Events

Wisata Kuliner Makassar via Lomba Blog Resep Sehat

Friday, 20 September 2013

wisata kuliner resep sehat

Excited! Itu dia perasaan saya ketika melihat pengumuman lomba blog Resep Sehat. Kenapa? Karena hadiahnya adalah wisata kuliner dan jalan-jalan ke Makassar yang notabene adalah kampung halaman saya dan orangtua. Untuk itu, saya langsung ngulik-ngulik nih terms and condition untuk ikutan si lomba blog. Ternyata, tema lomba blog Resep Sehat ini adalah “Tradisi Baik Untuk Keluarga Sehat”. 

Pikiran saya langsung melayang dengan tradisi makan keluarga di rumah. Jadwal makan orang Makassar itu memang agak sedikit melenceng dengan tipikal jadwal makan orang kebanyakan, seperti juga orang-orangnya. *lho* Kalo biasanya orang-orang makan pagi – siang – sore, di rumah saya jadwalnya seperti ini:

  • Ngeteh & roti atau pisang goreng atau crackers: Jam 7 pagi
  • Sarapan nasi: Jam 10 pagi
  • Makan siang (atau sore?): Jam 3 sore
  • Ngeteh & cemilan: jam 4 atau jam 5 sore.

Selepas maghrib, nggak ada tuh yang namanya makan malem pake nasi. Biasanya Papa ngemil jus atau pisang, begitu pula dengan Mama. Alhamdulillah dengan pola makan seperti itu orangtua saya masih aktif dan sehat. Cuma aja anaknya yang satu ini nih yang suka begadang dan pola makannya berantakan, sehingga lebih sering sakit. Hihi.. Tapi meskipun terlihat asal-asalan, saya ini suka masak lho. Tipe masakan yang paling saya suka adalah masak sayuran. Sehat doong?! *minta dukungan* Misalnya aja, pas beberapa minggu lalu Mama cuss ke Bali sama temen-temennya, saya bikinin Papa setiap hari sayuran dengan berbagai variasi. Coba dilihat gambarnya di bawah ini.

Omelette Andalan

Tips untuk masak, pastikan semua bahan segar dan alat masaknya telah dicuci bersih. Minyak yang dipakai menumis atau menggoreng pun tentulah harus dipilih yang sehat dan baik. Seperti misalnya: lebih banyak mengandung lemak tidak jenuh dan mengandung asam lemak esensial. Ingat, jangan pake minyak yang sudah berkali-kali dipakai ataupun yang merknya nggak jelas. Untuk resep? Kadang saya pake feeling aja, kadang nyontek di google. Ehe. Ehe.

Balik lagi ke lomba blog Resep Sehat, saya mau share beberapa ketentuannya nih:

  1. Tema Lomba blog: Tradisi Baik Untuk Keluarga Sehat
  2. Periode: 21 Agustus – 30 September 2013 (buruan, tinggal 10 hari lagi!)
  3. Pengumumuman pemenang: 13 Oktober
  4. Hadiah: Paket trip kuliner 3hari/2malam ke Makassar untuk 6 orang pemenang terpilih, yang akan ditemani oleh selebtwit (YA AMPYUUN NANTI KITA BISA JADI SELEB JUGA NGGAK?!).
  5. Tiket dan akomodasi akan ditanggung panitia.

Selengkapnya bisa dibaca di poster yang saya cantumkan ini atau baca INI. Ayo ikut lomba blog Resep Sehat, siapa tahu bisa jalan-jalan ke Makassar dan kulineran di sana. Mie Titi, Sop Konro, Pisang Epe, Es pisang ijo, Otak-otak Makassar, wait for meeee! :D

4 thoughts on “Wisata Kuliner Makassar via Lomba Blog Resep Sehat

  1. rasehaM says:

    Aaaaakkkk…Aku mau dong dimasakin sama Rahmayanti Akmar lagi. Enak betul! Trus juga dibikinin salad buah sebagai hidangan penutup. Nyam nyam nyam.

    1. titiw says:

      Aaak, aku sengajak selalu masakin yang sayur2 dan sehat buat kamu biar kamu bisa lebih lama mencintai aku. *dangdut mode: on*

  2. tya says:

    aww aku juga suka nulis resep tapi curang resep andelan mama mertua semua, hihih. etapi masakannya ga harus makanan makassar kan ya neng?

    1. titiw says:

      Gak harus makanan makassar, cuss aja coba ikutan, sapa tau diundang kak ke makassar kulineran dan jalan2. ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now