Titiw Inside

Q & A Earth Hour 2013

Friday, 22 March 2013

Maret merupakan bulan yang memanjakan ibu bumi. International Earth Day tanggal 21 Maret, World Water Day tanggal 22 Maret, dan Earth Hour tanggal 23 Maret 2013. Sebagai volunteer aktif di Earth Hour Indonesia, ada beberapa most wanted question dari banyak orang mengenai Earth Hour, yang akan sedikit saya bahas di sini.

Kak, Earth Hour itu kan acaranya WWF ya?
Pertamanya betul, namun mulai ke sini WWF sedikit demi sedikit melepas label mereka karena Earth Hour ini merupakan aksi kita bersama. Individu, komunitas, perusahaan, pemerintah, dan kalo bisa semua orang di seluruh dunia.

Apa sih fungsi Earth Hour?
Sebenarnya, Earth Hour ini hanyalah simbol. Simbol untuk kita semua untuk membantu mengurangi pemanasan global dan dampak perubahan iklim. Terdengar ambisius? Lihat lagi kata “membantu”. Jadi bukan hanya karena aksi individu, bumi langsung jadi lebih baik, namun makin banyak yang membantu, bumi makin berterima kasih kepada kalian. Sehingga setelah Earth Hour, kita masih bisa menjadi manusia yang lebih “hijau”.

Jadi, Earth Hour itu kampanye lingkungan hidup?
Ya, bahkan yang terbesar dalam sejarah. Di tahun 2012 saja, Earth Hour berhasil meraih dukungan dari 2 milyar penduduk dari 7.0001 kota di 152 negara.

Earth Hour sudah dilaksanakan berapa kali?
Untuk di Indonesia, tahun 2013 adalah tahun ke-5. Saya sendiri berkontribusi aktif dengan komunitas yang super menyenangkan ini sejak tahun 2010. Bantu2 jadi admin twitter, kasih saran FB dan website, dan lain-lain *mendadak haru*

Denger-denger, Earth Hour ini juga digerakin secara aktif oleh beberapa komunitas di Indonesia?
Bener banget! Karena kerja keras tim Earth Hour sejak tahun 2010, maka kita sudah punya banyaak banget jaringan dan komunitas yang udah bantu-bantu dan bikin gerakan hijau di wilayah masing-masing. Total ada lebih dari 30 lebih kota, mulai dari Banda Aceh, Medan, Pekan Baru, Jabodetabek, Bandung, Cimahi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Kota Batu, Sidoarjo, Kediri, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Denpasar, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Balikapapan, Samarinda, Sangatta, Tarakan, Kotamobagu, Sorowako, dan Makassar.

Diambil dari press release terakhir, saya mau mengutip kalimat dari Dr. Efransjah, CEO WWF-Indonesia:

“Keberhasilan EARTH HOUR bukan hanya diukur dari penghematan energi pada satu jam di hari ini saja, melainkan bagaimana menjadikan gaya hidup hemat energi sebagai gaya hidup sehari-hari. Sebuah gerakan perubahan tidak akan berjalan efektif bila semua lapisan di masyarakat tidak berkolaborasi, termasuk orang-orang mudanya.”

Apa sih tagline dari Earth Hour Indonesia?
Masih sama dengan yang tahun lalu “Ini Aksiku, Mana Aksimu?!”, yang disadur dari “I Will If You Will”. Ada tantangan dari beberapa selebriti, seperti Pevita Pearce yang akan matiin AC selama tidur kalo ada beberapa hashtag #IniAksiku masuk ke twitternya. Atau tantangan dari Andy F Noya yang akan membawakan acara Kick Andy dengan muka separuh hijau separuh biru jika ada beberapa twitpic #IniAksiku masuk ke twitter Kick Andy. Nah, tantangan dari saya untuk tahun ini: “Kalau followers twitter @EHindonesia menyentuh angka 35.000 followers sampai akhir Maret ini, maka saya akan berbagi #tipshijau dari akun twitter saya @TitiwAkmar selama 2 bulan penuh. :)

Ok, terakhir kak.. Kapan sih dilaksanakannya Earth Hour 2013?
Catat baik-baik ya, Earth Hour akan dilaksanakan Sabtu, 23 Maret 2013 pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat (jadi tidak mengikuti WIB saja). Titik selebrasi Earth Hour di Jakarta sendiri adalah di Tugu Proklamasi Jakarta Pusat (deket bioskop Megaria).

Sebagai tambahan, nih point-point cara berpartisipasi di Earth Hour 2013:

  1. Daftarkan partisipasi kamu di Website EH Indonesia.
  2. Sebarkan info tentang EARTH HOUR ke jejaring kamu
  3. Pastikan kamu berpartisipasi di EARTH HOUR 2013: Sabtu, 23 Maret 2013, 20.30 – 21.30 (waktu setempat)
  4. Dokumentasikan partisipasi kamu dan kirim ke earthhourindonesia@gmail.com
  5. Share Foto di Flickr
  6. Share Video di Youtube
  7. Bergabung di jejaring sosial:
    a. Facebook fanpage
    b. Twitter: follow @EHIndonesia dengan hashtag #earthhour dan #IniAksiku

Earth Hour. Jam Bumi. Satu Jam. Setelah itu, jadikan sebagai gaya hidup!

(c) Image 1 & Image 2

4 thoughts on “Q & A Earth Hour 2013

  1. nanti malem kak.. perayaan earth hournya. =)

    1. titiw says:

      Di Jogja ngapain aja kak kemarin pas Earth Hour..? :)

  2. halo kak, terima kasih atas tulisannya tentang Earth Hour. Sebagai wujud apresiasi, kami siapkan souvenir untuk 50 orang pertama yang repost artikel ini ke blog kami earthour.wwf.or.id/blog.php, jangan lupa cantumkan alamat email ya kak.

    terima kasih
    Salam KolaborAKSI

    1. titiw says:

      Hai kak, sudah aku tulis ya di http://earthhour.wwf.or.id/blog.php, thank you. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now