Titiw Inside

Pengalaman Menegangkan Tes MRI

Monday, 26 November 2012

MRI tes

Ada yang pernah tes Magnetic Resonance Imaging alias MRI di sini..? Apa sih tes MRI itu sendiri? Kalo menurut Wikipedia sih, MRI adalah:

“Medical imaging technique used in radiology to visualize internal structures of the body in detail. MRI makes use of the property of nuclear magnetic resonance (NMR) to image nuclei of atoms inside the body.”

Intinya, semacam scanning ala ronsen yang lebih mendetail untuk mengetahui apa yang terjadi dengan bagian-bagian tubuh kamu. Cek hati? Sayangnya belum bisa tuh.. Tapi gak usah dicek juga keliatan kok kalo kamu lagi patah hati. Keliatan dari mata kamu yang sembap. *eh*

Mungkin dari beberapa pembaca di sini *tserrr pembacaaa* udah tahu kalo saya yang sering meroda dan koprol-koprol di pantai, serta kebanyakan gerak ini memiliki permasalahan sama pertulangan. Sampe-sampe saya bikin tips supaya tulang tetep sehat di SINI. Dua bulan terakhir, lutut kanan saya sakit dan bunyi kletek-kletek tiap jalan. Eits, ada apakah ini..?! Apakah saya mulai menua sehingga dengkul ini tidak bisa diajak kompromi lagi..?

Selayaknya gaya anak 90an dimana cuex is the best, saya cuekin deh keluhan lutut itu tanpa berobat ke mana-mana. Sampe saya ada di titik “Men, kalo gak dibenerin ini lutut, lo makin susah ngapa-ngapain. Gak bisa jalan dengan enak, gak bisa meroda lagi di pantai, gak bisa jogging asoy lagi”. Sehingga, dengan agak “terpaksa” lah saya melenggang ke RS Siaga Raya dengan ditangani oleh Dr. Joserizal Jurnalis. Iya kak, namanya Jurnalis. Mungkin orangtuanya pengin banget anaknya jadi wartawan, tapi maafkan anakmu mamah, beliau lebih terpanggil untuk mengobati orang-orang penyakitan macem saya.

Setelah diperiksa di sore hari yang gerimis, Dr. Jose bilang kalo ligamen dan sendi saya masih bagus. Tapi.. Ternyata.. Saya KEBANYAKAN EXERCISE! Yak betul, terlalu banyak olahraga dan latihan itu juga tidak bagus, saudara. Sampe2 dokternya bilang “Masa sih kamu konsultan? Dari cerita kamu yang suka jogging, yoga, basket, jalan kaki, dan traveling, kamu lebih cocok disebut petualang.” Eish, jangan sedih dok. Saya emang sempet kok jadi petualang ACI tahun lalu. Hehe..

 

Tips ketika berobat tulang:

  1. Jangan pake dress/terusan buat yang cewek. Karena dokternya akan meriksa banyak bagian, jadi nantinya bisa ribet. Tapi kalo kamu cowok, gak papa juga sih pake dress. Pake jilbab sekalian biar lebih syariah.
  2. Siapkan pertanyaan-pertanyaan sebelum masuk ruangan dokter. Karena sayang waktu tatap muka dengan si dokter kalo kamu speechless mau nanya apa dan gemana penyakit kamu.
  3. Yang wajib kamu kasih tau dokter: Apa yang kamu rasakan (tapi jangan curhat masalah putus kamu sama si anak pak Lurah itu), Udah berapa lama penyakitnya, apa gejalanya, dan bagaimana pola hidup kamu. Dari situ, kamu bisa nanya: Apa kira-kira penyebab penyakit kamu, bagaimana cara mengobatinya, dan minta alternatif apa yang mudah dan tidak terlalu mahal untuk dijalani.

Dari situ, dr. Jose menyarankan saya untuk tes MRI. FYI, tes MRI ini biasanya dilakukan oleh para atlet yang cedera. Karena saya pernah jatuh dan bisa dibilang atlet jaman sekolah dulu, ya wajarlah disuruh tes MRI. *disiram aer keras* Dan datanglah saya ke RS PGI Cikini untuk tes MRI. Inget untuk daftar dulu via telpon supaya disiapin peralatannya ya. Pertama-tama dateng sih saya cool, santai, gak gemana-gemana. Tapi badan mulai kaku kayak kursi bus malem pas denger harga MRI saya. “Dua juta rupiah aja mbak”. Ah, kesehatan memang mahal ya, jadi carilah pekerjaan yang bisa reimburse ataupun punya asuransi yang mumpuni.

Sebelum masuk ke ruangan tes MRI, saya disuruh pipis dulu dan melepaskan seluruh baju kecuali celana dalem. Ditanyain dulu apa ada logam di tubuh misalnya pen (kalo pernah patah tulang), gigi palsu, sampe.. SUSUK. Akika deg2an dong nek! Secara susuk berlian yang dikasih om Benny dulu belom sempet dilepas! Singkat kata singkat cerita, saya hanya diberi jubah dan pake CD aja. Sejurus kemudian saya dituntun mbak suster untuk masuk ruang MRI yang dinggiiiiiiin banget. Hati saya yang udah lama gak tersentuh laki-laki ini aja kalah dingin! Di situ, si suster menyuruh saya untuk tiduran dan santai aja. TAPI SAYA GAK BISA SANTAI SUS! DINGIN BANGET WOOOY! Tapi akhirnya saya kalem karena susternya ngejanjiin untuk menyelimuti tubuh ringkih ini.

Setelah berbaring, dikasih bantal empuk, dan diselimutin, susternya bilang “Mbaknya jangan bergerak sama sekali ya. Nanti pemeriksaannya sekitar setengah jam”. JREEENG. Untunglah sebelum masuk ke kapsul itu, saya dikasih headphone untuk mengurangi suara kencang si mesin MRI. Untung lagi karena lagu-lagu yang disetel adalah lagu2 favorit saya. Lionel Richie, Boyz II Men, dll, Adult Contemporary rocks! *kalimat pennyingkap usia* Setelah semua fixed, tempat tidur itu masuk ke dalam kapsul.

Untuk pengidap claustrophobia (takut ruangan sempit), kayaknya mereka bakal panik deh. Secara mata kamu cuma ngeliat atep si tabung, agak gelap, sempit, dan gak boleh gerak. Tiba-tiba di dalem tabung saya langsung inget Allah. Inget dosa-dosa. Oke kamu bisa bilang saya lebay. Tapi semuanya bisa terjadi. Gemana kalo mati lampu? Gemana kalo ternyata di dalam badan saya bener-bener ada susuk? sehingga tes MRI itu tidak berjalan lancar dan saya stuck di dalamnya..?!

Hamdalah setelah sekitar 5 lagu diputer, tes MRI itu selesai. Dua juta rupiah untuk kedinginan dan dikasih 5 lagu dan gak boleh bergerak? Terima kasih banyak, dunia kesehatan. Eh I’m not being cynical lho, saya emang berterima kasih sama teknologi jaman sekarang. Bikin lebih mudah dan cepat mendeteksi sebuah penyakit. Hasil tes saya belum ketahuan karena baru dikirimkan ke RS Siaga Raya untuk dibaca oleh Dr. Jose yang mana akan saya datangi sore ini. Doakan lutut saya tidak ada masalah dan saya bisa kembali memakainya dengan bijak ya teman-teman. Update you later! :D

PS: Kalau ada masalah dengan perdengkulan, coba cek link INI dulu deh sebelum ke dokter. Have a healthy lifestyle, guys!

(c) Image & Image 

UPDATE:

Setelah saya mengunjungi dokter lagi untuk membaca hasil MRI, pernyataan dokter cukup mengejutkan. Ternyata saya terkena cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) yang mana ada jaringan yang sobek di dalam lutut sehingga harus melakukan Arthroscopy. Semacam operasi di bagian lutut yang cidera. Yang bikin kaget (selain harganya yang hampir 40 juta rupiah), saya merasa lutut saya masih bisa ngapa-ngapain. Badan saya ngomong kalo saya masih bisa beraktivitas dengan baik. Saya masih bisa. Sehingga sepertinya saya akan mencari 2nd opinion di dokter lain ataupun mengunjungi ISMC klinik khusus cidera olahraga yang terletak di Kelapa Gading (dan sekarang pindah ke Senayan).  Intinya, apapun nanti hasilnya, semoga yang terbaik ya. Mohon doanya untuk kesembuhan saya, teman-teman. Semangkaaa! :D

76 thoughts on “Pengalaman Menegangkan Tes MRI

  1. -hni- says:

    get well soon tante…
    jadi pengen cek sendi dan tulang juga di Siaga :)

    1. titiw says:

      Thankies.. Iya cuma emang agak pricey kak. Yg tadi kamu tanya itu, dia terima askes vvip which is.. Anggota DPR dll.. Haha..

    2. dian says:

      Keluhan lututnya skrg gmn apa dah sembuh dgn antroscopy? Sy jg ngalamin hal yg sama dan setelah MRI harus di antroscopy jg..

      1. titiw says:

        Halo dian.. aku gak jalanin operasi lutut itu karena setelah second opinion di dokter di ISMC jakarta ternyata saya ga harus operasi. Tapi fisioterapi dan rehap sekitar 3 bulan. Bisa dibaca detailnya di http://titiw.com/2012/12/19/rehab-di-indonesia-sports-medicine/ yaa :)

  2. andinaa says:

    Biaya tes MRInya itu looohhhh *bikin ngenes*

    1. titiw says:

      Baru MRInya kak.. Belum biaya dokter.. Obat.. Operasi.. Huft..

  3. gerandis says:

    aaaak aku baru bacaaaaaaaa, yaampun ceu’ saking aktifnya ya kamu, huk…istirahat dulu yaaaa, dipulihin dulu kakinya, biar segera bisa lala lili kembali

    bdw aku kayaknya jg bakalan sesek nafas deh masuk alat begituan, serem

    1. titiw says:

      Makasih kaaak.. Iya nih kudu gak boleh lala lili dulu untuk sementara waktu.. :D

  4. nengbiker says:

    better find second opinion, and third opinion. eh itu dokter ahli tulang?
    komentar papanya mba tiw yg dipost di twitter kemaren, banyak benernya

    1. titiw says:

      Yep, kayaknya aku mau ke RSCM dan ke ISMC kak. Haha.. Quote papaku itu ya yang gmn kalo orang susah yg sakit..? Aku taro di sini deh quotenya. Thanks kak.. :)

  5. ferico says:

    woogh! ngeri juga ya? saya suka gowes jauh, malah kejauhan kayaknya. kadang kalo pas gremet-gremet dengkulnya tetep dipaksain terus. :s

    eh, semoga cepet sembuh kakak titiw! :D

    1. titiw says:

      Yang paling penting kak.. Kamu harus selaluu dan selalu pemanasaaan.. Kalo dengkul udah berasa gak enak banget, jangan dipaksain. Seriyes deh. daripada nanti kayak aku.. Huks.. Thankies kak Icoh.. :’)

  6. emge says:

    Wow.. Biar saya semburkan air putih dulu sini kak.. *komat-kamit #Ehh =p
    Mmm.. Mungkin memang inilah waktu yang diberikan oleh-Nya untuk kamu sejenak beristirahat.. mengatur nafas dan minum beberapa teguk air dulu sebelum melompat yang lebih jauh dan lebih tinggi lagi.. melanjutkan perjalanan yang pasti akan lbh seruu..
    Semoga gak perlu sampe dioprasi ya.. Justru mudah2an malah jadi semakin kuat setelah sembuh nanti.. jogging, ‘goes dan koproll lagihh.. hehe
    Get well soon kak ‘Ti…!!
    *sembur titiw pake kopi pait *kaburrrr!!

    1. titiw says:

      Gwahaha.. Ada dukun MG di sini! :))
      Betul kak. Betul sekali. Harus berhenti dulu untuk melihat sekitar, dan nantinya akan lompat lagi. Anyway.. Kamu ke mana ajaaa..? Lama gak sua.. Ketemuan yuuk! :D

      1. emge says:

        Ahahaahayy… Saya ada kok.. gak kemana2.. tuhh masih nangkring di salah satu sudut gelap hati kamuhh kan.. jiahahaahahhh… =D
        Boleh.. nanti dijadwalkan setelah kamuhh getting better tentunya.. kembali melangkah dengan gagah seperti sediakala.. menjelajahi ngarai-ngarai yang kita sendiri tak tau entah di mana.. hehehehe

        1. titiw says:

          Bener2 deh mas MG.. kata2 pilihannya selalu jleb di hati dan jiwa. Eh Caca abis ultah ya..? Oh ternyata ultah dia gak jauh2 dari ayahnya.. :D

  7. Bieb says:

    soal cek mengecek..aku jadi inget pas saya konsultasi soal intesnsitas pup saya yg kurang, tuz dokter yg cuma pegang-pegang perut bilang saya harus di endoscopy. Dan ternyata mahal bo’. 3 juta an. Karena dicover sama kantor ga nyampe setengahnya akhirnya ga saya lakuin :D
    Get well soon ya mba’ Tiw!!

    1. titiw says:

      Gak kamu lakuin bieb..? Terus tapi perut kamu gpp kan sekarang? Katanya juga kalo mau lancar pup harus sering2 jalan kaki.. :D

  8. kak titiiiiw, lekas sembuh yaaa, semoga hasilnya yg terbaik buat kamu. duh, miris deh bacanya.. :'(

    1. titiw says:

      Maacih kakak Diaaan.. Jangan miris, mendingan kita meringis karena seneng.. :D

      1. aaah, kak titiw.. *peluk2* :’)

        1. titiw says:

          Peluk baliiikk.. :’)

  9. tya says:

    Bebebbbb, sayang, duuhh somehow aku sedih bacanya, hiks! cepet sembuh ya, bener tuh cari second opinion dlu, ini masalah operasi soalnya, semoga sih gak perlu (AMIINN!!) akuh percaya kamu bisa aktif lagi ko, tapi skrg istirahat aja dulu yahh :***

    1. titiw says:

      Iyaa.. udah cari 2nd opinion dan sekarang lagi terapi di kelapa gading kaak! Tararengkyuu! :*

    1. titiw says:

      Thanks, hani. :)

  10. pepeng says:

    Kata orang2…obat yg paling mujarab adalah optimis….
    cepet sembuh yo….

    1. titiw says:

      OPTIMIS! Terima kasih kak Peng.. :)

      1. rizal says:

        Ngeri dengerny. Dek dek ser mb, kbetulan saya abiz mri jga, ktanya ligamen saya ptuz, n hruz operasi biayany sma yg dsebutin diataz,hufhh. Eh malah curhat..

        1. titiw says:

          Halo kak Rizal, terus gemana setelah MRI? Harus operasi atau bisa fisioterapi? Kalo masih bisa rehab saya saranin ke ISMC aja, bisa dibaca di http://titiw.com/2012/12/19/rehab-di-indonesia-sports-medicine/ ya. Semoga cepat sembuh. :)

          1. rizal says:

            Belum sempat kRS mb, jadi belum tau hasilnya, sekarang lutut mb gmana kondisinya setelah fisioterapi di ISMC ?

            1. titiw says:

              Waktu itu rehab 25 hari. Baru hari ke-2, bunyi2 di lutut saya udah ilang. Selesai rehab, kira2 80% udah enakan banget. Sekarang kadang masih ada ngilu2 dikit, tapi kata dokter akan lebih kuat kalo aku latihan sendiri sering-sering. Cuma kadang suka males. Hehe..

  11. wawan says:

    ternyata mbak-nya bule…

  12. indriseska says:

    hi tiw….
    kasusnya percis sama misua…beruntung baru bayar yang 2 juta dan belum yang 40 jt karena nanya 2nd opinion n disaranin therapi aja pake semacam senam gitu kan…..di rumkit pejaten situ sih, baru sebulan therapi (di rumah karena misua males seminggu 2x ke pejaten) mudah2an ga perlu ngeluarin duit sebanyak itu yah karena askes ga akan mau mbayarin:(
    yang rajin ya terapinya n good luck!

    1. titiw says:

      Cepat sembuh juga untuk suamimu mbak! :)

  13. Zizy Damanik says:

    Wah harus operasi sampai semahal itu biayanya? Gile.
    Semoga dapat second opinion yang lebih memuaskan ya Tiw…. cepat sembuh tentu saja.

    1. titiw says:

      Yes, udah rehab di ISMC mbak, dapet second opinion di situ. JAdi gak perlu operasi. Thank you banget.. :)

  14. bima says:

    Klo bleh tw ap second opinionnya? Saya dplosok dinasnya masalahnya dngn kndisi yang sama
    Trima kasih

    1. titiw says:

      Halo mas Bima, second opinionnya yang saya dapet dari dokter Andi di ISMC, saya gak harus operasi. Bisa dilihat di tulisan saya di http://titiw.com/2012/12/19/rehab-di-indonesia-sports-medicine/ ya. :)

  15. dien says:

    wkwkwkwk…. asli lucu banget info penjelasannya ( I Like it ) tp lumayan jelas, makasih ya sdh berbagi info & ketawa2 kecil saat membacanya

    1. titiw says:

      Sama2 kak.. senang bisa berbagi.. :)

  16. dhina says:

    Hi mba titiw, makasih sharingnya yaa karena aku senaasiib mbaaa .. hiks.. jmt bsk aku mau mri di rs yg sama dgn mba.. ya ya mba mahal hiks tp bt kesehatan hrs laa .. doakan saya yaa mba .. n kudoakan mba cpt pulih :))

    1. titiw says:

      Kalo misalnya butuh second opinion hubungi klinik ISMC tempat aku rehab ya dhin. Coba search aja ISMC di blog aku. Aku gak pake operasi tap fisio dan workout di sana. Good luck!

  17. Lidya says:

    Baca ini malah ngakak banget hahahaha. saya jg harus MRI mba. tp bingung apa perlu MRA juga. MRI ada yg bisa pake askes atau bpjs ga yah

    1. titiw says:

      Nah, aku malah gak tau MRA itu apa kak. Coba deh ditilik, kalo emang beneran bisa pake BPJS coba saya dikabarih lagi yaaa.. :D

      1. Dhiya says:

        Jadi jawabannya bisa nggak MRI ditanggung BPJS? *barangkali sudah ketemu jawabannya*

        1. titiw says:

          Belum tau kak sayangnyaaa.. Maap yaak.. -___-“

  18. Prima says:

    Hallo mba titiw, Nice Post :) aku mau tanya mbak, saya kena cedera lutut kiri, cuman belum MRI, jalan masih normal, lutut bisa ditekuk dan digerakkan ke kiri dan setelah ditekuk kemudian diluruskan bunyi klek. nah kira2 itu harus dioperasi nggak ya? saat ini saya menghilangkan nyerinya pake obat ibuprofen sama gel. makasih ya mba :)

    1. titiw says:

      Halo prima, makasih udah mampir. Itu cederanya kenapa ya? Lalu apakah sudah ke dokter dan dianalisa itu cedera apa? Karena ada cedera2 yang emang harus operasi, ada yang macem aku. Gak harus operasi, tapi lututnya dikasih latihan penguatan. Bisa dibaca ceritaku di SINI. Kalo dulu aku jalan normal cuma nyeri2 dikit dan ada bunyi kletek2 tiap melangkah. Nah setelah rehab dan latihan beberapa kali. Udah lumayan kuat lagi nih meski emang masih belum sekuat lutut kiriku yang gak cedera.

      1. Prima says:

        Hallo mbak, langsung dibales hehehehe :) kemarin udah konsultasi ke Dok. Andi dia udah periksa kakiku mbak diputer, dipencetin sana-sini ditanyain ini sakit nggak, ku bilang nggak sakit, dan akhirnya dia bilang ada cedera bantalan lutut meniscusku mbak (udah parno cedera ligament robek/putus apalagi ACL nya rek)tapi kata dok. andi acl nya aman dan ligament tidak ada yang robeeek ini semua gara2 overtraining JAKMAR OKT 2014 lalu huhuhuhu :((sedikit legaa rasanya, beban seketika lepass) dia menganjurkan buat terapi yang paket 10x biar dikuatin agar larinya kuat dan jauh lagi katanya dan ngggak cedera lagi dan pastinya gak ada otak atik kaki (baca operasi). hehehehe. oia mbak kalo mbak itu cederanya kenapa ya (pernah jatuh atau overtraining kaya saya mungkin :P) iya mbak mudah2 bisa ketemu di ISMC, oia mbak ini maenan-nya oke juga ya martial arl :P hehehehe

        1. titiw says:

          Kalo mas eh mbak Prima. Eh prima ini cewek apa cowok ya? Hehe.. kalo saya dulu overtraining. Bukan atlet tp segala olahraga yoga sepeda basket lari bulutangkis dll dihajar. Jadinya ya begono deh ACLnya kena. Kemaren aku dr ISMC tapi gak ke dokter. Latihan penguatan aja sama mas Icuk. Mungkin mau langsung 10x juga buat penguatan tulang belakang supaya gak gampang kena low back pain kayak sekarang. Hahaha udah renta, kakaaak.. paling selasa atau rabu dateng lagi ke sana buat foto tulang punggung biar mas icuk bisa programin latihan tulang punggung dan si dengkul kopong. Cepat sembuh ya! :)

  19. Eva says:

    Halow mb Twi… aq jg lg galau nih… td sore aq cek k dokter.. pergelangan kaki qu keselo.. ini udh kesekian kalinya. Dan yg terakhir ini plg parah sampe bengkak. Udh 1 week ga sembuh2… dokter blg, ligamen ankle qu sobek, truz disuruh MRI dan hrs operasi. Stlh operasi kudi d gibs n ga boleh napak. Jd takut n serem jalanin nya. Kira2 ada saran mb?

    1. titiw says:

      Wah udah dioperasi ya? Berarti pasca operasi harus penguatan lagi tuh kak biar si ankle kuat lagi. Coba hubungi klinik ISM yang aku tulis di atas. Semoga cepat pulih! :)

  20. detalia says:

    sekarang gimana kabarnya kak titiw? saya juga baru saja MRI kak. ternyata benr2 ga enak ya kak.. hasilnya belum dibaca dokter, doakan baik-baik aja ya hehe

    1. titiw says:

      Sekarang hamdallah baik2 aja kak.. Aku lagi gak olahraga banyak2 jadi dengkul masih baik… semoga kamu baik2 aja yaaa :)

  21. Renggo says:

    Ternyata emang perlu sampe 2 hari ya buat mengetahui hasil MRI. Ayah saya hari Kamis kemarin MRI, tapi sampai sekarang (Minggu) belum ada kabar. Kirain sengaja dilama-lamain (demi bisnis), soalnya ini lagi rawat inap, hampir 2 minggu.

    Harus lebih sabar, ternyata emang lama.

    1. titiw says:

      Iya kak emang agak lama, gak tau kenapa karena emang baca prosesnya atau antrian MRI orang. Semoga Ayahnya baik2 aja ya :)

  22. rahmat says:

    maaf mbak saya tanya waktu mri kalau badan kita ada susuk gimana? saya mau mri tapi saya dulu pernah ada susuk di alis.. trims

    1. titiw says:

      Kudu dilepas masnyaaa

  23. yuliana says:

    Asalamualaikum mba, salam kenal juga boleh ngga mba saya minta line atau kontak yg bisa dihubungi? Terimakasih mba

    1. titiw says:

      Silakan ke email saya aja ya di titi.akmar(at)gmail.com

  24. Erlin says:

    Trims mbak atas infony…. Saya juga bulan januari kemarin ada kecelakaan jatuh dr truk saat praktek di lapangan…. Saya pikir lutut saya cuma kesleo biasa, jd saya cuek2 aja…. Tapi setiap berkegiatan, lutut terkadang tiba2 bunyi “ceklok” dn nyeri ny luar biasa wlwpun cm beberapa menit bisa sprti semula lg…. Krn udh keseringan bgtu, ibu sy khawatir ada knp2 dn akhirny sruh periksa k orthopedi…. Bgtu prksa, dokter mendiagnosis kmngkinan ada yg putus dn wajib MRI dlu…. Ini barusan search2 tentang pengalaman MRI, dn tertegun sm pengalaman mbak…. Hr ini sy terjadwal MRI, semoga baik2 aja dn g perlu operasi dn mngkin bisa therapy saja….. Trims atas infony…. Membantu skli bwt sy yg was2 MRI nanti…. Semoga mbak juga lekas sembuh….

    1. titiw says:

      Terima kasih mbaak. Cepat smbuh yaaa :)

  25. Angellamaya vitha says:

    Kak,, kalo MRI itu d infoin khusus yang d tanyakan aja atau d infoin smua hasil lengkap seluruh tubuh, umpama kita periksa tulang punggung dan pas test MRI ternyata ada gangguan di organ lain apa bakal di infoin gak kk? Seandainya gangguang bagian dada atau bagian otak gitu kak?? Mohon d jawab ya kak, thanks kk syanntiixx

    1. titiw says:

      Gak kak, kalo tes keseluruhan itu akan mahal sekali biayanya. Ini kayak ronsen aja. Yang mau kita cek itu yang dites mri.

  26. echaimutenan says:

    Sama :”)
    Pas waktu mri dulu itu bikin deg2an :”) pas dalam tabung inget Tuhan *lahdalah biasanya kumaha ya xD

    Gws mba…aku syaraf kejepit dibelakang kambuh2an –“

    1. titiw says:

      Ahhh ngerti banget rasanya. Aku juga ada masalah sama tulang ekor kaaak. GWS yaah :)

  27. ewin says:

    malam kak mau tanya,saya mau di mri … rasanya gmn kak? saya kepikiran takut jadinya… minggu depan mau mri,minta sarannya terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now