Titiw Inside

Tips Tulang Sehat dan Kuat ala Titiw

Friday, 29 June 2012

StrongBones

Begini ceritanya, mungkin kamyu kamyu belum tahu kalau saya ada masalah dengan tulang di sekitar ekor. Bukan, bukan ekornya putus, tapi ada semacam rasa cenut-cenut yang mendera di waktu-waktu yang tak terduga. Seperti main kuis Tak Tik Boom. *kalimat penyingkap usia*. Disinyalir sih, sakit di ekor ini dimulai saat saya kelas 3 SMA, dimana pernah pas lagi basket tiba-tiba pinggang ke bawah saya diserang rasa sakit yang cukup hebat. Pertamanya sih selow, tapi pas lagi jongkok di WC sekolah kok makin sinting rasa sakitnya? Dan besoknya, saya gak bisa bangun dari tempat tidur, sodara!

Namun entah kenapa, saya gak kepikiran untuk memeriksakannya ke dokter, seiring dengan berkurangnya rasa sakit tersebut. Beberapa tahun kemudian saat di bangku kuliah, saya sikat gigi di pagi hari dan batuk kenceng. Tetiba, ada rasa “nyuuut” di tulang ekor. Jadi batuk kenceng tadi bikin otot (atau tulang?) di ekor itu jadi agak “trauma”. Namun dasarnya saya emang bandel, karena di hari itu ada tanding basket antar jurusan, masih maksain basketlah badan renta itu.

Rasa sakit perlahan menghilang lagi, namun muncul tiba-tiba ketika saya mau angkat kursi di rumah waktu mau ada arisan sekitar tahun 2009. JREENG! Keringet dingin tiba-tiba keluar, dan saya cuma bisa lemes. Namun sekali lagi, saya masih gak kepikiran untuk ke dokter. Sejak tahun 2009, sakit itu makin sering terjadi dan puncaknya adalah tahun 2011 akhir ketika keluar kamar mandi pun saya gak kuat saking sakitnya ini tulang ekor.

Setelah diperiksa dan dironsen ke dokter Ortopedi, hasinya adalah: Tulang punggung bagian paling bawah saya ada yang geser dikiiit banget. Geser yang sedikit itulah yang membuat saraf di bawahnya sedikit kejepit! Gila ya, baru geser dikit aja sakitnya setengah mati, apalagi orang yang tulangnya geser banyak! *amit2 jabang beibi*. Saya panik, tapi si dokter yang masih tampan di usia lanjutnya itu malah santai kayak lagi mantai. Dia bilang “Ini mah bakal balik sendiri kalo kamu rajin-rajin renang. Hindari dulu olahraga berat kayak basket“. Nahlo. Divonis gak boleh basket nih. Huks. Sejak itu, saya mulai rajin browsing-browsing dan tanya ini itu ke orang tentang kesehatan tulang. Karena ilmu itu gak guna kalo gak dibagi-bagi, jadi saya mau bagi-bagi nih tipsnya supaya tulang tetep oyeh:

 

  1. Banyak-banyaklah jalan kaki
    Sejak saya sering dianter jemput pacar, aktivitas jalan kaki dan ngejar-ngejar angkot sambil berpeluh jadi sangat-sangat berkurang. Padahal jalan kaki itu dibutuhin banget untuk memadatkan masssa tulang di badan kamu. Katanya sih yang ideal 10.000 langkah/hari (sekitar 8 km), namun untuk awal-awal coba berjalan ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh, seperti ke swalayan terdekat. Jalan kaki bisa di mana aja kok. Kalo saya lagi gak sempet, saya jalan kaki bolak balik aja di dalem rumah. Biar lebih semangat, pake apps pedometer (penghitung langkah) yang bisa diunduh ke HP supaya langkah kamu terukur.
  2. Berenang
    Seperti kata kak dokter, berenang itu bagus banget untuk yang sakit-sakit tulang. Kenapa? Karena olahraga ini bukan olahraga beban berat. Gak kayak hidup. Inget untuk tidak terlalu ambisius ya, cukup sekitar 1/2 atau 1 jam saja tapi rutin. Pengalaman pribadi saya, tiap selese renang badan malah makin sakit, namun kayaknya itu usahanya si tulang yang mulai gerak ke tempat yang bener. Amin.
  3. Biasakan bangun pagi
    Apa hubungannya? Ada banget. Kalo kita kesiangan, seringkali jadi loncat dari tempat tidur dan melakukan gerakan-gerakan absurd yang bikin badan jadi gak santai. Tulang jadi kaget dan bisa berakibat keseleo, kecetit, dan lain-lain.
  4. Jangan terlalu banyak duduk di depan komputer
    Nah, yang ini bener banget deh. Secara kerjaan saya udah pasti di depan komputer lama-lama. Pernah saya gak kerja 18 hari karena acara ACI, dan tulang2 ekor saya jinak dan tidak berulah. Tapi karena situasi ini tidak terhindarkan, kamu bisa streching sering-sering dan pake bantal di kursi. Gunakan gelas yang kecil biar kamu bolak balik ambil minum dan gak males berdiri. Karena kantor saya asoy, biasanya sekitar jam 4 sore saya usahakan jalan/sepedaan di sekitar kantor supaya badan gak stuck dalam keadaan duduk terus.
  5. Ganti kasur dengan kasur lateks
    Demi dewa tulang! Ini manjur jur jur bener buat saya. Sejak kasur busa tipis di kamar diganti dengan kasur baru nan empuk sekitar tahun 2008, tulang ekor saya tambah nggak enak dan sering merajuk. Ternyata, dari hasil saya browsing2, kasur yang terlalu empuk itu tidak bagus untuk tulang. Akhirnya bulan lalu saya pake kasur berbahan lateks (karet hutan) yang kata encih2 penjualnya emang biasanya dipake untuk orang yang punya masalah dengan pertulangan. And it’s true. Tapi ada harga ada rupa ya, harga kasur itu mahal buanget. Untuk ranjang saya yang cuma muat untuk 1 orang, harga kasur lateks sekitar 4-5 juta. *tiup2 dompet*
  6. Minum susu untuk tulang
    Saya gak tau apakah minum susu beneran ngefek sama kesehatan tulang, tapi karena orang-orang bilang begitu, ya saya ganti deh susu saya jadi susu yang hi calcium.
  7. Yoga/stretching
    Dokter bilang, saya disuruh nerusin yoga karena yoga itu stretching-streching biar badannya itu gak kaku. Kalo gak sempet yoga di kantor, strecthing2 ringan aja, yang penting rutin.

Sekian kisah perjalanan ekor saya dan beberapa tips untuk pertulangan. Semoga kita semua diberi sehat agar bisa beraktivitas dengan asoy. Have a great weekend, y’all! :)

(c) Image

15 thoughts on “Tips Tulang Sehat dan Kuat ala Titiw

  1. seno says:

    Ahai. Ayo bangun pagi! Semoga cepet sembuh ya tulangnya… :)

  2. gerandis says:

    wooo gitu ya….aku jg ada masalah ni sama punggungku bagian bawah (bangke’an kalo bahasa jawanya) pegel2 mulu, kecapekan duduk seharian di kantor kali yak. ehm thanx ya udah care dan share :P

    1. titiw says:

      Itu dia kak.. kamu harus sering2 bangun dan minum, serta stretching2 dari bangku kerja. Semoga sakses! :D

  3. dionella says:

    wah tipsnya sangat menarik mbak. jaman sekarang ini lingkungan semakin memburuk, jadi kita harus punya daya tahan yang bagus untuk mengimbanginya supaya tetap eksis :d

  4. titiw says:

    Thank you! Kalo bu dokter ada tips2 lain boleh dong dishare di sini.. Kita kan care.. ;)

  5. didut says:

    mari kita bangun pagi kakak titiwww ^_^

    1. titiw says:

      Mareeeh! :D

  6. tya says:

    aku baru baca postingan inih, duh telat bgt deh, sudah sejauh mana kamu mengaplikasikannya beb? smoga ga tambah neko2 ya ekor kamu *cups*

    1. titiw says:

      YAng paling ngefek ya yang ganti kasur lateks beeb.. Ngepeek seada adanyaa..

  7. honeylizious says:

    mau nyoba yoga, bahu sering pegel nih :(

    1. titiw says:

      iya.. yoga tuh enak dan menyegarkan deh. Tapi untuk pertama kali jangan langsung ambisius. Pelan2 aja dulu.

  8. mala says:

    Mbaaa klo misalnya yg sakit itu tangan gmn ya soalnya dlu prnh kecelakaan dan skrng lg kambuh nyeriii bgt bysny bsa bw berat skrng ga berani krn ngilu..

    1. titiw says:

      Wah. Takutnya luka dalem tuh.. atau ototnya lemah.. Mending dicek ke dokter deh. Aku aja sekarang juga lagi rehab karena dengkul yang bermasalah..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now