimention. Oh ya, kalo mau twit kamu diRT tanpa bikin orang mengedit twit kamu, sisakan minimal 15 karakter (kalo nama kamu 10 karakter seperti @TitiwAkmar).

13. TT atau Trending Topic apaan lagi..?

Trending Topic ialah kata apa yang sering banget disebut dalam sebuah twit. Indonesia merupakan salah satu negara yang dengan gampangnya bikin trending topic di Twitter. Cuma ada anak SMA yang jelek-jelekin SMA lain aja, nama si oknum ini udah bisa masuk Trending Topic. Kalo orang-orang Dubai mah masuk Trending Topic kalo udah bikin gedung termewah di dunia. Kita? Mama Lauren meninggal, 15 menit kemudian #mamaloren udah ada di TT.

14. Favorite fungsinya apa Kakak?

Jika ada twit dari orang yang kita suka, atau informasi yang kira2 berguna buat kita, ditaro aja di favorite, caranya pencet icon bintang. Hal ini bisa jadi semacam bookmark tool dan memudahkan kamu mencari twit orang yang kamu butuhkan, daripada cari twit yang kamu maksud di timeline mereka yang udah gak tau di mana.

15. TIPS PENTING:

JANGAN SEKALI2 MINTA DIFOLLOW SAMA ORANG! Santai aja. Seseorang bakal follow kamu kalo kamu layak untuk difollow. Dengan makin banyaknya twit kamu yg berkualitas, kamu akan banyak diRT orang, dan lebih banyak lagi orang yg liat kamu, jd dengan sendirinya followers itu ada deh.

16. Nama saya kayaknya udah dipake semua orang di kancah pertwitteran, jd gimana dong..?

Begini nak, misalnya nama kamu EKO. Pakailah nama lengkapmu yg benar seperti @ekobimantara. Jangan membuat sesuatu yang absurd seperti @EE3kKK0oo0ke. Percayalah, meskipun kamu teman dekat saya di dunia nyata, belum tentu saya mau follow kamu di twitter. Gunakan karakter selain huruf agar nama twit kamu gak ada yg nyamain. Misalnya, nama ekobimantara udah ada? Pakai nama @eko_bimantara. Atau @_ekobimantara.

Yep, susah lho maintain followers.

17. Apa aplikasi twitter yang oke?

Kalo ini mah tergantung selera ya. Pada umumnya orang ya buka twitter.com di PC maupun di HP. Yang sehari-harinya di depan PC aja cocok pake Tweet Deck, sedangkan yang megang banyak akun twitter, silakan pake HootSuite. HootSuite ini juga bisa ngejadwalin sebuah twit. Jadi kamu tulis sekarang, dia muncul 3 jam kemudian bisa sangat cocok untuk brand2 yang menggunakan twitter sebagai senjata dahsyat dalam social media. Lalu biasanya pengguna BB menggunakan Uber Twitter (sekarang Uber Social) sebagai twitter mobile clientnya. Kekurangan twitter.com di ponsel adalah, ia hanya bisa RT langsung sebuah tweet, gak bisa dikasih komen lagi atau istilahnya, di”quote”. Coba deh pakai Tuitwit, aplikasi Twitter buatan orang Indonesia yang sagala aya.

18. Twitter bisa digembok bisa dibuka.

Apa bedanya? Kalo settingan twitter kamu digembok, kamu harus rajin2 approve atau nolaknya. Bagus sih untuk menyaring siapa followers kamu. Tapi kalo kamu niat jualan atau semacamnya, sayang kalo digembok karena orang-orang yang blum jadi followers kamu nggak bisa intip2. Kalo dibuka bablas gitu aja..? Ya paling bule2 MLM yang spam2 itu yang follow kamu, hehe.. Tinggal diblock aja gampang kan..?

19. Apakah jika aku mention orang yang gak follow aku, dia bisa ngelihat mentionan aku?

Bisa. Asal twitter kamu gak digembok. Tapi sebaliknya, kalo orang yang twitternya gak digembok mention kamu yang twitternya digembok, kamu tetep bisa lihat mentionan dia.

20. Aku udah mention orang, tapi kok di dia gak ada mention dari aku?

Coba cek lagi, kalo apakah twitter kamu digembok? Karena jika kamu mention nama seseorang yang GAK follow kamu, mention ke dia tuh gak keliatan seperti yang udah dibahas di point ke 18. Atau ada lagi opsi lain: Kalo mention orang, coba jangan lupa spacenya dipencet sebelum nulis “@”. Misalnya kamu nulis Eh@ekobimantara, kamu tadi nelpon aku ya..? (gak pake spasi abis kata Eh). Nah itu biasanya gak kemention tuh.. Atau sebelum nulis “@” kamu nambahin tanda kutip: “@ekobimantara ke rumahku dong! Itu juga kadang gak kemention. Tapi kalo kamu gak digembok, dan temen kamu gak digembok, atau kamu tetep naro spasi sebelum mention orang dan gak kemention juga.. Kadang-kadang twitter emang error kok. Sesimpel itu. Hehe.. Karena saya pernah ngalamin begitu juga.

Sekian dari tips2 basic pertwitteran. Di bawah juga saya lampirkan infografik yang secara visual menjelaskan tulisan ini. Semoga terbantu, meskipun sedikit. Eh eh eh.. Kalo ada yang mau share tips2 bertwitter boleh banget loch. Nanti saya tambahin di atas. Yah.. sekedar share.. Kita kan care.. :)

How to Twitter

← Next Post
Previous Post →

165 thoughts on “Twitter For Dummies

  1. Winarto says:

    Siap Bu Dosen matakuliah Ngetweet

    1. titiw says:

      Ahahaha.. perhatikan baik2 ya nak, kamu udah selesai belom sksnya, mata kuliah pertwitteran ini..? :D

      1. Winarto says:

        Tinggal nunggu tes akhir Bu Dosen

        1. titiw says:

          Tes awal aja beum udah akhir.. *keplak*

  2. tongki says:

    untuk DM bukannya nggak usah pake @ ya?

    1. titiw says:

      Bisa pake @ bisa nggak mas.. :)

  3. -hni- says:

    daku donk… paling hobi ngeremove followers. terutama bule2 ga jelas. juga orang yg following banyak orang dan orang yg jarang ngetweet padahal gue ga tau siapa dia :D

    1. titiw says:

      Emang followersbisa diremove..? Bukannya bisanya diblock doang yak..?!

      1. Winarto says:

        lebih percaya dosen Ngetweet dech :D

        1. titiw says:

          Dosan dosen dosan dosen.. *keplak lagi*

      2. -hni- says:

        eh iya, maksudnya di block..
        maaf bu guru.. :)

        1. titiw says:

          Di Block atau Diblock..? Harus disambung doong.. *keplak* –> kayaknya kalo aku jadi guru bakal galak dan super sadis..

          1. -hni- says:

            belum jadi guru aja udah galak
            *usap2 kepala yg kena keplak*

  4. VinaGondo says:

    Wow, penting luar biasa ini!
    Eh, aku mau dong diajarin point 3 kalimat terakhir itu.. (serius ini)

    1. titiw says:

      Yaya.. come to mama to have another lesson in twitting nak.. :))

  5. nonadita says:

    definisi Twitter itu apa kakaaakk?

    1. titiw says:

      Ah.. kamu lah yg lebih tau… followers kamu kan bejibuun.. *keplak dita*

  6. Payjo says:

    Akhirnya ngerti juga, setelah nyaris satu tahun punya akun twitter tanpa tahu beda RT sama reply dan lainnya :P

    1. titiw says:

      Wah senangnya kalau artikel ini bisa membantu kamu.. :D

  7. anggit says:

    hahahaha nice ti…
    bikin juga dong ti manual yg lain.

    1. titiw says:

      Tuh.. Elo dong mas yang bikin gini2an.. lo kan ilmunya lebih dewa.. nah bikin manual2 mudah seperti ini juga doong.. jangan yg bahasa2 pemrograman bangeet.. :D

  8. nToel says:

    akhirnya. Bisa nyambung jg sy klo ngobrolin Twitter. Thanks mb Tiw! secara males bgt ni mo bikin twitter…lagian selama twit org2 yg lucu ky RadityaDika, gm_gm, ndorokakung, FPIYeah, treespotter, robetbet, TitiwAkmar *ehem* dst bisa dibaca tanpa perlu pnya twitter, kekny tetep males ini, hahah

    sekilas inpoh ga penting:
    kenapa klo akunny alamatny ‘twitter’, tapi klo foto2ny bukan ‘twitphoto’ tapi ‘tweetphoto’? :D

    1. titiw says:

      Eh, masa sih..? kalo gak salah yang bener mah twitpic.. aku yg salah tulis kali.. hihi.. X)

  9. dhanie rama says:

    sangat terbantu dengan kultum ini…

    1. titiw says:

      Senang bisa membantu dengan twitum ini.. :D

  10. zee says:

    Nice to shared Tiw. Seharusnya mah kalau yg baru2 main twt kan bisa googling, simple toh karena udah banyak yg bikin kamus2 begitu, jadi gak bikin dirimu ribet dan pusing jawabnya kekekek..

    1. titiw says:

      Tapi setau aku belum ada yang gamblang ngejelasinnya mbak. Makanya aku pengin share ilmu. halah. Yang lebih mudah gitu lho.. ;)

  11. didut says:

    wah keren sekali kakak saya baru tau nih *pura puranya jadi nyubi*

    1. titiw says:

      Nah.. camkan semua yg kakak tulis ini yaah.. *elus2 janggut*

  12. camera says:

    lengkap banget…
    makasih banyak ya infonya…
    salam kenal….

    1. titiw says:

      Senang bisa membantu.. salam kenal juga.. :D

  13. Bieb says:

    wah..wah..wah..pengetahuanku ttg twitter tambah banyak neh..makasih mba’..:)

    1. titiw says:

      Don’t mention it dear.. ;)

  14. nikenmakki says:

    kurang 1 lagi..definisi tweeps itu apaa kakakk? :)) *dikeplak*

    salam kenal ya :)

    1. titiw says:

      *keplak* tweeps itu di bahasa dunia nyata kayak “ciiin” gitu kali ya.. :D

  15. newbie says:

    ijin copas ilmunya ya sist…

    1. titiw says:

      SIlakaaan bangett.. disebar2 asal ada nama akunya sook ajah.. :D

  16. BlogCamp says:

    Saya dah ikit tweeter dan menjadi ajang promosi untukm blog saya.
    Terima kasih artikel yang sangat rinci ttg twitter.

    Salam hangat dari BlogCamp. Ikuti acara Ungkapkan Opini Anda dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary dan dapatkan hadiah yang menarik.

    1. titiw says:

      Terima kasih mas.. Salam hangat juga dari titiw.com :D

  17. terima kasih infonya kak, saya jadi tertarik menggunakan twitter :)

    1. titiw says:

      Sama2 adiik.. :)

  18. ega says:

    besok bikin manual frenster ya tiw..ikkiikik *dah punah kaleeeeeee*

    1. titiw says:

      Nyok.. *toyor tai lalet ega*

  19. tiktok says:

    kalau orang ga follow kita, apakah kta bisa mentions dia?
    trus klo mentions kta ato RT kta ga kliatan di timeline mereka brarti kita di block ya? ralat:diblock

    1. titiw says:

      Bisa mention dia, asal twitter kamu gak dikunci/digembok.. Jadi, apakah twitter kamu digembok atau nggak..? :)

  20. Ceritaeka says:

    Saluuuuuut lu mau nulis begini tiw!
    Berguna banget :)
    hehehe

    1. titiw says:

      Hihi.. yoi dooong.. kalo ada yang mau ditambahin sook atuuh.. :D

  21. satrio says:

    Keren dah…lengkap bener infomu
    bisa jadi referensi buat orang banyak
    yang jelas pahala nambah lagi buat dirimu.

    Nah gitu…itu baru temen baek, hi hi hi

    Kita tukeran Blog nya, ini punyaku =
    http://obrolanblogger.blogspot.com/
    maaf baru jadi 2 hari yang lalu.

    makasih dan jabat erat buatmu
    salam – satrio

    1. titiw says:

      Amin ya Allah nambah pahala buat orang lain..

  22. adnan says:

    mas, kalau kita nge-tweet, yang bisa lihat berita kita cuman followers doank yah?

    1. titiw says:

      Mbak, kalo twitter situ digembok ya bisa dilihat semua orang yang ngebuka profil situ.. bedanya, kalo followers liat twit situ di timeline dia..

    1. titiw says:

      Tengkyu gan! Truk gandengan!

  23. tya says:

    wuihhh! mantab banget nih petunjuknya
    cuman aku belom tertarik maen twitteran, kenapa yaa??!

    1. titiw says:

      Dasar tukang nyampah plurk! :D

  24. fairyteeth says:

    ada twitpic, ada tweetphoto saayy… :D

    1. titiw says:

      Oh ngonooh.. hihi.. maskasih masukannya, bu haji! :D

  25. audiTT says:

    Mantap… ternyata bahkan yg followernya banyak pun

    masih juga salah ya

    thx a lot

    1. titiw says:

      Oh ya..? misalnya sapa aja nih..? *kepo*

  26. Bonz says:

    hahaha mantap nih.. tp yg gw baca detail malah comment2nya.. lucu2.. *udh nyiapin kayu bwt nangkis keplakan*

    1. titiw says:

      Eits, kata sapa mau keplak..? *kitik2 Bonz dari bawah*

  27. domba garut! says:

    Wah, paten pisan ulasannya, bu Guru – Thanks banget yah :D

    1. titiw says:

      Eh si bapak.. lama gak keliatan euy.. APa kabar afrika? Salam perdamaian buat di sana ya.. :D

  28. Asta says:

    Selamat sore, thx ya penjelasannya kena bgt buat saya :) simple, padat, jelas & yg utama, gampang dimengerti! Thx mbak Titiw, salam kenal :)

    1. titiw says:

      Aih, sama2 asta.. Salam kenal.. Senang deh kalo tulisan ecek2 ini bisa bantu kamu.. :D

  29. chainesea says:

    Nice info, Mbak..
    Salam kenal yah.. :)

    Btw, mau nambahin aja..
    Tweetphoto itu asosiasinya UberTwitter, jadi kalo upload photo by UT, bisa langsung send to UT, nanti linknya dari tweetphoto atau mypict.me (tergantung option yang dipilih)..

    Kalo tentang mention”..
    – If we mention someone, trus kita cek timeline dia, tweet kita yang mention dia ga ada: wajar.. Coz it’s our tweet, not his/hers.. Hehe.. Kecuali kalo dia reply/RT.. Di twitter itu kita cuma bisa liat timeline orang” yang kita follow atau tweeps laen yang ga digembok profilenya.. Tapi kita ga bisa liat mention” thadap tweeps yang kita follow (kecuali kita follow orang yang mention dia)..

    – Kalo ada yang mention kita tapi bukan follower atau someone yang kita follow, mention bisa muncul selama dia ga block profile dia.. Kalo profilenya di-block, mention thd ID kita ga akan muncul di @namakita.. :)

    Segitu dulu d.. Hehe..
    Sekedar nambahin aja..

    *segera kabur sblm dikeplak*

    1. titiw says:

      Aw.. makasih masukannya darliing.. Salam kenal juga.. Uhuk.. ;)
      Nanti aku masukin sebagai bagian dari postingan ya. Ditunggu aja..

  30. Pingback: Twitteran Yuks!
  31. budiastawa says:

    Tutorial Twitter terlengkap yang pernah saya lihat. Thanks. ya…Titiw

    1. titiw says:

      @Buastawa: Wah, masnya berlebihan nih.. Hehe.. Lengkap tapi pake bahasa abal2 mas.. Makasih sudah mampir.. :D

  32. r10 says:

    cara kirim DM ga pakai @ dan harus pakai spasi

    d(spasi)username(spasi)komentar

    1. titiw says:

      Iyak, makasih masukannya ya.. :D Bisa pake @ atau gak kok..

  33. Faris says:

    thanks infonya sangat berguna. mampir dong ke blog aku.

    1. titiw says:

      Makasih udah mampir faris.. Aku udah mampir ke blog kamu, maksudnya indian lagi bikin asap di pojok kanan bawah itu apa ya..? Hehe..

  34. itu indiannya cuma untuk hiasan aja. hehe…

    1. titiw says:

      @Faris: ah kamu.. kalo terlalu rame kadang2 juga bikin ganggu orang yg pengen baca tulisan kamu lho.. hehe.. untung satu doang.. :)

    1. titiw says:

      @Faris: Sama2 ya dek.. :)

  35. mey says:

    wah..sangat berguna untuk dummies seperti saya -_-“, btw twitternya boleh saya follow?

    1. titiw says:

      @mey: Hahaha.. ya boleh sangat doong.. Kecuali kalo follow2 orang udah diharamin juga ama MUI. Lah, kalopun diharamkan so what..? Hajaar! :D

  36. ndop says:

    wow, ada toh kuliah jurusan twitter.. wekekekke…

    1. titiw says:

      @ndop: Bukan kuliah.. sekedar memberi pengetahuan dasar, hihi..

    1. titiw says:

      @Hari: apanya toch mas yang kurang ngerti..? Ditanyakan ajah sok atuh.. Insya Allah saya bales kok.. :)

  37. Fitri says:

    Artikel bermanfaadh! gut!!!

    1. titiw says:

      Terima kasih! *jempol*

  38. walau sudah punya akun twitter tapi masih bingung dengan istilah2nya… :)
    terimakasih buat share ilmunya mbak

    1. titiw says:

      Siap. Senang kalau tulisan ini bisa membantu ya mas sukadi.. :)

  39. Dwi Wahyudi says:

    Wah, ibu guru yang satu ini memang luar biasa. Btw, ngga jera untuk balik ke Pontianak kan? Buat ngajarin para panitia lokal Pesta Blogger 2010 di Pontianak. Untuk peserta didiknya kan udah, skrg tinggal panitianya aja. Hehehe…

    1. titiw says:

      Haha.. kalo ada sponsor lagi kukan datang.. :)

  40. Sabai says:

    bu guru, di twitter kan suka nongol gambar paus biru tuuuh… dia apanya si burung biru ya? :D

    1. titiw says:

      Begini dek.. Kalau ada si paus biru.. itu berarti si burung biru takut.. jadi twit2 kita error.. alias keberatan.. secara paus biru itu kan berat ya.. Hehe.. Intinya, dalam satu waktu, ada banyaaaaak banget orang akses twitter.com sehingga si paus biru itu muncul dan kita harus kembali beberapa saat lagi.. :D

  41. ndop says:

    caranya biar tau kalau kita diblock orang gimana ya?

    1. titiw says:

      Diblock sebelum follow apa sesudah follow..? Kalo sesudah follow dia ngeblock, itu berarti kamu udah gak jadi temennya, trus pas mau follow lagi gak bisa, kalo dia digembok juga kan harusnya tetep bisa request follow tuh… Kalo sebelum, ng.. kesian banget ya belum temenan udah diblock.. hehe.. maaf.. kalo sebelum, berarti kita sama sekali gak bisa follow dia..

  42. orhiex says:

    Jiakakakakakakak…
    baru tau ada beginian..
    slamat belajar smua..

    1. titiw says:

      Ada banget dooong.. Terima kasih sudah berkunjung.. Semoga berguna.. :D

  43. cece says:

    bu mau nnya haha,
    klo misalnya kita udah saling memfollow orang, dia jg udah follow kita, tp twit dr dia ga muncul ditimeline kita, tapi kita sama2 masih bisa ng’mention satu sama lain, dan dliat difollowing sama followers masih ada nama kita masing2.
    apakah itu namanya diblock?
    klo gw udah dblock, tp masih bisa twit kita muncul ditimeline dia?
    mohon pencerahahnya tapi jangan dikeplak!
    hahaha

    1. titiw says:

      Wah, masa sih..? Kalo kamu diblock, kamu udah gak bisa ngeliat twit dia di timeline kamu. Atau jangan2 kamu kepencet mute kali? Kalo mute itu, kamu ttp follow tp twit2 dia gak ada di timeline kamu. Atau coba direfresh. di logout log ini lagi. Selamat mencoba! :D

      1. cece says:

        mute itu adanya dmana?
        mau refresh ato relog jg ngga ada ngaruh2nya tau T.T

        1. titiw says:

          Ada kok di dalam twitternya. Coba diperhatikan baik2.. mute itu udah pasti ada di Uber Twitter dan di Tuitwit sih. Kurang tau kalo di twitter klien yg lain.

  44. dini says:

    terus kalo ada yg retweet kita, itu harus diapain ya?

    1. titiw says:

      Ya gak harus diapa2in say.. itu berarti tweet kita bisa dilihat oleh temen2nya.. seneng dong harusnya. ;)

  45. anak kota says:

    bu guru , gue masih ngga ngerty bu ..
    mentionapa an sih??

    1. titiw says:

      MIsalnya nama kamu di twitter @anakkota. Ketika ada orang yg nuis @anakkota di status twitternya, itu berarti kamu dimention.

  46. @dinabontod says:

    Permisiiii..mau tanya mba e baik :)
    saya mau block salah satu follower yg juga saya follow nih, pertanyaannya :
    1. Dia bisa tau ga kalau saya nge block dia ?
    2. Dia masih bisa ga liat timeline saya ? *twitter saya ga digembok*
    3. Kapan2 bisa ga kalau mau unblock ? *labil*

    TewwrimakasihHh

    1. titiw says:

      Heyho!
      1. Gak ada notifikasi kalo kamu ngeblock dia sih
      2. Kamu masih bisa liat timeline dia, kecuali timeline dia digembok. Yang gak bisa adalah dia ngefollow kamu lagi.
      3. Bisaaa.. Twitter baek kok, pasti bisa diunblock. Hehe..

      Lagian kenapa harus diblock say..? Dimute aja kalo males sama orangnya.. Atau unfolow sekalian.. ;)

  47. Feby Aurelia says:

    Mbak guru, mo tanya nih
    Twitter saya Suspended, masih bisa dipakai gak sih?

    1. titiw says:

      HEH?! Kok bisa disuspend..?! Apa yang terjadi ki sanakk?!

  48. goeh says:

    kmaren saya coba untuk menyebarkan hal ini…
    karena saya lihat banyak teman² saya yg salah menyalah gunakan/mengartikan RT(ReTweet) sebagai ReplyTo..
    TimeLine saya penuh sekali dengan orang yg saling berbalas Twit menggunakan RT, padahal itu hanyalah obrolan biasa…

    yg kek gitu disebut sebagai RT Abuser..tp saya menyebutnya dengan “Sampah”

    sulit sekali mengingatkan orang lain agar memperbaiki/belajar dahulu sebelum menggunakan Twitter…
    malah twit saya di blok/di mute…jika saya mengingatkan mereka.. (-_-“)

    1. titiw says:

      Haha.. wah kasian.. Gpp, kadang-kadang niat baik itu harus ada usaha keras.. :)

  49. Leonora says:

    aku bingung nih, masa twitter aku errornya lama banget sih… maksudnya ga bisa mention orang yang gak follow kita,udh dr tahun lalu aku coba f(-_-)
    Twitter ku gak digembok & syarat2 diatas udh terpenuhi,bahkan aku smpe bikin 2 twitter bwt coba-coba mention,tp mentionku tetep ga keliatan di twitter org yg gak follow aku…

    jadi,yg error tuh akunya apa twitternya???

    please give me solution ㅠ_ㅠ

    1. titiw says:

      Wah.. Aku gak pernah nemuin sampe yang kayak gini. Apalagi terus-terusan sampe berhari-hari. Coba cek apa mention kamu dipisah pake spasi..?

      1. Leonora says:

        udh pke spasi..
        hikzzz…. emang udah takdir… ㅠ_ㅠ

  50. seno says:

    buku!!! ini dia tulisan super ngehits seantero jagat twitter! :)) gbr

    1. titiw says:

      Haha.. thx beb.. Moga2 ya.. :)

    1. titiw says:

      Terima kasih, semoga berguna ya! :)

  51. mrmung says:

    Salam kenal, nemu gak sengaja lewat prestasi di detiknet, ee… ada artikel menarik dg redaksi yg apik, so minta izin copas artikel ini buat tak convert ke pdf, tentunya tetap memberi link ke sumber penulisnya.

    1. titiw says:

      Salam kenal juga mrmung. Silakan saja bila mau dicopy, asal bukan untuk kepentingan komersial. Lebih oke kalo kepentingan pendidikan. Semoga ada orang yang bisa jadi terbantu dengan tulisan saya yang ecek-ecek ini. terima kasih! :)

  52. mega says:

    gmn cara mengetahui kalo akun twitter kita di block orang lain?? Thx jwbnya. :)

    1. titiw says:

      Caranya, follow akun twitter dia, kalo akun twitter dia gak digembok, kamu gak bisa follow. Tapi kalo akun dia digembok, kamu gak ada konfirmasi untuk nunggu diapprove. Semoga membantu. :)

  53. Rafa says:

    wahhh keren bnget tulisan’y, sy jdi dpt ilmu baru buat nge-tweet nih heheh^^

    tpi jdul’y agak “rude” tuh mbak, masa “twitter for dummies”?? klo pake “twitter for newbies” kan lbh enak^^
    iya itu sih cuma masukan sy aj mbak, harap gk di masukin ke hati ~_^

    anyway, trims bnyak mbak! skrg sy lbh siap bwt nge-tweet2 ria hehe…

    1. titiw says:

      HAha.. bukan maksudnya mau rude, tapi emang ada buku-buku panduan berseri yang depannya “… for dummies”, misalnya cat for dummies, microsoft for dummies, bahkan twitter for dummies juga ada, jadi aku menyadur dari situ. Hehe.. Oke deh, makasih udah mampir ya. Happi twittering! :D

  54. abe says:

    twitter apaan seh ? hayo kudu sabar jawab pertanyaan ini, ga boleh kaku ati, kan udah sering kaku ati pas ngadepin anak sd, hehehe

    1. titiw says:

      Twitter itu salah satu channel social media yang sangat powerful untuk sharing dan dapet informasi. Coba dibuat.. hehe.. eh, kok tau aku sering ngadepin anak SD? :))

  55. rini says:

    aq mau tau gmana caranya qta tau akun twitter qta di blok dgn lbh detail coz kyknya aq di block tapi linknya msh bsa aq buka,tapi aq bingung aq di block apa di mute? please di jawab ya..

    1. rengga says:

      apabila akun twitter kita sudah di block
      masihkah orang yang ngeblock itu muncul di timeline kita ?

      1. titiw says:

        Sudah nggak muncul dong. :)

  56. Mugniar says:

    Makasih postingannya … saya dapat dari kak Amril Taufik Gobel, krn sy pendatang baru di dunia kicauan.

    Bolgnya manis (pasti semanis orangnya .. ehm :) )
    Kasih saran dong … buatkan tempat utk ‘searching’ artikelnya yah. Saya sudah kedua kali ini berkunjung ke sini, yang pertama baca2 dan save di doc sy ttg twitter for dummies ini, sekarang .. sy mau kasih link ini ke teman yg lagi belajar twitter. Sy nyari2 tempat utk ‘search’, tp tdk ketemu jd mencari secara manual. Untung artikel ini belum tenggelam :D

    Btw, makasih yah ….

    1. titiw says:

      Aih.. Terima kasih mbaknyaaa.. Iya, waktu itu saya udah pernah naro kolom search cuma agak kurang komprehensif sehingga dihilangkan. Mungkin kapan2 bisa search di google, “twitter for dummies, titiw” atau liat2 di page archive . Tapi nanti akan aku betulkan kolom searchnya baru ditaro lagi yaa. Thanks atas masukannya. :)

  57. robin says:

    baru kemarin masalah di applikasi ubersocial,twitter for BB,dan twitter di web..kenapa kalau pake pake BB tweet dan mention sendiri tidak muncul di home timeline?…tetapi ketika pake account orang lain yang sign in di BB saya…mention n tweet dia muncul di home time line…
    kenapa kalau pake account saya tidak bisa?

    1. titiw says:

      Loh masa sih..? Coba sign out sign in lagi..

  58. wah artikel yg menarik :) ini twitter saya @ihsansins ^^

  59. pikazubir says:

    gimana sih cara liat orang yang udah kita block , terus mengunblocknya lagi gmna ?

    1. Putri says:

      buka profil yang kamu block, lalu muncul nama un(block) pilih aja :)

  60. jumriobeng says:

    Wah tulisannya keren banget mbak, bisa bantu kita2 yg baru mengenal twitter….saya gak sengaja nemu pas browsing resep masakan,hehehe.wah semoga berguna untuk kita semua dan niat baik mbak titiw mendapat balasan dr allah swt,amin.teruslah berbagi dengan tips2 yg laen ya mbak…trims

    1. titiw says:

      Waah.. terima kasih juga sudah mamu mampir.. :)

  61. @abidinkhalid says:

    maaf nih , mau tanya.. bisa ga sih kita tau kapan kita di block sama seseorang yg udah block account twit kita?

    1. titiw says:

      Nggak. kalo kita diblock, kita gak bakal dapet notification. :)

  62. fajar says:

    bisa ngga sih orang yg kita block mention ke kita? walaupun dia ngga bisa jadi followers kita tp kan dia udh tau nick twitter kita

  63. Fauzan Septiana says:

    Mas, kalau mau tau orang yang me-mute kita gimana? Hehe

    1. titiw says:

      Gak ada notifikasinya mas.. Lagian ngapain juga tau orang mute kita atau gak? Hehe..

  64. Nawrie says:

    Kalo mau tau daftar twitter yg udah kita blok caranya gmana? saya mau unblok orng

    1. titiw says:

      Caranya: Kamu ke profil twitter yang orang mau kamu unblock. Trus di bagian kanan pojok atas klik tanda panah yang ada gambar orangnya, pilih pilihan Unblock orang tersebut. Cara ini dapat diterapkan di twitter.com ya, bukan di aplikasi di HP. Semoga berhasil!

  65. yudha says:

    Numpang nnya…
    Tweet saya d block ma orang yg gk sya knal,bgaimna cara tweet saya bisa d unblock oleh saya sendiri…
    Soalnya tweet saya ini sangat penting…

    1. titiw says:

      Kamu tapi masih bisa pake twitternya gak..? Soalnya kalo cuma diblock sama 1 orang biasanya nggak ngefek sih. Dan kita gak bisa unblock diri kita sendiri. Intinya ngeblock itu, kamu jadi gak bisa liat Timeline twitter dan follow orang yang ngeblock kamu.

  66. depz says:

    izin untuk share postingan ini yoow
    nice one,

    btw, nanya donk. saya pernah ngeblock 1 akun. tp dia bs tetep stalking akun saya. kenapa ya kira2? n adakah cara yg lebih efektif dr block spy akun itu ga bs ngintip TL saya?
    thx in advance

    1. titiw says:

      Bisa jadi karena akun kamu nggak digembok. Jadi kalau dia gak log in dari twitternya, timeline kamu ttp bisa dilihat. Yang efektif sih? Akun kamu digembok, trus kamu block dia. Cuma masalahnya.. What’s the use of twitter if you cannot sharing info and your thoughts to the world? :)

  67. Wahyu D says:

    kak titiw terus kalau mau retweet lebih bagus seperti ini : @xxx RT @TitiwAkmar bla bla bla

    atau langsung retweet aja tanpa embel2 RT didepannya?

    1. titiw says:

      Kalo emang cuma mau share aja atau gak ada sisa karakter lagi, yang langsung RT bisa. Kalo kamu mau nambahin komen di depannya bisa yang opsi pertama. :)

  68. tutialawi says:

    Thanks for sharing kaak, nambah lagi ilmunya :)
    kelihatannya sepele memang, tapi kalo ditelisik secara peka banyak banget manfaatnya. an interesting topic of discussion. izin sebar ke rekan2 sejawat pengguna akun dunia maya ya ka. cups :*

    1. titiw says:

      Senang bisa membantu. Ayo sebarkan yang positif2! :D

  69. williamdipa says:

    gimana yah caranya supaya ;imit tidak ada di twitter .. masa kita lagi seru-seru ngetwiit eh tapi limit .. coba adagk yah aplikasi yang gk ada limit di twitter?

    1. titiw says:

      Semua ada batasnya kak. Lagipula capek juga ngetwit kebanyakan, bukan..? :D

  70. wins says:

    gan, ane gak biasa twitteran sih sebenernya, ane punya dua akun,salah satu aku ane klo bikin hestek kok gak muncul pas di-search, contoh #kambing, nah giliran pake akun yg laen #kambing nya muncul, itu kenapa yah.. tolong yah

  71. miu says:

    kak dulu aku pernah upload foto lewat twitpic, tapi kok tiba tiba di TL fotonya gak bisa di liat ya ? :O terus gimana ini. aku coba upload ulang tapi nggak muncul juga di TL T.T

    1. titiw says:

      Kalo pake plixi atau lockerz emang suka error gitu. Mendingan twitpic aja kak.

  72. riri says:

    Klo misalnya kita ngeblock org trs ga sengaja kepencet favorite…tp kita unfavorite lagi… ad notifnya ga ya d akun yg kita udah block klo twitan dy d favoritin? mohon d jawab yg spesifik ya..thnx ^-^

    1. titiw says:

      Biasanya sih tetep ada notifikasinya kak. Makanya kalo jadi stalker yang lebih profesional lagi yaa.. Hehhehe..

  73. Okta says:

    gimana ya agar bisa ngetweet dg hashtag dalam jumlah banyak dalam satu waktu agar tidak mendapat peringatan *dalam rangka ikutan kuis di twitter

    1. titiw says:

      Emang itu udah peraturannya sih biar gak byk org spamming. Sing sabar yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now