Entertainment

Hukum Koruptor Dengan Komik!

Sunday, 15 August 2010

Korupsi berasal dari bahasa latin corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok. Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus/politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Ya ampyun! Titiw sekarang ngomongin korupsi? Ngeri pisaann.. Tenang coy, saya cuma mau share Facebook Group “Menurutmu Bagaimana Cara Menghukum Koruptor” yang dibuat oleh Eko Bimantara, seorang komikus yang ingin mengumpulkan ide-ide tentang bagaimana menghukum koruptor. Nah, 100 ide terbaik yang dikumpulkan dari pesan-pesan yang ditaro orang di grup ini nantinya akan dia ilustrasikan dan akan dicetak menjadi sebuah buku komik/kartun/ilustrasi/ berjudul:

‘100 Cara Menghukum Koruptor’.

Suruh bersih-bersih!

Contoh ide dari Titiw:

  1. Buat koruptor2 cowok: Dibuang ke kali jodo yang banyak komunitas homonya tanpa dikasih hape, uang, ataupun apa2. Eh tapi boleh deh kasi balsem, siapa tau pulang2 dari situ pantatnya dol. Hahahaha..
  2. Koruptor2 disatuin.. Terus suruh maen film reka ulang G30SPKI. Ada yang kukunya dicopotin satu2.. Disundut2 manja sama rokok.. Terus ngelap muka pake darah.. “Bersihkan darah itu! Jangan sampai terlihat adik2mu!”. Gak boleh pake stuntman loh ya.. Terus kalo misalnya mereka aktingnya buruk, bikin adegan “dibuang sayang”, mereka dihukum di kamar yang ada lampu di atas pala kayak pelem2 luar itu..

Buku ini akan dicetak dan diterbitkan di seluruh Indonesia. Nama, alamat, dan narasi ide dari penyumbang ide akan dicantumkan di setiap karya si Eko ini. Kerennya lagi, 50% dari pendapatan akan disumbangkan kepada organisasi masyarakat atau lembaga sosial untuk menjadi sebuah kegiatan/aksi sosial. Ayo sumbangkan ide-ide kamu dan teriakkan kata tidak kepada para koruptor dengan cara kamu sendiri melalui komik. Langsung deh meluncur ke SINI!

Tips: Makin gila dan absurd idenya, makin disukai oleh kartunis yang pernah gambarin karikatur saya ini. Terima kasih.

← Next Post
Previous Post →

29 thoughts on “Hukum Koruptor Dengan Komik!

  1. lala sudewo says:

    tiw… keren, nih… gue share via fb & twitter, yah ;)

    1. titiw says:

      Boleh banget lala beibiih!! Thanks yaa.. :D

  2. sumpah itu ide hukuman buat koruptor darimu sadis banget! *ketawa gegulingan*

    tiw, si eko ini keren banget ya! *kedip2*

    1. titiw says:

      @dian: Yoi.. hihihi.. kalo kalian kolaborasi (jieh, emang indonesia mencari bakat?) Pasti cengcoy beneeer.. :D

  3. thalique says:

    dijadikan bantalan rel aja kali secara seringkali kalau ada kecelakan Kereta Api selain karena human error factor juga karena bantalan relnya sudah rapuh

    1. titiw says:

      @masT: Buseet.. keji juga yak mas T :)) Kirimnya ke FBnya grup ini doong mas.. kirimnya yang banyak yeesss.. :D Ntar dikasih es teh gratis deeh..

  4. Salam Kenal dariku, nice artikel :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    1. titiw says:

      @yohan: Salam kenal juga. Amin ya robbal alamin.

    1. titiw says:

      @win: MERDEKAAAAA!! Eh selamat ultah papa.. :D

  5. ibhe says:

    haha baru main lagi kesini ada ide beginian aja. belum sempat ketemu sama bung eko ini. tapi ide-idenya bung eko ini cukup brilliant :D saya mau sumbang ide boleh?

    Menurut saya, begini (Imajinasi saya agak lebay, so please, bear with me :D):
    Karena korupsi itu selalu berkaitan dengan uang dan kekayaan pribadi, maka mudah-mudahan ada sebuah oraganisasi underground yang menciptakan alat yang bisa menghadirkan “virtual reality” kedalam alam bawah sadar mereka. bentuknya mirip hair dryer yang ada di salon-salon itu, yang seperti helm yang menutup setengah kepala kita :D Nah, jenis virtual reality yang akan dimasukkan kedalam kepala para koruptor itu ada beberapa jenis:

    Ada yang rasa “jatuh miskin banget,” sehingga ia berada dalam sepatu butut orang-orang yang kena dampak korupsinya.
    Lalu ada rasa “Dog eat dog” dimana uang/barang yang telah ia korup, dikorup lagi sama koleganya.
    Daaaaan rasa-rasa lain yang masih dalam tahap developing :D

    Nah, organisasi underground itu juga harus bisa menculik sebentar para koruptor itu untuk ‘menanam’ benih mimpi itu kedalam kepala koruptor itu. Setelah ditanam, setiap malam mimpi itu akan selalu datang. dan mimpi itu terasa seperti sungguhan. Yaiyalah! namanya juga Virtual Reality :D haha Saya yakin, mereka akan takut korupsi atau jadi nggak bisa tidur tiap malam/siang. pokoknya merem dikit, bayangan itu akan datang :D

    KAPOK!

    semoga berkenan. wassalam :D

    1. titiw says:

      @ibhe: Sadhheess!! Hukumannya inception minded gitu gak sih? nyaaahahahaha.. layer ke berapa nih jadinya itu virtual reality? Thanks for your absurd idea bhe.. Akan aku kasih ke Eko.. :D

  6. Umro says:

    Buatlah supaya seluruh kakus dan jamban setanah air bermuara di septictank yg sama(selanjutnya ditulis: septiteng), nama septitengnya “Septictank Bumi Pertiwi (norak yak?), buatlah tangga dan pintu yang menghubungkan antara penjara dan ruang septiteng tersebut. Septiteng tersebut sama sekali tak digunakan untuk narapidana korupsi kecuali untuk mandi. Sehari mandi 3x, dan acara mandi tersebut selalu dilanjutkan dengan acara makan.

    Tapi ingat, di sebelah septiteng jg harus didirikan kolam bilas yg diisi penuh oleh parfum, biar mereka wangi setelah mandi. Kebayang kan, badan bau gara2 gak mandi 3 hr aja kalo dikasih parfum baunya tambah tokcer, apalagi kalo abis kena tokay eh tokai eh tokaiy (gw pake dua2nya biar huruf “y” sama huruf “i” nya gak saling sirik).

    Seperti halnya di kampus yg ada UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), di penjara ini jg ada UKM (Unit Kegiatan Marapidana)..iya maksa..gw tau, drpd Unit Kegiatan Mnarapidana..kan lbh maksa. Nah UKM bwt napi korupsi semua diadakan di wilayah septiteng tersebut, UKM-nya antara lain: snorkeling, swimming, beautiful swimming (renang indah), shit diving, polo tokaiy dan kumur-kumur.

    Agar lebih manusiawi, napi korupsi kita berikan kewajiban dan hak. Kewajibannya adalah harus ikut UKM dan hak yg diberikan adalah hak memilih UKM yg disukai sesuai bakat dan kemampuannya menahan muntah.

    Kalo mandinya sehari 3x, nah kegiatan UKM ini sehari 2x setiap habis sikat gigi. Koruptor pan ngambilin duit rakyat, ayo kita berakin sama2.. Setujuuu…??? Enggaaaak…!!! *gak konsekuen*

    Udah itu dulu ya ti, udah bel nih, waktunya UKM..

    1. titiw says:

      @umro: ANCUURR!! ORANG GILAAAA!! ahahahah… sumpah, ini gila abisss!! ini nih yang namanya justifikasi kejijikan.. ketika orang pada titik yang udah sangat jijik pada sesuatu, dia bakal amit2 jabang baby untuk melakukan sesuatu, yang mana di sini adalah KORUPSI. NYAHAHAHAH, akan disambunggg ke yang puya gawe ya kakak.. tararengkyu!

  7. ais ariani says:

    *langsung meluncur ke link yang dimaksud*

    dan sumpah ketawa ngakak baca komen di atas ini. UKM?
    uahahhahahahhhahaa….

    ide yang cukup bagus dn cukup vandal dan mengirakan. yang pasti ga mau jadi eksekutor
    *sapa yang ngajak emangnya?

    merdeka!!!!

    1. titiw says:

      @ais: Eisssh.. neng aisssshhh.. Mo nanya nih neng.. Mengirakan tuh apa artinya ya? Duh ari gini kosakata bahasa indonesia saya masih kurang.. Haha.. MERDEKA!

  8. perez says:

    astaghfirulloh…kejem bener yg mesti meranin ulang film g30spki

    hukumannya yg positif2 ajalah..yg kayak mungutin sampah, kerja sosial or nanem2 kembang (lah guw banget)

    1. titiw says:

      @perez: Nyaaaah.. itu mah kamyu banget.. merangkai bunga.. klub minum teh.. Ahahaha.. :D

  9. Meidy says:

    wooooww… template baru!! seger banget… :) btw, idenya keren abiiiizzz… dua jempol!!

    1. titiw says:

      @meidy: Tengkyuh, tengkyuuuh!! Satu lagi deh jempolnyaaa.. Biar sunah nabi gitu, kakak..

  10. sudi says:

    Teteh, pasti gara2 koruptor cowoknya udah tua2, jelek2, bapak2, botak, item, perut buncit, kumis lele, pendek, dll, dsb, dst, ttd (apaan coba ttd :D …)

    Coba kalo yg korupsi tuh anggota DPR kaya si Primus ato Adji Massaid, pasti teteh kangkanging sendiri dikamar. Diiket, dirante, diborgol ndak boleh keluar kamar.

    Benerkan ??? :p

    1. titiw says:

      @sudi: Kamu iniiiihh!! Puasa2 suudzooon!! *cambuk* Etapi iye juga ya.. di pikiran kita yng namanya koruptor ya pasti yang amu jelaskan di atas.. gak pernah tuh kepikiran kalo koruptor itu bakal wangi.. ngganteng.. endebra.. endbreee segala macem yang bikin hati ini meleleeeeh.. :D
      PS: waw.. ide kamu maknyuuss!! Akan teteh pertimbangkan. Dan lakukan! :D

  11. Umro says:

    Silahkan, mau disambung ke yg punya gawe boleh, gak disambung juga gak boleh *maksa*. Tapi gausah tulis nama gw ya ti, kecuali kalo gak masuk nominasi utk dijadiin komik, baru deh nama gw boleh ditulis. Bingung gak? Gw aja bingung..

    1. titiw says:

      @umro: Hahahaha.. *takol pake hasil UKM*

  12. Nena says:

    Ih Titiw, nggak nyangka, idemu serem2 bangeet… hehe, tapi keren – dibikin jadi ilustrasi komik. Siapa ya, yang kira-kira bakal mengimplementasikan ide-ide itu?

    1. titiw says:

      @nena: haha.. Yang bakal mengimplementasikan ide ini adalah saudara Eko Bimantara (bisa dibaca di atas), yang mana hasil dari penjualan buku ini separuhnya disumbangkan.. gitu kakak nena.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now