Events

Ana Rovita, Si Anak Baru Pembuat Kejutan

Friday, 30 July 2010

Nama-nama srikandi bulutangkis Indonesia seperti Adrianti Firdasari, Maria Febe, sampai Maria Kristin mungkin sudah akrab di telinga kita. Namun di pertandingan Djarum Indonesia Open Super Series (DIOSS) tahun ini, nama-nama tunggal putri di atas seperti kehilangan sinarnya, bahkan mereka semua tidak ada yang mampu melaju hingga babak semi final. Adalah satu nama yang mengejutkan publik bulutangkis tanah air karena hanya dia satu-satunya tunggal putri yang masuk ke babak semifinal, yaitu Ana Rovita.

Mengapa mengejutkan? Ana Rovita bukanlah pemain unggulan ataupun pemain jebolan pelatnas. Ana bahkan tidak masuk jajaran pemain yang seharusnya berlaga dalam pertandingan yang dilaksanakan tiap tahun itu. Ana yang kala itu sedang berlatih di GOR Jati, Kudus, tiba-tiba saja ditelpon sehari sebelum DIOSS. Ia masuk menjadi peserta karena beberapa pemain, yaitu Pi Hongyang dari Perancis dan Seung Hee Bae dari Korea, mengundurkan diri. Sehingga berangkatlah Ana menuju Jakarta, tempat diadakannya DIOSS 2010 dengan persiapan seadanya.

Ana Rovita

Saya yang menonton DIOSS seminggu penuh pertamanya tidak begitu memperhatikan sosok mungil Ana yang merangkak dari babak kualifikasi. Di babak kualifikasi, ternyata Ana berhasil mengalahkan pemain peringkat ke-74, Chen Jiayuan dari Singapura, padahal baru kali itu Ana mengikuti kejuaraan sekelas DIOSS. Sekali lagi menang, Ana dipastikan masuk ke babak utama. Hal itu pun terwujud. Pemain Taipei Ya Ching Hsu yang berperingkat ke-95 dunia dilibas straight set oleh Ana. Apakah ini faktor tak adanya beban bagi pemain yang waktu itu masih peringkat 246 dunia?

Di babak utama, saya mulai memperhatikan kepiawaian Ana dalam memainkan shuttlecock. Ana punya kecendrungan menarik lawan hingga ujung lapangan, lalu mengecoh mereka dengan drop shot yang mematikan! Pemain Slovakia, Maja Tvrdy (peringkat ke-46) ia kalahkan di babak pertama, disusul dengan kemenangannya atas pemain peringkat ke-52 asal Singapura, Fu Mingtian di perdelapan final. Dan siapakah lawannya yang dihadapi pada perempat final? Maria Kristin, sodara-sodara! Iya, mbak kita yang meraih perunggu Olimpiade tahun 2008 itu! Meskipun Maria Kristin lebih berpengalaman, hal itu tidak membuatnya demam lapangan, dan Ana pun dengan cepat memenangi pertandingan atas seniornya di PB Djarum itu dengan straight set. Gokil!

Luapan Kesenangan Ana Mendapatkan Angka

Ketika semi final, barulah saya dan sesama badminton addict, yaitu Widya, betul-betul FOKUS dengan permainan Ana Rovita ini. Lawannya di semi final ialah Sayaka Sato dari Jepang yang merupakan peringkat 25 dunia. Surprise, surprise! Ana mampu unggul jauuuh dari Sayaka Sato yang terlihat frustrasi mengembalikan drop shot – drop shot dari Ana. Di set pertama sini Ana unggul 14-4 sehingga saya udah mikir dia hampir pasti menang, apalagi pas kedudukan jadi 18 -13! Saya dan Widya makin histeris dan menyebut-nyebut Ana sebagai pemain titisan dari langit!

Namuuun di akhir set pertama, Sato mengejar angka secara menggila sehingga sempat terjadi deuce, daaan set pertama direbut oleh Sato dengan angka 20-22. Yaaahh.. Set ke-dua gak beda jauh sama set pertama. Ana unggul di permulaan, skornya sempat 15-7, lalu 17-10 dan disusul lagi oleh Sato, sehingga Ana harus tumbang di tangan Sayaka Sato dengan skor akhir 20-22 dan 17-21. Hwaaa! Sedih banget ngeliatnya! Tapi dia main super keren, dan tepuk tangan panjang untuk Ana terdengar nyaring di istora senayan waktu itu. Aah, betapa cintanya saya dengan penonton Indonesia yang tetap mendukung pemain yang sudah bermain sebaik mungkin meskipun dia akhirnya kalah. Anyway statistik pertandingan Ana-Sato bisa dilihat di SINI.

Twit Saya saat DIOSS ttg Ana

Twit Widya saat DIOSS ttg Ana

Dengan hasil yang menggembirakan tersebut, peringkat pemain kelahiran 30 Maret 1991 ini melonjak dari 246 menjadi 153 dunia. Terakhir saya baca, ia juga jadi semifinalis di Singapore International Series yang diadain pekan lalu setelah dikalahkan oleh pemain Korea Kwon Hee Sook. Ck ck ck.. Padahal, berdasarkan wawancara saya, Didut dan Widya awal Juli lalu kepada Pak Fung Permadi selaku manager tim PB Djarum, Ana sama sekali tidak dibebankan target yang muluk saat DIOSS. Hanya lolos di babak kualifikasi saja sudah bagus. Namun Ana memberikan yang terbaik dari apa yang ia miliki. Pak Fung juga mengatakan bahwa Ana adalah tipikal pemain yang ketika bertanding, performanya lebih baik dibandingkan ketika latihan. Intinya suka ngasih kejutan-kejutan gitu deh bo, moga-moga aja kejutannya positif terus yaa.. :) Karena prestasinya yang terus menanjak itu, perusahaan peralatan bulutangkis Flypower mensponsori Ana selama satu tahun.

 

Penandatanganan Kontrak Dengan FlyPower

Penandatanganan kontrak sendiri dilakukan di Kudus 2 Juli lalu, yang mana saya ada di situ looh.. Jadi sekaligus laporan pandangan mata nih. Selain Ana, pemain PB Djarum yang dikontrak secara eksklusif ialah Andre Kurniawan. Duh saya jadi makin menanti-nanti nih kejutan apa lagi yang akan dikasih Ana di ke depannya. Sedikit saran saya sih, semoga pihak-pihak yang berwenang melihat adanya bakat besar di diri Ana sehingga Ana dapat diturunkan di banyak kejuaraan nasional maupun internasional, hehe.. Dan pesan terakhir saya (dan tentunya pecinta bulutangkis Indonesia lainnya) buat Ana.. Ayo Ana, kejutkan lagi kami dengan prestasi-prestasimu yang bikin bangga tanah air kita, tanah air Indonesia!

Eits Kita Harus Tetep Eksis Dengan Foto Bareng Ana Rovita!

(c) Gambar Twit: Didut
(c) Ana di lapangan

← Next Post
Previous Post →

27 thoughts on “Ana Rovita, Si Anak Baru Pembuat Kejutan

  1. bangsari says:

    hohoho. keren! senang sekali rasanya mendengar berita ini setelah sekian lama tak mengikuti berita badminton, (tapi tetep main seminggu dua kali).

    setidaknya semoga jadi the next mia audina. habis kalo susi susanti sepertinya terlalu sulit mencari penggantinya.

    1. titiw says:

      @bangsari: Wah, main di mana mas..? ikutan doong.. aku gak ada tempat untuk main nih.. Beneran nih aku minta ngikutnya.. hehe.. Next mia audina? Asal gak pindah ke negara lain aja ya. Insya Allah ada lah jalan nyari next susi susanti. Tuhan itu suka membuat segala sesuatu berulang kali kok.. ;)

  2. Ratie says:

    Waaaw.. suka nih gw berita beginian di dunia perbulutangkisan endonesaa.. *deng-deng-deng-deng-deng* Semoga dik Ana ini, *sok tua* kelak bisa menjadi the next Susi Susanti. Krn setelah era itu kok pemain putri kita sayangnya ga ada yang terlalu menonjol ya..

    And like always, nice posting tiw! Jangan2 lama2 lo bakal ngikut di setiap pertandingan open series lg tiw buat nulis beginian? ;P

    1. titiw says:

      @ratie: Ih si eneng nongol juga! dung dung dung dung dung! Wah, amen for that rat! Gila, kalo tiap super series ngeliput guah pasti mati kesenengaaaan!! Hahahaha.. Ayo ayo para sponsor, liat saya, pilih saya untuk melipuuut! *ngarepberat.com*

  3. dansapar says:

    wahhhhh kamuuu bikin iri dengan foto brg ana
    hihihihi

    sayang ya ana kalah sama bella di perempat final indonesia challenge
    kecapekan mungkin kali ya

    tapi serunya indonesia challenge itu semifinalnya udah kayak sirnas
    indonesia semua
    salut deh! keren …

    1. titiw says:

      @dansapar: Nyahahaa.. *jumawa* yoi doong! Iyah, aku juga baca tuh beritanya, mungkin karena sebelumnya Ana abis tanding di Singapore Series jadinya cape. Lagian kalahnya juga ama si Bella, dia kan rada ecek2.. Pacaran mulu ama si Hayom kalo di twitter. Ahahaha.. Thx for dropping by ya bebih! ;)

  4. fahmi! says:

    kok ana? mana foto2nya firda? mana firdaaa??

    1. titiw says:

      @fahmi: *bletaaak* *slepeeet* Firdanya lagi tanding di Macau Open! Puas puas puas..?!

  5. didut says:

    Titiw itu ada Hanny yang mau main bulutangkis sama blogger (komen di blogku) ayo diajak :))

    1. titiw says:

      @didut: Ya ayolahh bermain bultang dengan diriku.. (kayak aku ada jadwal latihan aja.. hahahah)

  6. b43r says:

    masih muda cantik,jago pukul raket.. aw aw aw :”>

    1. titiw says:

      @b43r: Emang sih si Ana ini masih 19 tahun.. Tapi di luar, macem Cina, atau single dari india si Saina Nehwal, umur 19 th udah menangin kompetisi sebesar Indonesia Open lho. Emang bakat2 kayak Ana ini gak boleh dicuekin.. harus sering diikutin banyak kompetisi2 bergengsi..

  7. warm says:

    wow !!!

    pengen sekali nonton itu ana bertanding, beruntung sekali kau bisa nonton dan melihat kelebihannya

    smoga makin membawa kejutan2 yg makin keren
    sungguh, bikin penasaran euy
    :)

  8. titiw says:

    @warm: Yoi. Saya super beruntung dapet kesempatan nonton dia tanding dan dapet foto2 eksklusif untuk ngeliput di kudus. Pokoknya kalo ada kejutan2 menyenangkan lagi dari Ana langsuung bisa diliat lagi di sini! Thx udah mampir. :D

  9. agum purwono says:

    udah lama bulutangkis putri Indonesia gak bs berbuat banyak(sejak era Susi susanti,kayaknya udh gak ada lg tuh..)..mudah”an Ana Rovita prestasinya terus berkembang seperti Susu susanti…dan semoga lebih banyak lagi pebulutangkis putri Indonesia yg bermunculan dgn prestasi yg baik tentunya..

    1. titiw says:

      @agum: Amen to that, mas aguuum! Eh btw emang ada pemain bulutangkis kita yang namanya Susu Susanti..? hehehe..

  10. tya says:

    ckckc laporan pandangan mata yang lengkap sekali ciiin! gud gud gud! iyah setuju sama komen2 diatas moga ana jadi penerus susi susanti yah

    walopun sebenernya dulu mia audina (cmiiw) keren juga sih sayang dia ganti n pindah jadi warga holland, yeh

    1. titiw says:

      @tya: Pastinyaaah! Tapi Mia kan pindah karena ikut suaminya ciiin.. hihi.. Semoga bultang Indonesia makin cihuy seperti kita! Yah.. Memble dong kalok gitu.. :))

  11. widya says:

    Huaaaa…. I Heart Ana !!!!
    Masih inget gak loe tiw aksi nya dia pas lawan Sato? kita yg terbengong-bengong dan bertanya : INI ANAK ASALNYA DARI MANAAA SIIIIIHHHH?

    Ya Tuhan, pasti bener-bener titisan dari Langit!!!!

    1. titiw says:

      @wid: Yoi banngggeeet! Duh bener2 deh, mana pas di kudus gw gemes banget karena dia nganggur senganggur2nya atlet! Gemana gw gak minta dia poto berkali2..?! Hahaha.. Sayang aja kemarend ia kalah sama si bella.. jadi penasaran pengen nonton ana lagi niih..

  12. Nugi says:

    keren..mungil2 gitu jago ya?

    1. titiw says:

      @mas: Begitulah adanya.. pendek loh dia.. Sama aku yg pendek juga masih pendekan dia. Hehehe..

  13. seno says:

    cakep nih infonya. walau baru dngar namanya. dia masih main skrg?

    1. titiw says:

      Masih.. tapi emang belom dikasih di kejuaran2 gede banget macem sudirman cup..

      1. seno says:

        *manggut2* kamu udah beresin gambar di berapa tulisan jadinya?

  14. dodo says:

    wah.. gw bener2 dah ga tahu badminton indonesia lagi… Keren juga si Ana ini.. Mudah2an makin sukses deh..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now