Traveling

Rafting di Citarik: Alternatif One-Day-Trip

Thursday, 16 February 2012

Untuk kamu yang kerjanya super buk buk sedang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk traveling, mengapa tidak mencoba Rafting di Citarik, Sukabumi? Perjalanannya tidak memakan waktu lama (setidaknya kalo nggak macet kurang lebih 3 jam perjalanan dari Jakarta), dan pengalamannya pun tidak kalah dengan traveling berhari-hari.

Minggu 22 Januari 2012 lalu, saya dan 3 teman ACI 2011 (Nora, Satu, Diah), dengan kece mendatangi Citarik dengan beberapa teman Diah dan teman-teman saya sendiri (Njet, Seno, Widya). Memakai servis Arus Liar, saya merasa rafting di tempat ini memang nyaman, asyik, dan terhitung aman. Dengan paket rafting berjarak 9 km di grade 3, kami membayar Rp 265.000, sudah termasuk minum air kelapa muda, fasilitas mandi, dan makan siang.

Geng mobil 1

Sayang sekali karena rafting termasuk olahraga yang agak ekstrim, kami memutuskan untuk tidak membawa kamera dan alat rekam lainnya. Namun jangan takut, ada tim Arus Liar yang memotret kita, dan kita bisa beli fotonya dengan cara membeli soft file, atau menyetaknya.

Pemandangan Sungai Citarik dari atas

Begini itinerary perjalanannya:

06.00 – 09.30 = Perjalanan dari Jakarta ke Citarik, Sukabumi. Kalo gak macet, waktu segini udah sama sekalian makan bubur aseli Sukabumi di pinggir jalan.

09.30 – 10.00 = Persiapan (memilih dayung, helm, dan life vest), dan naik pick up (iya pick up!) ke tempat start.

10:00 – 12:30 = The rafting adventure!

12:30 – 13:30 = Mandi, beres-beres, makan siang.

13:30 – 17:00 = Perjalanan pulang ke Jakarta. TapiĀ  kalo SBY lagi pulang ke Cikeas, bisa jadi lebih lama dari ini.

Notes:

  1. Kalo bisa jangan berangkat di hari H, telpon ke Arus Liar di 0812 80 700 700 atau hubungi mas Bimo di 0858 14587018 dan tanya tata caranya. Saya sih kemarin ini hubungi hari Sabtu, transfer ke rekening Arus Liar, dan hari Minggunya langsung tunjukkan bukti pembayaran on the spot.
  2. Maksimal orang di perahu adalah 7 orang, sudah termasuk guide kita. Jadi kalo bisa minimal kamu rafting bersama 4 atau 5 orang teman.
  3. Usahakan janjian dari jam 5 pagi, supaya kalo ada yang telat atau pecah ban kayak yang dialami Diah, gak akan terlalu ganggu itinerary.
  4. Bawa baju ganti, alat mandi, sun block, dan kantong plastik. Yang terakhir buat jaga-jaga kalo ada yang muntah, soalnya jalan menuju Citarik sangat berliku, kak! *pengakuan kalo abis muntah*
  5. Guide kita yang bernama mas Umay itu rocks banget! Ngejelasin semua tata cara rafting, ngocol, dan asoy. Coba di awal minta dia untuk jadi guide kamu.
  6. Kalo emang niat bermalam, Arus Liar juga menyediakan tempat, coba hubungi mereka untuk keterangan lebih lanjut.

Masukan buat Arus Liar

  1. Tolong life vest, helm, dll itu dicuci dengan baik hingga tidak bau. Baunya nempel sampe abis mandi. Huks.
  2. Harga soft file foto jika kita beli 1 foto adalah 20.000, minimal beli 5 soft file foto (total Rp 100.000) Kalo kita beli semuanya Rp 200.000. Nyetak 1 foto ukuran 6 R = Rp 20.000. Menurut saya, itu sangat mahal. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan untuk tim Arus Liar. Karena kalo dikit orang yang beli kan jadi sedikit juga cerita tentang Arus Liar.. ;)

Sekian kisah kasih saya mengenai rafting di Citarik tanpa bermalam. Kamu sendiri, apa ide traveling dalam waktu singkat? :)

Thx for this one-day-trip, geng! :D

← Next Post
Previous Post →

12 thoughts on “Rafting di Citarik: Alternatif One-Day-Trip

  1. seno says:

    Itu foto yang terakhir kok widya sama njet ga ada ya?. Sama gak perlu bawa sepatu atau sendal gunung. Karena bisa nyeker, dengan catatan kalo perahunya dijungkalin sama guidenya risiko sendiri kalo kena batu :D

    1. titiw says:

      doi lagi saik milih foto di atas.. HEH! Gak boleh tauu.. harus tetep pake ales kakiiiii..

  2. Bieb says:

    huaaaahh..!!! buakannya bulan Januari kmrn lagi sering2nya ujan mba’ Tiw??? Ga bahaya tuh??

    1. titiw says:

      Iya sih.. tapi pas jadinya bieb itu debit air.. kalo terlalu kemarau malah kering dan gak asoy.. Alhamdulillah aku baik2 aja.. :)

  3. ferico says:

    wah emang manteb nih arus liar! iya, beli fotonya mahal tuh! tapi apa boleh buat, ada baiknya menghargai karya seni… *ngomong sama gayung* tapi sertifikatnya lumayan, bisa di laminating… XD

    1. titiw says:

      Hohoho.. Pernah juga rafting sini kak..? Iya, mayan sertifikat bisa ditaro barengan sama sertifikat les LIA.. x)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now