Titiw Inside

7 Safety Tips For Women

Friday, 26 April 2013

Jadi perempuan yang (terpaksa) independen itu terkadang emang susah. Ditambah lagi maraknya berita-berita kriminal di berbagai macam media. Kita mau kongkow sama temen-temen sampe malem jadi waswas untuk pulang sendiri. Mau jalan kaki di tempat yang rada gelap jadi mikir. Untuk menghindari hal-hal yang kita semua gak inginkan, saya ingin berbagi beberapa tips untuk para wanita yang memang di beberapa point harus bepergian sendiri.

1. Bagaimana kalo malem-malem naik taksi sendirian?
Pertama-tama, jangan sama sekali naik taksi yang nggak jelas ataupun taksi yang ga biasa kamu pake. Kalo bisa, pesen taksi via telp atau apps internet sehingga taksi yang kamu naikin terdokumentasi oleh perusahaan taksi. Ketika udah naik taksinya, catet semua nomor dan nama sopir, kirim nomor tersebut ke orang rumah, pacar, suami, atau sekalian kamu tweet. Di dalem taksi, telpon siapa kek.. Ngobrollah sampe tujuan, dan selipkan kalimat2 seperti “Eh aku naik taxi X nomor Y nih dari arah bla bla mau ke rumah.”. Inget, orang yang berniat jahat akan ciut duluan kalo tahu kamu sudah menyebarkan info tentang dirinya.

2. Kalo udah di taksi dan dia seperti bertindak aneh-aneh atau kayak lewat jalan yang nggak familiar gimana?
Yang paling penting, kamu harus tenang dan bertanya apa tujuannya dia lewat jalan tersebut. Kalo dia tampak panik dan malah ofensif, pegang sesuatu yang bisa kamu jadiin alat untuk menyerang. Bisa bodyspray yang bisa disemprotin ke mata, hak high heels kamu, ataupun tali tas yang bisa diiket ke leher si sopir yang macem-macem.

3. Kamu berada di gedung yang udah sepi dan mau ke lantai dasar (misalnya). Ada 1 orang cowok yang kayak ngikutin kamu dan masuk ke lift yang sama. Apa yang harus dilakukan?
Misalnya kamu dari lantai 10 ke lantai dasar, pencet semua angka 1-9. Orang akan takut berbuat macem-macem kalo lift itu terbuka di setiap lantai.

4. Harus naik angkot malem-malem, tapi angkotnya sepi. Naik atau nggak?

Lebih baik tidak. Tunggu angkot yang penumpangnya lumayan banyak dan ada juga penumpang perempuannya. Jika sudah terlanjur naik, buka jendela angkot selebar-lebarnya. Bila ada yang macem2 ke kamu, ulurkan tangan ke jendela, teriak, menggila, lakukan apapun yang sekiranya dapat memancing perhatian sekitar.

5. Kamu di rumah sendirian. Ada orang asing yang masuk dan mengejar. Harus lari ke mana?
Jangan lari ke kamar apalagi kamar yang tidak memiliki kunci. Larilah ke arah dapur. Ingat, semua yang berbahaya ada di dapur. Gunting, pisau, bubuk cabe, lada, parutan, cobek. Gunakan semuanya dengan segenap hati jika kamu merasa terancam. Suara kenceng bisa bikin penyerang jadi takut, jadi jangan ragu untuk pecahin piring, botol dan tentu saja berteriaklah.

6. Jika kita menyetir sendiri bagaimana? Ada tips agar lebih aman?
Penyetir perempuan terkadang suka masuk mobil tanpa mengunci terlebih dahulu. Jika kamu jalan kaki dari mall dan menuju parkiran, langsung masuk mobil, langsung kunci, no excuse. Karena saat kamu masuk mobil tanpa dikunci, dandan dulu, beres-beres dulu, dll, itulah saat kamu lengah dan penguntit dapat membuka pintu mobil untuk melakukan hal yang berbahaya terhadap kamu.

7. Kita pulang malam dan jalan kaki sendiri. Perasaan dikuntit deh, what should I do?
Satu, tengoklah ke belakang dan lihatlah dengan jelas muka orang tersebut. Lebih jauh lagi, sok-sok aja nanya jam. Orang yang ingin melakukan kejahatan biasanya merasa terancam jika muka dan suaranya diketahui dengan jelas. Jika masih belum berasa aman juga, masuklah ATM yang biasanya dijaga satpam, toko, ataupun rumah orang. Jelaskan keadaan kamu yang merasa dikuntit dan sebisa mungkin minta relatif untuk menjemput.

Another tips:

  • Akan lebih aman jika kamu berambut pendek. Karena penjahat biasanya lebih memilih cewek berambut panjang (apalagi diikat ponytail) karena dengan begitu cewek akan lebih mudah untuk ditarik.
  • Terlihatlah percaya diri. Penjahat ciut dengan perempuan yang terlihat percaya diri dan akan melawan dirinya.
  • Ingatlah juga bahwa beberapa bagian tubuh yang menjadi kelemahan pria: Mata, Jakun, Biji. Jadi kalau kamu merasa terancam, seranglah bagian-bagian tersebut. Sekadar jaga-jaga, boleh juga kalau kamu membawa pepper spray yang dapat membuat orang seperti buta sesaat.

Beberapa tips memang terdengar konyol. Tapi insting wanita biasanya jarang salah. Sehingga jika feeling kamu betul-betul tidak enak, jangan dicuekin. Lebih baik terlihat konyol daripada kamu menyesal di kemudian hari. Kalau kamu punya tips lain, silakan dishare di komen ya. Please share artikel ini untuk perempuan lain, it might help them someday. Be safe, girls!

PS: Tulisan terinspirasi dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi penulis

(c) Image

12 thoughts on “7 Safety Tips For Women

  1. didut says:

    punya pengalaman buruk tiw? :|

    1. titiw says:

      Hamdallah gak sampe gimana2 dut.. Denger dari pengalaman temen juga sih ini..

  2. rasehaM says:

    Kalo kamu lagi dalam kondisi bahaya atau berpotensi membahayakan diri, cukup PANGGIL NAMAKU 3X. (Jadi, nama ku bukan Rizki Mahesar lagi, melainkan 3X).

    1. titiw says:

      Ha. Ha.. Nice try, brondi..

  3. Velysia says:

    terima kasih tips nya..sbagai cewek emang harus jaga diri apalagi kalau traveling.. =)

    1. titiw says:

      Thank you juga udah mampir. :)

  4. AVO says:

    Having martial arts classes would definitely helpful. Sekarang udah banyak self-defense class buat wece2, dg instruktur2 yang bisa memberikan pelatihan beladiri yg praktis, serta mudah untuk di aplikasikan, karena simulasi-nya juga sudah terstruktur sesuai kurikulum beladiri yang dipakai oleh pusat2 pelatihan beladiri.

    Yes, MARTIAL ARTS may feels too technical & brute for most of women. Tapi kalo udah kejadian, well, such assault cannot be undone. That’s why wece2 harus consider banget untuk setidaknya paham & berlatih beladiri. Selain bagus untuk kesehatan, beladiri terbukti bisa menambah tingkat kepercayaan diri, baik itu ketika berada tempat2 publik yang rawan kejahatan, maupun ketika sedang menghadapi konflik/friksi dengan orang secara langsung. Mano a mano. Face to Face.

    Without further ado, saya share beberapa tips safety untuk wece2:

    – SELALU TARO BOLPEN DI BAGIAN DEPAN TAS. Kalo ada apa2, tinggal buka retsleting tas, belaga mau ngeluarin dompet tanda menyerah, lalu capcus tarik bolpen keluar dg cepat & aim for the eye, or atleast to the face. Tusuk bawah dagu jg efektif. Personally, i always carrying pen on my front bag tiap naik angkot pagi buta. Ada yg macem2, tinggal cuss. Just like condom principles (better have one and not need it, than need it and not have one). Srepettt…

    – PASANG MUKA BETE, KESAL ATAU MABOK RESE’, ketika naik angkot/bus. Orang2 akan lebih males bwt macem2 kalo udah liat muka yg gak bersahabat, ketimbang liat muka sok2 polos sinam gigi kelinci cabi2 poni miring belia kayak Nabilah JKT48.

    – Kalo pasangan punya kecenderungan untuk KDRT, don’t triggering him with verbal abuse, tapi lebih ke kata2 yang tegas yang menyatakan bahwa; jika dia sampai menyentuh sehelai rambut/ujung kuku kalian, dia akan menyesal dilahirkan (saelahhh). TRY TO STALL/SLOW THEM DOWN WITH WORDS,RELIGIOUS WORDS might help, sambil kalian speed dial minta bala bantuan. Belajar elmu Spikologi sama Titiw, biar mangstap. =)

    – The facts is, banyak wece2 yang jadi korban KDRT/KDJL (Kekerasan Di Jalan) yang tidak pernah bisa melawan balik, atau sekedar mempertahankan diri, karena PANIK. Keep your face literally UP, look them in the eye, protect your HEAD, CHEST, STEPS. Ini 3 bagian yang rawan buat diserang. Kalo kena pukul/tendang, JANGAN PANIK/KAGET. DRAMA-NYA NANTI AJA, sekarang beladiri dulu. Tahan sakitnya, tepis serangan yang datang, balas pukul, atau teriak kencang untuk mengagetkan reaksi lawan. Kalo kalian jatuh, bangun lagi secepatnya. BE FAST. As fast as when you ladies chasing those fendi bags / steve madden shoes from the midnite sale.

    – Di dlm ruangan, CRIME SCENE IS 3 DIMENTIONAL: FLOORS, WALLS, CEILINGS (The Bone Collector). Wherever you go, always put attention to this things, dimana pintu, lorong, jendela, tangga, dsb. When things get sour, remember your way out. Kalo gelap/mati lampu, fokus sama SUARA. Dari situ, kita bisa memperkirakan arah datangnya penyerang.

    – When you get submitted/pound to the ground, please dont get shocked. ATUR NAFAS, cari sela pelan2 dimana kalian bisa menyentakkan diri, dan bangkit kabur. Ground fighting memang situasi yang sulit bagi siapapun. This is where BRAZILLIAN JIUJITSU (not Wax) could come in handy, krn bisa ngajarin kita cara bertarung ketika kita terbaring dilantai.

    – Don’t wear ULTRA sexy clothes, while shouting out loud, campaigning viciously that men must not rape/attack you (“Kami berhak sexy, dan kalian tidak boleh merkosa kami”…wakwaw,advertisingnya aja gitu…). Men are naturally predator. Kucing liat ikan ditutupin tudung di meja aja masih bisa ngembat, apalagi hari gini, banyak cowo2 tjabul engas oportunis hobi ngaceng. You’re living in one of the most hostile city in the world, you have to be extra careful. Di Brazil, keliatannya aja wece2 bisa bikinian asoy di pantai, coba aja lewat daerah Favelas-nya (kawasan slum disana), kalo enggak langsung di ho’oh bonga-bonga sama kriminal2 latino pisang ba’on. Ngoh.

    – Mini skirt are easy to be ripped off. Begitu pula dengan celana gemes. So, whatever you wear, it must also guarantee your safety. Kecuali emang mau ada rencana quicky. I’m not saying that you’re supposed to wear Iron Man-Mark VII armor, tp lebih ke jaga2 aja, kalo lagi ke daerah2 rawan, mending pake baju yang ketutup, bawa jaket (buat naro bolpen kayak tips pertama). Masalah keringetan anyep lepek, sampe rumah bisa dibilas lagi. Daripada bela2in kece demi aman dari fesyen polis, tapi gak aman dari penjahat incaran polis. Uhuk.

    – As a moslem, i always suggest you to keep DZIKIR (remembering your god-Allah SWT-by saying his name (Asma’ul Husna), or other verses/prayers), wherever you go. It will help you to regain your consciousness, and put you on focus state, jadi kewaspadaan selalu terjaga. As for the other fellows from different religion/believes, i can suggest you to practice your own kind of “Dzikir”, keep looking around you, and learn to deduce/read situation, based on what you saw/heard, just like Sherlock (the series yah, not the RDJ version).

    – There’s one place where you can literally practice martial arts without hesitation or holding back your energy. It is called DOJO.
    Buat teman2 wece di daerah Kemangggisan, Jak-Bar, sekitaran Binus, sohib saya, Comi (Bassist-nya “Payung Teduh”), buka martial arts centre, namanya LUTADOR MMA. Ciyeeh promooo, hihihi. Tempatnya di ruko dekat pertigaan lampu merah BATUSARI (kl belok kanan ke Binus Anggrek, nah ini belok ke kiri, ke arah SMUN 78, 100meter dari pertigaan itu. Lt.1 ada BJJ (Brazillian Jiujitsu), lt. 2 ada Thai Boxing. I’m also plan to create the video series for youtube, so that you can adapt and practice them on your own terms. Sila mampir & berkeringat asoy.

    Sekian tips uhuy dari saya. Sampai bertemu di matras Dojo, uohhh!!! =)

    1. titiw says:

      Gilaaa gilaaaa.. komennya lebih panjang dari postingan akuuh! :)) Makasih babang apoh, super berguna banget iniiih. Iya, aku juga baru ngeh sama bolpen. Dan akhir2 ini juga rada pengen nyobain thai boxing. Tapi biasa, alesan sibuk dll jadi males. And last.. Dzikir is a powerful thing. It makes you focus and remember that you’re not alone. Let’s fight the pervert assholes! watttttaaaaaaww! x))

  5. tya says:

    *bukmark this page*
    hadoohh penting banget ini artikel, secara geram banget sama pemerkosa2 diluar sana, mari perempuan! jgn diam dan pasrah klo diapa2in, ayo kita lawan pake cara2 titiw ini *emosi* eh *semangat*

    1. titiw says:

      Eyym! Ayo kita lawan sama2 kakk! Share sekalian artikel inii! \m/

  6. Atika says:

    Gw pernah ngalamin yang nomer 2 tiw. Naik taxi yang pasti bukan bluebird, trus dia lwt jalan yg aneh2. Gw bilang gini aja: “Bapak ikutin kata2 saya aja, saya udah biasa lwt sini”. Tapi saking ngeyelnya dia n sibuk nyari2 barang di jok depan sampe mukanya ga keliatan sama gw.. Akhirnya pas lagi macet.. Gw liat ada keramaian di luar, gw siapin ongkos trus gw bilang sama supir taxinya: “Pak, saya kebelet pipis, saya turun disini aja yah” Langsung itu orang gw kasih duit n gw kabur deh… *pdhl dia nawarin gw pipis di botol* Asli ini supir taxi kurang ajar banget.

    1. titiw says:

      Aaaak! Ngeri banget kaaak.. Untung rame di luar dan pintunya bisa dibuka.. x'((

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now