Events

Mau Jadi Atlet Bulutangkis? Wajib Ikut Audisi PB Djarum!

Friday, 9 July 2010

Audisi PB Djarum - Titiw (21)

Weekend minggu lalu, tepatnya tanggal 2-4 Juli merupakan hari yang BERSEJARAH bagi sejumlah anak di Indonesia. Mengapa bersejarah? Karena hari tersebut ialah hari ditentukannya apakah mereka akan menjadi bagian dari jejeran atlet bulu tangkis pengharum nama bangsa! Yup, pada tanggal 2-4 Juli 2010, Persatuan Bulu tangkis Djarum (PB Djarum) memang mengadakan seleksi bagi mereka yang ingin mendapatkan beasiswa bulutangkis Djarum. Waw! Seru banget! Terus berapa orang yang ikutan?

Tidak tanggung-tanggung sejumlah 870 anak dari berbagai daerah di Indonesia datang ke Kudus untuk mendapatkan beasiswa itu! Nah, saya sebagai penggemar bulutangkis akut sedari kecil tiba-tiba saja diundang oleh pihak Djarum untuk mengunjungi audisi bulu tangkis ini! Mungkin karena mereka melihat twitter atau blog atau FB saya yang isinya penuh sama bulutangkis, jadi sayang kalo energi saya tersia-siakan begitu saja, hehe. Jadilah saya datang ke Kudus dengan segenap asa untuk melihat keriaan tersebut.

GOR JATI

Suasana GOR Jati Kudus tampak tumpah ruah oleh peserta maupun orangtua mereka. Karena audisi ini dilakukan di saat liburan, maka tentu saja calon atlet-atlet tersebut lebih memiliki waktu luang untuk datang ke Kudus. Meskipun ada waktu, tapi apakah ada kesiapan materi dari para orangtua, khususnya yang berdomisili di luar kota? Karena setelah dilihat-lihat, banyak peserta yang berasal tempat yang cukup jauh, misalnya dari Kal-Tim, Sul-Teng, sampai Papua!

Suasana GOR yang penuh dengan harapan besar

Rentang usia peserta bervariasi, dengan batasan umur 11 – 15 tahun, namun anak-anak yang diprioritaskan adalah yang berumur 12 dan 13 tahun. Jadi, kalau mau ikut audisi ini, jangan udah mau umur 15 tahun ya, supaya kalo gagal bisa coba lagi tahun depan. :)

Selama tiga hari penuh, audisi dilaksanakan sejak pukul 8 pagi, dan dari lapangan yang berjumlah 16 itu, 12 lapangan dipakai. Para penilai atau juri berjalan dari satu lapangan ke lapangan lain untuk mencari yang terbaik. Gak cuma juri yang sibuk, wasitnya juga harus banyak, yang kesemuanya dilakukan oleh atlet-atlet Djarum! Keren banget ya! Katanya sih itu untuk melatih mereka juga untuk lebih mengerti permainan, agar mereka melihat “Seperti ini toch saya beberapa tahun yang lalu”.

Para penilai

Wasit dari atlet Djarum juga lho..

Nah, audisi berlangsung tiga hari dengan berbagai tahapan. Hari pertama adalah permainan bulutangkis dengan waktu yang telah ditentukan, sedangkan hari ke-dua main penuh, dan hari ke-tiga tes fisik. Dari tes-tes yang terbagi dari berbagai tahapan tersebut, yang dinilai bukanlah yang kalah ataupun yang menang. Ambisi, teknik, postur, dan semangat merupakan modal utama mereka lolos ke tahap-tahap selanjutnya.

Raut wajah peserta yang datang dari berbagai penjuru sulit digambarkan dengan kata-kata. Ada tangis, ada tawa, ada keceriaan, ada kesedihan. Mereka yang lelah terlihat tidur-tiduran di halaman GOR, ada pula yang menonton pertandingan bulutangkis, maupun film KING yang ditayangkan di layar lebar yang diakomodir oleh Djarum. Rasa lelah pun seakan terkikis dengan hiburan-hiburan semacam itu. Acara tahunan yang dilakukan oleh PB Djarum tersebut juga tentu saja disambut baik oleh berbagai lapisan masyarakat. Hotel-hotel dan penyewaan rumah menjadi penuh, orang-orang berjualan di sekitar GOR Jati, yang kesemuanya itu tentu membantu menambah penghasilan masyarakat setempat. Hari pertama super penuh, hari ke-dua terlihat lebih lenggang, dan tentu saja di hari terakhir GOR Jati hanya dihadiri oleh peserta yang lolos sampai tahap akhir bersama orangtuanya masing-masing.

Mereka datang jauh2 dari luar Jawa, habis jutaan, demi anaknya!

Dari tadi berbicara suasana saat audisi, tapi bagaimana teknis audisinya sendiri? Dari total kira-kira 870 peserta, mereka disaring lagi menjadi 94 putra dan 46 putri di tahap dua. Jumlah peserta kembali diseleksi di tahap ke-tiga, yaitu menjadi 36 putra dan 18 putri. Lalu di hari terakhir yaitu Minggu 4 Juli 2010, PB Djarum meloloskan 19 putra dan 12 putri yang masih harus dikarantina lagi selama seminggu. Setelah seminggu, mereka akan dipulangkan ke rumah masing-masing, baru deh kira-kira seminggu kemudian dikabarin lolos atau tidaknya mereka menjadi atlet PB Djarum yang sesunguhnya melalui telpon, email, ataupun surat. Kalau tahun lalu, peserta yang lolos audisi PB Djarum sebanyak 14 atlet (5 Putra, 9 Putri). Kalau tahun ini ada berapa ya..? ;)

Taufiq, peserta kita dari Kediri yang super semangat!

Begitulah kira-kira laporan pandangan mata saya di Kudus. Untuk yang kira-kira tahun depan mau ikutan, formulir pendaftaran bisa dilihat di SINI sedangkan syarat-syaratnya bisa kamu lihat di SINI. Buat adik-adik yang lolos hingga tahap karantina, sukses selalu dan jadilah pengharum nama bangsa yang mengibarkan merah putih di mana-mana yaaa!

99 thoughts on “Mau Jadi Atlet Bulutangkis? Wajib Ikut Audisi PB Djarum!

  1. Winarto says:

    Nanti kalau sudah punya anak, akan saya suruh ikut :D

    1. titiw says:

      @Win: Amin. Gih sana buruan kawin dulu! Hehehe.. :D

      1. Roro Ayu says:

        Kak, aku ank kudus ak baru aja tau tntang audisi bulutangkis di djarum kudus pas SMA tp denger2 nggk bisa ikut klo umurnya udh 18. Gimna ya kak aku pingin bgt ikut soalnya ak suka bgt sama bulutangkis. Tp umurku udh 18th. Sia sia berkas2ku udh tak siapin trnyata umurku yg nggk bisa masuk:(

    2. Fikri Kamil says:

      Klo usia saya udah sampai 30thn .masih ada peluang untuk jadi atlet gak buat saya. Karena,jadi atlet bulutangkis merupakan cita-cita(impian saya dari kecil.

    3. Eksa says:

      Apa kah umur 17-18 itu masih bisah jadi atlet bulu tangkis

      1. titiw says:

        Bisa aja sih kayaknya kalo dapet klub yang pas

  2. zee says:

    Wow.
    Jadi ingat waktu kecil dulu juga latihan bultang sama bokap. Tp ga diseriusin, cuma abang sy aja yg ikut turnamen lokal di Biak, dan juara 1. Ga sampe ke Jkt, ga tahu jg apa alasan bokap ga bawa doi ke Jkt. Tp gw jago lho tiw, tapi itu duluuuu … hahahaa…

    1. titiw says:

      @mbak zee: Ciyeee yang jago.. Apa kapan2 kita kopdar sambil tanding bultang nih mbak..? Yuuk maree.. :D

  3. cockney boy says:

    eh mau nanya dong kak titiw,kalo di djarum ini pendidikan mereka juga diperhatikan gak?atau hanya latihan aja buat jadi atlet bulutangkis? terima kasih titiw

    1. titiw says:

      @cockney boy: kalo pendidikan yang kamu maksud sekolah, djarum gak bayarin. Itu kewajiban orang tua. Tapi makan, tidur, tempat tinggal, pelatihan bulutangkis sampe tur ke luar kota atau luar negeri untuk tanding semuanya dicover sama Djarum.. ada pertanyaan lagi dek..? ;)

      1. rio says:

        eh yg tahun 2012 jadwalnya kapan?sayang tangan kiri saya

        1. titiw says:

          Biasanya sih tengah tahun, antara juni atau juli. Coba aja langsung cek websitenya.. :) Eh tangan kirinya kenapa?

          1. rio says:

            kan kata orang kalo pake tangan kiri bagus

            1. titiw says:

              Maksudnya apa..? :)

  4. didut says:

    Asli ane sedih banget ngeliat anak yang kita ajak ngobrol gak lulus audisi …selamat berjuang dek :hiks: ..jadi atlet memang penuh dgn kompetisi.

    1. titiw says:

      @didut: Huhu.. si Vira yang dari depok anaknya bapak yang kerja di Kereta Api ya dut..? huhu.. aku juga sediih.. padahal udah maen bareng, udah bedoa bareng juga buat tu anak.. :( Mungkin jalan dia untuk jadi atlet bukan lewat situ. Moga2 dapet yang terbaik untuk dia dan bapaknya. Amin..

  5. Kimi says:

    coba ya dulu orangtua saya ngedukung saya jadi atlet bulutangkis. mungkin sekarang sudah jadi atlet bulutangkis puteri rangking satu dunia. *ngelindur di pagi buta*

  6. titiw says:

    @kimi: ng.. Ng.. Itu coba tolong ya dek bulu angsanya dkumpulin buat jd kok, jgn dicemilin. Bikin ngelindur soalnya.. -_-“

  7. perez says:

    akhirnya diposting jg! owh begitu ya kak, gak kepikiran kalo yg mau masuk PB Djarum ampe dari Papua sgala! hebat! smoga bulu tangkis kita kembali jadi yg terhebat!

    1. titiw says:

      @perez: Haha!! Ya gitu deh deee.. Kemarin ada sedikit kurang2 sehingga tulisannya didraft egein.. Kesian tapi yang dari papua gak lolos.. tapi namanya juga hidup. Amin buat kalimat terakhir kamuu!! :D

  8. agun says:

    umur 26 masih boleee gaaa mbaaaaaa #ditimpuk

    1. titiw says:

      @agun: Wah… kamu udah tua ternyata.. *lostfocus*. Boleh sih, tapi kayaknya yang kemaren buka lowongan untuk umur 26 ke atas yang ngepel2 lapangan atau yang ngasih2 shuttle cock baru kalo pemainnya mau ganti kok.. UHUK.

  9. agun says:

    @titiw : *not talking*

    1. titiw says:

      @agun: *not lying*

  10. anggitpy says:

    Buset ada yg dari Papua ti? Tapi itu diundang kan? Terus yg jauh gitu akomodasinya gmn?

    1. titiw says:

      @anggitpy: Yep, ada yang dari papua mas. Gak diundang! INi audisi terbuka gituh.. Jadi akomodasi ya masing2 aja. Mungkin lebih oke kalo ke depannya Djarum mempertimbangkan “jemput bola” kali ya.. :D Hehe.. Thx for dropping by! :D

  11. Nugi says:

    kalo aja lebih banyak (ya..ya..mungkin kata “lebih banyak” ini agak2 berlebihan :D) perusahaan yg mau secara konsisten jadi ‘perusahaan asuh’ untuk olahraga tertentu dan bikin2 kayak gini, mungkin olahraga kita bisa lebih maju yaa..salut buat Djarum!!

    1. titiw says:

      @mas: Iya, dipikir2 ada gak sih perusahaan (apapun) yang concern sama 1 olahraga tertentu kayak Djarum ini..? Kayaknya gak ada ya..? Hem.. Salam olahraga aja deh kalo gitu..

  12. widya says:

    speechless tiw kalo inget tour kita nan dahsyat ini…. masih terekam jelas saat-saat kita menginjakkan kaki di GOR Jati, saat menatap adek-adek peserta dan orangtuanya, saat terbengong-bengong ngeliat ujian fisik mereka, daaaaaaaaaan saat interview Pak Fung Permadi.

    Mau lagi nggak sih journey kayak gini? *pertanyaan retorik nan bodoh dan tak perlu digubris*

    1. titiw says:

      Beuh.. Wawancara ama pak Fung Permadi gokiil! Apalagi dia kayaknya orangnya juga gemanaa gitu.. Haha.. Dasar pemain setengah dewa! Hehe.. Eh kalo mau kita ngeliput di Perancis yuk pas kejuaraan dunia! Djarum mau sponsorin lagi gak ya..? *ngarrep*

  13. postinganya keren, bisa saya taruh ga artikel ini di website saya? nanti saya link balik sumbernya

  14. phila says:

    duhhhh,,,,kira2 umur 16 thn masih bisa ikutan beasiswa gk ya….?
    kan lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali…!

    1. titiw says:

      Iya sih lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Tapi di djarum ini hanya menerima umur 12 – 15 say.. Jadi mungkin kamu bisa ikutan klub lain kali ya.. :)

  15. deni says:

    kapan audisi diadakan disolo pdahal q berbaket bulutangkis

    1. titiw says:

      Waktu aku nanya sama orang2 Djarum, mereka bilang sih audisinya gak bakalan road show gitu, alias akan tetap di Djarum terus.. :)

  16. ricca says:

    sayang seribu syng umur aq 15 thn mau 16 thn pdhal aq pengen banget iku beasiswa bulu tangkis djarum,….

    1. titiw says:

      Hyaaah.. :( Gpp, jangan bersedih nak. Masih bisa terus support bulutangkis Indonesia kan? ;)

  17. seno says:

    wah snangnya…harus diulang nih..yapi pake biaya pribadi biar puas!! :) gbr

    1. titiw says:

      Ih, ada juga diundang karena sesuatu yang ada di diri kita itu yg bikin puas lho mas.. ;)

  18. khurnia says:

    wah sulit bukan buatan…
    sepertinya harus ku kubur mimpku sejenak

    1. titiw says:

      Sulit tapi mungkin dong..? Jangan mengubur impian doong! :) PAsti bisa selama usianya masih range kualifikasi.. :D

  19. rikza says:

    klo umur’a dah 16-17th msih bsa ga ya kutan?????

    1. titiw says:

      Umur segitu udah gak bisa ikut audisinya djarum.. tapi coba deh ikut klub2 setempat, siapa tahu kalo kamu emang bagus bisa masuk pelatnas.. :)

  20. mei ratnasari says:

    ihh…pengen banget jadi atlet,,,,bulu tangkis moga-moga aja bisa jadi atlet berjuang dulu nich,,,.

    1. titiw says:

      Amin.. Good luck! :)

  21. tuti megawati says:

    kalo buat umur 19-25 msih bisa ikut gk??
    saya pngen bgt bisa brgabung dgnclub trnama sperti djarum ini..
    tapi saya tdk mampu dr segi financial itu gmna??
    apakah ada beasiswa untuk saya??

  22. Diyah DY says:

    Mbak Titiw, untuk umur 18 ga bsa ikut audisi th dpn ya ? :-(
    Pdhl adxQ mw jd atlit, th ini slesai SMA. Mw ikut audisi Djarum tp kcwa pas liat umurnya ga bsa lg o_O

    1. titiw says:

      Sayangnya gak bisa kakk.. Coba kamu ikut klub lain deh, biasanya ada kok yang nerima. :’)

  23. Diyah says:

    Thanks y infonya. Bukan aku sih, tp adxQ. Dia slesai SMA thn ini. Liat bkatnya dibidang olahraga trutama bulu tangkis, jadi brniat dukung dia sampai jadi pemain profesional. Ada info club lain selain Djarum ga ?

    1. titiw says:

      sayangnya yang pernah aku liput cuma screening test untuk Djarum. Good luck ya! :)

  24. Diyah says:

    Aamiin. Thanks y. .

  25. Kak Titiw, aku pengen bgt jadi atlet bulutangkis nanti kalau sudah besar, tapi aku ragu di keluarga ku maupun sekolah ku gak ada yang ngerespons aku untuk bergerak dibidang ini, tolong solusinya kak, makasih ^_^.

  26. ria says:

    kak kalo umur 17-18 tahun masih bisa ikut ga ya…

    1. titiw says:

      Udah gak bisa kak, kayaknya umur 10-15 th doang. Coba kamu ikut di klub lain deh. :)

  27. qw ingin belajar di pb.djarum tapi usia q sudah 17 thun apa masih boleh masuk yaa

  28. viora anindy says:

    Kk kira kira tes fisiknya apa aja ya???

  29. Kk kira kira tes nya itu apa aja y

    1. titiw says:

      Tes fisik dan skill. Coba dibaca lagi. :)

  30. shofia says:

    Usia 16 tahun gak boleh ikut apaa yaa?

    1. titiw says:

      Setahu aku sudah nggak boleh :)

  31. julian says:

    Mba mau nanya nih kalo main bulu tangkis mulai umur 14 tahun bisa gak?? Kasian temen ane nanya terus

    1. titiw says:

      Bisa2 aja kaaak.. Tapi kalo masuk2 club semacam Djarum kayaknya harus lebih muda lagi deeh.

  32. Achil says:

    Mau nanya mbak,btas umur main blutangkis itu brpha sih ?

    1. titiw says:

      Kalo untuk ikut audisi ini antara 9 – 14 tahun kayaknya ya. Itu ada di tulisannya coba dibacaaa :D

  33. anshar says:

    Saya umur 12 thn tahun 2015 ada gak audisinya tes fisiknya berat gak

    1. titiw says:

      Kurang tahu dek.. seinget aku lumayan berat sih.. Yuk fisiknya ditingkatin lagi.. :)

      1. Maulana Malik says:

        Mba Kalo umur Saya udah 15 tahun dan tidak memiliki klub bulutangkis bisa ngga ya.?

        Mohon infonya Mba… trims

  34. yere says:

    eh 16 taon gk bleh lgi ya

  35. Sheli r says:

    Ka kan syarat pendaftaran nya Harus Bawa foto copy Tanda prestasi Apa itu wajib ya …
    Trus Kalau ga punya apa boleh mencoba

  36. Maulana Malik says:

    Kalo umur 15 thn (SMK) dan tidak memiliki klub bulutangkis bisa ikut daftar ngga ya.?

    Mohon infonya Mba & Bro. . terimakasih

  37. Randi saputra says:

    apakah umur 19thn masih bisa mencoba seleksinya
    hobi saya waktu kecil main badminton sampai sekarang saya masih bermain
    dan saya ingin mengharumkan nama indonesia

  38. aziz says:

    Pendaftaran dari lampung tak ada skrang…??

  39. aziz says:

    Mbk klok saya bleh ikut pasti penerus2 legendaris..

  40. al fajri says:

    ya semoga ja dengan umur saya yg sudah 17 th ini sya msih bsa menggapai impian saya menjadi atlet bulutangkis untuk indonesia aminn,,, saya janji klau impian sya tidak tercapai sya janji sampai keturunan saya dan cucu saya, saya ingin mereka jadi atlet bulutangkis , karna bulutangkis bagi saya telah mendarah daging di dalam diri saya,,,,,,,,,

  41. Sandiansyah says:

    Klo jalur lain ada gk buat jadi atlet bultang nasional.
    Soalx umur udh 17, jadi nda bisa ikut audisi PB Djarum

    1. titiw says:

      Bisa jalur ikut klub lain aja kak yang bayar :)

  42. Rafli says:

    Saya dari kalteng umur 14th… Kalau saya ikut boleh…?

    1. titiw says:

      Kayaknya udah 14 tahun udah gak bisa deh kaaak

  43. saya ingin sekali masuk di sekolah atlet bulutangkis, sejak dari kecil saya ingin mnjadi atlet bulutangkis….

  44. saya umur 16 thun saya ingin sekali masuk sekolah atlet bulutangkis, sejak kecil saya ingin mnjadi atlet bulutangkis….. syarat masuk atlet dikudus apa saja tes nya apa saja…..

  45. hobby saya ingin mnjadi atlet atau pemain bulutangkis…..

  46. insyaAllah saya selesai SMA ini mau ikut masuk sekolah atlet bulutangkis dikudus jawa tengah…… persyaratannya apa saja dan tes nya apa saja… ya Allah semoga masuk ammiiinnn

  47. kira kira biaya pertama masuk atlet berapa?

  48. arifin says:

    sy igni ikut kejuaran pertandingan bulutangkis kl ada kesempatan hub sy 085215976337

  49. Afla Akmal Ramadhan says:

    PB DJARUM tolong wujudkan cita cita sayaa ingin menjadi atlet bulutangkis hub saya 08988376913

  50. arifin says:

    sy ingin ikut kejuaran bulutangkis memang usia sy sdh 43 thn tapi jika ada peluang siapa tahu bisa menang jika aada peluang hub sy 085860493217

  51. mekar sitinjak says:

    Mohon untuk bertanya admin Kira kira di umur 22 masih bisa mendaftar menjadi atlet pebulu tangkiskah di indonesia???.Saya berniat mengikuti kejuaraan bulutangkis bila ada kesempatan tolong membagiinnformasinya.. terimakasih

  52. Saya ingin daftar hubungi Wa saya 0895333372460

  53. muhammad fakkarudin ulama putra says:

    Saya ingin jadi atlet bulutangkis,umur saya 19 tahun tolong kasih kesempatan buat saya.ini wa saya 088808951188

  54. Ayu Dea Tifanny says:

    hai saya ingin mencoba bermain dan menjadi atlit badminton hehe
    081383186143

  55. Windy says:

    Saya umur 20 apakah masih bisa jadi atlet atau tidak ?

  56. Zenfransha ambarita says:

    Saya jg pencinta akut bulu tangkis, sejak kecil saya sudah bermain bulutangkis utk setiap harinya, dan saat itu saya pernah bercita” mnjdi atlet, tpi saya tdk tau bagaimana caranya pd saat itu krn saya hnny anak desa yg blm mengenal teknologi pd saat itu dan minim informasi. Dan skrg saya masi ingin sekali mnjdi atlet. Ttpi usia saya sudah 19th.
    Utk admin, kira” saya masih bisa tdk utk mngikuti audisi? Dan jika bisa saya pengen tahu bagaimana caranya. Krn saya masih krg mengerti dri pnjlsn di google
    Terimakasih

  57. FikriKamil says:

    waktu sekolah smp, saya ingin banget jadi atlet badminton. tp, sekarang usia saya 30 thn, seandainya saya daftar jadi atlet kira2 masih diterima gak yah?

  58. mita aisyah says:

    saya mita saya sangat suka sekali dengan badminton saya ingin belajar badminton lebih baik lg umur saya 19 semoga saya kepilih hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now