Traveling

Uji Nyali di Air Terjun Sekongkang

Friday, 19 July 2013

Air Terjun Sekongkang

“Biasanya orang yang penakut itu hapal Ayat Kursi”, kata Mas Harris, seorang teman yang traveling bersama ke Bootcamp di Sumbawa Barat di bulan Mei lalu. Saya yang merasa bukan penakut ingin menyanggah, namun apa daya saya memang “penakut” dan kebetulannya, saya hapal Ayat Kursi yang jadi top of mind baca-bacaan jika -misalnya- ada yang kesurupan lah, ada setan lah, ataupun sedang berada dalam keadaan membahayakan.

Sebenarnya, rasa ketakutan saya bukanlah rasa takut yang mengada-ada, tapi lebih kepada keadaan waspada. Jangan kenceng-kenceng bawa kendaraan kalo gak mau cilaka, takut sama anjing, takut diving karena panikan dan gak jago renang, ataupun takut ketinggian. Iye-iye, saya penakut.

Namun sodara-sodara, rasa takut yang saya sebutkan terakhir itu sedikit tereliminir dalam kisah hidup saya setelah beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk meloncat dan berenang di sebuah air terjun. Saya ulang: Saya berani terjun di air terjun ketinggian 4-5 meter yang airnya dalem dan berbatu-batu! Titiw? renang aja cupu, lah ini berani loncat? That’s right.

Dan saya melakukannya demi apa? Demi punya foto dan video loncat yang keren! DEMI FOTO. Mungkin kalo Arya Wiguna tahu hal ini dia akan teriak DEMI TUHAAAN-nya yang lebay dan gengges. Iya, secara saya punya kamera NX300¬†yang perdana dibawa ke Sumbawa ini, masa di dalemnya gak ada foto yang menunjukkan keberanian saya untuk ngalahin rasa takut yang terkadang berlebihan ini? Heck, no. Maka saya membulatkan tekad untuk melakukan sesuatu yang menurut saya.. “Menakutkan”.

Di hari bersejarah itu, saya dan teman-teman Bootcamp yang sedang berada di Desa Sekongkang memang punya jadwal melihat mata air yang mengairi penduduk. Dari situ, kami akan lanjut naik ke atas untuk ke Air Terjun Sekongkang yang juga dikenal dengan Air Terjun Perpas.

Waktu tempuh dari kantor desa Sekongkang Bawah memang cuma sekitar 15 menit, tapi jalannya berbatu-batu dan asoy kalo dilewati mobil 4WD. Nah ketemu sungai yang ada posnya, kita trekking lucu kurang lebih 30 menit ke arah atas di mana akan nemu mata air yang difilter menjadi air bersih. Jangan ragu, naik lagi ke atas sampe capek ples ketemu batuan-batuan besar yang mana kamu akan berpikir “Di mana aku? Apakah aku di surga? Ah ada bidadari!”

Yak, di situlah Air Terjun Sekongkang berada. Landscape luar biasa cantik, percikan air yang menggoda, dan dorongan punya foto yang bagus *diulang biar afdol* membuat saya dan teman-teman yang nggak siap basah-basahan untuk menggila dan sebodo amat. Basah paling mentok masuk angin, yang mana udah langganan sebulan sekali. Tapi kalo gak renang dan loncat di sini? Susah diulangnya, mamen!

Air Terjun Sekongkang

sungai di bawah air terjun

Air Terjun Sekongkang

Perjalanan menuju air terjun

Loncatan pertama dimulai oleh Bram yang nyalinya segede gajah yang bunting kembar lima. Di sini saya pasang mode continuous supaya momen loncat itu terekam dengan baik. Secara shutter speed kamera saya 1/6000 sec ya bow, mumpuni banget. Dan gak cuma itu aja, si mode continuous yang saya pasang punya 2 variasi shooting modes. Yang Normal bisa capture 5 frames per second dan yang High ngecapture 8.6 frames per second. Malah kalo memory card yang dipake lumayan bagus, kamu bisa dapet semua frame dalam mode RAW. Pretty damn fast, right?

Air Terjun Sekongkang

Bram the Brave!

Setelah Bram, giliran Odre -yang notabene atlet renang beneran- yang loncat dengan gaya luar biasa keren. Dan inilah saatnya saya yang loncat. Odre teriak dari bawah kalo di bawah aman dan gak ada batu. Tapi tahu kan apa artinya kalo nggak ada batu? Itu berarti airnya daleeem! OMAI LORD OF THE RING! Jadi inget kiasan air beriak tanda tak dalam pas mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 esde.

Dan yak, airnya tenang, yang artinya apa anak-anaaak? DALEM. Kayak perasaan aku sama kamu, mas. Dari jauh Regy udah siap untuk videoin saya yang lagi loncat. Pertamanya saya masih ketawa-ketawa. Tapi kenapa pas udah di bibir batu nyali ini ciut? Lagi-lagi, demi foto yang keren, loncatlah saya tanpa kuda-kuda yang kece. Yang penting plung! Like Eleanor Roosevelt said: “Do one thing everyday that scares you“. ;)

Klaar loncat sendiri dan loncat bareng-bareng Odre Bram dan Farchan, saya juga moto-moto objek di sana. Foto lain yang saya capture tentunya keindahan alam sekitar, dan foto saya sendiri yang lagi lelumpatan dan gaya-gaya sok iye. Apakah kamu tipe orang yang kalo diminta foto orang yang lagi lompat selalu ngulang dan ngulang? Bisa jadi bukan karena kamu gak jago, tapi karena fokus kameranya agak lama sehingga agak delay pas mau capture foto.

But don’t worry, if you happen to lay your hands on this cam, you’ll look like a pro. One attempt in one jump shot, and done. Gak perlu berulang ulang karena shutternya cepet dan nangkep momennya pas. Hal ini juga karena faktor mirrorless yang udah pernah saya ceritain di SINI.

Air Terjun Sekongkang

perut Achan cuekin aja ya

Air Terjun Sekongkang

Lanskap Air Terjun Sekongkang

Duh jadi pengen ngereview NX300 lengkap deh, hahaha.. Selalu tergoda untuk cerita tentang kamera saya ini, kakak.. Nantikan artikel selanjutnya deh yang ngereview kamera ini doang. Untuk video saya loncat ada di dalam video buatan sohib saya Bram di bawah ini, silakan ditonton dan ditunggu komennya. Well, enjoy the pictures and tell me which one is your favorite shot. Happy traveling! :)

PS: Mau kaos WWF Earth Hour gratis? Silakan komen di bawah apa fitur kamera NX300 yang pengen kamu tahu lebih jauh dan pengen saya review.  Tersedia 2 kaos untuk yang jawabannya keren. Cuss! :D

Air Terjun Sekongkang

LONCATTTT!

32 thoughts on “Uji Nyali di Air Terjun Sekongkang

  1. DebbZie says:

    Huihhhh kalo aku ga berani kayaknya lompat disana, hihihi. Btw pemandangannya keren banget :D

    1. titiw says:

      Bangeett! Pemandangannya manteeb makanya sayang kalo gak lala lili. :D

  2. nengbiker says:

    damn pretty. damn scary.
    engga bisa berenang. ngga mau ikutan lompat di situ. siyus.

    1. titiw says:

      Nah itu dia kak.. Kapan lagi ngelakuin hal yang kamu takutin.. setelahnya rasanya lepaaas! Huehehehe.. :D

      1. nengbiker says:

        oya, minta review macronya dong ^^v

  3. warm says:

    lokasinya bikin ngiri [-(

    & aku pengen tau hasil si NX300 itu kalo di low light :D

    1. titiw says:

      Hehehe.. Siaaap.. Ditunggu reviewnya kakaak.. :D

  4. thalique says:

    pengen dapat kaosnya ach..kalau pengaturan white balance untuk pemotretan di outdoor saat cloudy atau daylight gimana Kakak?

    1. titiw says:

      Thank you mas T.. Ditunggu review dari aku. :)

  5. R. Riyant says:

    Penasaran sama DRIMe IV Imaging Engine di NX300 yang katanya mampu membuat >foto 3D< dan video capture.
    Trus saya agak norak sama "Remote Viewfinder" yang bisa zoom in/out dan menekan shutter melalui ponsel.
    Itu cara koneksi ke ponsel gimana kak? Kan seru kalo ngambil snapshot muka temen ;p
    Coba review dong kak :)

  6. itu serius kak titiw yah? widihh kak titiw sekseeeh banget dengan pose kayak tadi.. welehweleh keren” hasil jepretannya, jepretannya keren apa karena nx300 barunya kakak atau karena pengaruh model yang dipoto kali yak..?? hahha
    *dan sepertinya lebih karena kak titiwnya yang jadi modelnya #wew 8)

    kalau rasa takut saya terbesar mah ya ketika beranikan diri ketemu sama ortu bidadarinya saya kak, takut salah omong, takut salah tingkah, takut penyakit ayannya saya kambuh, kalau saya kambuh bahay loh kak, tangan saya rada” aneh, tangan saya kadag kegerak sndiri.. yang paling bodor kalau tangany kegerak buat nge-kucirin kumis bokap gebetan..
    *wah parah deh kak kalau ngebahas rasa takut saya yang satu ini.. :'(

    saya mau nanya nih kak, fitur macro di kamera nx300 nya itu seperti apa kak.. soalnya sedari kecil saya itu pgen tau banget, dan pengen ngebuktiin kalau gak semua dipermukaan wajahnya saya pernah dihinggapi jerawat.. pengen ta buktiin (dengan jepretan) kalau di puncak tahi lalat dipelupuk mata saya belum pernah terjamah o/apapun, sekalipun itu jerawat berukuran super duper microo.. *wew wew wew

    *semoga dapet hadiah kaosnya, yah minimal bisa dipake ngece didepan bokap gebetan kak, kalau calun mantunya adalah penyayang makhluk ciptaan Allah yang dilindungiNya.. like WWF begituh 0:)

    twitter : @armansugianto (kali aja minat buat ngefollbacknya kak.. hhe :3)

    1. titiw says:

      Nyahahaha.. Bismillah ya kak semoga komennya yang panjang ini gak sia2.. x))

      1. bismillah.. hhe.. slamat berpuasa ya kakak.. ketahuan deh yang suka gathering dan pulangnya suka bungkus makanan.. just know that i am a stalker ur twit.. kikiww :9

  7. R. Riyant says:

    Penasaran sama DRIMe IV Imaging Engine di NX300 yang katanya mampu membuat >foto 3D< dan video capture.
    Trus saya agak norak sama "Remote Viewfinder" yang bisa zoom in/out dan menekan shutter melalui ponsel.
    Itu cara koneksi ke ponsel gimana kak? Kan seru kalo ngambil snapshot muka temen ;p
    Coba review dong kak :)

    Oiya ini twitterku :D
    @yan_nyonge

    1. titiw says:

      Sippo kakaaak.. Ditunggu riviunyah dari akuuh.. :D

  8. Raseham says:

    Aku penasaran banget sama teknologinya. Samsung NX300 ini kan digadang-gadang sebagai SMART camera. Mungkin secara marketing, ditujuka buat market yang mencari alternatif camera yang menyajikan keunggulan lain di samping “kualitas gambar” mengingat di sisi tersebut telah banyak brand yang telah ber-dekade berkecimpung dengan DSLR sebagai generasi terkini.

    Nah, that’s why terkait NX300 ini, aku penasaran sama additional upside apa yang ditawarkan? Kalo ndak salah, SMART camera ini bisa langsung upload hasil jepretan ke jejaring sosial ya? Kalo bener, ceritain dong mpok, gemana teknisnya.

    Thank you.

    Terus berkarya lewat tulisan dan foto ya, jeung!

    1. titiw says:

      additional upside? Banyak, just wait for my review. Thx for the comment, dear. :)

  9. titiw says:

    Selamat untuk kakak Warm dan Arman sugianto yang berhasil mendapatkan masing2 satu kaos dari WWF Earth Hour! Taro email kamu di komen ini dan kirim data diri lengkap ke titi(dot)akmar@gmail(dot)com ya. :)

  10. wahh.. alhamdulillah menang.. terima kasih kak titiw yang kece.. smoga Allah balas sgala kebaikan kakak.. aamiin.. tetap care dengan postingan bermanfaatnya.. tetap menginspirasi

    *sing baju baru alhamdulillah, buat dipakai dihari raya O:)

    1. titiw says:

      Ditunggu aja ya kaaak hadiahnya. Aku nunggu alamat dll pemenang yang lain. :)

      1. terimakasih sebelumnya kak titiw.. ayoo pembaca yang lain.. sering” berkunjung ke blog ini.. kali aja dapat berkah..

  11. tya says:

    videonya bagus. :’) semoga apa yang newmont lakukan untuk penduduk lokal sebanding dengan kekayaan yang diambilnya. anw, bodi kamu masi kenceng yah dear, #salahfokus asoy deh hihihi

    1. titiw says:

      Itu mah tahan2 perut aja sik.. x)

  12. warm says:

    ealah, saya menang kuwis toohh ? *jingkrak2*
    maap ini kmaren pas mudik jarang2 ngebuka internet, feedreader jg nganggur seminggu lebih euy *malah curcol*

    jadi ya email saya : rd.syarani@gmail.com
    makasih sekali lagi yaa \m/

    1. titiw says:

      Sippo.. Ditunggu aja ya kak, aku lagi nunggu yang lain2 kirim alamat lengkap juga nih biar sekalian. :D

  13. tiok says:

    gara2 baca reviewnya aku jd beli samsung nx 300 nih…moga mau temenin hunting di sekongkang

    1. titiw says:

      Hahaha.. kalo diajak sih aku mau lagi ke sana. Cuss! ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now