Traveling

Malang-Sempu yang Super Seru! (Part 1)

Friday, 22 October 2010

Bo, udah nonton The Beach-nya Leonardo Dicaprio yang bersetting di Phi Phi Island Thailand? Udah pernah ke sana? Belooom? Duh kesian, padahal masih muda. Saya udah pernah doong, tapi yang lokal punya, alias Sempu. Sempu? Di mana tuh? Kok bisa kayak The Beach? Emang ada yang kayak gitu di Indonesia? Aku anak siapa? Buat apa berlapar-lapar puasa? Kok Ariel masih ditahan juga? Ok! Tahan semua pertanyaan kamu nak, karena saya akan jelaskan secara khoompreekkhensif semua yang kamu tanyakan (kecuali 3 pertanyaan terakhir). Here you go!

Perjalanan ke Malang

Hari Rabu siang tanggal 13 Oktober 2010 dimana kebanyakan orang sedang banting tulang di perkantoran ibukota, saya, Lidia dan mas MG (yup, my Sawarna trip team!) sedang menunggu kereta ekonomi Matarmaja dengan tujuan ke Malang, dari Jakarta. Bawaan kita terlihat penuh, karena bawa matras, bahan makanan, serta printilan2 lain untuk camping. Kereta berangkat pada pukul 14.03 dengan harga Rp 51.000 yang ternyata dapat dibeli sehari sebelumnya di stasiun Senen. Jaga2 takut nggak dapet tiket di hari H, tapi kalo kamu kurang kece biasanya gak boleh sih beli sebelum hari H. Naik kereta ekonomi tapi mau enak? Mimpimu semu, nak! Tanpa ngaret, kereta datang dan kami langsung naik ke gerbong 3 di bangku yang berhadapan dengan sebuah keluarga kecil, ayah ibu dan anak perempuan.

Suasana Kereta Matarmaja

Dan dengan membeli tiket dengan harga segitu, tentunya kamu sudah tau apa yang akan kamu dapat kan? Gerbong yang sumuk, penuh dengan tangisan anak-anak yang kepanasan, asap rokok yang meruap rapat, bau-bau absurd di udara, hingga pantat yang tepos. Perjalanan makan waktu kurang lebih 20 jam, dengan trayek Bekasi-Cirebon-Pekalongan-Solo-Semarang-Madiun-Blitar-Malang. Untungnya di dalam kereta, lagu2 dari HP Nokia 3500 klasik saya, dan pisang sale seharga goceng hasil nawar di kereta menemani kebosanan. Travel Diary saya juga dipake dgn syahdu sama saya sendiri, Lidia & mas MG.  Matarmaja sendiri kependekan dari Malang Blitar Madiun Jakarta. Sempat berhenti agak lama di Pekalongan karena ada masalah dengan remnya (Masya Allah.. deg2an inget kecelakaan kereta di Pemalang beberapa waktu lalu..), kira2 pukul 10.30 di hari berikutnya (Kamis 14 Oktober) kami sampai di stasiun kota baru Malang. Nyampe Alhamdulillah selamat, dengan embel2 bau asep dan kaki basah kesiram air di toilet kereta. SHIT Meeen.

Pertemuan dengan DP, Anggi, Risang

Setelah melewati perjalanan yang sangat melelahkan di kereta *manja mode on*, akhirnya kami sepakat untuk berangkat ke Sempu esok hari. Masalahnya, di mana kita menginap hari ini? Sedangkan DP (temen saya yg udah di Malang selama seminggu, tp mati gaya karena gak boleh naik gunung Arjuno karena cuaca buruk) dan Anggi (saudara DP yang emang orang Malang) udah siap tempur dengan bawaannya yang segede babi hamil. Untungnya, mas MG punya teman bernama mas Risang (pake R, bukan pake P) yang bawa mobil, dan mempersilakan kita menginap di rumah kakaknya yang kosong. Jadi, setelah mandi di stasiun (bayar 2000), kita menuju rumah mas Risang yang terletak di sebuah komplek yang cukup bagus, deket Universitas Brawijaya, dengan kamar yang nyaman pula. Ada buku2 Remy Sylado, Pram, dan jejeran DVD di dalam kamar! Gemana saya gak kejet2 coba?

Our Team & Kamar untuk Malam Pertama. Uhuk.

Pantai Balekambang

Tujuan pertama kami di Malang setelah makan siang di RM Bhuk khas Madura, adalah ke Pantai Balekambang. Lumayan PR kalo naik angkot ke sini, karena waktu tempuh kurang lebih 2 jam, dengan jalanan yang kurang cakep. Iya sih, kalo ada jalanan cakep udah tante pacarin! Untung dianter mas Risang, jadinya hayo aja ke sana, hehe.. Kalo bersikeras naik angkot, sila naik yang ke arah Gondanglegi Bantur, harganya Rp 10.000. Nah, sampe mentok, harus naik ojek lagi Rp 15.000 sampai Pantai Balekambang.

Pantai Balekambang

Yang menarik dari Pantai yang terletak di Kelurahan Srigonco Kecamatan Bantur ini adalah adanya Pura di tepi pantai, layaknya Tanah Lot di Bali! Pura bernama Ismoyo tersebut dibangun tahun 1985, dengan adanya seorang pamengku yang tinggal di situ. Uniknya, tidak ada orang beragama Hindu di sekitar situ sehingga Pura ini seringnya dikunjungi oleh turis, ataupun orang2 Hindu dari Bali. Di sini, tidak ada sambungan telpon, semua sinyal HP mokat kecuali: FLEXI. WOW. Sayang, kita sampai ketika Magrib sehingga tidak sempat melihat sunset, dan foto2 jadinya gelap semua. Oh ya, biaya masuk Pantai Balekambang Rp 7.000/orang dan Rp 10.000/mobil. Waktu saya masuk sih gak ada yang jaga jadinya gretong, hehe.

Pura Ismoyo

Makan malam & selamat malam Malang

Perjalanan pulang yang ditempuh lagi 2 jam membuat perut teman2 saya mual. Setelah istirahat sebentar di pom bensin Kepanjen (yang punya lampu WC otomatis!), kami memutuskan untuk makan yang hangat2, apalagi kalo bukan bakso bakwan kalo di Malang? Bakso kota Cakman menjadi tujuan. Enak juga ya ciyn ternyata? Soalnya pas Road Trip sama temen2 WWF April lalu, kita ke Malang tapi gak sempet makan bakso semangkok pun. Pengen ke toko Oen yang sohor itu sebenernya, tapi karena anak2 kelihatan udah capek, kita langsung pulang ke rumah mas Risang yang banyak tokek (dengan warna2 keren!), sambil siap2 untuk perjalanan ke Sempu besok pagi. Selamat malam Malang, be good to us tomorrow! :)

Pom bensin Kepanjen & makan malam kita

 

– To Be Continued –

PS: Mau tahu perjalanan ke Sempu kayak gemana? Apa kendaraan yang dipakai ke Sempu? Berapa total budget yang saya keluarkan? Langsung aja ke “Malang-Sempu yang Super Seru (Part 2)” !

51 thoughts on “Malang-Sempu yang Super Seru! (Part 1)

  1. Bieb says:

    hhmmm…tak sabar menanti cerita selanjutnya…!!!

    1. titiw says:

      Ditunggu aja yeah! ;)

  2. infoMLG says:

    wah belum ngunjungi kondang merak yah…itu klo ke balekambang kan lurus..klo kondang merak belok kannaan. harus naik motor..jalannya meliuk liuk dan naik turun lohhh..tapi kerennn bgt juga kok…

    trus uddah ke air terjun coban rondo belum? terus ke pemandian air hangat cangar udah belum? uhuk

    1. titiw says:

      Nah, dari balekambang mau ke situ tapi udah kemaleman, jadinya pas.. Air terjun sama pemandian air hangat juga belum.. kita pan orang JKT, bukan orang malang, jadinya cuma bisa berapa hari.. haha.. ntar deh perjalanan malang selanjutnya eike ke sana..

  3. rere says:

    saya mau, saya mau kesana…. *ibubuncitngayal

    1. titiw says:

      Ayo sini! *nuntun ibu hamil, nyampenya pas lebaran kodok*

  4. Purwoshop says:

    ayo segera tiw :) edisi keduanya di rilis :) nyari bakso dulu ah :)

    1. titiw says:

      Siyapp.. haha.. gak sabar foto2 sempunya ya..? ah purwo kayak yang jarang jalan2 aja.. *dorong ke tukang basho malang*

  5. perez says:

    pertama-tama saya sungguh ingin menimpuk dirimu karena iri! aku blon pernah ke sempuuuuuuu

    okeh udah, selanjutnya saya akan memberi sedikit info, kalo pura ismoyo itu tetep rame kalo ada perayaan hari besar hindu, banyak juga warga malang yg beragama hindu, terlihat dari rombongan warga yg beriringan menuju ke sana klo hari besar hindu

    1. titiw says:

      *copotin kepala* *kasih perez* *buat ditimpuk* *iklas kok*.
      Haha.. Lama di malang kok gak pernah ke Sempu, sama aja lama di Jkt gak pernah ke pulau 1000 ciyn! ;) Eh makasih info pura ismoyo-nya yes..

      1. perez says:

        abisnya kalo ke sempu musti nginep pake tenda gitu, trus mesti pake jalan nglewatin lumpur bebatuan, eike ga biasa cyiiin, eh tp mending kali ya daripada mesti nunggu kapal di muara angke yg busuk ituh *huek

        1. titiw says:

          Ih belaguuuukk! *toyor* Aku mah mending nunggu kapal di muara angke. Paling cuman setengah jam. Kalo ini jalannya udah kayak mau ke padang mahsyar! Berat banget rasanya! *astagfiruloh*..

  6. achie says:

    Aku iri. *balik badan*

    1. titiw says:

      Aku cantik. *ngaca*

  7. wiwikwae says:

    udah lama banget pengen ke sini. Jadi makin pengen lagi pas mampir ke blog ini. duh….. *urek2 tanggalan

    1. titiw says:

      Wajib mbak ke Sempu, keren abis! Eh tapi perjalanan ke Sempu belum ditulis.. ditunggu.. :D

  8. Nk says:

    Wowwwww.. kak Titiw hebat dan seru bangeeettt, mau dong seperti kakak. cups

    1. titiw says:

      Ah adik.. ini gak hebat kok.. gak kayak kamu yang udah ke sempu sambil ngajatohin aqua sedus.. :D

  9. flora says:

    macamnya cinta fitri yaa, pake bersambung. seriusan teh, mandi di stasiun? wohooo, suatu hari jika pundi2 udah mandiri, aku akan jelajahi itu yang namanya pantai sempu. Lha wong pulau seribu yg deket aja gak kesampean mulu. hihi…
    aQyuH Tung9u L4nDjuTanNyah EaAhH…

    1. titiw says:

      Dua rius dong mandi di setapsiun! Mehehe.. Ah, pundi2 itu jangan ditunggu nak, ayo ngetrip selagi fisik masih kuat. Nanti malah kalo udah banyak duit, tapi udah tua, malah gak bisa ke mana2 juga.. hoho.. Ey444.. Dtun99u Aj4 Ye4cH..

  10. Kimi says:

    Dari dulu selalu punya niat pengen jalan2 kaya’ gini. Tapi ga pernah kesampaian. :(

    1. titiw says:

      Ayo, niatnya diseriusin dan dihoohin dong.. PAsti bisa deh.. traveling is about attitude.. Not about money.. :D

  11. aaaah.. aku juga maaau jalan-jalaaaan..
    kapan yaaa? *wondering*

    1. titiw says:

      Wah, aku lagi gada jadwal ngetrip lagi.. Kalo ada aku woro2 di sini deh.. Nanti kamu ikutan yes.. ;)

  12. tya says:

    biarpun iri.com tapi tetep stay tune :P
    darling cepetan ya nulisnya, jangan lama2… *mata berkaca2*

    eh tapi kamu beneran mandi di stasiun? tlenji donk? gak takut di intipin preman stasiun? ckckck SALUUTTTT!!

    1. titiw says:

      Eyaaaa.. Haha.. gak tahan dia balik lagi.. Sing sabar ya bumil, karya selanjutnya sedang dibuwaaat. Ya iya dong mandi di tapsiun.. seger.. Kalo diintipin juga ya amal lah.. Sebagai orang baru di Malang gak boleh pelit2.. Hihi..

      1. tya says:

        kekekekek dasar geblekkkkk =D

        1. titiw says:

          Biar geblek yang penting muka nggak kayak kenek.. ;p

  13. vicky says:

    titiw.. salam kenal,, baru beberapa kali ni mampir ke web mu…
    seru sekali bacanya.. kayak masuk kedalam ceritanya.. hehe

    ditunggu postingan selanjutnya.. :)

    1. titiw says:

      Salam kenal Vicky.. Hehe.. makasih udah mampir ya, iya nih aku lagi bikin postingan selanjutnya.. :D

  14. nengbiker says:

    klo ke malang lagi, ngetrip bareng yuk ^^

    1. titiw says:

      Siapp.. banyak banget lala lili malang yang belum dikunjungin nih.. :D

  15. agn says:

    been there!!! Full moon pulak pas malam-malamnya.. sempet menemukan jamur glow in the dark yg gw kira sebagai karangan bunga melati milik nyi roro kidul :)) :))..

    1. titiw says:

      Waw! Seru banget dong! Pas aku ke sana bulannya lagi setengah.. Duh, penasaran deh jamur glow in the dark apaaaaan? Haha.. *ost: dendam nyi pelet* *eh*

      1. agn says:

        intinya mah, kita teh telat banget nyampe ke laguna nya.. jadi kemaleman dijalan yg becek2 itu.. mana gelap, serem, cuman bermodalkan senter yang jumlahnya seadanya.. trus gw melihat ditengah jalan ada ijo2 nyala.. bentuknya kayak rangkaian melati milik Suzanna.. beberapa peserta yg kelelahan udah merinding.. trus pas dideketin ternyata jamur aja.. :p.

        Pas nyampe pantai ternyata rame banget dan bulan purnama.. teraaaaang banget… wew keren bgt!!

        1. titiw says:

          Beuh.. PR banget tuh belum nyampe segara anakan ketika malam sudah menjelang.. Aku aja yang dateng kira2 magrib udah rada ngeri ama jalannya.. Rame? Berarti kamu ke sana pas lagi libur ya..? Tapi gak sia2 kan jalan jauh dan merana.. Soalnya pemandangan oke bangeeet! ;)

          1. agn says:

            bukan peer lagi tapi UAS. hehehe.. waktu itu kita kesana pas PEMILU ANGGOTA DPR HAHAHAHAHAHA.. taun 2009 HAHAHAHA..

  16. hidup kaos barong, hahaha!

    huhuhuu.. kapan ya aku bisa jalan2 secara manual begini naik kereta api yg sesak penuh asap rokok :D

    1. titiw says:

      Hiduppp!! :D Meh..? Jalan2 manual..? Apakaaah itu jalan2 manual neng dian..? Mehehe..

  17. fahmi! says:

    iri part 1. aku aja yg orang sini belum pernah kesitu huhuhu :(

    1. titiw says:

      Gyahaha.. nahlo.. gemana nih orang sonoh yang belum pernah ke sonoh.. ;)

  18. dansapar says:

    wah toko oen nya mana
    *nagih es krimnya*

    hihihihihi

    1. titiw says:

      Gak sempet ke Toko Oen! HUHUHUHU!!

  19. miyosi says:

    hiks, jadi kangen malang :(

    1. titiw says:

      *pukpukpuk* :D

  20. seno says:

    gbr. blum pernah dan iri. skian.

    1. titiw says:

      Gambar klaar. Silakan iri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now