Titiw Inside

10 Signs Your Blog Content Sucks

Monday, 25 October 2010

Sebenarnya.. Tidak ada pakem yang benar-benar jelas mengapa tulisan kamu itu tidak baik.. Atau dalam kata lain: BURUK. Namun ada TANDA2 dimana kamu bisa menyadari kalau tulisan kamu itu ya.. Sucks. Here you go!

1. Tulisan kamu terlihat seperti sebuah jurnal
Yah.. Mungkin kalo isinya benar2 jurnal yang dbutuhkan oleh anak2 kuliahan untuk dicopy buat skripsinya ya nggak apa2. Masalahnya, ketika kamu menulis “Dear Diary.. Hari ini aku makan ini pake itu sama ini terus aku jatoh tapi nggak nangis..” sepanjang sungai Kapuas, percayalah.. Tidak ada orang yang tertarik dengan tulisan kamu. Sekarang jamannya tulisan nggak banyak amat, padat, tapi nendang! Kayak kolom gosip di majalah2.

2. Komentar di blog kamu sedikit atau malah tidak ada
Memang yang namanya komentar itu tidak berbanding lurus dengan hits atau berapa banyak blog kamu dilihat.. Tapi ketika orang mau menuliskan komentar, itu berarti ada sesuatu yang bikin dia MEMILIH untuk meninggalkan komen.

3. Kamu nggak pernah menerima “fan mail”
Kalo konten blog kamu bagus, orang-orang akan mengatakannya. Bukan hanya sekedar “Hi, nice blog!” seperti komen2 spam, tapi dia akan sangat niat mengirimkan pujian melalui email panjang ataupun message di FB, bahkan mereview blog kamu di blognya dengan cuma-cuma.

4. Sebaliknya, kamu tidak pernah menerima “hate mail”
Bener deh, kalo konten kamu itu menarik, pasti ada aja orang yang nggak terima dengan apa yang kamu tulis. Dan apa yang lebih buruk dari menerima “hate mail” ini? TIDAK PERNAH MENERIMA APA-APA.

5. Kamu menganggap bahwa SEO (Search Engine Optimization) adalah segalanya dalam dunia blogging
Well.. Ketika seseorang baru saja mulai ngeblog dan hampir gak pernah menulis apa2 dalam blognya.. Saya bisa mengatakan bahwa orang ini sudah kalah sebelum memulai. Memang sih, SEO itu bisa mendongkrak blog kamu, tapi content yang bagus tetaplah segalanya.

6. Kamu sendiri nggak tahu apa manfaat blog kamu
Sebuah tulisan harus bermanfaat bagi pembacanya. Bermanfaat di sini bisa macem2. Misalnya: Pembaca jadi tahu bagaimana cara ngeteng ke Pantai Sawarna, pembaca jadi seneng karena ketawa2 baca blog kamu, atau pembaca jadi tahu cara membuat Coto Makassar yang resepnya kamu tulis di blog. So if you don’t know what kind of benefits your blog can give to readers, you’re doomed kid.

7. Kamu tidak tahu topik apa yang membuat pembaca kamu tergelitik
Begini maksudnya, emosi dari pembaca harus kita elus dan manjakan. Daripada membuat tulisan kalau kamu marah2 karena batere HP drop terus, mengapa kamu tidak membuat tips mudah menghemat batere HP? Pasti banyak orang yang memikirkannya, tapi tidak menuliskannya. Kamu harus jadi orang yang memulainya!

8. Kamu jarang membaca
Here’s the deal.. Orang yang bisa menulis adalah orang yang bisa dan biasa membaca. Dengan membaca, wawasan kamu akan lebih luas dan pastinya mendapatkan “sesuatu” dari situ. Jadi kalo kamu males baca, lupakan saja mimpi menjadi blogger yang mempunyai konten tulisan yang luar biasa.

9. Kamu jarang dan malas menulis
Owkeeyy.. Ingat pepatah ala bisa karena biasa? Jika tidak membiasakan menulis, jangan pernah kepikiran untuk mempunyai blog. Wong kamu aja males nulis kok, gemana pembaca gak males untuk baca blog kamu?

10. Usia blog kamu di bawah 6 bulan
Yah.. Yang instant di dunia ini hanyalah Indomie nak. Ketika kamu baru ngeblog dan mengharapkan komentar yang banyak atau tulisan kamu menjadi tautan di mana-mana.. Mungkin kamu minimal harus menjadi Dian Sastro, yang postingan pertamanya pun dikomentari oleh lebih dari 100 orang.

Begitulah. Kenyataan memang terkadang pahit seperti obat puyer, tapi in the end, kamu akan sembuh dan segar kembali kan? Happy writing!

PS: Diilhami oleh CopyBlogger

42 thoughts on “10 Signs Your Blog Content Sucks

  1. perez says:

    akuh..akuh…akuh termasuk yg ini kah?…isi blogku kan…huwaaaaaa gak tega ngedelete blog!!!

    1. titiw says:

      Hah.. dasar kamu blogger murtad! *tendang ke danau sentani*

      1. perez says:

        jadi…jadi aku boleh nerusin posting di blog aku? *sok imud*

        1. titiw says:

          Eyaboleh banget dong darliiing.. *pake kaos kaki jala2* *ambil lilin* *cambuk perez*

  2. sudi says:

    Teteh … hiks :(
    ndak jadi deh saya ngidupin lagi blog yg udah kebengkalai itu
    biarlah berlalu apa adanya

    btw, sepertinya, selama ada si perez nih, saya ndak pernah bisa dapet pertamax … :D

    @ perez : loe (SKSD, sok2an akrab) kata teteh loe lama di Malang, orang malang kah ??? jangan2 dirimu kakak kelas aku ???
    maap teh, numpang tanya di koment.

    1. titiw says:

      Jangan begitu dong sayang.. Malah ini semacam cambuk agar kamu lebih rajiiin nulis blog egein.. ;)
      Haha.. tau tuh, kayaknya si perez pake google reader, trus kalo postingan baru aku muncul doi selaluuu muncul juga.. haha.. Tuh perez.. jawab.. kakak kelas bukan..? (Sudi sok muda banget ya..) :D

      1. perez says:

        @sudi : lha emang kamu siapa? koq ngaku2 adek kelasku! :D aq pas kuliah di brawijaya doang tinggal di malangnya, tapi bokap-nyokap dah lama tinggal di malang!

        @titiw : iyalah aku pake google reader, aq kan gmau ktinggalan update-an postingan titiw :)

        1. titiw says:

          @perez: Aw.. *hugs* ;)

  3. achie says:

    tertarik dgn yg ini
    “Hear2.. People don’t come to ur blog to find out what YOU think. They come to your blog for solutions to their problems!”

    jelaskan.. jelaskan.. :D abisan di twitter ga dibales.. huh :p

    1. titiw says:

      Haaah..? Gak ada apa2 di twitter kok darliiing.. beneran deh.. kalo ada aku jawab kok.. Apa jangan twitter kamu digembok..? kalo digembok kan aku gak bisa liat. :)
      Intinya gini.. kalo kamu mau ke pantai sempu, trus kamu nemu blog yang ada ini itu ttg sempu, pastinya kamu baca karena butuh referensi kan..? Bandingkan sama blog yang isinya sama2 sempu.. tapi isinya gak ada trayek angkot, gak ada budget, gak tau gemana ke sana.. cuma tulisan: “Di sempu aku kepikiran sama pacarku.. trus aku sedih.. terus aku nangis.. dll” Yang mana yg kira2 bakal kamu pilih untuk baca..?

      Tapi curhat sekali2 juga gpp kok sebagai sarana aktualisasi diri. Tapi ini kan kita lagi ngomongin blog yang LEBIH DIPILIH oleh pembaca. Gitu loh dek.. ;)

  4. lidia says:

    ya ya ya.. blog pertama gue dari tahun 2005 udah modar, padahal dulu aktif. karna sesuatu hal gue sengaja untuk tidak bisa disearch engine. begitu pun blog-blog selanjutnya yang gue buat, ada yang sengaja untuk tidak disearch engine. hmm, not yet a good blogger aint?

    1. titiw says:

      Itu keputusan pribadi sih untuk gak bisa disearch sama engine pencari. Bukan berarti not a good blogger.. ;)

  5. lidia says:

    eh, bisa masuk commentnya! horee! :D

  6. Nona Nieke,, says:

    kurang setuju dengan beberapa bahasan disini :)
    hmmm, mungkin karena tiap orang punya cara sendiri2 memandang blog dan tergantung selera. Banyak juga Saya nemuin blog bagus yg sepi pengunjung. Dan buat Saya blog itu tidak suck. Terkadang malah Saya pun ikut merasakan keindahan tulisan orang2 yg menulis seolah2 tidak ada yg membaca tulisan mereka. Sangat mengalir.. indah.. malah kadang tidak seperti org2 yg hanya menulis utk menyenangkan hati pembacanya saja :)

    1. titiw says:

      Terima kasih atas opininya neng nieke.. ;)

  7. tante titiw, makasih tipsnya.. saat ini saya sedang merintis blog gambar saya. semoga bisa terus rajin posting dan mudah2an blognya bs setenar titiw.com ini. mohon doanya ya! :D

    1. titiw says:

      Sama2 darliing.. Duh.. Blog nyampahku ini mah belum tenar sayang.. Lucu kali ya kalo kapan2 aku nulis buku dan kamu illustratornya.. Huihihi.. ;)

  8. Fansi says:

    *jleb* *nostalgia sama blog yang udah kaga keurus, yang isinya curhat2an doang*

    Mungkin emang diimbangin aja kali yah, mana yang “berguna buat orang” dan mana yang “curhatan”. Tapi si Raditya Dika noh curhat2 doang, bisa gitu populer… Balik ke cara dia menulis mungkin ya mbak?

    1. titiw says:

      Begini say.. Meskipun raditya dika isinya curhatan doang.. Tapi ada manfaatnya buat pembaca. Apa ayo manfaatnya? Iyes, bikin pembaca ketawa! Hehe.. Itu kan juga manfaat toch..? ;)

  9. Chic says:

    aduh kalo gitu blog ku sucks banget dong ya? aduh malu deh…
    berenti ngeblog aja apa ya? hiks…

    1. titiw says:

      Ah.. makchic.. kamu merendah.. yang komen di blog kamu kan buanyag.. ;)

  10. flora says:

    wah…diriku tertohok…rasanya kayak ada paku payung menempel di ubun2…jadi mulai ngumpulin alesan, knp blog ku nggak termasuk yg kaoskaki (socks). *tapi bingung apa alesannya* hehehe

    1. titiw says:

      Muahaha.. ayo.. ayo.. harus ada alesan jelas kenapa blog kamu bukan blog kaos kaki.. *tusuk2 paku payung*

  11. flora says:

    lhooo komen sebelumnya gak masuk tohh..ealah.
    agak merasa tertohok baca posting ini.bagaikan ubun2 ditusuk paku payung.aku tersindir.tersindirrrrrr!!!! hahahaha. tapi saya punya alasan kenapa blog saya nggak bisa dikategorikan blog kaoskaki (socks). *tapi bingung, apa yaaa alesannya???* hehehehe

    1. titiw says:

      Heeeh.. udah masuk nak.. coba liat di atas.. bukan di langit2.. eh.. bukan di ubun2 juga.. tapi tepat di bawah komentar ini.. Noh, masuk kan..?

  12. qontent says:

    astaga ! semua point diatas ngga satupun ada padaku >.< wah mesti belajar lagi nih,,,,

    1. titiw says:

      Loh bagus dong kalo gak ada tanda2 di atas.. kan ini sign kalo blognya payah.. ;)

  13. Hai Titi… senang bisa ketemu di PB kemarin.. waah dari tulisannya, dirimu sudah semacam blogger guru yah? hehehe… ditunggu tips& trik lainnya..

    1. titiw says:

      Hi tasya.. hahah.. blogger guru sih nggak, tapi lebih ke.. ng.. melihat tanda2.. halah.. :D

  14. seno says:

    *jlebbbbbb *hapus blog* berkenankah mengajari bagaimana membuat blog yang baik? ;)

    1. titiw says:

      Boleeeh.. online apa offline nih? #eaaa :D

  15. pengen bikin saingannya ah

    10 tanda blog kamu menarik…

    Tpi bingung mau mulai dari mana…

    apakah mungkin ya akan ada yang tidak setuju…

    atut dibilang sok tahu.. hahahaha

    bu guLu.. blog saya tiap hari udah ada pengunjungnya loh…

    biar pun hanya bilang ‘nice posting’ rasanya tetap menyenangkan, walaupun itu bukan berarti mereka benar2 suka…

    tapi itu menunjukkan ada pengunjung..

    seperti memiliki sebuah toko yang baru dirintis

    ada beberapa pengunjung yang singgah, meskipun nggak membeli apa-apa, sebuah senyuman (nice posting :))) kayaknya sudah cukup memotivasi saya untuk terus menulis..

    sekarang saya lebih rajin nulis di blog dari pada dii curipandang

    malu rasanya menulis sesuatu yang kayaknya manfaatnya nggak banyak buat orang2 di sana… hehehe

    1. titiw says:

      Kamu HEBAT! Hahah.. nulis pelan2 aja dulu di blog sendiri. Sebenernya di curipandang itu orangnya baik2 kok, asal kamu nulisnya yang berkaitan sama entertainment (film, music, dll) ataupun lifestyle.. :)

      1. iyah mbak… makasih… tapi masih kurang hebat lah sama yang lainnya

  16. Asop says:

    Ehheeem, semoga tidak saya alami. :lol:

    1. titiw says:

      Amin ya robbal alamiin.. :D

  17. Utamart says:

    Wih gak sengaja blogwalking ketemu nih blog.
    Lucu logonya, kaya gabungan antara twitter sama mandala airlines? hahahaha :)
    Tapi, saya suka loh makan Indomie, untung gak 6 bulan buatnya… (ga nyambung ya…) hahahah

    Utamart
    Grosir Kaos Kaki Bayi Murah!

    1. titiw says:

      Alhamdulillah gak makan indomie 6 bulan berturut2..

  18. seno says:

    penting ini. *liat2 blog sendiri* makasih infonya bu guru. :)

  19. hedi says:

    wah blogku jarang komen, jarang update pula. #bloggercupu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now