Traveling

Malang-Sempu yang Super Seru! (Part 3)

Wednesday, 27 October 2010

Iya iya.. Ini lanjutan Sempu 1 & Sempu 2,dan merupakan tulisan terahir kok. Jadi, bagaimana pulau Sempu Segara Anakan yang sebenarnya? Apakah perjalanan pulang dari Segara Anakan lebih pare de more dibandingkan berangkatnya? Berapa semua biaya yang saya keluarkan untuk 5 hari? Langsung meluncur yuk!

*****

Selamat Pagi Segara Anakan!

Buon Giorno, amici! Yeah, pukul 5 pagi, mataharinya udah keluar lho di Segara Anakan ini, jadi jangan males2an bangun pagi, rugi! Sontak saya, mas MG & Lidia naik ke atas karang untuk chasing sunrise. Sayangnya, sunrise berada di balik tebing sebelah sana, jadi kita cuma dapet sekelibat sinar2nya. Meski demikian, pemandangan pagi itu tetep seindah-indahnya indah. Samping kiri bawah Segara Anakan yang hijau dan tenang, samping kiri bawah saya adalah laut lepas yang hitam! Subhanallah, betapa presisinya Tuhan menciptakan karang-karang dan tebing yang memisahkan 2 hal yang kontras tersebut. Oh ya, tidak ada sinyal di sini, namun ketika saya naik ke atas untuk lihat sunrise tadi, sinyalnya ngaceng! kenceng! Tak saya sia2kan untuk ngetwit di pagi hari plus twitpic keindahan Segara Anakan! ;)

Good Morning from Segara Anakan, Sempu Island!

Cibang Cibung Time

Klaar ngunyah indomie kuah yang iklas menjadikan dirinya tumbal sarapan, kantuk mendera sehingga saya biarkan tidur ini lelap hingga sekitar pukul 8.30. Suara2 orang mulai bermunculan membangunkan saya, dan itu berarti pengunjung di situ bukan hanya kita ber-5 saja. Dan inilah waktu yang saya tunggu2: Bermain air dan foto2 menggila! YAY! Wih.. Air tenang dan cetek bikin saya tidak ngeri untuk berenang2 ke tengah, tapi jangan sampai berenang ke ujung, karena ombak di sana tempo2 kenceng dan banyak ikan beracun bernama Nogotaun, itu kata guide yang mengantar tamu pagi itu. Sila liat foto2 ciamik di bawah ini sambil merengutkan muka karena iri seiri-irinya umat.

Green is All Around Us!

Sempu Itu Panas, Jendral!

Duh main air di sini emang gak ada puasnya deh.. Saya yang gak bisa berenang aja jadi belagu sok2 nyoba gaya punggung, gaya dugong terdampar, gaya lompat2 cheerleader, gaya gunting di udara dan segala gaya endebra endebre. Namun, waktu terus bergulir.. Sehingga kami bikin makan siang dulu dengan lauk tempe goreng dan apapun yang goreng2 (sampe badan rasanya ikutan kegoreng) sebelum pulang. Yup, terik matahari cukup sombong menyalang di sini, badan saya panas sampe pusing kepala. Eh tunggu, itu mah karena saya emang HOT ya. Haha.. *dikeplak* Oh ya, pas saya selese main air, di samping tenda kami sudah berdiri beberapa tenda lain yang didirikan orang2 yang sampai di Segara Anakan ini di pagi hari. Kayaknya orang Surabaya ya.. Abis ngomongnya dikit2 Jancuk, yang sampe sekarang sebenernya saya gak ngerti arti Jancuk.

Indonesia’s Hidden Treasure

Gelang Sipatu Gelang

Tenda telah dibereskan, segala barang telah dipacking, dan setelah foto ber-5 di depan Segara Anakan, pulanglah kami melewati medan yang menggila itu pukul 14.00. Untungnya tidak ada hujan, tidak ada badai sehingga jalanan yang kita lalui ini tidak terlalu becek, meskipun kita gak nyari ojek *bibir dimonyongin*. Waktu perjalanan saja sampai beda 1 jam, Segara Anakan – Sendang Biru hanya 2,5 jam, sedangkan kemarin hingga 3,5 jam. Oya, batas waktu yang diperbolehkan untuk sampai Sendang Biru lagi adalah pukul 5 sore. Jangan coba2 melanggar, karena beberapa waktu lalu ada orang hilang. First thing first: MANDI! Yeah! Numpang mandi di rumah Ibu Mamik, ibu2 yang mana kita berhubungan sama dia untuk nyewa kapal dan lain2. Setelah adzan magrib, naiklah kami angkot menuju Pasar Turen lagi. Hati2 jangan sampe angkot2 di sana mengira kamu akan mencarter mereka sehingga mereka nungguin kamu. Seperti kejadian saya, si angkot nungguin kita mandi dll, padahal kita mah mau ngeteng aja. Setelah tawat menawar, akhirnya per orang bayar Rp 20.000 dan langsung ke Pasar Turen deh. Intinya: Komunikasi. jangan tunggu2an dan berasumsi. Udah gitu, kita dikasih bonus mogok 2 kali. Ngok.

Berpulang dari Segara Anakan

Menuju Malang Kota

Dari pasar Turen, untuk ke Gadang kita tidak naik bus seperti waktu berangkat, melainkan naik semacam ELF seharga Rp 5.000 yang ngetem lamaaa banget. Nah, dari Gadang ini saya naik angkot  entah yang mana seharga Rp 2.500  soalnya di sini tuh angkot pake alfabet, misalnya AG, GA, AGJ, dll, bukan pake nomor. Tujuan kita ke Mirahan, rumah Anggi dimana kita akan bermalam sebelum besok pulang. Btw, saya ngulik2 TV di Malang, nemu Malang TV yang lagi nampilin “Untaian Nada Rindu”. Lagu2 lawas dengan vidclip asli! Saya pun tidur dengan keriaan yang berlebih.

Sampai Berjumpa Lagi, Malang!

Esoknya, saya pulang dengan lagi2 naik kereta Matarmaja bersama DP dan Lidia pada pukul 15.00. Mas MG tidak ikut karena masih mau bertualang ke Surabaya, Jogja, dan lain-lain. Sebelum pulang, sempat mampir beli oleh2 di Lancar Jaya dan menyambangi daerah Sentra pembuatan kripik tempe di Sanan. Setelah sekali lagi berjibaku dengan keriuhan kereta Ekonomi selama 20 jam, sampailah saya di Jakarta pukul 11.00 pagi hari Senin di St. Jatinegara dengan bau badan udah kayak mamang2 , kena sunburn, dan tanpa pipis sekalipun di kereta. Fyuh, such a nice low budget trip dengan merasakan bagaimana Indonesia yang sebenar-benarnya. Jadi, sudah ke mana sajakah kamu? Jangan lupa ajak saya ya! ;)

Selamat jalan Malang!

Tips ke Malang – Sempu

  • Bawa uang tunai, jangan ngandelin ATM
  • Ngetrip hampir seminggu? Bawa 5 baju aja, jangan banyak2! 1 Baju tidur, 1 baju untuk basah2an, 3 baju u/ lala lili. Percaya deh apa yang dikatakan Titiw (etapi nanti musyrik ya..?)
  • Kalo punya budget lebih dan betul2 anti asap rokok, silakan naik kereta Gajayana yang hanya 14 jam waktu tempuhnya, pake AC & tanpa kepulan asep rokok, dan hanya berhenti di stasiun tertentu.
  • Jangan taro barang berharga di backpack. Biasakan bawa tas pinggang. Pas saya berangkat ada ibu2 kecopetan karena naro duit di tas besar.
  • Bawa topi , kacamata cengdem, & jaket tipis aja, jangan yang tebel2, bikin berat bawaan.
  • Bawa thumbler (tempat minum) gede & kantong plastik sampah
  • Pake sunblock banyak banyak banyak dan oles lagi lagi dan lagi kalo gak mau kena sunburn kayak saya.
  • Kalo punya underwater camera, sangat dianjurkan untuk dibawa.
  • Untuk yg mau camping di Segara Anakan Sempu, bawa bahan makanan yang mudah aja, jangan rempong2 yang penting banyakin air tawar untuk minum. Minimal 1 orang bawa 3 botol Aqua gede. Disarankan bawa Jerigen 5 literan beberapa biji.

Ini dia yang ditunggu2, Budget Trip Jakarta – Malang – Sempu – Jakarta! Jeng jeng jeng jeng!

Day 1 (Rabu 13 Oktober)

  • Tiket kereta ekonomi Matarmaja: Rp 51.000
  • Makan malem nasi ayam di kereta: Rp 5.000

Day 2 (Kamis 14 Oktober)

  • Mandi di toilet stapsiun: Rp 2.000
  • Makan siang Sate Madura: Rp 15.000
  • Masuk pantai Balekambang: Rp 7.000
  • Makan malem Bakso kota: Rp 7.000
  • Patungan bensin mas Risang: Rp 10.000

Day 3 (Jumat 15 Oktober)

  • Bus ke Pasar Turen: Rp 4.000
  • Makan siang: Rp 6.000
  • Angkot ke Sendang Biru: Rp 20.000 (ngeteng Rp 12.000)
  • Masuk Sendang Biru: Rp 5.500
  • Administrasi di Perikanan: Rp 20.000 dibagi 5: Rp 4.000
  • Kapal: Rp 100.000 dibagi 5: Rp 20.000 (sudah pulang pergi)

Day 4 (Sabtu 16 Oktober)

  • Angkot ke Pasar Turen dr Sendang Biru: Rp 20.000 (ngeteng Rp 12.000)
  • ELF dari Pasar Turen ke Gadang: Rp 5.000
  • Angkot dari Turen ke Mirahan: Rp 2.500
  • Makan malem pake Bebek: Rp 12.000

Day 5 (Minggu 17 Oktober)

  • 2x angkot untuk ke tempat oleh2 Malang: Rp 5.000
  • Makan siang: Rp 16.000
  • Tiket Kereta Matarmaja: Rp 51.000
  • Nasi goreng di kereta: Rp 3.000

Total Jendral: Rp 269.000

PS: Budget ini tergantung kamu juga. Kalo kamu jajannya banyak, beliin oleh2 buat seRT, atau makan di tempat2 mahal dan karokean di bar2 yang banyak cungkoknya ya bisa lebih. Di sini saya tidak memperhitungkan oleh2, cemilan, dan biaya makanan untuk camping karena bahan2nya ngambil dari rumah. Untuk detail harga masing2 tempat wisata ada di dalam postingan. Jadi dibaca yang detail ya cin. Happy traveling!

PS2: Foto2 yang lebih lengkap bisa diliat di SINI & SINI

Update (6/12/2012): Saya baru tahu bahwa Sempu adalah cagar alam yg sebenarnya tak boleh dimasuki sembarang orang. Jadi saya berbagi tulisan ini bukanlah mengajak orang ke sana, melainkan hanya berbagi saja. Silakan disikapi dengan bijak. Terima kasih.

66 thoughts on “Malang-Sempu yang Super Seru! (Part 3)

  1. achie says:

    Jadi, sudah ke mana sajakah kamu? Jangan lupa ajak saya ya! ->> mba tiw yang ga ajak2 sayah :p

    btw ituh di Segara anakan itu harus kemping yah mba??? Adakah rumah penduduk atau apaaaa gt yg bs ditinggali selain diriin tenda sendiri???

    1. titiw says:

      Gak ada rumah penduduk say. Either kemping atau ya bolak balik. Bolaknya doang 3,5 jam, baliknya 2,5 jam. Kuat kalo seharian bolak balik..? ;)

      1. achie says:

        widih 6 jam.. musti bawa persediaan kaki ama pantat yang banyak yak :p

        makasiiii kaka titiw bwt infonya.. :) *lari ke kamar bobok calengan* ;)

        1. titiw says:

          Yoi. Gak cuma persediaan air cin, tapi persediaan pantat sama dengkul. Hati juga boleh.. Eyaaa!! *curhat*

  2. lidia says:

    gue bawa 550, kenapa sisanya kurang dri seratus ya??

    1. titiw says:

      Coba tolong dibaca paragraf terakhir.. “Di sini saya tidak memperhitungkan oleh2, cemilan, dan biaya makanan untuk camping karena bahan2nya ngambil dari rumah”. Kalo itu semua diitung, kemaren sih kayaknya abis 400.000an emang..

  3. efahmi says:

    hah, ada nasi goreng harga tiga ribu rupiah? murah amat! itu bisa dimakan?

    1. titiw says:

      Ada, di atas kereta makanan 2000an juga ada! Nah si nasgor yang terpaksa aku makan karena lapar sangat itu mungkin bisa sedikit lebih lumayan kalo anget.. karena adem jadinya ya… Beggars can’t be choosers.. ;)

  4. perez says:

    wew…gitu doang, ah jadi males ah maen ke sana

    *alesan, padahal mupeng*

    1. titiw says:

      Segitu doang aja kamu belum pernah kan ke sana..? yang segitu doang aja belum pernah.. CIH.. *Dagu ngangkat* *tetek sombong*

  5. Bieb says:

    Wah…budgetnya ko’ lebih murah daripada ke Tidung ya??? :D

    1. titiw says:

      Haha.. yoi dong.. secara ngeteng gila2an! ;)

  6. sudi says:

    Teteh, ndak ada itu angkot AGJ, adanya teh AJG (Arjosari-Janti-Gadang).

    Btw, untuk orang2 yg lebih mementingkan kenyamanan dalam perjalanan menuju Malang (sampe di Malang kotanya aja loh, ndak nyampe pantenya) bisa memilih untuk naek kereta Gajayana. Ato bisa juga dr Jakarta -Malang pake Batavia, Sriwijaya, ato Garuda.

    Trus teh, kalo mau bawa oleh2 kripik buah, saran aye sih, lebih enakan kripik nangka drpd kripik apel. Apalagi kripik semangka ato malah rambutan. Rasanya kayak asem. Ndak ada enak2nya

    1. titiw says:

      Oh,, ga ada AGJ ya..? maklum teteh AGJ alias Anak Gaul Jakarta.. Jadinya keder.. Ahoy. Kalo ngomong2 kenyamanan sih aku juga tau kalo mendingan gajayana atau pesawat.. -_-”
      Iyah! Aku suka banget semangka tapi kripik semangka rasanya menggelikan! Nangka juga enak, tapi udah pernah nyoba.. Hehe.. Apel yang kubeli kemaren juga enak kok.. :)

      PS: Eh pertanyaan kamu apakah perez kakak kelas kamu, dia jawab tuh di malang-sempu 2 ;)

      1. sudi says:

        teh … ternyata teh
        aku (kita, secara dirimu juga) lebih tua drpd dia
        hahahaha :D, sok imut, sok muda saya (dirimu juga :p)
        ternyata dia adik angkatan saya, kalo saya dulu jadi ngambil di Unibraw.

        ughhh .. ngambel make up, dandan supaya keliatan lebih muda.

        1. titiw says:

          Eyyyaa… pake bawa2 aku pula kamuhhh! *keplak pake eye shadow*

  7. risang (pake r bukan p) says:

    Ini toh blog-nya mbak Titiw yg sohor itu…
    Asik juga y cerita jalan2-nya, tau gt kmrn ikutan deh :)
    Btw ntar klo aku k jkrta gantian ya situ yg jadi gaet hehe
    Ciao

    1. titiw says:

      Ahhh! Ada mas Risang pake R gak pake P! :D Iya dong asoy banget jalan2 di sana.. Masa aku yang dr Jkt udah pernah, tapi mas Risang yang lama di Malang gak pernah.. Hehe.. Sip, kalo di jkt aku jadi gaet.. tapi pake angkot ya.. heheh.. :D

  8. thalique says:

    jadi pengen pamer suatu saat, lebih bagus mana dengan Segara Anakan Cilacap..

    1. titiw says:

      Esumpah lo mas T di Cilacap juga ada segara anakan?? Yuuk ke sanaa! yuk yuk beneraaan!

      1. thalique says:

        Benerrr ada Segara Anakan di Cilacap, cuma memang nga setenar Sempu, aku sendiri orang Cilacap belum mengunjungi semua obyek wisata di daerahku..

        1. titiw says:

          Tapi kamu pernah ke segara anakannya? Share fotonya dooong.. :D

          1. thalique says:

            sayangnya belum pernah, itu obyek ada disekitaran Pulau Nusa Kambangan, Nah aku baru sempat ke beberapa tempat aja..Ada tempat pelelangan ikan, benteng pendem dan pulau pulau kecil lainnya..

            1. titiw says:

              Nampaknya seru, ki sanak! Yuk2 berkunjung ke daerahmuuu!!

  9. Purwoshop says:

    luar biasa..keren nih, modal 200rban aja :) salut/..tfs titiw..salam buat @aditnoto

    1. titiw says:

      Haha.. iya wo, modal 200 ribu, pulang2 modal masa depan (pantat) juga jadi tepos eeuuuy! :D

  10. mey-dew says:

    sempu kereeennn bgt yaaa!!
    gw bulan Feb kmrn ke Malang tp cuman 2hari,,jadi ga sempet ke Sempu :(
    mupeeeeng ngtrip bareng lo,tiw… ajak2 dong bo.. ^_^

    1. titiw says:

      Haha.. biasanya kalo aku ngetrip woro2 kok di FB atau Twitter. Sok2 gabung aja.. ;)

  11. mima aja says:

    udah lama gak buka blog lo, ternyata lo kok makin kurusan yah tiw? :D oh ya foto lo sama DP yg di ranting pohon berasa kayak foto Prewed deh, salam yah…..
    *gak ngebahas tentang Sempu sama sekali* :D

    1. titiw says:

      Haha.. shiiiit udah berapa orang nih bilang eike makin kuruuuuus! Huhuhuhu.. Trus, lo makin gendut dong secara udah hamil? UHUK. Iye, itu pose emang sengaja kayak gitu, niatnya mau ditag ke anak2 biar pada ikutan kalo gw sama DP pergi2 lagi.. haha..

  12. zee says:

    Ti..
    Kamu memang hebad deh. Backpacker sejati, tapi tetep keren lho…. itu kok bisa lompat setinggi itu apa rahasianya? Lompat dari bawah or dari atas? *penasaran hahaha..

    1. titiw says:

      Lompat dari bawah dong mbak’e.. Hehe.. Ini bukan lompatanku yang tinggi, tapi angle kameranya yang harus dari bawah banget. Kapan kita traveling bareng, aku ajarin Vaya deh.. Eh? Haha..

  13. horeeee… TAMAT! ga bikin iri lagiii.. hahaha!

    yuk, yuk.. berkunjung ke pondok gede, makan mie ayam bangka.. enak deh! :P

    1. titiw says:

      Hahaha.. wacana doang nih kita sua.. hehe.. kamu dong ke pd bambu bungkusin aku mih ayamh! ;)

  14. yusako says:

    wah…plan ke sana baru taun depan ak.. asyikkk, makasiiih infoonya bu,,,! btw, putu yang kemaren di PB mau dunk, mba.. yg di kamera ku ternyata dudullls..hihihihi.. ditunggu yaa, Mba Titiiiw… =D aku jugaa mau ke sempuuuuuuu… !

    1. titiw says:

      Sama2 darlaaa!! Hihi.. foto2 menggila di pb ditunggu ya.. Banyak kerjaan nihh! X)

  15. dansapar says:

    mampir ke pantai panjangnya gak, tiw?

    gw msh pgn ke sempu lagi
    khusus trekking ke pantai panjang

    1. titiw says:

      Nggak, nggak ke pantai panjang.. kata bapak2 di sana padahal kudu ke pantai panjang juga ya.. katanya ada air tawar di sana..? *napsu* Hahah.. :D

  16. didut says:

    dan daku terpengaruh buat bikin tim jalan jalan ke Sempu ini cuyyyy.. dasar keong racun #eh … titiw racoennnnnn

    1. titiw says:

      Siapa suruh buka blog aku.. siapa suruh buka blog aku.. :)) *dinyanyikan ala siapa suruh datang jakarta* Yah aku mah hayuuukk.. hajaaar! :D

  17. dansapar says:

    kayaknya kmrin dah komen tapi kok g ada
    eh tipsnya nambah
    jgn sekali2 nekad bawa higheels ke sempu
    *ya iyalah*
    make sandal jepit aja besar kemungkinan bakal putus
    hihihihihi

    1. titiw says:

      Hah putus? Berarti gak boleh bawa pacar juga..? Takut putus..? :))

  18. diTa sastro says:

    booo…nasi goreng di kreta itu 3000, dimasaknya brp bulan yang lalu???

    1. titiw says:

      Gak sampe bulanan.. paling seminggu setengah yang lalu. Et jangan seneng dulu.. Udah pake sendok loooh.. Ets.. sama kerupuk juga..

  19. RomoWage says:

    wah sebuah perjalanan panjang yang meng-asyikan, jadi pengin ke Malang.

    1. titiw says:

      Betulll!! Super seru lho ke Malang ini.. Wajib kunjung! :D

  20. salam hangat dan salam blogging

    1. titiw says:

      Salam adem.. :D

  21. pengen sih, taopi klo dari jakarta kejauhan.

    nice travelling :)

    1. titiw says:

      Eh aku dari jakarta juga lho.. HAha.. hampir 24 jam di kereta ekonomi bolak balik.. :))

  22. dhika says:

    wow…ga sampe stgh juta..? cool…
    ada Dimas juga..?
    soon.. ke Sempu juga..
    thanks for the Info…

    1. titiw says:

      Hi Dhika, kenal Dimas juga? Iya, dia sohib sayah kalo ngeteng begini2an. Makasih udah mampir ya.. :D

      1. dhika says:

        Iya.. kenal sama Dimas juga.. :)
        sempet di ajak sama dia ke Semak Daun.. :D
        keren ya.. :):)

        yoi.. sama2.. banyak info nih dari blog ini :D

        Salam

        1. titiw says:

          Sip, tararengkyu! :)

  23. putt says:

    HAHAHAHAHA.
    Jadi inget pas krg lebih 2 tahun lalu ke sana. Bedanya dulu ekeu dari Sendang Biru – Segara Anakan jalan sampe 6 jam, baliknya 5 jam tapi plus ngesot ngesot dan acara sepatu ilang sebelah :))
    Tapi emang bener kok klo jangan balik lagi ke Sendang Biru di atas jam 5, kecuali mo denger suara kereta kuda di tengah hutan kek ekeu dkk. HAHAHAHA :))

    1. titiw says:

      Eiyhhs.. Demi apa kamyuh?! Ngeri sangat yes! Alhamdulillah kemaren eyks ke sana gak ada drama2 macem ginih.. Haha.. :D

  24. seno says:

    gbr. mau komen masih iri

  25. Cutest Baby says:

    Wuihhh kueren buanget, jadi pengen kesana.
    Btw thx buat tips dan info budgetnya. jadi gak bingung deh kalau mau kesana

  26. uyunk says:

    wah baca ini jd ingat wktu kuliah di mlg,,2x ke sendang biru, tapi 1x ke segara anakan,,jd nge-fly ingat masa lalu,,wktu kesana pas musim hujan,,beeggh nekat,,alhamdulillah pas disana gk hujan tp “medan perang” disana buecek abis,,masuk hutan jam 4 sore, sampe segara anakan jam 10 malam,,gemporrrrr,,,karna kami gk da persiapan bawa senter, yg di pake senter yg ada di HP,,mantabbbb,,tapi”dendam” terbalaskan ketika pagi hari melihat pemandangan yg Maha dahsyat,,,lunas deehh…

    1. titiw says:

      HUAAAH?! Emang boleh jam 4 sore masuk hutan..? Soalnya pas kemaren aku dateng jam 3an udah nggak boleh lho.. padahal peralatan perang lengkap. Widih.. ngeri abis ngebayangin perjalanannya. Tapi segara anakan di pagi hari itu emang Subhanallah banget ya.. :)

      1. uyunk says:

        boleh kaa,,soalnya punya kenalan juga masyarakat sekitar situ,,,pokoknya penuh perjuangan, kaki tergores2 tanaman, kepeleset gk terhitung,,,iya kaaa,,subhanallah bannget pemandangannya,,naik ke karang ngeliat yg namax “samudra hindia” (eh bener gk ni yah hehe)…

        1. titiw says:

          Oh ya..? Ahahaha.. Aku malah baru tahu tuh Samudra Hindia.. Aku juga naik karang sih.. tapi gak tau namanya itu apa.. Untung baek2 aja ya kamu.. Soalnya kata orang setempat, suka ada yang aneh2 gitu kalo udah malem. Huihihi.. :D

  27. Rusa says:

    duhh ini tempat yg Rusa pengen banget datengin
    pengennn

    makin penasaran deh setelah baca postingannya mbak Titiw

    1. titiw says:

      Lho, kamu bukannya di jawa ke sana..? haha.. *buta geografi* Harusnya lebih gampang ke sana daripada aku yg di jakarta dong.. ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now