HomeEntertainmentEventsGreen ActReviewTechnoTitiw InsideTravelingWedding

Selamat Ulang Tahun Ke-40 Indomie!

11 September 2012

Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata mie instan? Pasti jawabnya Indomie. Siapa sih yang nggak tahu Indomie? Jangankan tanya orang Indonesia, orang Nigeria juga mungkin lebih akrab sama Indomie. Di Afrika, tepatnya Nigeria, Indomie punya pabrik mie instan disitu. Nggak cuma sekedar pabrik, Indomie adalah pabrik mie instan terbesar di Afrika Barat. Bisa ngebayangin gak, orang Afrika yang gedenya sealaihim makan Indomie berapa bungkus ya sekali makan, temen saya aja yang kurus-kurus nanggung bisa makan Indomie goreng 4 bungkus sekaligus plus telornya 2 butir.

Sementara itu di negeri lain, Indomie dijadikan saran untuk hadiah Natal. Dan uniknya, yang ngasih saran adalah Roger Ebert, kritikus film yang pedes banget kalau komentarin film, apalagi film jelek. Kalau misalnya Indofood bikin film dokumenter tentang Indomie, mungkin Roger Ebert seneng banget kalo diundang screeningnya sambil disuguhin Indomie Goreng plus ekstra bawang gorengnya dan dilumurin saos sambel yang banyak biar mulutnya kalah pedes.

Jadi kira-kira apa yang membuat Indomie enak? Sulit diungkapkan. Jadi, duluuuu banget pada suatu hari yang mendung, mama saya dari pasar membawa 2 bungkus kemasan makanan warna kuning bergambar mie dan ayam. Waktu itu saya sama sekali belum pernah makan mie instan. Tidak lama kemudian, mendung berubah jadi hujan. Kresek kresek, dengan cekatan mama membuka mie instan dan mulai merebusnya. Tidak sampai 3 menit, bau harum mulai menguar. Mie yang sudah matang dituang ke dalam mangkuk. Dengan telaten beliau menyuapi sambil sesekali meniup mie yang masih panas itu. Saya sih nggak suka mendramatisir kayak sinetron kejar tayang, tapi kesan pertama waktu saya kecil makan Indomie kari ayam ini masih berbekas sampai sekarang. Gurih tapi ringan, kuahnya menyenangkan. Kayaknya udah kenyang, tapi masih kangen sama kuahnya sampai-sampai saya menyeruputnya hingga habis.

Beberapa tahun kemudian, Indomie membuat penemuan yang menurut saya super brilian.. Indomie goreng. Mie instan yang satu ini adiktif banget. Tapi saya agak bingung pertama kali dengan konsepnya, bagaimana caranya makan mie goreng tapi nggak digoreng? Waktu itu saya kelas masih SD, yaa.. Umur-umur susah makan, lah. Cacingan engga, stress engga, galau juga belon musimnya waktu itu. Yah jadi kadang-kadang saya suka disuruh minum pil minyak ikan yang baunya kayak tempat pelelangan ikan di sore hari. Katanya sih biar nafsu makan. Tapi tetep aja ceking. Nah, tiba-tiba waktu itu ada tetangga dateng sambil bawain kemasan mie instan ke mama saya yang ada telor sama bawang gorengnya di covernya. Biasalah namanya juga ibu-ibu ya, jadi suka cerita-cerita dan gossip-gosip tentang apa yang dimakan sehari-hari. Pendek kata, akhirnya mama saya memasak mie itu, tapi caranya aneh, mienya setelah mateng, disaring baru dicampur sama bumbunya. Waduh apa ini, pikir saya. Sebagai fans berat Indomie kari ayam, saya sedikit ragu-ragu memakannya. Tapi akhirnya garpu berlilitkan Indomie goreng itu menyentuh juga di bibir saya. Anget, kemudian saya melahapnya. Waktu kecil saya nggak banyak kosakata kayak sekarang, saya cuma bisa nyengir sok imut ke mama saya. Doski pun membalasnya dengan senyum seakan mau bilang.. “Enak kaaan?”

Semua rasa Indomie dari th 2008

Sampai sekarang saya juga masih makan Indomie. Siapa sih yang nggak makan Indomie? Hayo ngaku, mau ada lauk atau nggak ada lauk masih aja nyetekin kompor, kresek-kresek, plek-plek-plek (suara bumbu di tepak-tepak biar turun terus ga tumpah), panik nyari gunting, keburu mienya mateng terus bumbunya belum siap di piring. Di Indonesia, penyajian Indomie selain dimasak sesuai petunjuk, paling populer adalah menambahkan telur, bisa telur mata sapi, telur yang langsung di masak di mie langsung atau telur yang sudah direbus terlebih dahulu. Penggunaan kornet dan keju yang super ekstensif juga sudah biasa dijual di warung-warung yang menyajikan Indomie. Sementara itu saya memasaknya dengan cara saya sendiri yang menurut saya lebih enak. Coba deh intip di SINI & SINI.

Setelah nostalgia yang indah dan mengharu biru tentang Indomie, kamu tahu nggak kalo sekarang Indomie ulang tahun ke-40? Yang sebelah sana tahu? Bagooos.. *lempar mie goreng rasa cakalang* Yang sebelah sini gak tahu? Hwaaat? Indomie itu ultah tanggal 9 September! Cuma beda 4 hari dari ulangtaun saya, dan kita sesama Virgo lho. Makanya jangan cuma kresek-kresek plek-plek-plek malem-malem kayak kucing dapur gak dapet jatah. Kalau kamu emang sayang sama Indomie karena udah nemenin kamu waktu sakit, nemenin kamu waktu sahur, nemenin nonton bola, nemenin pas di kosan gak ada makanan, nemenin pas lagi nangis karena gak punya uang buat jajan di luar, kirim-kirimlah ucapan selamat ke fan pagenya di SINI. Ucapinnya pake lagu atau foto aja, siapa tahu kamu bisa menangin gadget-gadget kayak 10 Samsung S3 dan 200 bingkisan indomie untuk foto & cover jingle paling kreatif.

Dijamin Indomie juga pasti seneng deh kalo kamu mau nemenin dia pas dia udah mulai berumur gini. Selamat ulang tahun ke-40 Indomie, saya dan segenap masyarakat Indonesia yang gunting di dapurnya bau minyak Indomie mengucapkan selamat. Sehat selalu di ulang tahun ke-40 supaya selalu bisa nemenin kita-kita terus ya! :)

PS: Kalo kamu bisa kasih selamat ulang tahun ke Indomie, apa sih yang bakal kamu omongin? Share di comment dong! ;)

(c) Image

Komentar

14 Responses to Selamat Ulang Tahun Ke-40 Indomie!

  1. Bieb says:

    Untuk Indomie…
    Met Ultah ya!!
    Salut sama Indomie. Salut karena selalu meluluh lantakkan hati dan perut saya tiap kali ada yg masak indomie di dapur kantor *melapar*
    Karena sudah tidak diragukannya lagi kelezatan indomie, kantor selalu menyediakanIndomie Soto mie dan Indomie Goreng untuk dimakan karyawannya secara gratis :D
    Salut juga sama Indomie, karena seringkali Indomie ga perlu artis ternama untuk mempromosikan iklannya. Pakai orang biasa terlihat lebih jujur tanpa ekspresi berlebihan tentunya. And It’s nice!! :)

  2. Rahmi Aziza says:

    indomie temen setia jaman ngekos dulu :p

  3. apy says:

    kata orang kebanyakan makan indomie bisa bego, ah kita mah engga, seminggu ada kali 5 kali makan mie… sambil tangan kiri maen sudoku, tangan kanan ngoding website titiw.com

  4. suka ada stok indomie di rumah, tiw. ga banyak sih.. jd kalo laper pas begadang ngerjain kerjaan pasti bikinnya indomie :D

  5. seno says:

    Selamat ulang tahun indomie. Semoga bisa buat kuis berhadiah rumah+mobil