Wedding

Review Vendor Lamaran Titiw-Mahe

Monday, 3 February 2014

Tadaaaa! Tulisan yang ditunggu-tunggu dan sudah ditanyakan oleh beberapa orang akhirnya pun muncul, yaitu: Review Vendor Lamaran! Ngapain sik sebenernya tujuan review-review gini? Ya supaya makin banyak orang yang kebantu. Dari sisi calon pengantin yang mau riset sebelum ngadain lamaran, sampe sisi si vendor yang saya promosiin secara gratisan. Langsung aja yeah, variabel-variabel yang membentuk “ACARA LAMARAN” saya adalah sebagai berikut:

1. Venue
Rumah saya sendiri sebagai calon pengantin perempuan (CPP) yang ada di bilangan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Lagipula memudahkan juga karena rumah Mahe terletak di Jatiwaringin, sekitar 15-20 menit dari rumah saya.

2. Dekor
Dekor? Kagak kepikiran tuh rumah ini didekor. Lagian percayalah, orang-orang kebanyakan akan merhatiin dandanan si CPP dan nunggu makan siang dibandingin dekor. Kalo saya liat di beberapa blog orang sih, emang ada juga yang didekor niat gitu rumahnya. Biasanya sih tipikal mbak-mbak sosialita yang duitnya agak tumpah-tumpah. *no offense neng* Intinya sih yang penting rumah bersih dan singkirkan barang-barang gak berguna 2-3 hari sebelum hari H biar rumah agak lebih lega. Untunglah saya punya Mama yang punya hobi bersihin rumah, nyahahaha.

3. Sanggul
Sekedar share, rambut saya ini sebenernya cepak. Tapi karena kudu disanggul, maka ni rambut gak saya cukur dari sekitar bulan Mei 2013. Dan panjangnya masih segitu-segitu juga. Tapi dengan canggihnya, Joe sang stylist di Tommy Salon bisa membuat rambut saya seuprit menjadi sanggul yang mantabh! Vina yang nganterin saya sanggulan pagi-pagi juga disanggul dengan kepang-kepang manis oleh doski. Harga nyanggul gak mahal, Rp 51.000 aja kak, tapi kalo request mau dikerjain pagi-pagi sebelum salonnya buka maka harganya jadi 2x lipat.

Tommy Salon
Jl. Pondok Kelapa Raya Blok B7 No. 1 (021-86343013)

Sanggul Lamaran

Di salon, saya baru nyadar kalo sanggul saya polos banget kayak muka saya. *muke lo polos kayak setan* Sehingga sesampainya di rumah agak panik dong. Kok bisa-bisanya gak inget nyiapin hiasan rambut Tiw? SECARA TERAKHIR GW DISANGGUL ITU HAMPIR 10 TAHUN LALU PAS LULUS SEKOLAH! Ya mana guweh inget?! Untunglah Abim sohib yang dateng dari pagi merangkap dukun manten cukup satset. Doski liat keliling rumah saya dan ngembat 1 vas bunga plastik nyokap. Dipakailah bunga itu buat menghias rambut saya. Hasilnya: Manis manja gruuup!

4. Makeup
Duet mau Abim dan Andin, temen saya dari jaman kuliah memoles muka saya yang abal-abal ini menjadi mbak-mbak kece dengan tampang “Dilihat-boleh-dipegang-jangan” karena muka saya jadi tampak flawless dan manglingi. Eh ini kata orang-orang loh, bukan kata saya. Pengerjaannya sendiri dikerjakan selama kurang lebih 1 jam di kamar, yang sedikit-sedikit diselak dengan sesi foto-foto, dan ditouch up lagi dikit pas mau keluar kamar. Gemanah menurut kamuh hasil renov muka sayah? :D

Makeup lamaran

Abim & Andin si dukun manten

Abim & Andin si dukun manten

5. Catering
Jujur aja, saya dan Mahe gak terlalu concern yang harus gemana-gemana untuk makanan catering. Sehingga pas temen Mama nyaranin katering Mardika , saya iyain aja. Yang bikin rada dagdigdug, Mardika ini bilang semua pembayaran dilakukan pas hari H aja nggak usah DP. Namun untungnya mereka cukup profesional dengan datang di rumah pukul 8 pagi untuk bersiap-siap. Dekorasi meja biru-silver yang saya minta juga cocok.

Menu yang dipilih adalah menu A seharga @Rp 36.000 yang dipesan 100 porsi. Menunya:

  • Nasi putih
  • Sup Kimlo
  • Rolade Daging > nyisa banyak, kalo diganti dendeng balado kayaknya akan lebih laku
  • Ayam Rica Bakar Merah > nyisa banyak, kalo diganti ayam suwir kayaknya akan bikin orang gak males ngambil
  • Udang Goreng Tepung
  • Cap cay
  • Sambel Kentang Kering > laku banget, abis bis bis
  • Salad > Kata ibu-ibu komplek, saladnya debes.
  • Kerupuk Udang
  • Air Mineral (kemasan gelas)
  • Puding dengan fla > Ini yang paling failed. Di mana-mana mah fla puding itu kan cair-kentel gitu yak. Kalo ini mah yang keras gitu, jadi kayak puding warna putih.
  • Kue-kue (brownies, keju, lumpia)
  • Buah potong (semangka & melon)
  • Soft drink (cola & fanta)

Untuk rasa, saya gak bisa ngomong karena di hari itu saya cuman makan basa-basi karena kudu ke sana sini, ngobrol ini itu, difoto lala lili. Tapi menurut tante saya sih makanannya enak kok dan kuantitasnya cukup berlebih. Setelah dihitung, total tamu kitaada sekitar 90 orang, sedangkan sisa makanannya super banyak yang bisa deh dimakan sekitar 20 orangan lagi. Yang saya suka sih catering ini juga nggak ngeburu-buru untuk beberes. Acara saya mulai 10.30, mereka dateng jam 08.00, dan baru pulang jam 14 lebih setelah Mama saya minta mereka beresin meja. Kalo dikasih angka, 7,5 out of 10 lah buat Mardika Catering.

KATERING MARDIKA
Jl. Nusa Indah I/8 No. 120 Kel. Malaka Jaya
Prumnas Klender, Jakarta Timur 13460
Tel/Fax : 021-8605715 , 8630829
087887718534 , 0818670248

Penampakan dekorasi tenda & meja catering

Penampakan dekorasi tenda & meja catering

6. Tenda
Ayung Pesta. Saya memakai service penyewaan tenda dan kursi ini hanya karena pak RT setempat katanya beberapa kali memakai layanan mereka. Lagipula letaknya pun tidak jauh dari rumah, sehingga saya dan Mahe langsung deal di awal pertama kami bertemu.

Plus: Tenda sudah dipersiapkan 2 hari sebelum hari H, katanya untuk ngecek apakah bocor kalau kena hujan
Minus: Bikin deg-degan booo. Janjinya H-1 udah bawain kursi, ternyata mereka kirim hari H, jam 9 pagi, dimana beberapa tamu sudah dateng! Ditelpon-telpon gak nyambung, disamperin ke sana sama om saya, ternyata bangku saya dipake dulu di acara orang meninggal. Bukannya gak empati, hey shouldn’t you be more professional?! Dibela-belain di sana, trus tamu saya pegimana?! Untungnya warna yang saya pilih yaitu biru dan silvernya bener. 7 out of 10 buat Ayung Pesta deh. Untung juga ada Vina yang udah bantuin nelponin si tenda dan inisiatif minta om saya samperin. Thanks dear. :*

7. Outfit

  • Titiw: Kebaya Anne Avantie & Rok Batik jadi beli di Thamrin City. Kebayanya itu dipinjemin sama Bu Bos di kantor, itu kebaya dia waktu masih muda, yang Hamdallahnya muat di saya. Sedikit dirapiin aja di Norma Butik, Rawamangun.
  • Mahe: Batik semi tulis Pekalongan beli di depan komplek rumah, celana mrekecet The Executive koleksi pribadi dari lama.

8. Pertukaran tanda mata
Biasanya kan orang-orang tuker cincin tuh, tapi kita mau rada indie. Mahe ngasih kalung emas bertahta safir yang dipasangkan Mamanya ke saya, dan Mama saya memberikan tanda mata berupa sarung Bugis yang dipakaikan saat itu juga.

Outfit & Tanda Mata

Outfit & Tanda Mata

9. Foto/Video
Derzia Photography. Pertamanya milih vendor ini untuk foto dan video perkawinan nanti, tapi sekalian aja deh buat lamaran juga. Karena hasil foto sama videonya belum jadi, maka hasil dan penilaiannya nanti menyusul yes.

Update: Hasil foto lumayan kece untuk low budget, bisa dilihat foto lengkap lamaran di SINIĀ dan review lengkap saya di SINI. Skor 8,5 out of 10 untuk Derzia.

10. Kotak Seserahan & Hias
Kotak seserahan untuk saya yang berjumlah 7 pcs dipinjemin sama tetangga, dan kotak seserahan untuk Mahe yang berjumlah 4 pcs beli di Pasar Mayestik. Untuk hias seserahannya hias di toko yang sama juga, namanya Aliyan’s. Ancer-ancernya, dari lobi pasar Mayestik yang baru turun sekali naek eskalator. Ke kanan, ke kiri, samping toko keramik. Agak nyempil di tengah gitu. Kenapa saya pilih toko ini? Karena taste hiasnya paling lumayan dari seantero toko hias seserahan di Mayestik. Menurut saya tapinya lho. Biaya hias 1 seserahan Rp 35.000, tapi kalo yang kayak mukena dijadiin masjid, harganya Rp 50.000. Waktu pengerjaan: 4 hari – seminggu. Tante cukup puas, 8,5 dari 10 buat vendor ini.

Aliyan’s Keranjang
085710510518

Seserahan lamaran

11. MC
MCnya keluarga saya sendiri yang udah agak sepuh yaitu Bunda Ros. Beliau ini udah sering bawain acara dan merupakan sebuah ketua yayasan panti asuhan gitu. Meskipun udah agak berumur, beliau sat set dan gak banyak basa-basi. Sreg deh sama “oma” saya yang satu ini. :D

Bunda Ros yang paling kiri

Bunda Ros yang paling kiri

12. Sound & Mic
Sound jangan lupa dipersiapkan. Untuk Mic, 2-3 buah juga cukup. 1 dipegang MC, dan 1-1 dipegang masing-masing pihak pria dan wanita. Untuk sound dan mic ini saya sih gratisan karena dipinjemin sama Pak RT. Makasih Pak Rete! :D

***

Sekian review saya terhadap vendor-vendor lamaran saya yang dilangsungkan Sabtu 25 Januari 2014 lalu. Yang paling bikin keluar duit sih emang pastinya di catering sama di tenda. Tapi kalo emang keluarga kamu mau agak repot dengan masak sendiri juga oke lho. Dan untuk beberapa printilan nggak usah beli, pinjem aja. kayak kotak seserahan atau sound dan mic seperti yang saya lakukan. Intinya: kalo bisa murah (bahkan gratis), ngapain mahal? Good luck! :)

PS: Foto-foto lamaran lebih lengkap bisa dilihat di SINI

32 thoughts on “Review Vendor Lamaran Titiw-Mahe

  1. ditacint says:

    Tsakep kaaak.. Review detail kotak seserahan isinya apa aja dong kaaak.. plis kaaak.. kumohon kaaak… kesian kaaak… belom makan 3 jam kaaaak…

    1. titiw says:

      Hadeuh ni calon penganteeeen pasti gak makan 3jam bia kurus yaaa?! *eh* iya iya ini isi seserahan mau ditulis iniih. Kheses buat yeiy. Awas lo kalo kagak dibaca ntar. Nantikan penayangannyaaa..

  2. kakak! resepsinya kapan kakak? biar aku bisa nyiapin baju mahal dulu..kakaka. :D

    1. titiw says:

      Huaha.. Nanti dikabarin, kakaaak..

  3. Maharrani says:

    Nambahin tips boleh ya :D

    Seperti yang udah kamuh tulis. Buat catering (atau bahkan kalau masak sendiri) pilih makanan yang nggak sisain tulang. Praktis buat tamu, bisa meminimalisir sampah juga.

    1. titiw says:

      Ihiyy dapet tips dari bumil. sip sipp makasih duut.. :D

  4. pipit says:

    owwwhhh. isi seserahannya kayanya ada naked pallete yahh.. :D

    titiwww… before and afternya ga ada bedanyaaaa… sama-sama cakep.. itu artinya dirimuh ga perlu dipoles sana sini, emang udah kece dari sononyeee :D

    sekali lagi congrats yaaaaaaa…

    1. titiw says:

      Liat aja mbaaak.. Hihi. Eh sama2 cakep apa sama2 jelek? x)) Makasih yaaa..

  5. Bieb says:

    Selanjutnya ditunggu perjuangannya untuk survey lala-lili menuju persiapan hari H. Ganbatteeee!!! :D

    1. titiw says:

      Arigato gozaimasu, Bieb! :D

  6. asik asik jos, akhirnya melepas masa lajang…
    wah sharenya oke banget nih… :) Semoga jdi keluarga yg Sakinah mawadang warahmah ya…

    1. titiw says:

      Makasih kakaaak.. Asik asik jos! :))

  7. nengbiker says:

    ADA KACAMATA DI SESERAHANNYAAA!!!

    EPIC!!

    1. titiw says:

      Itu kotak traveling.. ada jaket juga sama sleeping bag. Aheeeey

  8. lindaleenk says:

    Ohh..itu kebaya minjem? Keren banget dapet pinjeman kebaya kece. :))

    1. titiw says:

      Kaaak.. Kalo aku punya duit beli kebaya anne avantie maahh.. mendingan buat kawinan! :)) Eh kamu acaranya kapaan? ;)

  9. Miranti says:

    Selamat yaa. Semoga persiapan hari-Hnya lancar. Btw, jadi vendornya udah dapet semua?

    1. titiw says:

      Vendornya Insha Allah udah semua, blog kamu cukup membantu lho. makasih Yaaa.. :D

  10. before nya dah cakep apalagi afternya kakaaa…btw ijin nyimak #capeng juga

    1. titiw says:

      Aw aw.. makasih ya neng.. :’)

  11. Zizy Damanik says:

    Asyikkk….
    Selamat lho Ti, tinggal sedikit lagi maka selesai sudah satu utang sama ortu.

    1. titiw says:

      Hihi, Hamdallah Mbak. Semoga lancar, thanks. :)

  12. abim says:

    ini yg bikin rambut si JOE TASLIM..?? aaaakkkkkkk tanda tangan plis!!!!

    1. titiw says:

      Foto bareng ceuuu sekaliannn..

  13. sudah ada kah review lanjutan nomer 9 ??
    :)

    1. titiw says:

      Udaaah tapi belom aku masukin. Sek yooo.. :D

  14. Indriana says:

    Mbak Titiw, aku akhir2 ini rajin banget nyimak blog kamu niih. Informatif banget! Terutama buat capeng2 clueless seperti sayah. :’) Btw, mau tanya mbak, emang bisa ya kotak seserahan pinjem dari tokonya?

    1. titiw says:

      Halo Indriana. Ih makasih banget yaaa udah main2 ke sini. Setau aku sih kotak seserahan gak bisa pinjem. Hehehe tapi aku kemaren pas lamaran pinjem ke tetangga. Jadi bukan minjem ke abang2 jualan. Ntar yg ada mah abangnya minta kencan kalo kita minjem ke dia. :))

  15. Anindita says:

    kak tiw, rumahku di pondok bambu juga loh hehe beda blok aja kayaknya :D
    rencananya untuk lamaran nanti mau pake catering Mardika, mamaku juga dapet saran dari ibu2 komplek pondok bambu hehe
    dapet inspirasi deh buat tendanya, soalnya aku clueless banget gak ngerti soal tenda2an x))

    1. titiw says:

      Waaah tetanggaaa hahahaha.. Good luck dan lancar2 ya neng. mardika bisa dipercaya kok, yang failed cuma pudingnya aja. Mending gak usah pake, diganti jadi buah-buahan. Dan rajin2 update mereka. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now