Entertainment

10 Film Horor Terbaik versi Titiw

Saturday, 31 August 2013

Best horror movie

DOR! Kaget nggaaak? Nggak? Kaget doong biar tante seneeeng.. Soalnya, di postingan kali ini saya pengen ngomongin film horor nih. Film horor apa sih? Untuk kamu yang gak pernah nonton tivi dari umur 2,5 bulan sampe akil baligh ya mungkin nggak tahu genre film horor. Kalo menurut Wikipedia Indonesia sih, film horror adalah: “Film yang berusaha untuk memancing emosi berupa ketakutan dan rasa ngeri dari penontonnya. Alur cerita mereka sering melibatkan tema-tema kematian, supranatural, atau penyakit mental.” Intinya: SEREM.

Untuk kali ini, saya-yang-takutan-film-horor-tapi-nggak-bisa-nggak-nonton, akan membahas film horor ter-FAVORIT. Favorit ya, bukan film horor terserem kayak yang ditulis sama pacar saya di SINI. Tanpa banyak basa-basi, simaklah 10 film horor terbaik (tanpa urutan) versi tante Titiw beserta trailernya:

1. IT (1990)

Kenapa kebanyakan anak-anak yang besar di tahun 90-an takut sama BADUT? Oh, film ini memberikan kontribusi yang sangat besar untuk rasa takut tersebut. IT diangkat dari novel tulisan Stephen King, novelis jagoan untuk genre-genre seperti ini. Badut yang bernama Pennywise the Dancing Clown muncul di kehidupan anak-anak dan surprisingly muncul lagi ketika mereka besar. Rasa horor muncul secara bertahap dalam film dan bikin saya yang emoh sama badut tambah takut luar biasa. Tapi sayang, ending film ini tidak senendang emosi yang sudah dibangun dalam film yang durasinya sampai 2 jam tersebut.

""

2. Jelangkung (2001)

Yes, Jelangkung adalah film horor Indonesia pertama yang saya tonton setelah remaja. Dan efek dari nonton film ini? Susah tidur hampir seminggu. Mungkin beberapa dari kamu akan bilang kalo film ini gak segitu nakutinnya dan biasa aja. Tapi entah kenapa film ini memberi kesan tersendiri untuk saya yang waktu itu duduk di bangku SMA (ayo tebak umur saya berapa). Karena atmosfer Jelangkung sudah dibikin menakutkan kala itu (tiketnya sold out terus, ada rumor hantunya muncul, endebra endebre..), saya makin tertantang untuk nonton. Beli tiket di PI Mall pagi-pagi, dapetnya jam nonton malem di kursi super paling depan. Oh ya, jika saya takut, entah kenapa yang keluar dari mulut ini adalah tawa, bukan teriakan. Nah, adegan paling najis bikin gak mau nengok ke mana-mana pas bobokadalah saat adegan suster ngesot. Saat itu saya ketawa kencang sampe ingin kencing.

""

3. Hi5Teria (2012)

Mungkin kamu nggak ngeh dengan film Indonesia yang berisi 5 kumpulan film dengan artis yang berbeda-beda ini. Seingat saya, Hi5Teria memang tidak lama tayang di layar lebar. Yang bikin film ini ngeri apa? Karena ramuan yang diaduk dalam film adalah emosi kita sebagai orang Indonesia yang masih percaya akan takhayul ataupun urban legend di beberapa daerah. Misalnya saja adanya kepercayaan mistis jika naik gunung, Palasik dari daerah Sumatera, dan sebagainya. Nonton deh, 3 dari film ini saya kasih jempol ngacung ke atas dengan tingkat ketakutan yang pol jika ditonton. Belum lagi akting dari Sigi Wimala dan Luna Maya yang memang patut diberi 5 bintang berdarah yang sudah dijampi-jampi sebelumnya.

""

4. 4bia (2008)

Harus diakui kalo film horor Thailand itu ngehek setengah mati setengah mateng. Apakah karena muka para pemainnya yang mirip orang Indonesia? Ataukah karena tipikal setannya lokal sehingga mengingatkan akan setan-setan Indonesia juga? Seperti Hi5Teria, 4Bia adalah film yang terdiri dari beberapa film, tepatnya 4. Apa saja yang diangkat dalam film ini? Dari perempuan kesepian yang berteman dengan orang yang iseng SMS ke HPnya, kasus bully di sekolah, sekumpulan teman yang sedang rafting di hutan, hingga kejadian horor di atas pesawat. Sebagai orang yang takut naik pesawat, film ke-empat bener-bener JEDER dan bikin saya teriak dikit dan KETAWA TERBAHAK-BAHAK. Inget kan? saya kalo takut jadinya ketawa?

""

5. Phobia 2 (2009)

Masih film Thailand, kali ini sebenernya 4Bia ke-dua, tapi namanya ganti jadi Phobia. Kalo di 4bia ada 4 film, di Phobia ada5 film, yang digarap setahun setelah 4bia keluar. Tema apa yang diangkat dalam film ini? Remaja yang dipaksa ibunya menjadi biksu, pemuda yang dirawat di RS, backpackers asal Jepang, car dealer, pembuatan film horor. Lucunya, di film terakhir, karakter bernama Ter, Puak, Aey, dan Shin yang ada di 4Bia muncul kembali dengan gaya komedi horornya. Yang menurut saya paling serem? Film yang mengangkat tentang kehidupan car dealer yang licik. Ironis yang diblend dengan rasa haru yang sendu.

""

6. Pee Mak (2013)

Lagi-lagi dan lagi-lagi film Thailand bercokol di list film horor favorit saya. Dan Pee Mak merupakan film horor terakhir yang saya tonton dengan cara streaming di kantor. Yah begitulah kegiatan saya minimal seminggu sekali, kerja lembur ampe malem disambi nonton horor yang selalu ditemenin pacar saya yang juga penyuka film horor. Pee Mak sendiri genrenya horor komedi, tapi itulah jagonya Thailand. Meski kental unsur komedi, masih juga ngagetin di spot-spot yang tepat. Tentang apa sih Pee Mak? Intinya soldier (Mak) yang pulang kampung, kangen dengan istrinya (Nak). Tapi kok Nak tampak beda? Ke-empat teman Mak yang dibawa juga ke kampungnya menduga bahwa Nak sebenarnya sudah mati! Yang udah nonton 4Bia dan Phobia 2, pasti apal siapa yang jadi 4 teman Mak. Betul mereka adalah Aey, Ter, Puak, dan Shin. Wajib tonton kalo mau ngakak sekaligus teriak.

""

7. Insidious (2011)

Satu keluarga kecil pindah ke rumah baru dan masih tahap beres-beres. Salah seorang anak dari 3 anak bertanya kepada si ortu, kenapa tidak ada foto ayahnya ketika kecil? Dan hal itu terjawab dari peristiwa-peristiwa aneh yang terjadi di rumah itu. Yang bikin film ini memorable dan long lasting goosebumpsnya ketika si Ayah masuk ke rumah dalam dunia astralnya. Ada beberapa sosok kayak boneka lilin yang diem dan gak ngapa-ngapain tapi sumpah ya Allah serem banget. Susah diceritain kalo kamu nggak nonton langsung. Denger-denger Insidious 2 bakal rilis juga tahun ini. Stay tuned! Update: Insidious 2 udah naik dan jalan ceritanya keren! WAJIB TONTON!

""

8. Epitaph (2007)

Film Korea yang mengisahkan Korea saat masih diduduki oleh kolonial Jepang. Kamu akan sedikit bingung apakah ini Korea, atau Jepang, atau Korea. Karena tidak semuanya memakai bahasa Korea, ada adegan yang terus menerus memakai bahasa Jepang. Film diawali dengan adegan seorang dokter tua yang membuka album foto lamanya. Dan ingatannya akan kehidupannya sebagai dokter magang di sebuah RS pun melayang.. Film ini beralur agak lambat, dan somehow memakai trick-trick yang tidak biasa dalam film horor, namun itu yang menjadikannya selalu terbayang dalam ingatan. Lepas dari hal-hal horor, Epitaph memadukan scene-scene indah yang membuat kita tersenyum, namun juga menangis. Dan tentunya: berteriak.

""

9. Dead End (2003)

Film berbajet rendah ($900,000)¬†namun menghasilkan¬†$77 juta dari penjualan DVDnya. DVD? Yup, it’s 2003 era we’re talking about, young man. Bercerita tentang keluarga yang ingin berkunjung ke rumah kerabat saat Natal. Sepasang ortu, 2 orang anak, dan 1 pria pacar si anak cewek. Dalam perjalanan, hal-hal aneh mulai terjadi.. Tapi yang lebih aneh lagi.. Mereka tidak sampai-sampai ke tempat tujuan. Seperti berputar lagi di tempat yang sama.. Berputar lagi.. Berputar lagi.. Meskipun Dead End adalah film 10 tahun lalu, saya baru saja menontonnya secara streaming. Dan film ini memang jalan ceritanya menarik dan bikin penasaran, sehingga meskipun tone film agak-agak lawas, kalah sama ceritanya yang emang bagus. Worth to watch.

""

10. Shutter (2004)

Thailand memang juara. Kembali lagi saya menyisipkan satu film sebagai penutup dari postingan yang saya buat di tengah malam sambil ditemani lagu-lagu melankolis yang keluar dari laptop kesayangan. Ceritanya? Tentang fotografer yang dihantui masa lalu. Literally. Pernah denger orang yang lagi sakit leher dan ada yang becandain: “Jangan-jangan kayak film Shutter!” Nah, sebelum nonton ini film.. Saya udah kena spoileran dikit-dikit. But believe me, spoileran itu nggak ngefek apa-apa dengan adegan-adegan yang disuguhkan. Damn you, Thai movie!

""

Itulah dia 10 film horor terbaik versi saya sendiri. Mungkin daftar ini akan berkembang lagi kalo tau lebih banyak film-film horor yang ciamik. Ada referensi film horor yang menurut kamu lebih keren? Don’t hesitate to share! :)

33 thoughts on “10 Film Horor Terbaik versi Titiw

  1. meydew says:

    selera horor kita sama kaakk!
    saya penakut abiss, tapi napsu klo nonton film horror, asal jangan lupa bawa pashmina (buat kerudungan klo takut hahaha).
    btw, film horror tempo doeloe yang bintang utamanya suzanna juga juara bikin anak kecil ngibrit kak :)))

    1. titiw says:

      Anjjeeer.. Suzanna mah gak usah ngapa2un juga udah sereem! Combo serem matanya ngeliat kita sambil ngemil bunga melati. Eyaaak.. :))

  2. Raseham says:

    Waaaahhhh….

    Bersyukur punya racap yang doyan nongton horror. Gak cuma suka minta honor. Apalagi kalo suka nyumbang, jadi donor.

    Aku belum pernah nonton IT. Sepertinya bagus (baca: menakutkan) meski dari trailer keliatan gimana pecah/berisik nya sound dan juga efek2 yang tidak mumpuni (maklum sih itu film lama).

    Kalo Phobia 2, aku paling suka justru cerita ke-2. Di mana ada seorang pemuda yang abis kecelakaan, kakinya luka parah, lalu dirawat di ruang kelas 1 (seruang berdua sama pasien lain).

    Epitaph parah ya. Di scene andalannya itu serem bgt! Gak cuma serem, jalan/ide ceritanya BAGUS. Bener juga kata kamu, banyak scene2 indah.

    Overall aku setuju bgt sama list kamu. The Conjuring gak masuk nih ya?

    1. titiw says:

      Conjuring ngagetin. Tapi gak bagus2 amat. Hehe.. Jadi, what’s next nih bahan strimingan kitaa? :D

        1. titiw says:

          Mau sik. Asal jangan di rumah kamu sambil ada mama papa kamu. Mau tereak2 kan ndak enak. Haha..

  3. Ranie says:

    haiiii, kirain tadinya… bakalan ada the conjuring (secara lagi heboh sama anabellenya) tapi sejauh ini thailand emang juara dunia kalau soal horor mah

    1. titiw says:

      Sayang sekali ndak adaa.. Hahhaha.. Eym.. Thailand ngagetiiin dan emang sereeem! :))

  4. neng_tyup says:

    Tiw…ajak aku dong striming-an..kasih aba aba yak biar anak dititip drumah oma..hahaha

    1. titiw says:

      Bener nih? Hayo mau kapaan? Kalo mau rame2 mah di kantor aku bs nonton di tivi gede.. dipasang dr laptop. Hehe..

  5. thalique says:

    lebih serem mana Kakak, nonton pelem horor ama dikenalin pacar ke orang tuanya hehe

    1. titiw says:

      Itu mah udah lewat kak. Malah pas dikenalin pertama kali.. Aku disuruh nonton film horor sambil nunggu doski beres2.. jadi obrol sama bapaknya sambil nonton itu.. :))

  6. tya says:

    aaakkk maw setannya pocong sampe bayangan putih yg melayang2 aku paling gak suka sama pelem horor *ngumpet* makanya paling bete kalo suami malem2 nonton dunia lain sementara kata dia aku gak asik ga bisa diajak nonton yg horor -_-

    1. titiw says:

      Ah kamu kaaak.. Ini kan bukan yang dunia lain begonooh.. Peleem.. bukan yang hantunya dimasukin di botol sirop ABC.. -__-“

  7. Ahsan says:

    Keramat gak masuk nih, kak? Padahal menurut saya, keramat adalah film horror lokal paling serem setelah era Suzanna.

    Gaya pengambilan gambarnya yang mirip dokumenter membuat efek seremnya semakin nyata. Apalagi pas sudah masuk hutan… Hihihi..

    1. titiw says:

      Gak aku masukin karena belum liat. Ini aku sempet liat sekilas.. Cuma lagi rada males waktu itu. Kind of Blair Witch project gak sih? Mungkin kalo udah nonton aku bisa masukin yes.. Thank you sarannya. :D

  8. Wong Simpang says:

    No1 Teatap shutter.. horor terbaik yang pernah aq tonton :)

    1. titiw says:

      Wahahaha.. Apalagi kalo inget adegan terakir yang digelayutiiin! x))

  9. iqs says:

    The Bay ga masup, Ti? V/H/S juga keren loh. Trus ada Texas Chainsaw Massacre, The Ring, Ju On, The Loved Ones dan banyak lagi yang lainyaaaaaa,,, ter la lu

    1. titiw says:

      KAK. INI KAN CUMA 10. SABAR KAK. hahahaha.. The Bay sama V/H/S belom nonton. Sedangkan macem the ring sama ju on serem doang, gak paling bagus menurut eike. Hehe.. Eh kamu ngeblog lagi dooong. :D

      1. iqs says:

        You should watch V/H/S dek.. yang kedua ada film dari Indonesia lho ;) V/H/S/2 is likely to be as popular with fans as its predecessor. It certainly earns that right.

        http://www.rottentomatoes.com/m/s_vhs/

        Scary shit :D

        1. titiw says:

          LANGSUNG WAJIB DITONGTONG INIIIH! :))

  10. bintang kecil says:

    wah wah…
    setuju bgt ama pendapat itiw.
    setelah w nonton film-film diatas, terutama shutter -karna kebetulan waktu itu leher n pundak w lagi sakit-, w ga bisa tidur atau ga berani ke jamban sendiri *lha*

    1. titiw says:

      hgahahhahhaha.. jamban banget kaaak anaknyaaa.. :))

  11. Harvina Vera says:

    Carrie,The Uninvited & The Conjuring ga ada mba? Keren pake BGT lhoo :D

    1. titiw says:

      uninvited belom nonton, carrie yang versi lama apa baru? Conjuring udah nonton. Ngeriii tapi gak segitu kerennya menurutku. :D

  12. iechiego says:

    Make me sudder gak ada ka?? :D itu juga rame lho meski agak lucu :D

  13. iechiego says:

    Make me sudder 1 or 2 gak ada ka?? :D itu juga rame lho meski agak lucu :D

    1. titiw says:

      Waaaaks! Aku malah suka film2 lucu horor! :)) Thanks yaaa..

  14. bunda rafi kalila says:

    Setuju tuh sm jelangkung, insidious, and shutternya. “Mama” gak masuk nih.. Agak ngeri juga ngebayangin dr kecil dirawat sm setan di dlm hutan pulak.. Aaakkkk…

    1. titiw says:

      Mama aku belum punya guts untuk nonton! Hahahaha.. Udah nonton yang versi short movienya dan bergidik. Gilaaa gilaaa..

  15. rosalin says:

    Horor thailand yang paling nyeremin.. buppah rahtree 1,2 n 3 ka kl yang jadul.yg baru2 jg byk yang bagus.. seneng baca2 postingan gini..mksh y kaaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now