Titiw Inside

20 People I Want To Meet Before I Die

Friday, 13 May 2011

Di suatu siang kala adzan Dzuhur berkumandang, saya melihat timeline Twitter seperti biasa. Entah apa yang mendorong saya untuk membuka timeline @menghunjam, dan ia me-reply @faizakakak dengan tulisan “wow! makasih :). Seperti layaknya perempuan kepo, saya buka deh tuh timeline @faizakakak. Ternyata, ia menulis #20PeopleIwannaMeetBeforeIDie 4. @menghunjam. Wow. Pantes aja @menghunjam membalasnya dengan kata Wow. Dia berada di urutan ke-4, dimana seseorang sangat ingin bertemu dengannya sebelum mati!

Hal tersebut membuat saya berkaca di depan hati sendiri. Seberapa pentingkah kita di mata orang lain? Seberapa keren kita bagi orang lain? Seberapa besar peran kita dalam pikiran orang lain? Tiba-tiba gigil menusuk tubuh saya. Selama puluhan tahun hidup, apakah saya sudah menjadi orang yang berguna bagi orang lain? Yang lebih sederhana lagi, apakah saya sudah menjadi insan yang berguna bagi diri sendiri?

Terkadang hal-hal kecil yang kita terapkan & praktekkan dalam kehidupan sehari-hari membawa efek besar bagi orang lain. Atau bisa jadi sebuah efek domino terjadi atas kelakuan kita. Pernah saya pernah menulis sebuah tulisan di blog mengenai tips-tips menggunakan twitter, lalu ada orang yang mengirimkan email atau komentar “Tulisan ini berguna banget buat saya, saya jadi tau tata krama menggunakan twitter. Thanks”. Wah.. Hal itu sudah menjadi kebahagiaan yang penuh untuk saya. Dan itu hanyalah sebuah tulisan di blog! Bagaimana jika saya, atau kamu membuat buku yang distribusinya hingga luar kota atau bahkan luar negeri? Bagaimana jika kamu membuat sebuah moda transportasi yang dapat menolong hidup orang banyak? Bagaimana jika kamu menjadi Presiden yang membuat kebijakan-kebijakan yang dapat membahagiakan rakyat?

Coba baca buku karangan Mitch Albom berjudul The Five People You Meet in Heaven. Bagaimana seorang yang merasa dirinya tidak berguna, namun ketika di alam baka, ia jadi tahu kalau dia berperan di dunia. Lakon yang ia pikir kecil, ternyata itu adalah hal besar bagi orang lain. Meskipun buku itu fiksi, saya betul-betul berpikiran yang sama sebangun dengan isi cerita. Apapun yang kita lakukan bisa jadi berdampak bagi orang lain. Besar ataupun kecil.

Ayo kita menjadi orang yang berguna. Apapun. Dengan menulis, dengan menggambar, dengan hanya memberi senyum. Karena sebaik-baiknya manusia adalah dia yang berguna bagi orang lain. Klise sih. Tapi kenapa sesuatu yang klise dapat bertahan hingga ratusan tahun jika ia tidak dibutuhkan? Pasti Tuhan punya tujuan untuk hal-hal yang klise. Jadi, selamat menjadi orang yang berguna & menginspirasi banyak orang. Minimal untuk diri sendiri. :)

← Next Post
Previous Post →

26 thoughts on “20 People I Want To Meet Before I Die

  1. Seno says:

    Nyahahaha kamu stalker juga ya yang….etapi kok nda di link? Eh gabs ya kalo pake hape…? Keren tulisanmu… :)

    1. titiw says:

      Iya, nanti dilink ASAP dyeh..

  2. siapa kek says:

    Yang kamu kepo ih..

    1. titiw says:

      Kamu juga ih yang.. *tabok Widy*

  3. gerandis says:

    aku sudah bertemu kakak titiw, kamu mengispirasi loh tiw, semangatu itu loh, cinta lingkungan, suka sepedaan, dan ngejalanin kerjaan yg jadi passion kamu…wow

    1. titiw says:

      Makasih ya bebeb.. KKAmu juga menginspirasi banget.. Aku jadi tau ini itu ttg resep mudah dr blog kamu.. :)

  4. efahmi says:

    aku sudah pernah ketemu titiw, hore! halah!

    1. titiw says:

      Halah.. udah panas2, hore lagi! *mandra & atun style di iklan minuman Hore*

  5. jensen99 says:

    Saya juga sudah pernah ketemu titiw! Walopun blum sempat salaman dan ngobrol. Jadi sudah bisa mati dengan tenang. :mrgreen:

    1. titiw says:

      Halah.. kapan2 kalo sua tegur yes.. aku lupaan sama tampang orang, apalagi yang belum obrol.. ;)

  6. thalique says:

    Ketika aku baca statusmu di FB ttg hal ini, saya menyangka Kak Titiw bakalan nyebutin satu per satu orang yang ingin ditemuinya satu saat, (karena aku pernah terlintas mau menulis topik yang sama, orang yang ingin aku temuin, lokasi yang ingin aku kunjungi, hal yang ingin aku lakuin). Ternyata pikiranku simple dan cethek banget, dan Kak Titiw bisa membuat jadi sebuah tulisan yang menginspirasi singkat namun dalam..Tp jujur Kak Titiw, Mas Ang, Mas Nug, Jatu adalah teman dunia maya yang pernah dalam list aku orang yang ingin aku temui dan jadi kenyataan…sukses buat Kak Titiw ..

    1. titiw says:

      Same goes to you mas T.. Senang kenal denganmu dari dunia maya ini.. :)

  7. didut says:

    untung kamu sdh ketemu aku tiw *naikin kerah* *dikaplok lagi*

    1. titiw says:

      Iya.. aku jadi ngerasa beruntung karena pernah liat orang2 kurang beruntung dalam hal percintaan kayak kamu.. *kabur nek buroq*

  8. zee says:

    Nice thought, Tiw.
    Seringkali manusia ini terlalu individualistis sekali (terutama yg di ibukota) sehingga tidak ingat untuk bersosialiasi dan berbagi. Bahwa menjadi orang yang berguna dan tentu saja disayangi banyak orang itu berpahala, biar saat tugas kita selesai di dunia ini, masih ada kenangan baik yang disimpan oleh orang lain.

    1. titiw says:

      Amin. Dengan tulisan2 mbak zee yang inspiratif juga pastinya ada yang mengena & berguna dalam kehidupan seseorang. You’re an inspiration indeed mbak.. :)

  9. iya, hal kecil sederhana yg kita lakukan buat org lain bs sangat berarti ya buat meraka, apalagi dilakukan dg tulus.. :)

    ah iya tiw, kamu salah satu teman blogger yg ingin bgt aku temui, sambil makan mie ayam bangka! ;)

    1. titiw says:

      Wacanakan dong kapan kita sua di kalimalang sambil chit chat lucu & makan mi ayam bangka! eh jangan cuma wacana.. Implementasikan! ;)

  10. bieb says:

    Walaupun dulu dirimu blm ada dalam daftar org yg pengen saya temuin. Tapi ternyata saya beruntung sekali sekarang karena sudah bertemu denganmu mba’ Tiw.
    Tulisanmu menginspirasi. Bikin saya betah bolak-balik ke blog mba’ Tiw. ;)

    1. titiw says:

      Makasih banyak ya bieb.. Aku tahu pasti kamu tipe orang yang setia & loyal sejak pertama kali ngeliat kamu. Lho, apa hubungannya? intinya, aku juga senang kenal denganmu! :D *hugs*

  11. bieb says:

    kynya kmrn aq udah ketik komen deh..tp kenapa ga ada ya.. :(
    Walaupun dulu kamu blm termasuk seseorang yg ingin aq temui, tapi aq sekarang bersyukur banget sudah bertemu dengan mba’ Tiw yg inspiratif. Makanya aq betah bolak-balik ke blog mba’ tiw ;)

    1. titiw says:

      Eyalah.. Itu ada di atas bieb sayang.. Coba dicek cek lagi.. ;)

  12. yopie valentino says:

    kalo before I die : harus 40 orang, yang nge-yasin-in tiw… biar afdol… kalo udah die: pasrah aja tergantung amal ibadah, belum tentu juga yg pengen ditemui mau nemui… hehhe…. seneng bisa baca tulisan tiw lagi… keren..!!

    1. titiw says:

      Ah.. bang yopie.. Piye kabare..? Palembang tetep hits..? Seneng juga bisa dikomen sama bang yo lagi. Salam buat keluarga ya.. :)

  13. kuy says:

    nice article dear,
    udah lama banget nggak blogrol kemari. eh pas kemari nemunya sesuatu yang nendang.

    hmm…gue percaya apapun yang kita lakukan, sekecil apapun pasti memiliki pengaruh kepada orang lain di sekitar kita. tugas kita selanjutnya adalah memastikan pengaruh yang kita berikan adalah pengaruh yang baik. :)

    pengaruhi akyuuu…semampumuu… :D

    1. titiw says:

      *pengaruhin kuya* *pengaruhin kuya* *berkali-kali* *biar aku kepilih jadi anggota DPRD Dapil 2* APA SIIIIHHH..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now