Wedding

Wedding Vendor: Chikal Catering

Monday, 5 May 2014

Chikal Catering

Sudah baca tulisan sebelumnya yang berjudul “10 Tips Memilih Catering Pernikahan“? Kalau udah, boleh lanjut baca ini. Kalo belum, boleh dibaca dulu agar segala sesuatunya dapat lebih holistik. Seperti layaknya calon-calon penganten yang berserakan di luar sana, test food dalam menentukan catering yang dipakai itu adalah sebuah keharusan. Fardhu ain. Sunnah nabi. Bahkan ada yang test food berkaaali-kalii di beberapa tempat yang berbeda-beda.

Sejujurnya, saya hanya test food di 2 tempat yaitu catering Nabila dan Chikal. Harga mereka bersaing, Nabila lebih mahal sedikit, namun marketingnya lebih baik dan informatif dibandingkan Chikal. Namun setelah test food Nabila, saya langsung ngedrop gila-gilaan karena sampah yang berserakan di lantai gedung. Entah itu tanggung jawab siapa, yang jelas ilfil, nek! Ya udah deh langsung cuss review catering Chikal.

  • Harga yang saya dapatkan di internet lebih murah dengan harga yang ditawarkan Bu Sri, pimpinan di catering Chikal. Hal tersebut dikarenakan gedung Bulog yang saya pakai memiliki charge yang agak besar. Namun tetap di batas kewajaran karena harga Chikal di gedung yang lebih mewah, ternyata lebih mahal.
  • Chikal memiliki paketan. Namun kalau cuma memesan catering doang tanpa paket jatohnya lebih mahal daripada harga paketan yang udah sama dokumentasi, musik, pelaminan, dll. Aneh tapi nyata dan tidak tipu-tipu. Tips dari saya sih, kalo gak mau pake paketan dia, tetep aja ambilnya paket, tapi dilepas satu-satu. Chikal akan ngurang-ngurangin harganya, dimana charge akan mereka yang tanggung. Jadi kalo kamu dokumentasinya, bandnya, gak pake vendornya Chikal, charge tetep dibayarin Chikal sehingga jatohnya lebih murah dan gak ribet.
  • Untuk Chikal, saya memesan cateringnya, dekor, dan peralatan (meja dan buku tamu, janur, kotak angpau). Okelah dekornya tidak spekta macam Sawargi ataupun Akasya (ya beda level juga), namun saya yang gak neko-neko ini yang penting si dekor senada dengan warna pelaminan dan mengikuti apa yang saya mau. Langsung liat bahan dan warna kainnya, kalo perlu main deh ke gudangnya dan pesen jangan sampe kotor ataupun ada yang sobek. Dan hasilnya di pernikahan saya: not bad.

    Dekor Chikal Catering

    Dekor Chikal Catering

  • Chikal ini agak sulit dihubungi via email, bisa dibales berhari-hari lamanya. Namun mudah dihubungi via sms dan telpon langsung ke Bu Sri. Tips: Nanya-nanya dulu via email, lalu telpon bu Sri, dan datanglah ke kantor Chikal langsung minimal 3 kali. Yang pertama untuk sreg-sregan, yang kedua untuk bikin fix paketan dan makanan, yang terakhir final check.
  • Saya sempat technical meeting seminggu sebelum pernikahan. Mereka mau-mau saja kok menambah ini itu sehingga lebih plong rasanya kalau mengadakan technical meeting dengan semua vendor dan mereka bersinergi bersama. Sinergiiii.. Bahasanya mengungkap usia gak sik?!
  • Sekitar 2 minggu sebelum hari H, kamu akan diberikan nomor kontak Kapten yang akan jadi PIC dari Chikal untuk perkawinan kamu. Simpan baik-baik dan tanya apapuuuun yang mau kamu tanya kepada beliau. Kapten saya kala itu bernama mas Muri yang setahu saya sampe sekarang belum pernah dapet Muri. *krik.. krik..*
  • Kala technical meeting, saya minta tambahan buket mawar putih dan request agar semua bunga yang disediakan Chikal untuk dekorasi berwarna putih. Belum lagi tambahan meja untuk galeri foto, tambahan background untuk band, dan juga tambahan taman pelaminan yang sebetulnya tidak termasuk dalam paketan yang saya minta. Chikal baik kok, asal kitanya asertif dan gak males-malesan menghubungi mereka. :)
  • Untuk Chikal, saya sempat test food 2x yaitu di gedung Bulog dan di Patra Jasa. Sebenernya sih Chikal sudah punya tempat test food terpisah, tapi saya masuk langsung sebagai tamu biar bisa ngerasain secara real. Haha.
  • Yang kurang saat saya test food:
    1. Tissue yang tidak ada di tiap gubugan
    2. Sendok saji yang tidak ada di gubug sate
    3. Tutup softdrink yang ditaro di meja sehingga terlihat berantakan
    4. Pasta yang agak angus

Namun hal-hal tersebut sudah saya ungkapkan di depan kepada bu Sri sehingga hal tersebut sudah ditackle oleh Mas Muri selaku Kapten. Sisanya, lumayan banget dari segi rasa dan kuantitas. Namun ketika hari H, saya kurang ngeh dengan rasa makanannya. Ya eyalaaaah secara eike lagi dipajang di depan. Namun menurut beberapa teman dan keluarga, rasanya lumayan enak dan best value lah. Dengan total undangan 500 (sama dengan 1.000 tamu), saya memesan 800 pax makanan, dengan 10 gubug yang tiap gubugnya bervariasi ada yang 200 – 350 pax.

Setelah selesai acara, makanannya masih ada sisa dan dengan cekatan pihak Chikal sudah membungkus makanan-makanan tersebut untuk dibawa pulang. Berikut saya update harga Chikal yang terbaru (per November 2014) yang saya ambil dari SINI. Harga yang saya dapet dulu sih lebih murah karena say deal di bulan Desember 2013, tapi gak beda jauh kok. Dan ingat: Bisa diutak-utik dan customized.

Paket Chikal 1

Paket Chikal 2 (Nov 2014)

Paket Chikal 3 (Nov 2014)

Chikal juga tidak ngeselin soal pembayaran, DP yang saya bayar boleh berapa saja tidak harus 10% dari total biaya. Begitu juga pembayaran ke-2 dan ke-3 tidak ditagih-tagih, namun kami selaku penganten baru yang bijak dan taat pajak langsung membayar apa yang sudah jadi hak mereka. “Tapi tiw, kok dekor dll nya biasa banget ya? Penampilan cateringnya juga so so.

Ingat, ada harga ada rupa. Dan dengan harga dan level Chikal, menurut saya catering ini adalah salah satu catering yang bisa dipercaya dan amanah. In the end, I would like to say thanks to all Chikal team terutama Mas Wiwid yang membantu di bagian admin, Bu Sri selaku Owner, dan Mas Muri sebagai Kapten di hari H. You did a great job! To sum up: CHIKAL CATERING: RECOMMENDED for Budget Wedding. Cheers!

Chikal Catering
Jl. Kramat Aris RT 04 RW03 No.43, Setu, Cipayung, Jakarta Timur 13880
Telp. 021-84596430 – 021-70065532  – 0815 8611 6411 (Ibu Sri)
Fax. 021-84596347
Email: chikaljsp@yahoo.com

167 thoughts on “Wedding Vendor: Chikal Catering

  1. Shita says:

    Hallo mba titiw, aku jg mau ya PL chikalnya. Sharfiana@yahoo.com. Makasih mba :)

    1. titiw says:

      Yellow Shita.. Sent yaa..

  2. aji says:

    Mba titiw, thx ya infonya, btw (semoga ga bosen ya) *hihihi* aku juga minta tolong kirimin plnya ke aji.herwahyudi@gmail.com thx before ya mbak titiw

    1. titiw says:

      Haha, gak bosen kok. Cuma kadang suka skip aja. Cek email ya aji. :)

  3. via says:

    hai mba,

    aku suka deh dekornya..
    jadi penasaran ama chikal..
    mau dong PL nya dikirimin ke mamaviel2003@gmail.com
    makasi mba

    1. titiw says:

      Please check email

      1. Savira says:

        hai mba titiw, aku boleh dikirim jg PL chikalnya? buat perbandingan aku aja sih hehe aku jg udh dp chikal untuk di gedung serbaguna senayan. aku tunggu balasan emailnya ke savira.adriyanti@yahoo.com
        thank youu mba

        1. Yuni kristiawan says:

          Hallo Mba titiw,, boleh minta PLnya aku tertarik mengikuti saranmu hohohoho kirim ke rachelyunikristiawan@gmail.com

  4. hikmah says:

    Salam kenal mba titiw. Saya sangat tertarik dengan review mba di atas. Boleh minta PL chikalnya mba?? hikmah03@yahoo.co.id
    Makasih banyak mba titiw. Semoga kebaikan mb titiw menshare info membawa banyak keberkahan. aAmiin. Saya tunggu ya mba :)

    1. titiw says:

      Sudah dibalas. Aamiin untuk doanya. :)

  5. aliya says:

    Mba titiw boleh minta price list, total perincian biaya pernikahan untuk jumlah tamu mba sama gedung rekanan chikal ke aliyawhy@gmail.com :) makasiiii

    1. titiw says:

      Sudah dikirimkan ya Aliya. :)

  6. chikal member says:

    Buat sistem antrian doong, males saya lihat keluarga keluarga alay yang tidak mau antri, sudah begitu ngerumpi di tempat, orang mah ngerumpi di lapangan, ke chikalnya hanya bayar ja, rapat atau ngerumpi..

    1. titiw says:

      Maksudnya ini ngantri di Chikalnya kak? Di kantornya? Coba kasih saran langsung ke sana ya. :)

  7. tika says:

    mba boleh minta PL NYA CHIKAL SAYA TERTARIK UNTUK YANG 400 UNDANGAN YAH MBA JADI 800 PORSI

  8. edi says:

    MBA tau vendor rekanan untuk tata Rias nya?

    1. titiw says:

      Kurang tau mas, tapi Chikal punya sanggar rias sendiri. Silakan langsung hubungi Chikal saja.

  9. nurul says:

    Mba titiw, aku tertarik pake cara ny mba ngambil paketan ny chikal..
    Jd mba ambil catering, dekorasi, sm peralatan ny aja?
    Untuk pelaminan masuk dekorasi juga ga mba?
    Aku mau dong dikirimin juga rincian mba titiw paketan ny chikal sm harga ny.. makasih banyak yah mba titiww…

  10. sisca says:

    Baru kali ini aku ketemu blog yg sangat informatif tentang review serba-serbi mantenan, bahkan dikasih tips secara gratis, thank u for the good writer! ;)

    1. titiw says:

      Sama2 neng sisca.. gutlak buat kawinannya yaaa :)

  11. tiara says:

    Mba tiw.. Aku boleh minta info pl chikal kah? Ke tiara.verdinawati@yahoo.com
    Makasih banyak ya mba.. Semoga selalu diberkahi tuhan yme pernikahannya :)

  12. chacha says:

    Haiy Mbak, aku baru aja baca review dari MBak, boleh tau kalo make upnya pake chikal juga kah?? menurut Mbak gimana oke ga?? baju-baju kebayanya gitu juga oke??

    aku cuma agak ragu di make up aja sih.. thank in advance for the info ya Mbak

    1. titiw says:

      aku makeup bareng sama paketan baju pengantin bugis yang sewa di Andi Erni, Kalimalang. Untuk makeup sama baju2, Chikal udah punya semacam sanggar sendiri. Mending langsung main2 aja deh ke kantornya biar bisa liat lengkap foto2 hasil makeupnya :)

      1. Putri desty says:

        Salam mba titiw, aku boleh minta PL nya aku tertarik dengan saran” dari mba titiw.. Ke pustiraflorist@gmail. Com

        1. titiw says:

          Sudah dikirim.. Maaf ya kalau telat..

  13. lalang says:

    Dear Mba Titiw

    saya tertarik dengan paket cikal , bisa bantu kirimkan ke email saya harga paket terbarunya
    lalanglaras@gmail.com

    1. titiw says:

      Sudah dikirim ya mbaknyaa

  14. dhian ps says:

    mba, saya tertarik dengan info mengenai chikal. minta tolong kirimkan PL nya mba ke dhian.p.sari@gmail.com ya mba. terima kasih

    1. titiw says:

      Sudah dikirim ya.. Good luck! :)

  15. Arindy says:

    Dear Mbak Titiw..

    Mkasihh buat review nya, boleh minta tlg dikirim PL nya chikal ke email ku pratiwi.arindy@gmail.com. rencana nya aku mau pake chikal soalnya..
    mkasiihh yaa mbaak :)

    1. Ajeng ayu says:

      Mbaaa mohon dikirim PL nyaa ke email aq 473eng@gmail.com mkasihh

    2. titiw says:

      Please check email ya, Sori baru sempet bales. :)

  16. dimas says:

    Mbak, aq Maw donk juga, di Kirimin PL nya ke dimas_luvta@yahoo.com tenks yaa mbak..

  17. mitha says:

    Hai.. numpang share ya..
    over DP sawargi catering service, 300 undangan
    tahun 2016, untuk tanggal masih bisa kapan saja.
    Harga 87 juta. Sudah DP 2 juta. Alasan pindah
    catering karena disuruh pakai catering langganan
    keluarga.
    Bagi yang berminat, silakan hubungi email
    andinipramitha@rocketmail.com atau telp
    081294026434

    1. titiw says:

      Silakan kalo ada yg butuh..

  18. Riana says:

    Kakak titiw, mau nanya dong…

    Dulu dp nya kalo bukan 10 % berarti bolehnya berapaah?

    Thankiss

    1. titiw says:

      Kalo gak salah aku DP cuma 3 jutaan deh, itu gak nyampe 10% total. Tapi mendingan tanya langsung aja ya biar jelas. :)

  19. La Rossa Larasati Syarifatan says:

    Kak Titiw, salam kenal dari aku Rossa:)
    Boleh minta rincian budget yg dikeluarkan kak titiw pake vendor catering Chikal? utk perbandingan aja. Tolong kirimkan ke rossasyarifatan@yahoo.com ya, tks kak..

    1. Luo says:

      Sudah Dikirim ya, nikahnya kapan mba? nama calonnya mohon dicantumkan ya mba

  20. tito ari says:

    Mba mohon untuk dikirimkan PL nya ke email “tietoari@ymail.com” terima kasih mba….

  21. Mbul says:

    Hi,
    Terima kasih ya atas reviewnya. Menambah masukan aku saat memilih catering.

    Awalnya aku rada ragu sama dekornya Chikal. Tapi kok lihat di fotomu “not bad lah”.

    1. Mbul says:

      Maksudku, aku pernah lihat di gedung lain dekornya Chikal. Dan gak memuaskan.

      Pas cek beberapa wedding blog ternyata gak seperti yang kemarin kulihat. Dan tidak parah seperti yang kemarin aku lihat.

      Jadi agak lega, karena udah sreg sama rasanya ehehehe.

  22. Nuri Wulansari says:

    Mba, waktu itu kapten lapangannya Mas Muri ya?
    Mas Muri enak diajak koordinasi gak ya mba? Aku dapet kapten lapangannya Mas Muri juga soalnya.
    Thanks in advance ☺

  23. Fe.putri says:

    Hepi wedding mba titiw, mkasi review-nya membantu bgd.. btw bs ya mba krimin rincian hrganya dan penmbhn2annya ke email aku fetya.putri@gmail.com.. hihihi
    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now