Traveling

Tangerang Trip: Pilihan Berlibur Dalam Sehari

Saturday, 19 May 2012

sungai cisadane

Ingat saya pernah posting alternatif berlibur dalam satu hari di postingan Rafting Citarik ini? Mungkin kamu berpikir “Yaah.. Rafting mah jauh banget pake di Sukabumi! Sehari doang sih tapi capeknya kayak abis digebukin orang sekelurahan yang lagi emosi. Gemana dong?” Nah, untuk itu saya mau berbagi lagi alternatif ngetrip sehari, yang gak jauh-jauh amat dari Jakarta, yaitu Tangerang. Hwaat? Tangerang? Ada apose di Tangerang yang panasnya itu menggarang? Weits.. Jangan estimasi bawah sama kota yang dianggep Jakarta coret ini, kawan.

Di Tangerang, banyak objek wisata yang mungkin tidak disangka-sangka karena kurang “terdengar”. Kebetulan di bulan Maret lalu saya lagi dipinjemin si ganteng muter-muter sekitar Tangerang, sehingga saya pake deh doi bersama 3 karib saya Abim, Seno, dan Andin. Perjalanan Tangerang Undercover slash #tangerangtrip di hari Sabtu 17 Maret 2012 pun dimulai.

Pagi-pagi kami langsung beranjangsana di tol Jakarta untuk menuju Tangerang. Jarak yang ditempuh sebenarnya cukup jauh, namun karena hari masih pagi, maka tidak ada kendala apapun yang cukup berarti. Tujuan pertama: Sarapan! Di manakah gerangan? Nasi Uduk Encim Sukaria dong! Gak cuma nasi uduk, di sini juga dijual Ketupat Sayur yang udah sohor ke mana-mana. Kenyang dengan sepiring nasi uduk dengan segambreng lauk, kamipun beranjak menuju Bendungan Sangego.

Selamat makan, Andin!

Di perjalanan, sepertinya view Sungai Cisadane manggil-manggil kita. Berposelah kita di sana dengan latar belakang perahu-perahu mungil yang membuat lansekap sungai makin ciamik. Menurut seorang teman di twitter, sepedahan di sini sangatlah asoy. Ah, semoga kapan-kapan bisa kembali ke sini untuk gowas gowes. Sesampainya di Bendungan Sangego, langsung deh kita berempat foto-foto demi kemaslahatan bersama.

Bendungan yang memiliki 10 pintu ini dibangun tahun 1927 oleh Belanda, yang fungsinya menngatur debit air & irigasi. Sayangnya, seperti biasa, sekujur tubuh bendungan dihiasi oleh hasil karya tangan-tangan vandal. Di sekitar bendungan juga banyak terlihat akamsi (anak kampung sini) kongkow-kongkow. Chill aja sambil misi-misi.

Bendungan Sangego

Capek pose sana sini sambil senyum 3 jari, kami bergerak menuju kawasan Pasar Lama untuk mengunjungi Museum Benteng Heritage. Di sinilah perjalanan #tangerangtrip kami yang sesungguhnya. Mengenal sejarah Tangerang, jadi tahu cerita-cerita di dalamnya, hingga lebih kenal dengan sebutan Cibeng atau Cina Benteng. Selengkapnya mengenai apa dan bagaimana Museum ini akan saya bahas di postingan tersendiri. Soalnya sangat banyak trivia dan informasi yang harus disebarkan! Eh, jadi excited sendiri gini eike.

Museum Benteng Heritage

Keluar dari museum, jalanlah sedikit, maka kalian akan menemukan Klenteng Boen Tek Bio. Yang jaga klenteng baik-baik sangat & kami diperbolehkan foto hanya dengan bermodal senyum dan sapa, serta muka yang kece. Muka kamu kurang kece, maaf, hanya boleh nunggu di depan. Di antara klenteng dan museum, ada depot es campur bernama Bun Tin. Nama menunya lucu-lucu, dan rasanya pun sueger. Namun jika kalian punya isu dengan sanitasi, maka tidak disarankan untuk ke sini.

Klenteng Boen Tek Bio

Lepas dari Pasar Lama & sekitarnya, kita ciao kira-kira 10km ke arah Kedaung Baru untuk menyambangi Masjid Nurul Yakin, yang lebih dikenal orang dengan Masjid Pintu 1.000. Daaaan.. Cerita kami di sini betul-betul gokil! Mengapa pintunya ada 1.000? Apa yang kami perbuat di dalamnya?

Semuanya akan saya tulis di postingan yang berbeda pula. Dan karena makan siang terlewatkan, kamipun makan malam di Pondok Lauk dengan kecepatan makan yang menggila. Sekian cerita singkat mengenai #tangerangtrip saya dari pukul 8:00 – 19:00, tunggu satu demi satu postingan yang sudah saya janjikan. Have a nice weekend, and happy traveling! :)

11 thoughts on “Tangerang Trip: Pilihan Berlibur Dalam Sehari

  1. gerandis says:

    eh, lucu deh lala-lilinya…ehm, tangerang ya

    1. titiw says:

      Hooh saaay.. ayo lalalili di tangeraaang! :D

  2. seno says:

    aaak.. kok ga dipost di twitter? iya seru sekali ini jalan2nya.. pun kendaraannya oke punya. x))

    1. titiw says:

      Dipost kok dipost.. Kamu aja yang gak engeh..

  3. tya says:

    yahhhh bersambuuunggg…
    eh klo ke tangerang lagi mampir ke serpong dong, maen kerumah, nanti pulangnya lgs lewat tol BSD kluar di cawang, deket cyiin lgs cuss pdk bambu *rute mertuwa*

    1. titiw says:

      Bukan bersambung, tapi akan ada postingan2 yang menyangga postingan ini. *apa siih* Hahahaha.. Okeh, siaap! :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now