Traveling

Merantau ke Krakatau

Friday, 23 July 2010

Susu Beruang. Incidal. CTM. Mungkin kalian yang merhatiin status-status saya di twitter atau plurk atau apalah itu ngerasa kalo 3 hari terakhir ini sangat akrab dengan 3 benda tersebut. Benang merahnya? GATAL. Ekenapa juga ya saya bisa jadi gatel2 penuh cinta gini meskipun aslinya emang cewek gatel? Jawabannya: Krakatau. Ya, perjalanan selama 2 malam di sana membawa pada kondisi gatal2 sekujur tubuh entah mengapa. Oke, oke jangan meradang dulu karena saya out of topic kawan, yuk mari saya ceritakan perjalanan terakhir saya merantau ke Krakatau selama 2 malam bersama 22 orang lainnya!

“Merantau ke Krakatau”

Meeting point seperti biasa di Circle K pancoran jam 10 malem yang langsung dilanjut menuju pelabuhan Merak selama kurang lebih 3 jam (udah ama macet) dengan bus AC carteran yang sopirnya sotoy marotoy. Nyampe Merak, langsung naik kapal dan ngejogrok di kelas bisnis. Harga kapal Fery Merak-Bakaheuni ini sendiri Rp 10.000, tapi kalo masuk ke tempat yang AC (bisnis) nambah lagi Rp 6.000 yang sangat2 dianjurkan. Istirahat bisa enak, adem, tanpa asep rokok berleleran pula.

Terminal Bakaheuni

Sekitar pukul 4.30 kami sampai di pelabuhan Bakaheuni. Dengan 2 angkot yang disesaki oleh tubuh anggota trip yang sekel2 dan bawaan yang gendut2, kendaraan carteran ini melakukan “angkot race” yang menyebabkan tertabraknya pembatas jalan. Nyeh. Pagi2 udah bikin iritasi. Untung anak2 gak kenapa2. Angkot membawa kita semua ke Dermaga Canti, yang ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam.

Dermaga Canti

Sarapan nasi telor (harfiah. Nasi. dan telor.) kami tunaikan di tempat yang banyak anjingnya ini. Ganti baju buat berbasah-basah, pipis2 dan lala lili, capcuuus naik kapal ke Pulau Sebuku Kecil. Sampai pulau ini dgn waktu kira2 setengah jam, pas saya keluar kapal melihat pemandangannya, wiiih.. Airnya biruuu, pasirnya putiih, sayang sampah masih menjadi isu utama. Awan yang abu2 ditambah warna warni di sekitar menambah kaya alam penglihatan dan pikiran saya. Di sini sih belum nyemplung, tapi lebih mengutamakan foto2. Iyuuk. Naik kapal lagi, melaju ke Pulau Omang2 Kecil yang ditempuh kira2 setengah jam dari Pulau Sebuku Kecil. Nah dimari baru dah melacuuur bercinta dengan laut dan seisinya.

Pulau Sebuku Kecil

Pulau Omang-omang Kecil

Wow, matahari sudah di tengah2 kepala, dan perut sudah menjerit.. Semua menjeriiit!! Mari naik lagi ke kapal dan mengunjungi Pulau Sebesi, tempat kita memberi pakan untuk cacing2 perut yang kelaparan. Pulau Sebesi ini adalah tempat dimana biasanya para tripper nginep. Karena kita camping, jadi gak bermalam di sini, numpang makan siang aja, malih! Makan siangnya seperti biasa ada telor, sup, ikan, dan yang nendang: es kelapa dingin. Jooosss! Eits, kita ngetrip gak cuma seneng2 lho, ngasih baksos juga untuk penduduk sekitar dengan barang2 yang seiklasnya kita bawa cwiyyn! Sukur2 dapet anak gadis kepala desa (Dono banget).

Pulau Sebesi

Perut kenyang, hati senang, mari kembali melanglang! Niatnya sih nyemplung lagi di laut sekali, tapi karena waktu gak cukup (udah mendung banget), maka perjalanan kita langsung menuju ke tempat camping, tepatnya di Cagar Alam Krakatau. Perjalanan kurang lebih 3 jam ke sana, diwarnai dengan aksi kandung kemih yang kurang kuat menahan hal-hal yang butuh disalurkan. Mana kapalnya kagak ada wese. Jadilah saya pipis di belakang kapal yang ada di belakangnya. Wallahualam. Yay, nyampe tempat camping, 4 tenda yang dibawa oleh teman2 didirikan oleh teman-teman juga.. (Dengan kata lain saya gak ikutan bangun tenda! Nyahaha.. *kabuur*). Setelah saya berbilas dengan air akua seadanya (secara setelah nyemplung di laut tadi gak bilas samsek!), sok bantuin cewek2 masak nasi, telor, tempe, terong, de el el. Gak gitu gemanah gitu menikmati acara bakar2 ikan pas malem karena udah teler kena antibiotik. Betul sodara, 2 hari sebelum pergi itu seperti biasa saya selalu punya sindrom sakit. Padahal juga Amel ngeluarin brownies andalannya untuk ultahnya Parlin. But my eyes were glued. Nyeh. Jadi mending tidur cepet karena pagi2 buta kudu nanjak untuk mengejar matahari pagi dari puncak anak krakatau.

Camping di Cagar Alam Krakatau

Namanya juga manusia, ada aja khilafnya. Niat treking ke atas jam 4, jadi jam 5 liwat dah. Medan trekingnya gemana? Hem.. Coba bayangkan.. Ok, jgn bayangkan dulu, kelamaan. Hem.. Nanjak, tapi bukan tanah, melainkan pasir hitam bercampur batu. Kemiringannya mah lumayan juga, antara 40-45 derajat. Gak terlalu jauh sebenernya, cuma miringnya bikin gak kuku cwiiyn! Setelah kira-kira setengah jam nanjak, nyampe juga di puncak anak Krakatau. Lelah tadi terbayar kontan melihat pemandangan dari atas. Gunung gemunung, sunrise, laut, semua berpadu jadi satu. Bau belerang yang meruap di udara juga menambah rasa dekat dengan alam. Subhanallah. Nah yg gini ini nih.. Kagak di pante kagak di gunung, gayanya masih aja lelompatan. Padahal slip dikit ya wassalam. Nah karena tujuan trip ini memang hunting sunrise dan lala lili di mari, maka foto2 yang saya pajang juga lumayan banyag nih di sini.. Mari ditilik..

Iklan Colongan. We Love Indonesia!

Menggila baru nyampe puncak

POSE!

Subhanallah. Liat matahari. Jangan liat adegan 17+ itu

Puas menggila, turun lagi menuju tenda. Jam menunjukkan pukul 8an, dan itu berarti waktunya untuk sarapan standar perut anak Indonesia: Indomie goreng dan teh manis anget. Setelah makan, bebenah deh untuk kembali ke alamnya. Foto2 dulu ramay2, naik kapal, and we’re heading to Legon Cabe! Nyemplung lagi? Eish, ya iya dong.. Masa nyemplungnya cuma sekali aja? Haram itu hukumnya! Setelah dirasa puas kita semua naik lagi ke kapal, kecuali pasangan yang sedang dimabuk laut cinta, Dita & mas Rian. Lamaaa banget naiknya, anak2 sih udah nuduh yang iya2. Uhuk. Awan-awan pun berarak mengantar kita menuju Pulau Sebesi. Nice clear skies.

Somehow I'm so proud that I can do such things :)

Breathtaking Krakatoa

Krakatoa In Their Eyes

Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Sebesi untuk makan siang daaaan: MANDII! Beuh, pas mandi, rasanya tuh surga dunia banget! Anak2 pada menggila nyari charger, I don’t give a damn! yang penting mandii! Langsung deh cibang cibung bareng Kete & Dita. Abis mandi, makan yang diakhiri dengan minum FresTea. Demi es teh, saya berani ngelewatin anjing! Anjing banget gak tuh? :D Perjalanan ke Dermaga Canti lumayan horor, ombak gede, ujan, dan kalah main UNO di atas kapal! Nyeh.

Jualan charger neng?

Local Kiddos

Jam 6 sore, touch down Bakaheuni setelah naik angkot dari Dermaga Canti. Naik yang jam 6,45 dan langsung ke kelas bisnis. Beda sama Fery pas pergi, di kelas ini ada biduan dangdud dan orgen tunggal dengan volume yang pasti bikin anak2 yang suka berisik narik motor malem2 itu keki. Demi mencegah kebosanan dan demi gendang telinga saya, naiklah ke tempas dimana anak2 ngecas Hape. Ngecas Hape? Betul, 5000 perak kawan untuk ngecas selama sejam. Mwahaha.. Berusaha tidur gak bisa, ahirnya main tebak2an lagu lah kite. Intinya, nebak kata pertama apa yang akan dikeluarkan dari bibir si biduanita ini di tiap lagunya. Saya sempet menang nebak “AKU”, tapi gak diperjudikan. Nah ketika diperjudikan dengan bayaran makan malem gratis hasil patungan kita ber6, Wida & Cut keluar sebagai pemenang dengan kata “Hati” dan “Abang”. Ahahaha! Perjalanan kami pun ditutup dengan makan nasi padang di deket pelabuhan Merak dan naik bus AC menuju pancoran, saya dan Kete pulang bareng naik taksi sampe rumah. Fyuh, that’s my story for Krakatoa trip. FYI, saya gak ngeteng, tapi bayar kira2 RP 450.000 all in untuk trip yang menyenangkan ini. Bagaimana? Tertarik untuk merantau ke Krakatau? Happy traveling!

Cas hapenya.. Boleh..

The Psikodut!

PS: Beberapa foto diambil dari FB temen2 ngetrip. Ijin ya guys!
PS2: Dita & Rian, selamat jadian ya.. Ah.. Senangnya trip membawa cinta. Ditunggu makan2 dan nyanyi2nya! UHUY!

37 thoughts on “Merantau ke Krakatau

  1. perez says:

    hihihi…selalu seru klo baca postingan tentang jalan2mu tiw!
    bdw kamu patut bangga dg kmam[uan salto n nyelam! aq gak bisa! :(

    1. titiw says:

      @perez: Salto emang dari dulu canggih tapi kalo nyelem kudu pake pelampung juga lho! Ini mah karena mau dipoto aja jadi sok2 ghak pake pelampung. Abis itu ngap2an.. :D

  2. achie says:

    hihihihi camping se er te yah itu, banyak bener ampe 22an.. seru bener ituuuhhhh.. kalo mo camping ke cagar alam krakatau itu perlu ijin ga mba tiw??

    1. titiw says:

      @achie: Masih mending ini ber23 chie, pernah pas ke Peucang tahun lalu, kita ber40! Ahahaha.. Kalo gak salah sih harus ijin, tapi aku sih tinggal ongkang ongkang kaki karena udah diijinin sama temenku yang ngatur semuanya.. Hehe

  3. fahmi! says:

    tiw, kapan2 maen ke pulau sempu yuk? lokasinya di pantai selatan jawa. di selatannya kota malang tepatnya. nanti kalo kesini, boleh aku barengi deh. kamu mendarat aja di juanda, selanjutnya ada aku yg nyupir ke arah sempu. dijamin seru! ;)

    1. titiw says:

      @fahmi: Eh? Aku belum pernah ke sana mas! Iyam aku denger dari temen2 sih keren banget di Malang ya..? Eh bener nih kalo aku ke sana tinggal bawa diri dan situ mau anter aku puter2..? Kalo tau begitu mah pergi ke sana sendiri juga oke kali ya.. Hihi.. Sip2 akan dipertimbangkan sangaaat! :D

  4. sudi says:

    Kalo ke pante ato laut, apalagi pake dibela2in nyebrang pulo segala, takutnya kena sunami, kena pasang ombak, kapalnya kebalik, karam, tenggelam, diculik ma yg punya laut (Nyi Roro Kidul kali).
    Kalo ke gunung, takutnya nyasar, ketinggalan rombongan, sendirian, digigit macan, diinjek gajah, dimakan harimau.

    Mending dirumah aja deh. Tidur2an sambil mbuka laptop mbaca2 blog jalan2nya orang2. Udah diwakilin ma mbak2 ini. Hehehehe … :p

    Btw, yg komen saya di Once Upon A Time In Changi, itu beneran loh, dibayarin tiketnya 12.000 (kalo gak salah dulu seh masih segitu) sama om2. :p

    1. titiw says:

      @sudi: Duh, kamu tuh beraninya apa sih..? kamu gak bakalaaan bisa dong olongin tante kalo tante kenapa2 di jalaaan! Hah, brondong tiada guna, kamuu! Oh pantesan.. Kamu tuh sukanya sama om2.. pantesan gak gemanaaa gitu sama tante… Cis.

  5. thalique says:

    Aku cuma bisa ngiri ajah… :(

    1. titiw says:

      @mas T: Lagian.. Kalo diajakin gak usah banyak pikiran deh.. langsung mau ajaaah!! Okeh..?! :D

  6. pengalaman pipis di belakang kapal yg menyenangkan ya tiw, hihihi.. :P

    iri, iri, iri POKOKNYA! :D

    1. titiw says:

      @dian: Kmu kalo aku ajakin pegi2 gini mau ikutan gak di..? ;) Hah.. hah..? Siapa tau dapet ide2 buat gambar.. :D

  7. didut says:

    jadi kangen berpetualang ke Karimunjawa lagi *merasa kehilangan jd guide abal abal jaman dulu*

    1. titiw says:

      @didut: Eh aku belum pernah ke karjaw loh dut.. Kalo ke sana kamu mau jadi guide gretongan..? Apa..? kamu mau bayarin semua2nya kalo aku ke sana..? makasih ya teman.. *haru*

  8. lil says:

    pengennnn…tapi sepertinya masih musim ujan jadi2an…entar2 aja lah

    1. titiw says:

      @lil: Ah.. kamu mah apa sih yang gak males..? Cih.. *ketabrak tukang ketoprak*

  9. nik.e says:

    argh! menyenangkan (dang, td saking ngirinya ngetik sampe blepetan dan malah nulis mengenyangkan)
    dapet semuanya ya tiiiw..pantai, nyelam, gunung, kemah2an..eh kemah beneran yah? :p
    seru seru
    pengen!

    1. titiw says:

      @niks: Ohoow! Pastinya niks! Ahaha.. Ayo dong jejakkan kakimu di luar pulau jawa sekali2.. hihi.. kalo krakatau ini sebenernya fokusnya sih hunting sunrise, tapi mumpung bisa semuanya kenapa kacang..? Lah iya ini kemping beneran doong.. masa kemping boongan..? Haha.. Kapan2 aku ada trip aku ajak yaa! :D

  10. tya says:

    waooowww!!! template baruuuuuu!!! kuning2 najong tante but i like it!

    *lanjutin baca lagi* 8-)

    1. titiw says:

      @tya: Aaah!! Template ini udah mau 2 bulan tawuuu!! kamu somboongg gak pernah main ke sini lagii!! Huhuhu..

  11. tya says:

    hahhahah kamuuuuhh!! selalu deh sukses bikin ngiri orang2, cuman belom dijelasin tuh kamu gatel2nya kenapa say? apa gara2 gak mandi 2 hari 2 malem itu, hihihi

    krakatau seruw tapi aku agak2 horor deh since letusannya konon dulu misahin pulo jawa sm sumatra, hiiiyy… klo akuh dulu sempet berencana mao ke sempu dilanjut tur ke bromo, huhuhu klo kamu ngetrip kesana n posting disini dijamin akuh bakalan nangis darah, huwaaaaa!!

    1. titiw says:

      @tya: Ahahaha.. Gak tauuuu gatel2nya kenapaaa! Hihihi.. Mungkin jiwaku sebagai cewek gatel ya tiba2 aja keluar begitu saja. Iya, pertamanya juga kita rada horor juga kemping sini, tapi Bismillah ajalah sambil liat2 BMG terus. Nah.. Sepertinya sih trip selanjutku adalah ke.. adalah ke.. adalah ke: SEMPUUUU!! NYAHAHAHAHAAHAH! *Sengak*

  12. tya says:

    *kejar titiw sambil bawa golok ditangan*

    iniiii goloknya diasaaaaaahhh

    1. titiw says:

      @tya: Tak ada yang lebih menakutkan daripada ibu2 hamil yang membawa golok yang telah diasah.. *KABUUUR* *naik getek* *ketangkep* *dicincang*

  13. escoret says:

    huaaasyemmm…mantab itu….
    lucu poto yg lg ngecas hp..hahhahah

    yak..postingan ini..aku ksh nilai 8.5 lah…baguss

    1. titiw says:

      @pepeng: Ya ampyuun.. ke mane aje nih nak pepeng yang mulai ekseiiss di twitter.. Haha.. Thanks ya pak guru atas nilai 8,5 nya.. :D

  14. babang says:

    akuuu terkenaall masup di blog doonk mayan dah nyari jodooh .. makasi tante titiw… xixixixi…

    1. titiw says:

      @babang: Masya Allah! Ada dumbo nyasar ke blog akuuh!! Wakakakakakak.. Sama2 nak babang.. Semoga jodoh2 di sini terbuka pintu hatinya untuk memilihmu.. Yuk mariii.. :D

  15. agun says:

    ihhhhhhh super kerennnnnnnnnnnnn!! like your pics 2!!!!!!!!!

  16. titiw says:

    @agun: Aiiiih.. makasiiihhh!! Tararengkyyyyu!! ;)

  17. genksukasuka says:

    …mba bajetnya brpa tuh?dari dermaga cati, terus masuknya bayar ga?
    n ke krakataunya bayar lagi gak yah..?mksh

    1. titiw says:

      @genksukasuka: Wah, waktu itu sih aku bayarnya 450.000 udah semua2nya, yang manage temenku sendiri. Kayaknya sih gak bayar, tapi kasih semacam duit tengkyu ajah buat orang2 sekitar situ atau awak2 kapal yang bawa kita ke sana.. :D

  18. seno says:

    kalo mau murah ikut festival krakatau di lampung. tapi gak turun sih. cuma kelilingin pulaunya aja. tiap tahun ada tuh acaranya.

    1. titiw says:

      Aku mawuuuuu! :D

    1. titiw says:

      Thank you.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now