HomeBlabBooksCulinaryEntertainmentEventsGreen ActMoviesMusicsReviewTechnoTitiw InsideTravelingVideoWedding

Buat Pengguna Mac, Hati-hati, ada Spyware Berkeliaran buat OS X

26 May 2011

Serangan besar SEO poisoning telah merambah Google, ditujukan untuk pengguna Windows dan Mac. Dari mulai topic-topik lama seperti global warming, hingga topic baru seperti kematian Osama bin Laden. Para pengguna diserang melalui sejumlah program anti virus palsu. Tapi kali ini spyware-spyware tersebut menyerang OS X milik Apple.

Ketika pengguna berselancar menuju URL yang terinfeksi, pengguna akan dihadang oleh sebuah jendela Java Script yang isinya adalah scanner palsu. Anehnya, jendelanya terlihat seperti jendela Windows XP ketika terinfeksi virus, walaupun pengguna berselancar di internet menggunakan Mac.


Kemudian jika pengguna mengklik atau bahkan menutup scanner jadi-jadian itu, anda akan ditanya untuk mendownload sebuah file zip dengan nama “BestMacAntivirus2011.mpkg.zip“.

Beberapa download adalah sebuah paket installer yang menginstall perangkat lunak palsu, namun kadang-kadang bisa juga berupa aplikasi Mac yang siap dijalankan (ready-to-run).

Melalui trik social engineering yang sering dialami pengguna Windows, anti virus palsu ini juga meminjam nama dari website aslinya, Mac Defender.
Scanner siluman ini sebenarnya sama sekali tidak menyentuh harddisk ketika melakukan “scanning”, walaupun sulit juga dipastikan karena biasanya di Mac tidak ada lampu harddisknya.

Scanner bo’ong-bo’ongan ini berpura-pura mencari hal-hal penting yang mungkin terinfeksi, seperti aplikasi Terminal dan utility tes standar di Unix, yang juga dikenal oleh Unix shell programmer sebagai [.

Perangkat lunak palsu ini banyak menggunakan trik social engineering salah satunya mengarahkan browser anda menuju situs-situs porno yang wow, asiik. Walaupun kelihatannya sang empunya program ini tidak mencari uang dari kegiatan mengarahkan browser korban ke situs-situs syuur. Program ini cuma mau sok-sok an serius dengan pura-pura memberi tahu anda bahwa computer anda terinfeksi dengan mengarahkan ke situs-situs syuur (btw, mumpung lagi di situsnya jangan lupa save as, hyaahahahaha).

Yang paling menyebalkan, program ini juga menggunakan taktik nakut-nakutin bahwa data anda dalam bahaya dan disuruh beli via formulir yang dengan nyamannya sudah disediakan di depan mata anda. Tinggal masukin kartu kredit dan yaaaak anda kena tipuuuu.

Yaah pokoknya, walaupun anda pengguna Mac, tetap harus hati-hati dan waspada. Orang jahat di luar sana lebih jahat daripada Gargamel dan Smurf Hitam.

Diterjemahkan dan disadur secukupnya dari sini: http://nakedsecurity.sophos.com/2011/05/02/mac-users-hit-with-fake-av-when-using-google-image-search/

Komentar

2 Responses to Buat Pengguna Mac, Hati-hati, ada Spyware Berkeliaran buat OS X

  1. titiw says:

    Hayoook.. Siapa yang pake MAC nih..? kata temenku di twitter, ada cara nanganin rouge fake security software 4 mac. Buka http://www.bleepingcomputer.com/virus-removal/remove-mac-protector . semoga membantu! :)

  2. meikelhuria says:

    wa lupa pas tolongin dunk

    ID meikelhuria
    karakter nick WaRLeVo