10 Tips Memilih Catering Pernikahan

Tips-Memilih-Catering

CATERING. Delapan huruf doang, tapi maknanya guedee banget buat orang yang mau nikah. Bukan maknanya doang, tapi budget paling gede (ya Allah gede banget) saat kamu mau nikah yang terletak di point ini. Sekedar share, saya mencari catering pernikahan 4 bulan sebelum pernikahan dan hamdallah langsung ketemu yang cocok di kantong dan mulut, yaitu Chikal Catering.

Kamu gak pernah denger? Berarti budget kawinan kamu gede karena Chikal ini levelnya menengah banget, saya aja sampe bingung dia ngambil untung di mana karena Chikal itu best value dilihat dari menong-menong. Tapi sebelum beranjak mereview Chikal di postingan selanjutnya, berikut beberapa tips dalam memilih vendor catering agar tidak sesat di jalan dan terpaksa nanya ojek dan mau gak mau digodain abang ojeknya:

1. Tanggal
Pastikan catering tersebut masih lowong dan gak ada yang meminangnya di tanggal yang kamu mau. Biasanya si catering emang perform di beberapa kawinan dalam satu hari, tapi menurut hemat saya jangan milih catering yang sampe puluhan performnya di satu waktu, takutnya keteteran. Lebih mudah lagi jika kamu sudah DP gedung sehingga nggak usah nanya-nanya alternatif tanggal ke si catering. Satu tanggal aja. Fix.

2. Rekanan Gedung
Cek apakah catering yang kamu mau adalah rekanan dari gedung yang kamu pakai. Karena hal ini berhubungan dengan charge yang biasanya dibebankan dari gedung. Jika rekanan, ada yang bebas charge, ada yang chargenya jadi lebih murah. Kalau tidak rekanan, biasanya harga membumbung tinggi. Namun ada untungnya juga kalau bukan rekanan dan si catering ngasih harga yang wajar, karena biasanya si catering bakal perform sebaik mungkin supaya dia dimasukkan daftar rekanan si gedung.

3. Survei survei survei!
Jangan males browsing dan tanya-tanya. Bandingkan catering yang kamu mau dengan catering lain yang levelnya sama. Yaiyalah, istilahnya masa ngebandingin Dian Sastro sama Dewi Persik. Beda kelas, bro! Perbandingannya dari apa? Harga, rasa, kemudahan komunikasi, performance, testimonial dari orang-orang yang pernah memakai catering tersebut, dll. Lebih baik kalau kamu ikut forum-forum pernikahan seperti Weddingku atau Female Daily sehingga bisa rumpiiiik sama capeng-capeng lain.

4. List Harga Terbaru
Dapatkan list harga catering yang terbaru. Lebih baik langsung tanya ke catering yang ditarget daripada minta pricelist sana sini. Karena, beda variabel seperti beda gedung, beda tanggal, beda menu, beda kuantitas tamu, semuanya menentukan harga si catering. Tapi gak papa juga sih kalo mau nanya-nanya dan membandingkan harga dengan tahun-tahun kemarin. Yang jelas, siapa sih yang suka dibandingin? Kamu gak bisa banget fokus dan melihat hubungan kita tanpa ngebandingin aku dengan mantan kamu mas? HAH? HAH?

catering pernikahan
Nyam nyam!

5. Paket/Lepasan?
Apakah kamu hanya mau catering saja ataukah sekalian paketan? Biasanya sih catering-catering sekarang punya paket lengkap yang sudah sekalian dengan dekor, pelaminan, dokumentasi, makeup, dan segala tetek bengkak bengeknyah.

Seperti yang kita tau, apa-apa yang punya paketan biasanya lebih murah kan? Murah namun tidak terlalu spektakuler. Jadi it’s your choice apakah mau memilih catering yang paketan atau yang tidak. Jangan lupa untuk mengecek vendor-vendor dari catering tersebut, apakah cukup mumpuni atau tidak. Yang jelas jangan sampe pilih kejar paket C ya anak-anak..

6. Say NO to marketing gengges
Saya sempat dihubungi oleh pihak-pihak catering yang katanya rekanan si gedung beberapa bulan sebelum D-Day. Saya bilang kalau budget saya kecil, eh dia maksa kalau bisa kok disesuaikan. Ya iya budgetnya dia kecilin tapi porsi makanan dikurangin sampe setengahya. Belom lagi doski telpon-telpon dan sms terus. Ini masih mending, lihat di beberapa forum malah ada marketing yang nyamperin ke kantor dan rumah. Hih, somehow kalo caranya gak elegan, saya makin yakin kalo catering ini gak oke.

7. Menu Andalan
Beberapa catering ada yang dikenal jagoan di beberapa makanan gubukan. Misalnya saja Alfabet dengan siomaynya, Caterindo dengan zuppa soupnya, ataupun DTC dengan mashed potatonya. Jadikan itu pertimbangan jika kamu mau memilih makanan gubukan.

8. Test Food
Ini dia yang wajib dan dosa kalau dilewatkan. Pahalanya seribu bulan deh kalau sempat test food! Test food yang gratisan ini bisa kamu manfaatkan untuk mencoba segala menu dan gubukan untuk menimang-nimang apakah kamu jadi atau tidak dalam memilih catering tersebut. Eits, test food ini bukan hanya soal rasa makanan, tapi juga kebersihan, kecekatan petugas catering, sampai dekor (kalau sepaket).

Kalau ada yang gak sreg, catet apa-apa saja untuk jadi masukan ke catering tersebut. Percaya deh, pihak catering malah seneng kok kalau dikasih masukan gitu. Kalau dia difensif? Ya berarti kita tau doong, ini catering patut diperjuangkan apa nggak. Oh ya, test food biasanya ada terpisah dari resepsi pernikahan. Kalau saya beberapa kali test food sok-sok jadi tamu biar bisa ngelihat bener-bener gemana performance catering tersebut. Jangan lupa kasih angpau di kotak si pengantin, jangan jahat-jahat amat kalo jadi wedding crasher. x)

9. Minta Diskon
Kalau kamu sudah sreg dengan segalanya, minta diskon langsung dengan ownernya. Biasanya owner yang baik tidak akan menolak begitu saja. Mungkin harganya tidak dikurangi, namun porsi makanan yang ditambah. Tirukan adegan-adegan kayak di film India yang sedikit meratap, ataupun beri tatapan Rano Karno ketika ia sedih saat ayahnya meninggal di filem apa itu yang dia diorbitin jadi penyanyi cilik. Niscaya owner akan luluh hatinya dan kamu akan dijadiin anak angkat.

10. Pembayaran
Perhatikan detail pembayaran catering pernikahan, jangan sampai harus jebret bayar sekaligus. Yang bener itu sih biasanya DP (10%), pembayaran ke-2 (70%), dan pembayaran setelah pestanya selesai (20%). Pembayaran terakhir itu bisa jadi senjata juga untuk tidak dibayar penuh kalau pesta perkawinan kamu ada yang gak berjalan lancar. Misalnya ada warna yang gak sesuai, kaca yang pecah, ataupun makanan yang gak sesuai. Tapi Insha Allah pembayaran akan dibayar penuh karena semuanya lancar. Aamiin.


Nah, itu dia tuh 10 tips untuk menentukan catering yang akan kamu pake di resepsi pernikahan yang insha Allah cuman seumur hidup sekali. Ada yang saya lewatkan dari 10 point di atas? Boleh lho ditambahin kalau memang ada. Once again, good luck to all bride-and-groom-to-be! :)

© Pic: Pinterest (Karena foto-foto di kawinan masih di CD dan laptop saya lambreta kalo dimasukin CD)

14 thoughts on “10 Tips Memilih Catering Pernikahan”

  1. pantesan.. pas datang, makanannya udah habis-habisan.. :(

    eh itu karena aku datang akhir, ding.. :))

    1. Kamu dateng jam berapa sih zam..? Masa udah abis..? Huhuhu.. Apa jangan2 kamu dtg jam 10 malem?! x)

  2. Cari yang best value pokoknya. Gak usah yang paling enak tapi lebih ke kuantitas aja sih. Tamu akan lbh komen kalo makanan abis drpd enak/gak.

  3. Setuju banget klo Test food itu kudu alias wajib!!
    Btw..aku pernah loh Test food 2x untuk 1 catering. Tapi akhirnya ga jadi gegara harganya ga cucok. Padahal waktu itu sampe dibungkusin segala gegara marketingnya terlalu baek. hihihihi

    1. Kalo aku tipe yang males test food kalo dr awal harga udah gak cocok. Takutnya kesengsem, eh cuma malah sakit hati. x)

  4. yammpyumm, kayknya setiap post tentang wedding aku pengen komennnn muluk, D’best Advice deh mbak ;) *)

  5. Miftah Farid

    Selamat pagi kakak. :) maaf numpang promosi ya. ^^
    Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan penataan yang bagus?
    Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek macam macam paket hemat sampai paket mewah kami di link kami http://www.bumentik.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top