Events

Selamat Hari Perempuan, Srikandi Merah Putih!

Tuesday, 18 March 2014

Srikandi Merah Putih Indosat

Kita tahu kalau tiap Desember selalu dirayakan hari Ibu. Tahu pula jika tiap bulan April dirayakan hari Kartini. Namun untuk di bulan Maret, tahukah kamu bahwa ada juga yang namanya Hari Perempuan? Ya, Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tanggal 8 Maret dalam rangka memperingati keberhasilan kaum perempuan di berbagai bidang seperti ekonomi, bisnis, sosial budaya, sampai seni. Saya yang setiap hari scrolling Instagram ini cukup setuju dengan adanya Hari Perempuan.

Di tiap foto yang saya lihat, banyak bener cewek-cewek keren dan berprestasi, bahkan yang usianya masih sangat muda. Sebut saja Andien si penyanyi yang bersuara emas dan memiliki fashion sense paripurna yang seringkali memadu padan kain-kain khas Indonesia. Ada pula Mesty Ariotedjo, seorang dokter muda yang pernah bertugas di NTT, cantik, model iklan, dan juga handal memainkan harpa.

Tapi Tiw, yang lo sebutin tadi kan mereka yang muda, dikaruniai kecantikan fisik, dan juga tinggal di Ibukota. Nggak adil ah. Emangnya ada perempuan di luar itu yang punya karya-karya lain yang namanya juga bisa disebut? Ada. Banyak. Seperti misalnya saat saya ke Gunungkidul di akhir tahun 2012, saya melihat bahwa yang menjadi pahlawan di daerah tersebut adalah perempuan.

Tepatnya seorang bidan yang bernama Bidan Liestyani. Ia menjadi seorang pahlawan karena selain melakukan apa yang menjadi tugasnya, ia juga mengusahakan sumur bor agar dekat dengan perkampungan. Hal tersebut membuat tingkat kematian Ibu yang melahirkan berkurang drastis. See? Hari Perempuan emang bener-bener harus dirayakan dengan patut.

history women

Maka daripada itu saya cukup salut ketika melihat adanya program yang bernama Srikandi Merah Putih. Kegiatan Srikandi merah Putih bertujuan untuk memberikan penghargaan pada perempuan-perempuan yang menjadi sosok inspiratif bagi kita, para perempuan. Jadi, dari perempuan untuk perempuan. Kalo disebutin satu-satu sih gak habis-habis ya perempuan Indonesia yang sukses di kancah nasional maupun internasional. Namun program ini memiliki 21 kandidat Srikandi dari latar belakang beragam yang dapat kita pilih.

Setelah saya baca lebih lengkapnya di SINI, saya mau nangis. Ya maklumlah saya anak empatian, sampe temen-temen ngatain kalo saya ini emang tearjerker banget. Hahahaha.. Abisnya, siapa juga yang gak haru sekaligus merinding melihat perjuangan Butet Manurung untuk mengajar suku Anak Dalam dengan segala tentangan dari berbagai pihak?

Siapa yang gak salut melihat Angkie Yudistia, yang meskipun memiliki kesulitan pendengaran namun bisa jadi AbNon Jakarta dan memenangi berbagai kontes yang bahkan dirasa sulit oleh mereka yang “normal”? Dan keharuan saya pecah ketika membaca kisah dari Irma Suryati, penyandang cacat asal Semarang.

Berkali-kali ia ditolak kerja karena fisiknya, namun dengan kegigihannya sendiri ia sekarang menjadi seorang pengusaha keset kain perca yang sukses setelah berbagai pengalaman jatuh bangunnya. Ia seakan menantang isi Undang-undang yang menyatakan bahwa penyandang cacat dipelihara oleh negara. Bukan hanya ia bisa berdikari, namun ia juga mampu menghidupi puluhan orang dari bisnisnya tersebut.

Itu baru tiga orang yang saya sebutin. Sisanya, coba deh lihat sendiri di webnya. Kalo lihat di sini sih, kamu bisa berpartisipasi dengan memilih seorang dari Srikandi Cerminanku beserta dengan alasannya. Oh ya selain memilih dari 21 orang tersebut, kamu juga bisa menominasikan perempuan yang menurut kamu berprestasi dan punya dedikasi untuk lingkungannya di halaman Srikandi Negeriku.

Misalnya saja kamu punya temen yang sukses wirausaha dan butuh modal untuk ekspansi. Karena, Srikandi yang kamu nominasikan bisa saja terpilih untuk diseleksi dan mendapatkan biaya pelatihan agar usahanya makin dikenal luas oleh masyarakat.

Intinya:

  • Nominasikan salah 1 Srikandi Cerminanku dan kamu bisa dapet paket kecantikan Rp 500.000
  • Nominasikan 1 orang Srikandi Negeriku dan kamu bisa dapet paket kecantikan dari The Body Shop seharga Rp 500.000.
  • Nantinya perempuan yang kamu nominasikan di Srikandi Negeriku bisa dapet penghargaan dan modal yang dibantu oleh Indosat.
  • Periode pemilihan berlangsung 8 Maret 2014 – 14 April 2014

Saya mau milih juga ah, lumayan paket kecantikan bisa bikin tambah kinclong dan bikin nilai jual perempuan Indonesia makin naik. Hehehe.. Well anyway, selamat berkarya perempuan-perempuan Indonesia. We are proud of you. Sekali lagi, Selamat Hari Perempuan, you girls rock! :)

← Next Post
Previous Post →

6 thoughts on “Selamat Hari Perempuan, Srikandi Merah Putih!

  1. Selamat hari perempuan kakak, semoga kakak juga jadi srikandi2 bangsa ini hehehe. Kalo gw kayak nya sama terenyuk liat perjuangan butet manurut, sempet baca buku biografi nya :-)

    1. titiw says:

      Selamat hari perempuan! Iya tuh si buku butet manurung itu juga penasaran bacanya, udah nonton soalnya si filmnya.

  2. Bieb says:

    Selamat hari Perempuan!!
    Kami dari program BIRU (Biogas Rumah) juga punya Srikandi yang tekun memanfaatkan bioslurry (sisa ampas biogas) menjadi ladang bisnis di Lembang. :)

    1. titiw says:

      Nah, kamu ikut milih si Srikandi Negeriku aja tuh Bieb, menominasikan Srikandi yang menurut kamu cucok. Sukses programnya ya! :D

  3. tya says:

    merinding baca profilnya beberapa srikandi terutama butet, kerasa deh aku bukan apa2 dibanding mereka, mw vote ahhh, thx infonya neeng :*

    1. titiw says:

      Sama2 sayaaaangg.. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now