Titiw Inside

Panduan Menjadi Social Media Admin (2)

Monday, 8 August 2011

Inget tulisan pertama saya tentang panduan menjadi social media admin? Hayo, siapa yang waktu itu minta lanjutannya sampe glendotan di badan tante yang oke ini? Nah, sekarang saya akan membahasnya dengan agak detail, bukan hanya permukaannya saja. Maklum, Virgo. Okay, let’s start from the scratch!

1. Membuat user name brand

Sudah baca Twitter for Dummies? Lihat point ke 16 tentang membuat username. Jangan sampe make username dengan karakter yang kepanjangan, belibet, dan susah dilafalkan. Misalnya saja kamu mau bikin user name buat sebuah brand kopi bernama Kopi Oke. Jangaaan sampe pake nama @KopieEOkkeHindoNEsia.

Gampangnya sih, ya bikin aja @kopioke. Udah ada yang pake? Coba gunakan under score, menjadi @kopi_oke. Masih juga ada yang pake? Karena ini produk Indonesia, coba lagi @kopiokeID atau @kopiokeINA. Masih ada yang pake juga? For God sake, you call yourself a social media specialist? Be creative!

2. Membuat username brand yang merupakan sebuah program

Sebut saja si @kopioke tadi membuat sebuah program online yang seru dan membuat orang aware dengan produk tersebut. Namun client ingin nama yang seru dan catchy untuk @kopioke yang bikin melek sekali tenggak dan gak langsung nama brandnya.

Sekali lagi, jangan bikin username terlalu panjang dan ribet. Coba nama @tegukmelek. Lumayan catchy kan? Yaa.. 11-12 dengan program @colekmelek yang pernah diadain sama permen kopi Kapal Api. Atau program dari Sari Husada, yang bukannya make nama @SariHusadaCSR tapi pake @Nutrisi_Bangsa.

3. Username twitter wajib inline dengan FB

Sudah membuat username twitter? Usahakan namanya inline dengan Facebook page yang sudah seharusnya dibuat juga. Nama di twitter @kopioke? Maka buat juga nama Kopi Oke untuk Facebook. Akan agak sulit ketika FB tidak memperbolehkan nama tersebut (dengan ketentuan-ketentuan tertentu), atau nama Kopi Oke sudah diambil oleh orang lain. Tapi jangan hilang akal, nama kopi.oke bisa jadi username FB, tanpa menjadi nama FB.

Maksudnya apa? Lihat brand @teazUout yang punya nama Teaz Iced Tea di FB. Tapi untuk ke page tersebut, direct link yang kita tuju ialah http://facebook.com/teazUout. Jadi, kalo nama Kopi Oke nggak bisa dipake di FB, usahakan nama itu bisa dipake di direct link. Atau pake nama si Teguk Melek yang tadi jadi nama program di point sebelumnya. Cara bikin username gemana? Pastikan minimal sudah ada 20 orang yang like FB page tersebut, lalu ketik http://www.facebook.com/username. Ikutin deh step-step selanjutnya di situ.

So, prepare your ass, fellas! :D

4. Jangan pernah connect Twitter ke FB

Betul. Ada aplikasi yang membuat Facebook update status yang sama jika kita update Twitter. Tapi teman.. Jangan sekali-sekali itu dipake ya.. Kenapa?

  • Satu: Kamu terlihat seperti orang yang malas.
  • Dua: Orang lain akan malas berinteraksi di FB jika isinya sama dengan di Twitter. Apa gunanya berinteraksi di FB page-nya jika isi statusnya sama?
  • Tiga: Kamu akan spamming FB jika lagi banyak-banyaknya update status Twitter.

Ingat, Update status FB itu paling banyak 2x sehari (supaya bisa jadi hot thread yang muncul di homepage). Dan fungsi FB itu lebih ke share foto, video, link, atau apa yang terjadi di Twitter. Kalo di Twitter ada kuis, update status FB tentang hal itu supaya fans aware brand tersebut punya Twitter juga, dan lagi ngadain kuis!

5. Jangan membuat followers malas meRT

Maksudnya? Begini. Ketika kamu mau RT twit seseorang, lalu pas kamu RT, eh ternyata lebih dari 140 karakter.. Kamu harus mengedit twit tersebut, menghilangkan kata2 tertentu, or the worst.. You have to be the TwiLonger abuser itself! *bergidik* Gak mau kan kalo followers males RT hanya karena twit kamu lebih dr 140 karakter? Rahasianya, selalu sisakan karakter yang pas.

Misalnya, username @kopioke memiliki 8 karakter (dihitung dengan @). Ketika meRT sebuah twit, angka 8 itu bertambah 5 lagi. Kenapa? Karena kamu harus menambahkan 1 RT, spasi sekali, user name @kopioke, titik dua, dan 1 spasi lagi. Get my point here? Jadi, ketika update apapun, usahakan sisa karakter ada 13. Gak bisa ditawar, kecuali sisa karakternya lebih dari 13. Ini membuat orang bisa menambahkan kata-kata yang dia mau di depan twit yang ingin diRT tersebut.

***

Sekian tips panduan menjadi social media admin bagian ke-dua. Masih banyaaak lagi hal-hal detail yang bisa dishare untuk kamu yang berjibaku di dunia social media. Want some more? Stay tuned on this awesome yellow blog, fellas! :)

1st Tips: Panduan Menjadi Social Media Admin – 1

(c) Image

36 thoughts on “Panduan Menjadi Social Media Admin (2)

    1. titiw says:

      Ah, thank you mbak zee.. :)

    1. titiw says:

      Rahmayanti Akmar cabang pondok bambuuuu.. x)

  1. sibair says:

    Tapi ada aplikasi di fb buat page khusus twitter kan, klo gak salah inget mbak tiw… nice share.. :D

    1. titiw says:

      Maksudnya FBML di FB buat twitter? Ada juga. Itu semacam halaman sendiri yang mana kita bisa liat twitter dari FB. Nah, pembahasan aku di atas ini sehubungan dengan update status otomatis di twitter yang masuk FB lho. :) Thanks juga udah mampir..

  2. fakhri says:

    mampir dong ke lapak saya,, keren nih postingan tante

    1. titiw says:

      Kan udah mampir waktu itu.. hihi. iya nanti lagi deh.. ;)

  3. emfajar says:

    kayaknya gampang2 susah ya jadi social media specialist ini, tapi yg pasti harus kreatif..
    thanks for the tips :)

    1. titiw says:

      Bener, kalo orang luar lihat sih “Apa susahnya sih update twitter, atau update FB?” Tapi terkadang yang “gampang” ini aja banyak blunder.. Hehe. Sama-sama, semoga berguna..

  4. DV says:

    Postingan yang asik! :)

    1. titiw says:

      Terima kasih! :)

  5. kartunnya berseriii.. :D
    kartunnya hugh ini lucu2 ya.. monster2 gitu, ada yg absurd jg.. abis main2 ke websitenya :D

    1. titiw says:

      Iyaaaa.. Ahahaha.. dari kartun2 socmed yang aku googling, paling lutu iniihh.. Hoho.. dasar kartunis, yg diliat gambarnya.. :D

  6. Kurnia Septa says:

    kalau terbalik gimana? fb autopost ke twitter?

    1. titiw says:

      Lebih baik juga tidak.. Karakter FB & twitter beda. Waktu itu sempet liat TL twitter pak @nukman tentang hal ini dan beliau bilang juga lebih baik nggak. Ayo lebih aktif dan gak autopost.. ;)

  7. andinoeg says:

    manteb nich artikel, jd selama ini saya salah donk. thanks

  8. Rusa says:

    Kalau panduanku sih usahakan twit masih gak jadi twitlonger setelah diRT 2 kali. Karena yg seperti kita tahu, gak semua follower menggunakan fitur new RT

  9. loewyi says:

    hohoho… nice tips mbak…

    dicoba dicoba…. :D

    1. titiw says:

      Thank youuu.. :)

  10. Adit says:

    Wuih, banyak benernya nih.

    1. titiw says:

      Benernya bisa diimplementasikan dong.. ;)

  11. Alita Farah Diana says:

    Thank you Mbak, info ini sangat membantu :)

    1. titiw says:

      sama-sama.. semoga bermanfaat.

  12. febe fernita says:

    saya baru tau. waaaa..makasiii infonyaa.. :)

    1. titiw says:

      You’re very welcome.. :)

  13. MdarulM says:

    Oke. Ini info yang mantap :)

    1. titiw says:

      Thank you sudah berkunjung.. :D

  14. dodo says:

    menurut mbak titiw, solusi paling jos pas kehabisan ide untuk ngetwit, apa ya? *telat banget tanya-nya :))*

    1. titiw says:

      Masa sih sampe kehabisan ide twit? Misalnya kamu megang brand, gak melulu harus ngetwit brand kok. Bisa juga ngetwit greetings, sesuatu yang ada benang merahnya sama brand, dll. Be creative! :)

  15. ina says:

    tante makasih banyak infonya..sangat berguna krn saya sedang ditawarin kerja spt ini…klu boleh nanti saya sering nanya2 jangan kapok ya tante…kita kan sama2 virgo tante hehehe

    1. titiw says:

      Siap. Good luck! :)

  16. Erza Lazir says:

    Makasih, ya. Sarannya oke dan nggak bikin belibet. :)

    1. titiw says:

      Sama-sama, makasih udah mampir. :)

  17. Panji saputro says:

    tante, aku sebagai admin social media tapi bukan specialist seperti mbak.
    Menurut mbak apa yang saya harus lakukan agar follower atau member tertarik dengan content saya publish?
    Dan satu lagi tante, jika saya baru membuat fanpage atau twittee untuk suati brand. Apa kiat yang harus saya lakikan agar fanpage dan twitter yang baru saya buat bisa mendapat banyak member atau follower?

    Tolong pencerahannya tante!!!?
    Mohon di respon tante???

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now