Titiw Inside

Kebiasaan Hijau yang Tak Disadari

Monday, 28 February 2011

its not easy being green

Mungkin kamu ngerasa yang namanya hidup “hijau” itu repot, banyak aturan, nggak ngaruh kalo cuma kamu doang yang ngerjain, dan lain-lain dan sebagainya. Tapi, ada lho kebiasaan-kebiasaan yang secara tidak kamu sadari, sebenernya kamu udah nerapin gaya hidup hijau! Here’s the simple list from me!

1. Potong rambut pendek.
Ketika rambut kamu pendek, apalagi bener-bener pendek, banyak hal-hal yang bisa dihemat. Yang udah jelas dihemat sih shampo ya. Tapi, listrik juga bisa dihemat! Kenapa? Karena kamu jadi nggak repot ngeblow pake hair dryer, atau kering-keringin rambut lama-lama di depan kipas angin. Selain itu, waktu juga udah pasti bisa dihemat. Gak cuma itu, risiko kena flu karena kepala basah juga bisa dikurangin bukan? *kedip mata ala mamah-mamah seksi*

2. Memakai flat shoes.
Nyeh? Apa yang bikin flat shoes menjadi salah satu gaya hidup hijau?

  • Kamu jadi nggak males jalan kalo pake flat shoes, karena lebih nyaman daripada pake high heels.
  • Karena nyaman, kamu nggak kepikiran untuk naik taxi yang tentunya lebih boros bensin dibanding angkutan umum.
  • Menghemat counterpain juga nampaknya cyin, karena kaki kagak pegel2!

3. Buang Air Kecil di lantai
Well, ini hanya berlaku di kamar mandi basah ya. Nah pipis di lantai ini lebih menghemat air karena palingan air yang kamu pake untuk nyiram hanya 1-2 gayung. Bandingkan jika kamu pipis di kloset yang sekali siram takarannya bisa jadi bergayung-gayung!

4. Rutin menyumbang pakaian
Pastinyaaa.. Kamu para wanita-wanita kesepian yang sering ditinggal suami untuk meeting malam, selalu mencari pelarian dengan belanja, khususnya belanja baju. Sekian banyak baju, end up di lemari tanpa dipake, bahkan ada yang price tag-nya masih nempel!

Nah daripada sia-sia, coba disumbangin aja. Dengan nyumbang, orang lain akan mempunyai baju baru tanpa membeli baju baru, yang berarti pohon kapas atau apalah bahan untuk baju dapat ditekan produksinya. Kamu merasa berpahala, orang lain senang, pohon kapas pun gembira loka!

5. Mencopot charger HP/charger laptop
Nah.. Siapa di sini yang kebiasaan ngecharge HP/laptop trus pas penuh, gak langsung dicopot dari stop kontak? Mungkin kamu menganggap kalo hal itu tidak masalah. Eits, jangan salah.. Charger yang tidak diunplugged itu tetap mengambil listrik meskipun dalam jumlah sedikit. Jadi, ayo copot itu charger-charger yang sudah tak terpakai!

6. Adakan Garage Sale
Hampir mirip sih dengan point nyumbang baju. Tapi kalo garage sale ini, kamu bisa memperluas network, dan sedikit mendapatkan untung. Kenapa saya bilang sedikit? Karena ini adalah garage sale, menjual barang-barang bekas kamu, bukannya ajang cari untung. Yang dihemat? Tentu saja uang sewa tempat, karena mengadakan di garasi atau rumah sendiri.

Ada yang mau nambahin lagi kebiasaan-kebiasaan hijau yang sebenarnya sudah dilakukan oleh orang-orang tapi tidak mereka sadari? Nanti saya tambahin di atas. Haffa great Monday, all! :)

20 thoughts on “Kebiasaan Hijau yang Tak Disadari

  1. jimmy says:

    tidak menyisakan mknan jg gan..krn kl mknan disisain berarti nambah2 sampah (sampah rmh tangga)jd msk makanan atau beli makanan secukupnya..

    1. titiw says:

      Bener banget tuh Jimmy! Ciamik! Sip, nanti ditambahin di atas euy! :D

  2. adi says:

    Cieehhh, mentang2 abis potong rambut :P. Mana dong potonya? No photo=hoax :D

    1. titiw says:

      Ahaha.. tau ajah nih sayah abis potong rambut! Hohoho.. foto2 ada. menyusul! xD

  3. achie says:

    kaka tiw.. selain bisa jual baju di garasi, bisa jg jual disini http://www.bajusaya.com/

    kebiasaan nebeng pulang kantorrrrr :p hemat bahan bakar dan polusiii :p

    1. titiw says:

      Wah, website apa ini kakak..? Makasih infonya ya.. Hihi. Atau punya pacar yang mau anter jemput, selain hemat ongkos, hemat tenaga.. Nyiahahah.. *eh*

      1. seno says:

        *manggutmanggut* jadi aku sudah melakukan kebiasaan hijau ya? *keselek knalpot kopaja*

        1. titiw says:

          Ng.. maksudnya apa ya om..? sya kurang ngerti.. *melipir*

  4. gerandis says:

    ciyeeeeh yang abis potong rambut, liat dong tiw…

    berkebun, mari berkebun (gak kepikiran ide laen soalnya)

    1. titiw says:

      Nyahahah.. Kalo berkebun mah orang2 juga nyadar kalo itu adalah gaya hidup hijau.. Mungkin.. Bawa bekel sendiri itu juga gaya hidup hijau ya say.. karena selain hemat duit, juga kita gak pake plastik atau styrofoam untuk ngebungkus makanan yang kita pesen.. What do you think? ;)

  5. Bieb says:

    Yippii…aq juga udah potong rambut. berarti udah nerapin gaya hidup hijau ya?
    Oiya..tambahan…biasanya klo aq ganti celana kerja 2 hari sekali. Kan ga terlalu kotor tuh, mknya dipkenya 2 hari. Hemat deterjen juga kan..? :D

    1. titiw says:

      Bieb pinter.. kayak aku dong.. clana jins dicuci.. ng.. kalo inget ajah.. :))

  6. lala says:

    eh, tiw… sdikit nambahin aja :D

    ga skedar bawa bekel aja, tapi kemana2 bawa kotak makan kosong! jd mo beli sarapan pas jln menuju kantor, or mo jajan pas kelaperan perlu cemilan roti, gorengan or apalah yg byasanya dbungkus plastik/kertas, dah ada wadahnya & kita jadi mandiri krn ga perlu bergantung sama si penjual u/ menyediakan bungkus2an :D

    sama… sendok garpunya! XD daripada pake sendok plastik hasil minta or sumpit kayu sekali pake, bawa sendok garpu sendiri jg makin memantapkan kemandirian kita, hehehe… gue, sih ga bawa sendok garpu, emang.. tapi sumpit yg bs berfungsi sbg keduanya XD

    1. titiw says:

      Thanks kakak lala atas masukannya. Cuma.. yang kakak lala bilang ini kan berarti kamu emang udah aware dengan gaya hidup hijau. Sedangkan tulisan ini aku maksud untuk bikin orang NGEH kalo dia sebenernya udah menerapakan gaya hidup hijau kalau.. (liat list di atas). Begitu maksudnya kakak.. Thx anyway my green fella! ;)

  7. zee says:

    Hahahahaa…
    Tiw saran kamu boleh juga yaa..
    – Kalau rambut pendek, itu aku setuju karena benar2 penghematan waktu banget, terutama untuk ibu2…
    – Kalau sepatu flat, jelas aku setuju. Kaki lebih nyaman pula.
    – BAK di lantai, sebenarnya ga cukup 1 gayung Tiwwww…. kan kalo pipis di lantai, kadang g jelas saat disiram, kemana aja tuh larinya si urine, jadilah harus 3-4 gayung juga disiram. Sementara klo pake toilet duduk, sekarang rata2 sudah pake yang dua tombol kan, 1 untuk BAK (airnya sedikit), 1 lagi untuk BAB (guyuuuurr yurrr…).
    – Tiw, betapa kamu tahu ya kalau aku kesepian sll ditinggal meeting malam hahahaa… tapi aku jarang belanja baju lho…. berhemat sekarang LOL. Tapi baju2 suamiku banyak nih, kapan2 aku susun utk disumbangkan ya. Arrange dong tiw as usual.

    Klo kegiatan go green lainnya, tentu kamu sudah tahu dong apa yang sudah aku lakukan? Pelan tapi pasti, memang membiasakan go green harus DIBIASAKAN.

    Yuukkkk!! ^_^

    1. titiw says:

      Oh gitu ya mbak..? Soalnya kalo pipis di lantai, biasanya paling aku 1-2 gayung doang.. nyiramnya dikit2.. hahaha.. Siap, next garage sale, kalo baju2 suamimu mau disumbangin kabarin aja mbak. Tengkyu for being one of the earth troopers! :)

  8. Indonesia go Green… semoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now