Events

Earth Hour 60 Plus

Thursday, 24 March 2011

Earth Hour merupakan hal yang sudah saya gaungnya sudah cukup nyaring terdengar di telinga dan otak saya sejak beberapa tahun lalu. Dimulai pada tahun 2009 di Jakarta-Indonesia, saya sudah berpartisipasi untuk mematikan komputer dan lampu-lampu di rumah, meskipun Mama saya waktu itu ngotot untuk tetap menonton sinetron kesayangannya. Sehinggaaa.. TV yang inchnya tidak banyak itu pun tidak dimatikan. Well, at least I’ve tried. :D

Di tahun 2010, Alhamdulillah saya sempat menjadi volunteer Earth Hour yang cukup aktif setelah sebelumnya jadi relawan WWF untuk kampanye tahun macan. Bahkan saya sampe diajak ikut road trip Jawa-Bali untuk mengampanyekan Earth Hour ini dengan teman-teman yang menyenangkan. Apakah tugas saya? Oh.. Sangat menyenangkan, kawan! Update Twitter @EHindonesia, serta memanage orang-orang yang ikut lomba blog Earth Hour.

earth hour 60 plus

Tahun ini, sangat disayangkan saya tidak dapat ikut berpartisipasi lagi dalam road trip 5 kota karena kesibukan yang lain. Namun hati dan pikiran saya tidak berhenti untuk tetap membantu kampanye hijau ini lho.. *wink-wink*. Mengapa saya tetap tertarik? Yah.. Apa sulitnya sih.. mematikan lampu-lampu, hanya dalam satu jam, hanya dalam sehari, hanya dalam setahun? Kalaupun Earth Hour dikecam sebagai event gak penting karena masih banyak mati lampu atau listrik yang kurang di luar Jawa.. Yah.. Itu hak mereka untuk ngomong. Yang jelas, kampanye ini tidak merepotkan siapa-siapa dan juga inisiatif dari teman-teman juga kok. Lalu kenapa harus ribet? Intinya: Kalo gak punya sesuatu yang baik untuk diomongin, mendingan nggak usah ngomong. Itu kalo kata Nabi lho. *sotoy*.

Eh.. Jangan salah.. saya “sok hijau” gini bukan karena lagi musimnya lho.. Saya cukup concern dengan lingkungan karena kita memang butuh bumi yang lebih baik, bukan bumi yang membutuhkan kita. Dimulai dari diri kita sendiri saja dulu. Dimulai dari yang kecil. Dimulai dari apa yang kita bisa. Kalo saya, saya mulai dengan tulisan-tulisan ataupun tips hijau di blog saya ini. Minimal, jika ada orang yang melihat, mereka akan tau, dari tau menjadi peduli kan? ;)

Rencana untuk Earth Hour tahun 2011 ini? Wah.. Ya tentunya selain menulis lagi di blog kuning ini, semoga saya sempat menjadi sukarelawan lagi. Niatnya, hari Sabtu 26 Maret 2011 saya akan bergabung dengan teman-teman di balaikota Jakarta untuk menyuarakan kampanye peduli lingkungan ini. So, lets vote for Earth! Care to join us? Earth Hour.. For Our Earth.. :)

Earth Hour Trivia:

  • Kapan sih Earth hour? Sabtu, 26 Maret 2011. Pukul 20.30 – 21.30
  • Earth Hour diadakan akhir Maret, karena pada bulan ini adalah masa peralihan antara musim hujan ke musim kemarau. Sedangkan untuk negara 4  musim, waktu ini ialah peralihan dari musim dingin ke musim semi, sehingga cuaca lagi adem. Gak terlalu panas & nggak terlalu dingin
  • Mengapa malam hari? Karena malam hari, penggunaan listrik itu lagi besar-besarnya dibandingkan siang hari.
  • Kenapa jam 20.30 – 21.30 waktu setempat? Jam-jam segitu kan abis selesai makan malem, lagi ngumpul sama keluarga, lagi santai.. Jadinya cocok matiin lampu, biar berasa tambah syahdu kayak lagunya Bang Oma..
  • Nyadar nggak kalo sekarang gambar Earth Hour yang dipasang-pasang di avatar Twitter atau di banner-banner nggak cuma tertera angka 60, tapi juga ada tanda plus? Yup, karena tagline tahun ini adalah:

“Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup!”

← Next Post

16 thoughts on “Earth Hour 60 Plus

    1. titiw says:

      Royo.. Royo.. Royo..

  1. Seno says:

    *manggut manggut* baiklah… *komen ini akan hilang sejenak pada hari sabtu 26 maret 2011 mulai pukul 20.30 sampai dengan 21.30* sekian

    1. titiw says:

      Dan terima kasih.

  2. gerandis says:

    ok ceu’ aku akan matiin semua lampu di kontrakanku, aku mo pergi karokean aja ma temen2ku..dududuududdu

    1. titiw says:

      Amin ya oloh kamu insap nak.. Eh, karokean?! IKUT! Eh, matiin lampunyaa!! xD

  3. Anggit says:

    ya nanti saya diingatkan ya untuk mematikan semuanya. saya juga sudah lelah dengan suara dengung server yg tiada pernah istirahat ini….

    1. titiw says:

      Siap kakak.. Nanti pas udah dimati-matiin tidur aja biar serverya juga mati ampe besok.. :D

  4. zee says:

    “Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup!”
    Motto ini harus benar2 kita tanamkan di dalam dada dan otak agar terus menerus ingat dan sadar untuk melakukan penghematan….

    1. titiw says:

      Betuul! Ah.. Love you for being one of earth troopers, mbak Zee! ;)

  5. edo_oppa says:

    Permisi saya mau tanya nih… Apa sih hubungannya earth hour dengan global warming? atau begini ” bagaimana sih dengan kita mematikan lampu (menghemat listrik) bisa menyelamatkan bumi?”

    1. titiw says:

      Hai. Mungkin tidak “menyelamatkan bumi” secara global ya.. Tapi ini lebih kepada “menyelamatkan diri sendiri”. dengan matiin lampu yg tidak terpakai, banyak energi yang bisa dialokasikan kepada tempat2 yang lebih membutuhkan. Hasil earth hour kemarin, 600 mw telah disave, yang mana itu dapat membangkitkan beberapa pembangkit listrik, dan memaskok listrik ke desa2.

      Earth Hour sendiri sebenarnya hanya seremonial yang menggaungkan gaya hidup hijau ini, yang diharapkan dapat menjadi gay hidup untuk selanjutnya. Saya percaya, jika 1 orang melakukan sedikit saja, itu bisa jadi banyak untuk bumi kita yang hanya 1 ini. Terima kasih. :)

  6. bieb says:

    tapi sayangnya ya..pas malemnya Earth Hour…eh pas Minggu paginya kan Car Free Day ya..seperti biasa..suara dr berbagai Sound System menggema. Hmm..bukannya Sound System tuh memakan listrik yg tidak sedikit ya??

    1. titiw says:

      Duh.. yg bikin males CFD itu emang sonsistem yang terdengar sangat jedag jedug itu deh.. Heeeh.. -_-“

  7. sudi says:

    Teteh !!!
    Kangen gak ??? Kangen dong ! hehehehe :D

    Btw teh, Earth Hour situ masih kalah ma Nyepi sini.
    Situ cuman sejam, disini mah sehari. Disana cuman sekota aja nggak nyampe, disini sepulo. Katanya bikin hemat PLN ampe 4,71 M (ada yg bilang ampe 8M)

    Kalo saya mah, Nyepi ngambil cuti, pulang kampung. Ndak bisa idup saya tanpa kipas angin ma laptop disini. Takutnya juga, pas lagi gelap2an, eh, disebelah ada leak … :D

    1. titiw says:

      Cih.. teteh.. tetek.. *eh* kangen apa? Kangen band? Ke mana aja kamuuuuu haaahh? Udah gak sudi apa main ke blog teteh ini? Nama kamu doang sudi, tapi kamu nggak sudi mampir! HIH! *lempar muka*. Ah.. seremoni2 macam gini kan bukan buat menang2an atau kalah-kalahan say. Lagipula itu kan lebih kepada ritual, yang jika tidak dilakukan sepertinya gemanaa gitu.. Sedangkan EH ini kan lebih kepada gemana kita mengingatkan diri sendiri.. Dan bikin penghematan itu bagian dari lifestyle kita.. Gitu say.. Eh, kok aku jadi luluh gini? CIH! *balik badan grak*

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now