Traveling

Saya Jatuh Cinta Dengan Lombok

Sunday, 6 January 2013

Sudahkah kamu menginjak Lombok? Daerah yang “bertetangga” dengan Bali ini merupakan salah satu dari pulau utama di Nusa Tenggara Barat, selain Sumbawa. Di bulan Mei 2012 (yes, hampir setahun lalu), saya bersama beberapa sohib yaitu: Ony, Kete, Erick, Babang, dan Sammy menyempatkan diri ke Lombok semata-mata karena ada tiket murah Air Asia PP Bali. Namun karena kami belum pernah ke Lombok, tiket tersebut kami perpanjang lagi dengan pesawat Trans Nusa Bali – Lombok Praya. Oh ya, Lombok Praya ini merupakan bandara Lombok yang baru, sedangkan yang lama yaitu Bandara Selaparang berada di Mataram.

Bandara Lombok Praya

Sesampainya di Bali tanggal 9 Mei 2012 malam, kami menginap di daerah Renon Denpasar demi penginapan gratis di rumah sohib Ony, yaitu mas Dani. Sebelum berangkat, terjadi drama di bandara Soetta karena teman kami Tessa tidak dapat berangkat. Maklum, Tessa make tiket hibahan orang lain, dan kami lupa untuk mempersiapkan KTP palsu atau apapun. Walhasil Tessa yang sudah mendapatkan cuti harus pulang malam itu juga tanpa menyentuhkan jari sedikitpun di kursi pesawat. Hal ini jangan ditiru ya anak-anak.. Maafkan kami yang harus meninggalkan kamu ya neng Tessa.. x'(

Di pagi hari, kami bergegas untuk ke airport dalam rangka melanjutkan perjalanan ke Lombok dengan pesawat Trans Nusa. Harga tiket Trans Nusa sekali jalan sekitar Rp 200.000, mau belinya jauh-jauh hari, ataupun dekat tanggal keberangkatan. Bentuk pesawatnya? Ya pesawat baling-baling dengan 2 seat 2 row! Maka daripada itu, bawaan yang kita bawa semuanya ditimbang baik-baik, berikut juga dengan berat badan kita, karena bagasi pesawat yang memang terbatas. Pertama kali naik pesawat ini, jantung saya berdegup kencang. Gemana nggak? naik pesawat biasa aja saya masih keringet dingin, eh ini diberi peawat baling-baling. Untungnya sih nggak baling-baling bambu ya. Tepi ternyata, perjalanan udara tersebut cukup menyenangkan dan tidak ada kendala berarti. Pesawat terbang tidak terlalu tinggi, tidak ada turbulence, dan pemandangan dari pesawat ke bawah sangatlah indah. Gunung terbentang, hijau royo-royo menyapa, aah.. Senyum saya mengembang melihat itu semua.

Mas overweight mas..

Pesawat Trans Nusa

Di Bandara Lombok Praya, sudah ada jemputan kami yaitu kak Iskandar dari Lombok Sun Vacation Tour & Travel. Betul, kami semua saat itu sangat sibuk sehingga tidak sempat merancang itinerary canggih. Sehingga, jalan pintasnya adalah memakai tour & travel. Kata siapa wisata itu harus backpackeran dan susah melulu? Kalo lagi ada rejeki, bagi-bagi rejeki ke orang lain juga nggak masalah kok. *loh kok terdengar sengak* Hahaha.. Di perjalanan, kak Iskandar yang mukenye 11-12 sama Mat Solar ini bercerita beberapa trivia tentang Lombok, di antaranya:

  • Lombok (Lombo) artinya adalah lurus. Nama ini didapat saat perang Pagah Praya (perang dgn umat hindu), dimana mereka tidak mau “dibengkokkan”.
  • Cara pengucapan sebuah daerah di Lombok, meski belakangnya huruf A, jamak diucapkan dengan huruf E (seperti membaca kata “Elang”). Misalnya saja daerah bertuliskan Sukarara, dibaca menjadi Sukarare.
  • Di Lombok Tengah, hari pasar adalah hari Kamis karena dianggap hari bagus. Masih ada pula sistem barter di sini.
  • Lombok macet? Bisa jadi ada Nyongkolan, pesta jalanan pengantin baru diiringi Kecimol, lagu campur dangdut pop dll.
  • Kalo di mana-mana air kemasan Aqua merajai, di Lombok yang megang itu Narmada, air minum dalam kemasan dari mata air di Lombok, yang sudah dieksporĀ ke Australi karena kandungan mineralnya yg tinggi. Tambahan lagi dari teman saya Rara, di tulisan W. Cool dkatakan Narmada itu merujuk “Kediaman sesepuh Raja Lombok

Nyongkolan & Narmada

Nah, Total jendral perjalanan kami adalah 7 hari dengan itinerary seperti berikut:

  1. Mengunjungi Desa Sade (Sasak Ende)
  2. Lunch di pantai Kuta dan menggila di Tanjung Aan
  3. Belajar menenun di Sentra Tenun Sukarara
  4. Bermalam di Senggigi
  5. Snorkelingan di Gili Air dan Gili Meno
  6. Menginap di Gili Trawangan
  7. Treking ke air terjun Sendang Gila & Tiu Kelep
  8. Mampir ke Masjid Bayan
  9. Ke toko oleh-oleh Imam Mulya
  10. Snorkeling di Gili Sundak & Gili Nanggu

Lombok Trip

Itu kalo di Lombok. Klaar dari Lombok, kami bertolak lagi ke Bali dengan kapal Feri dr Pelabuhan Lembar menuju Padang Bai, Bali. Kapal tersedia hampir tiap jam. Harga Rp 36,000, waktu tempuh sampai di Padang Bai sekitar 4 jam.

Sedangkan jalan-jalan kita di Bali yang cuma semalem di ujung perjalanan, adalah:

  1. Menginap di dekata Pantai Padma
  2. Bermotor ke Blue Point
  3. Belanja leh oleh di Krisna

Bermotor ke Blue Point

Dari cerita-cerita guide kami dan orang setempat di Lombok dan Bali, memang tersirat adanya “persaingan” antara orang Lombok dan Bali. Tapi semoga saja persaingan itu bikin masing-masing tempat lebih baik lagi ya. Tapi so far.. I heart Lombok more than Bali. Kind people, lovely sites, very reasonable price. No offense Balinese friends. Semoga lagi masih ada waktu untuk berkunjung kembali ke Lombok. Nantikan cerita detailnya, masih di blog kuning abal-abal ini ya guys. Kalo mau lebih lengkap, bisa baca Travelicious Lombok karya sohib ACI saya, Lalu Abdul Fatah. Happy traveling! :)

Saya jatuh cinta dengan Lombok” ~ kak @sidnyaulia si pemilik tato “Nasi Rocks”.

31 thoughts on “Saya Jatuh Cinta Dengan Lombok

  1. efahmi says:

    Waaah suka lombok ya? Hehe, kalo aku nggak seberapa doyan pedes :D

    1. titiw says:

      Haha.. Gada hubungannya kaak! :D

  2. gerandis says:

    aaaaaaak aku belom pernah ke lomboooook
    aku pengen deh maen-maen ke kampung sasak yg katanya ubinnya dibikin dari kotoran lembu itu, sama ke gili2 sih pastinya :P

    bdw itu naek pesawat kayak di papua deh, pake ditimbang2 segala :)

    1. titiw says:

      Iya, ubinnya dari kotoran lembu. Nanti aku tulis detailnya.. Udah pasti tuh di papua banyak pesawat2 yang kayak gitu yaa.. Secara banyak daerah terpencil.. :D

  3. Bieb says:

    setuju klo lebih cinta Lombok daripada Bali.
    Pantainya lebih bersih.
    Tapi sayang ya bow..tiket ke sana masih mehong2 bangert.
    Klo bukan tugas kantor, ga mungkin deh 3x menginjak lombok.
    Walau ud 3 x masih sangat2 kurang menjelajah nih :(

    1. titiw says:

      Heeh.. Makanya disisatin dengan tiket pesawat ke Bali & lanjut Trans Nusa.. ;)

  4. dhian says:

    setujuuuuuuu…. Lombok cantiiiikkk…
    tapi rada bete pas snorkling, itu perahunya tidak melengkapi diri dengan snorkle dan life jacket yang memadai, yang ada saya rada takut mau snorkling, takut kebawa arus plus jadi minum air laut banyak bgt gara2 snorkle-nya udh butut, huhuhuhu… next time ke sana, bawa snorkle sama vestsendiri aja kali yeeeee

    1. titiw says:

      Oh ya..? Tergantung perahu atau travel yang dipake kali ya. Soalnya saya karena pake tour & travel, semuanya tersedia lengkap dan gak butut. :D

  5. tya says:

    me too!! lebih suka di lombok *padahal blon pernah ke bali* huahuahuaahaha X))
    abis kayaknya bali udah rame bgt deh jd kurang krasa liburannya, hihi next, hanimun di lombok dong beb kaya ekeh *pamer* :))

    1. titiw says:

      Huahahaha.. Ternyata hanimun kamu di lombok beeeb? Di mananya..? Mantaaab! Ke bali doong.. biar kayak orang Indonesia.. :))

  6. honeylizious says:

    Hani belum pernah ke Lombok :(

    1. titiw says:

      Ayo tahun ini bisa ke Lombok! :D

    2. Zullombok says:

      Salam,,,,
      Bagi rekan” yg mo berlibur ke lombok kami zullombok transport menyediakan jasa sopir dan transport murah from Airport lombok,,dan ke semua tujuan obyek wisata yg ada di pulau lombok
      Hubungi kami via call or watshapp
      + 62 8223 7711 304

      Zullombok transport siap menunggu kedatangan Anda…

      Salam…..zullombok

  7. irrah says:

    tiw, nyobain sate rembige kg ?

    1. titiw says:

      Pas di lombok tuh makan sate enaaak banget. Tapi gak tau itu sate rembige apa bukan. Hehe.. :D

  8. Fahmi says:

    you can get bali in lombok, tapi ga bisa sebaliknya *udah sering bola – balik – bolak bali lombok :D lombok ituu, pantainya is de best, ayam taliwangnya is pedess!!

    1. titiw says:

      Aku juga merindu lomboook!! :’)

  9. maxell says:

    cuma numpang lewat doang wkt mau ke tambora….keren tulisanya….salam

    1. titiw says:

      Ajak2 ke Tambora dong kaaak.. :D

  10. rasehaM says:

    Lombok tuh sama sih kaya Bali dan Yogyakarta. Gak akan pernah bosan meskipun lebih dari sekali dikunjungi.

    1. titiw says:

      Betul2.. Sayangnya yang udah berkali-kali baru Bali sama Yogya.. Lomboknya belum..

    1. titiw says:

      Sekarang! hahaha..

    2. zullombok says:

      Salam…bagi rekan” yg mo berlibur ke lombok kami dari zultransport lombok siap mengantar anda ke semua tempat obyek wisata yg ada di pulau lombok….untuk info call or watshapp + 62 8223 7711 304

      Salam zullombok tunggu yah…

  11. hilda says:

    paket tour nya dibali kena berapa biayanya per orang yah? dari padang bae ke penginapan daerah kuta apa ada angkutan umum? biayanya berapa?

    1. titiw says:

      Saya pake paket tur yang di Lombok aja kak. Dari Padang Bae ke penginapan KUta waktu itu dijemput temen, jadi kurang tau juga angkutannya. :)

  12. Fauzan Bachrie says:

    Pgen balik ke Lombok. tapi itu wisata bagian barat semua kyakx ya. masih belum masuk daerah selatan yang katanya kaya gili, tmpt snorkeling, diving & surfing. liburan stlah puasa lombok I`m Coming.

    1. titiw says:

      Aku ke gili kok kak, gili aer sama gili trawangan.. :)

  13. Dedy says:

    Buat yang mau liburan ke lombok rekomendasi pake Surya Travel Lombok harganya sangat bersahabat mulai dari Rp 403.000 dah all in Hotel sama transportasi selama tour.

  14. marlion says:

    bali memang manawan tapi lombok tidak kalh menawan,
    salam kenal

  15. zullombok says:

    Hi…kami zullombok transport
    Siap mengantar rekan ke smua tujuan obyek wisata yg ada di pulau lombok..from Airport lombok..to smua tujuan dgn harga murah
    Call or watshap +62 8223 7711 304

    Salam..zullombok transport

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now