Misteri Bertahannya Bioskop Buaran

Buaran (1)

Kamu bingung? Ente bingung? Yeiy bingung? Anda bingung? Sama, saya juga bingung. Kenapa bisa-bisanya Bioskop Buaran a.k.a Buaran Teater (Butet) yang masuk jaringan Cineplex 21 itu bisa bertahan selama 2 abad dan kagak direnovasi sedikit pun. Pernah denger bioskop Buaran? Bioskop yang berada di bilangan Jakarta Timur ini memiliki kisah sendiri bagi anak-anak yang tinggal di JakTim dan sekitarnya. Kisah macam apa? Bisa kisah cinta di tahun 1989 ketika Butet baru didirikan, ataupun kisah geli-geli gelisah yang saya alami terakhir mengunjungi Butet di pertengahan 2012.

Kenapa saya tiba-tiba membahas Butet? Nothing particular. I just feel like sharing it in my blog, ketika gak sengaja baca tweet-tweet yang sempat saya edarkan di dunia pertwitteran, pas nonton di sini. Mungkin buat yang gak pernah menyambangi Butet akan mikir “Segitunya amat emang ya bioskop ini?” IYA. SEGITUNYA. Maksud dari segitunya, akan saya jelaskan dalam point-point yang wajib disimak di bawah ini, karena akan keluar di soal masuk perguruan tinggi negeri tahun 2042 dalam bab “Situs Bersejarah Buaran Teater Jakarta”.

  1. HTM terakhir, setahu saya Rp 10.000 (weekdays) dan Rp 15.000 (weekend)
  2. Ngantri tiketnya masih di loket klasik dan dibuka beberapa menit sebelum film dimulai. Jadi gak mungkin banget mau nonton film jam 17:00, beli dari jam 13:00. Bagus, ngajarin anak muda jadi tepat waktu.
  3. Satu film, satu loket. Mau nonton film yang kamu mau? Hanya bisa di 1 loket, gak bisa di loket yang lain. Loket Butet sepertinya menjunjung tinggi Pancasila sila ke-5.
  4. Lobby bioskop tidak berpendingin dan banyak nyamuk. Sedih.
  5. Pandanglah ke atas, poster-posternya masih klasik. Mengingatkan saya waktu nonton film Twister saat kelas 6 SD.
  6. Mau jajan? Sekalian yang banyak, karena harga kacang Mr.P dan Lays rumput laut kesukaan kamu gak dijual semahal bioskop biasa. Saya rasa si mpok yang jualan pake daster itu outsource deh ke warung depan bioskop.
  7. Terakhir saya nonton Ice Age 3 di sana tahun 2012, layarnya kayak layar tancep, kagak tajem gitu gambarnya.
  8. Sedangkan untuk departemen suara, yang saya inget adalah saat ke sana tahun 2003 sama mas Anggit nonton Eiffel I’m In Love, dimana suara Shandy Aulia naik dikit lagi udah bisa mecahin gendang telinga saya.
  9. Di Butet, gak ada speaker dengan suara dari Maria Oentoe yang dengan tegas memanggil kalo film sudah dimulai. Adanya, mas-mas yang nepok-nepok memanggil di depan pintu teater. Dagelan banget! :))
  10. Mau uji nyali? Bioskop Buaran adalah tempat yang tepat! WC yang super busuk, bangku yang keras kayak bangku resto cepat saji, dan ada sliwer-sliwer bebauan gak jelas
  11. Nggak ada yang namanya nomor bangku di sini. LUBER pokoknya. Langsung, umum, bebas, rasakan!
    Tiket Buaran Teater
  12. Udah garuk-garuk betis sampe korengan karena banyak nyamuk di lobby? Jangan sedih. Begitu masuk ruangan nonton, nyamuknya ikutan, seakan gak mau move on dari kamu.
  13. Udah di dalem? Jangan coba-coba ngadep dinding atau megang bawah bangku karena udah pasti tangan kamu kena basah-basah permen bekas kesukaannya Lupus.
  14. Kalo lagi hoki, ada tikus lucu lewat kaki kamu tanpa Assalamualaikum. Kalo kurang hoki? Paling kecoa doang.
  15. Walau begitu, bioskop ini layar dan kapasitas penontonnya besar dan banyak! Jgn lupa maen dingdong! (yang saya gak aware masih berfungsi apa kagak)
  16. Ketinggalan nonton suatu filem tapi udah turun di bioskop-bioskop kesayangan kamu? Tenang, Buaran adalah harapan kamu satu-satunya yang masih memutarkan film tersebut. Sebenarnya bukan “masih”, tapi “baru” memutarkan.
  17. Dan dari segala misteri dan horor yang sudah dijembrengkan di atas, Buaran itu masih masuk di jaringan Cineplex 21. Begitulah adanya.

Update: barusan ngecek, ternyata Butet sudah tidak ada di list teater yang masuk dalam 21cineplex.com. Apakah pihak 21 sudah tahu bakal saya tulis tentang Buaran jadinya doski dibuang? Aah, begitukah nasib seseorang istri tua? Bukannya dikasih duit untuk mempercantik diri, tapi malah dibuang dan cari istri baru? Sakit mas. Sakit.

Lobby Buaran Teater

Kalau ada pihak berwenang baca ini, tolonglah itu Butet diperbaiki dan diperkece. Karena dengan letaknya yang di samping mol, hampir pasti bioskop ini akan penuh kalo memang lebih mumpuni. Begitulah review saya tentang Buaran Teater, bioskop tempat saya besar dan nonton banyak film-film menakjubkan. Bagaimana dengan kamu? Pernah nonton di bioskop Buaran juga? Atau punya cerita tentang bioskop lokal yang punya nasib mirip dengan Buaran? Ayo berbagi! :)

Update lagi: Menurut teman yang tinggal di Buaran dan sekitarnya, ini bioskop udah tutup sekitar setahunan. Ebuset, padahal beberapa bulan lalu kayaknya tante lewat masih buka. Apa itu cuma orang yang kongkow ya? Googling-googling gak nemu berita tentang Butet tutup. Meskipun gak nonton di sana lagi, kok ada rasa nyess di hati ini ya.. Ahh.. Semoga bioskop ini ditutup untuk sementara agar bisa ddipugar dan diperbaiki ya. Minta aminnya dulu dong penontoon! AAAMIIN! (gak pake rais ya)

© Some of pic

244 thoughts on “Misteri Bertahannya Bioskop Buaran”

      1. Hahaaahahahaa…mayan lah 4 taun kuliah di kampus yg dkt TKP yaaa…mau ga mau jdi sering ke butet..palagi HTM nya ituu..cukup lah buat traktir mantan” yg dah di ajak ksana…(uuupss..bnyk bnr kyanya)..berharap seh direnovasi tuh si butet..biar ga di sebut si butut…wassalam

  1. Sonia Natasha

    Bahahahahahha saya juga tuh pernah kesana secara yaaa (gaul bgt bahasa gue) itu tempat terdekat dulu dari jaman kecil haha. Jangan sedih kalo kita nonton sendiri soalnya tetep ditemenin sama “nyamuk-nyamuk nakal, tikus-tikus nakal, sukanya menggoda aku” *eno lerian mode on.

    Bener bgt tuh kalau dibagusin itu masih oke bgt, soanya itu deket mall yg yaaa lumayanlah, deket sekolah2 juga. Haaaah sayangnya..sakitnyaaa

      1. Sonia Natasha

        Uhuuuk.. apa? kaaak? oooh madikipe kayaknya aku masih cilik deh *hahaiii

        Btw suka bgt lihat blog.nya jadi kangen ngeblog lagi apa daya multiply sdh tak iso jadi blm sempet bikin baru hahaha..

        Liputan nikahnya cihuy, ntar ane tanya2 ya..mana rumah kita deket nih hahaha

        1. Ayo kaaak ngeblog egeiin! *teteup pake kakak* masih cilik tp kan udah mengkel. :)) cuss tanya2 kawinan sapa tau jadi sama yg skrg. Aamiin. *sotoy*

          1. Sonia Natasha

            Edodoe.. tetep kakakss ya..
            Hahaii jadinya sekarang main tumblr nih neng *macam2 abang2*

            Aheeeii rencananya tahun depan hihihi tapi nanti baru dipikirkan secara kusyuk klo kuliah ane kelar (ohh nooo) ..

            1. Aamiin.. didoain klaar seklaar klaarnya. Tapi jangan sampe klaar belon klaar yak. Nah bingung dah tuh.

          2. Kenangan saya dgn butet sangat kental.. terutama saat,, switer ketinggalan di dalem teater,, ingetnya pas udh sampe rumah… wlkwkwkwkwk

  2. Huaaaaanjriiiit, BUTET!!! Huahahahahahaha. Gile, gue inget banget pertama kali kesini nonton…GHOST *sama nyokap & temen-temennya, trus gue disuruh merem pas adegan bikin keramik, hahahahah*.

    Kalo nonton disitu kudu angkat kaki. Ya daripada diseruduk tikus kan? Hahahahahaha. Gue kayaknya terakhir nonton disitu taon 2005-2006 deh sebelom pindah. Kalo sabtu malem, sepanjang pinggiran bioskop yang ngadep kali isinya orang pacaran semua. Hahahahahaha.

    1. Ghost. GHOST. GHOOOOOSSSSTTT! OMYGHOOSSST! :)) *brb ngakak dulu ampe kali ciliwuung* emang kamu dlu rumah di mana sik kaak sampek2 bisa main ke mari?

  3. Butet! Lol..
    Terakhir eike ksana nonton film Fatahillah jaman esempe tiw..
    Dimana nonton pilem itu jd wajib hukumnya, trs satu sekolah bedol desa ksana.
    Titiw ikutan juga g?.. hehe.
    Terakhir pas k carrefour yg sblahnya, bukannya Butet dh tutup y tiw?.. *apa saking suramnya, padahal masih buka tp terkesan tutup. Hehe*
    Btw Sonia Natasha yg comment diatas itu adek bgt tiw.. masih imut2 diana.. kl g salah junior gw jaman S1 dl. Hallo2 Sonia.. keren kan blog tante titiw ini.. saya ngepens sm blog si tante dr jaman doi gadis smp skr sdh jd nyonyah.. hehe :))

    1. Sonia Natasha

      Astagaaaa mba Ayu..what a small world!!!!
      Hahahaha iya seru blognya si mba’e ini, aku jln2 lihat blog2 utk rekomendasi merit hahaha eh ketemu sama ulasan mba Titiw..mantaaaap!!

      Btw mba Ayu kok bisa kenal?
      Aku lihat di FB sih kemarin mutual friendnya ada mba Ayu.

        1. Sonia Natasha

          Ahaaiii..jangan2 SD SMP SMAnya sekitaran kalimalang nih ahaha. Kalau iya jangan2 kita satu sekolahan dan ternyata kita adalah saudara *lebayatun*

    2. Ayooooeee! Dirimu sekarang di mana sik? masih main2 sama dolphin di lampung? HEH, Fatahillah tuh wajib bin wajib hukumnya waktu esempe. Tapi dulu bawaannya lirak lirik cowok2 kelas lain atau kakak kelas karena barengan juga sama kakak kelas. Nyahahaha.. Jadi pengen nyanyi “Kamu masih gadis.. atau sudah jaanndaa..”

      1. Eike di jatibening tiw.. udah g di lampung lagi dari 4 th lalu.
        Titiw.. ditunggu tulisan2 lainnya yaa :))

  4. Puji syukur skrng udah ada CIM. Menarik kak bahasannya, ogud sbg Agasi (Anak gaul Bekasi) merasa terwakili. Sesok review Hembo atau Metmol, please.

    1. Yeiy dong sebagai akamstu (anak kampung situ) yang riviu bekesiong dan skitarnyah. Mungkin pondok gede plaza..?

  5. Redaksi DurenSawit.com

    Mbak, ijin untuk memuat artikelnya ke website kami, DurenSawit.com. Artikelnya sangat inspiratif. :)

    1. Halo, kalau boleh sih jangan copy paste semuanya agar website Anda tidak dibanned oleh google. Kalau mau mengutip atau rewrite lagi dengan mengikutkan link blog saya ya. :)

  6. awawawawaawawaawa, bioskop tempat gw perdana nonton film ini! gileeee… perasaan dulu keren ah kok sekarang jadi keliatan retro banget gitu yak, hahaha. *yaiyalah, dulu elu kan kamseumpay*
    jadi keinget jaman dulu yang ada isu kalo di butet ati-ati kalo mau duduk, banyak jarum HIV/AIDS ditaro dibangku. ewwww…

    masa sih masih 15rb mba? besok kalo pulang nyoa ahh.. seru ini bioskop, masih terawat ga kaya yang di daerah senen ono noh, mau masuk aja udah merinding..

    1. Seriuuuss belom tutup? soalnya jadwalnya di 21 cineplex udah gak ada. Atau dia udah gak masuk grup 21 lagi yaa? :O

  7. Masih kok kakak,
    Cuman lebih memprihatinkan dari yang ada di ulasan atas ,
    Merinding kalo lewat depanya,,
    Hehehe
    Tapi masih mending di butet di banding theater senen, sepertinya lebih serem, lewat depanya aja angker ,,, hehehehe

    1. Masya Alloooohh.. Kalo lebih memprihatinkan mah gemana keadaannya itu kaaak :)) Lagian orang2 juga yak. Nambah 10 rebu lagi udah dapet yang lumayan enak di bioskop lain. Plis deeh x)

  8. Dih ngarang, bagus kok bioskopnya, WC nya udah lumayan bersih. Emang sih banyak nyamuk tp kan kita bisa bawa semprotan wkwkwk. Keren pokoknya. Seru bgt nonton disini. Pas bgt buat nostalgia.. Td siang gw nonton laskar pelangi disini. Kemaren film the switch

  9. Tataa Faustina

    Haloo mungkin saya iseng yaa pas lg baca ini,dan karna emang lg iseng nyari nyari artikel tentang bioskop lama…
    Saya kelahiran 95. Dan saya awalnya gatau sama sekali soal butet ini,tp karna pacar saya orang klender,dan saya juga seneng gitu jalan jalan sekitar klender saya pernah kok coba untuk nonton di butet pas kelas 12(3 SMA) dulu hehehe,iya bener tiketnya masih 10 ribu. Karna saya suka hal hal yg otentik dan vintage gitu,jd saya kepoin aja buthet hehe,pacar saya juga cerita kalo bioskop itu tempat dulu papa mama nya nonton midnight hehehe…
    Tp emang saya gabisa menikmati film nya sih,karna agak gelisah aja gitu..hehehe,trus sepanjang film jalan,gandeng tangan terus udah kaya mau nyebrang..pengalaman banget sih emang nonton di buthet,kalo di bilang

    1. Kaaak, kalo kamu masih kelahiran 95 mah udah gak pantesss kamu ngerasain Butet, dek. Udah mendingan di cipinang mol aja sana pas weekdays. Ndak mahal betul dan proper tempatnya buat anak2 muda macem kamu.. :’)

  10. Buaran Theatre…heheheheheeee
    Pertama kali dibangun suka main sepeda deket situ…pas SMP main dingdong disana…pas SMA tempat pacaran ngirit, modal 2rb beli gorengan buat nonton…pas kuliah enak rame2 nonton sm tmn2, bayar 2 yg masuk 5 hahahahaha ato nggak isengin orang2 yg nongkrong di jembatan sambil nonton “judul”….pasti penasaran kok segitu sayangnya sama itu bioskop kan?? wong rumah saya di depan itu bioskop….hahahahahahaha

  11. Lagi bingung mau nonton di bioskop mana, pas searching ehh nongol Butet!
    Aku dulu pernah nonton disini sekali zaman tahun 2008 ditraktir sama temennya ade sepupu pas lagi nginep dirumahnya. Waktu itu kita nonton se-RT karna murah meriah. Maklum namanya juga anak sekolah. Seru n asik juga nonton disana. Jadi pengen nostalgia.. :D
    Coba ya, seandainya aja diperbarui n dilakukan peremajaan, pasti Butet bakalan tambah rame n ga kalah sama bioskop2 mewah lainnya.. 👍

  12. Arif Setiawan

    hahahaha bagi gw tmpt brseJarah nih tmpt maen ding-dong Jaman SD (taun 94′ 95 kalo kgk salah) kykny taun 90’an tuh waktu berJalannya lama hidup tuh berasa lama githu.
    everything i am today, i owe to …. ROCK N ROLL

  13. hay kakak kakak yg disini ,reuni an lagi yuuk di butet ,udh pd kangen kan sama buteet ,hehehehe

  14. Beuuhh… jd inget waktu jaman sekolah, tiap pulang senam am temen2 rame2 kesini…
    yg lebih awesome nya lagi, terakhir nonton step up revolution yg udh lama gw cari2 d bioskop sampe gw belain nonton sendiri :V
    pernah juga bawa emak gw nonton bawa gorengan ama air dr rumah (piknik x ahh) wkwk

  15. Ini dulu tempat sejarah nya pertama kali nonton ma mantan ganteng waktu masuk sma, masa mau di tutup sih.. Jangan dong mending di renov aja biar makin kece..

  16. Baru aja kmren ngebahas butet pas lewat depannya sama cowo gw eh nemu thread ini .. samaa satu pemikiran ka kenapaa ya butet ga direnov aja pasti ramee ko secara buaran itu udah lumayan lengkap *abuba, carefour, mcd,kfc,dll* semogaa lah yaaa butet bisa move on dari masa lalu jd dia lebih banyak peminatnyaaa …

  17. Pertama kali kencan sm mantan pcr yg skrg jd suami di bioskop ini.. ahh knangan bgt dah, ampe skrg kalo lg kangen masa2 itu, msh suka nongkrong dsini. Tp gk nntn , ckup jajan di dpn bioskopnya aja 😜😜

  18. Terakhir nnton di bioskop ini pas SMA itu sekitar thn 2008.. secara rumah dket buaran jdi nnton nya ksna.. pdhal klo bioskop ini di perbaiki jdi XXI bakal rame bgt.. secara buaran udh jadi tmpat nongkrong smua ada di sana.. carefour, KFC, Mcd, sevel, dunkin, burger king.. jdi w gak perlu jauh2 ke XXI Cipinang Indah buat nonton. Hahhaaaa..

  19. Pertama kali kenal bioskop disini ❤ Nonton laskar pelangi sama guru SD ga kerasa udah 7 tahun berlalu :)

  20. Sasono Widi Husodo

    Gilee butet tmpt gw madol jaman SMP (2000-2001 an).
    Skrg tiap hri gw lwt dpn situ, ud ga prnah ad lgi poster2 film, ap mngkin ud tutup yaa. Smoga aja bs dipugar dan di jadikan real 21 or XXI..

  21. Dari zaman gw kecil ini bioskop udah ngejogrog di sini. Saking dekatnya sama SMP gw (SMP 255), ke sini jalan kaki (padahal mah dulu uang jajan pas-pasan, sayang kalo naek angkot).
    1 lagi yg kelewatan, kalo nonton pasti bayar PMI (gimana g baik nih bioskop).
    Pernah waktu pas nonton kuntilanak 2 (yg dimainkan julie estele) kursi temen di sebelah gw patah senderannya (gw nyaksiin sendiri) alhasil selama nonton g bisa nyender.
    Terakhir film yg gw tonton di butet itu, Habibi Ainun. Sampe sekarang g pernah nonton d situ lagi. Sedih juga kalo bener butet udah g pake lagi

  22. ada juga yg review butet bioskop bersejarah,tempat nonton yg terjangkau banget terakhir nonton di sana waktu hamil 8 bulan dan sekarang si dede umur 6 bulan, alhamdulilah masih layak tempatnya, bangku metro mini udh di ganti, wc udh “lumayan bersihan lah” , kecoa , tikus dan permen karet udah ga ada (alhamdulilah…. :) ) , semoga lebih bagus deh nantinya

  23. Maaf tante , itu di last update salah , butet sampe skrng masih buka =))
    mungkin sepi ya emang sepi dari dulu =))

  24. Wahhhh jadi nostalgia masa dahulu kala. Dulu saya di ajak Ayah saya bersama 2 kakak saya menonton jurassic park sampai 2x. Dahulu kala tahun 90an masih kece ini tempat. Sayang sekali tidak terurus ya…

    Seperti biasa. Bangsa ini bisa membuat dan sulit untuk merawat. Dan kita sebagai pengguna maupun rakyat dari bangsa ini termasuk yg harus intropeksi karena kitalah juga yg harus melestarikan dan santun dalam setiap menggunakan fasilitas yg sudah ada. :)

  25. Buset ini bioskop udah bapuk banget, bahkan sebelum gue lahir ini udah ada,
    Belom lengkap tuh ada satu hal lagi, Di depan butet kan ada jembatan cinta, itu tuh tempatnya muda-mudi pacaran di jembatan layang malem-malem. Kalo muda-mudi udah gak tahan, biasanya langsung melipir ke Butet buat pacaran lebih hikmad. Muda-mudi dateng ke Butet tujuannya enggak cuma mau nonton. Cerita pengalaman dulu, tiap fim udah mulai pasti selalu ada suara dari belakang atas, entah suata ketawa kecil atau suara lirih-lirih kecil. Tempat strategis dan jadi rebutan muda-mudi yang lagi pacaran. Kalo lu kepo dan pas lagi hoki, lu bisa liat orang cipokan sama grepe-grepe.
    Cerita pengalaman lagi, terakhir gue nonton disitu agak lucu sih, ceritanya iseng dan pengen nostalgia sama temen-temen SMA, Niatnya cuma mengenang tempat itu, tapi film yang tersedia waktu itu cuma film Twilight. Akhirnya gue sama kelima temen gue yang semuanya cowok terpaska nonton itu rame-rame.. Lucu bercampur jijik juga sih, mana nonton yang paling malem dan saat itu cuma kita berlima yang gak ada pasangan.

  26. Haha, ga semumur umur blm pernah nonton di butet, padahal rumah gw ibarat tinggal ngesot langsung nyampe, kata adek gw yg pernah nonton, emang ga enak sih nonton disini, bnyk makhluk2 berterbangan

  27. Bioskop bersejarah tuh dr jaman gw sd tahun 90an smp gw dah kerja mulai dr nntn sm temen2 smp mantan dari tuh bioskop samping nya cm tanah kosong smp sekarang dh ada mol nya.. hebatt.. Gak ada perubahan tuh bioskop gitu2 aja..

  28. Eeh baru tau udah tutup.
    Sering banget jalan lewat situ, tp masih ada aja yg parkir dan poster filmnya masih banyak yg nempel gitu.

  29. Butet… Kenangan jaman SMP-SMA….
    Ahhhh…
    Di setiap film, banyak security yg lalu lalang… Nangkepin yg mau mesum :D :D
    Layarnya kurang tajem, sound yah begitulah… Tp kece banget waktu nonton di sana pas jamannya….

    Terakhir seblum tutup sempet nonton film indonesia lupa judulnya (butet specialis film indo) sering numpang parkir buat ke care4buaran….ahh Aplagi yahh…
    Mungkin ga dikembangin karna 21 buka XXI di cipinang…

    Ahhhh…. Kenangan yg indah…

    RIP Butet

  30. Hahaha…
    Bioskop penuh kenangan dr zaman SMA dulu, kantong yg sesuai sama kantong anak SMA :-D
    G kebayang udah brp tahun g nntn dana lg

  31. wih ada yg bahas tentang buaran teater, ini bioskop jaman saya sekolah, maklum sma di belakang mall klender ujung2nya kalo hari senin pulang sekolah nomat disini irit bgt di kantong, Pernah nonton madagascar yg pertama, satu kelas rame- rame. Dulu waktu nonton eiffel im in love disini sampe ngantri, sekarang kalo lewat butet pulang kerja kayaknya udh sepi yah, terakhir kesini tahun 2008.

  32. Widya Asmarani

    Hahahahaha mengenang masa laluu banget ini.. seketika inget ada isu dikursi bioskopnya suka ada suntikan hiv/aids gitu hahaha..
    Berharap banget yaa ini bioskop diperbaguus biar kalo mau nonton gak jauh2 banget gitu :’) hiduuup buteeeett!

  33. Buat gue yang tinggal di daerah sekitar Prumnas Klender, dulu bisa nonton dibutet itu udeh gaul hahahaa, butet itu nggak tutup, tapi buka di weekend doang dan muterin film film era milenium sampe film tahun 2011 doang, dan untuk penghasilan karyawan2nya cuma berharap dari lahan parkirnya aja, karena karyawan2 Buaran Plaza rata2 markir disitu

  34. Beberapa tahun lalu nntn film horor indonesia di butet. Pas 2 tahun kemudian iseng2 mau nonton film horor di butet. Dan ternyataaaa, jenjreeeeeng, film yg ane tonton adalah film yg 2 tahun lalu diputer dengan judul yg berbeda :'(

  35. Hahahahaha butettttt….😘
    Sejarah bgt bwt gw di tahun 2002
    Balik kuliah ma doi pasti slalu lewat dan mampir ke butet.
    Yg kerennya gw bisa nonton semua film bergantian dan harganya wktu itu 4rb-5rb deh klo gak salah….
    Jadi kangen butet n doi deh…#eh
    Mksdnya kangen nonton 😛
    Yah semoga butet bisa di pulgar dengan bagus biar anak2 gw tau itu sejarah emak bpknya dulu nonton disana 😅😅😅

  36. Alhmdlh sieh saya dulu nton di bioskop ini ga ngerasain yg nma’y di gigit nyamuk,,da kecoa or da tikus,,palingan pas masuk theater’y di bangku’y pst da smph plastik bekas ciki2 gitu…mslh toilet saya gnah ke toilet’…
    Tp yg jelas nieh bioskop bersejarah bgt,,bioskop pertama t4 nonton brg tmn2 skls cz saat itu da tugas bahasa Indonesia buat ceritain ulang film KCB 1&2 Edensor Laskar Pelangi…n bioskop ini jg pny cerita kisah kasih buat saya film Tri Mas Getir yg maen Vincent n Tora Sudiro…ortu saya jg pnh nton d bioskop ini pas msh pcrn dulu…

    Sejaraha bgt deh… ;)

  37. BUTET satu tempat banyak cerita hahaha dan mba nya rada salah dikit karna htm 10rb itu hari senin yang bisa di sebut nomat klo jaman dulu,kalo sekarang selamat di blitz,saya terkahir nonton itu film “charlie and the coklat factory” and its so amazing di umur saya yang bru kelas 6 SD.
    I miss … :’)

  38. Butetttttt.. Pertama kali nonton disono thn 1996 film fatahillah… Jgn tutup butetkuuu….
    Smp gw 139, sma gw 103, rumah pondok kopi

  39. Masa2 SMA, klo mw nomat dihari senin, pasti udah siap2 bw baju ganti, krn g bleh seragam sekolah masuk kedalem bioskop…
    Masa2 plg indah, n diatas bioskop itu ad jembatan yang dinamakan jembatan cinta…..
    Ohhhhh butet….

  40. Alkisah pada tahun 2010… ane dan teman ane (teman ane tinggal di duren sawit, dan ane di daerah grogol jakbar) sedang berencana mengikuti kerja praktek (PKL) supaya bisa lulus dari kuliah. Karena kita PKL nya di TMII, jadi ane putuskan untuk ke duren sawit dulu dan nitip motor disana trus ke TMII barengan pake mobil. Singkat cerita, durasi sang PKL yang awalnya diperkirakan lama (di estimasi bisa sampai jam 5 sore), ternyata salah, jam 2 siang uda selesai.. Yang namanya anak muda.. kayaknya kalau pulang siang terus di rumah aja rasanya malu ama pager, Akhirnya muncullah ide setengah gila dari teman ane, di saat itu lagi tayang film semi ifyouknowwhatimean yang berjudul……

    DIPERKOSA SETAN

    oke, secara umum ane ga pernah mau nonton horror takut kebawa2 mimpi dan tidur ga tenang, tapi karena diiming2i oleh diksi “DIPERKOSA”, jadi ane beraniin diri untuk menonton filem cetar membahana ini. Langsung lah kita kesana, beli tiket, 20 ribu saja untuk 2 orang (ini mulai miris, dimana disana kita uda mulai diliatin mas2/mbak2 disana kok ini orang nonton ber2 cowo cem homo) ok trs sempat kita liat juga ternyata ada film lain juga yg lagi tayang, waktu itu from paris with love (si john travolta being a badass itu..)

    disini sempet mikir, ni mau nonton yg mana nih yg lebih asik.. tapi.. dipikir2… kenapa musti berpindah haluan? toh film hollywood kek gitu mah dimana juga ada, tapi film semi esek2 kek gini yg bakal susah ditemuin di bioskop.. OK! keputusan sudah bulat, mari kita tunggu si film berbintang cynthiara alona ini…

    Namun di tengah keheningan menunggu.. sang petugas loket keluar dan mengatakan…

    “Mas ini tiketnya saya balikin, mas nonton yang lain aja..”

    “Lah mang knapa mas?” tanya ane

    “Ga jadi tayang mas, karena yang nonton cuma mas berdua”

    HOLY C….. Okay.. akhirnya nonton from paris with love itu dengan muka mesem2 nahan ketawa, dan sesampainya kita di dalem…

    kita sangat amazed! BRAVO!! bangku cem bangku metromini kaga ada empuk2nya dan pas film dimulai, lampu hanya di dim down tanpa di matiin..

    Kita langsung berpikir.. mungkin kalau dimatiin bakalan ada cerita di dalam cerita/filmnya sendiri

    :ifyouknowwhatimean:

    Tapi SUMPAH MEN itu hari ga pernah gw lupain seumur hidup gw!! HAHAHAHA

    seperti kata war boys di Mad Max : WHAT A LOVELY DAY!!

    sekian kisah dari ane

  41. butet siapa yg ga kenah klw taun taun pertama buka karpet bioskop itu ga kalah kaya bioskop skarang sy tinggal dekat situ waktu sy sd kesana jalan kaki rame bawa uang koin yg sudah di bolongin n di kasih tali buat maen dingdong karena sering kesana sampai kenal sama penjaga karcis bahkan beberapa kali di kasih nontonn gratis cuma ga boleh duduk di bangku jadi duduknya ditangga haaaaa haaaa haaa jadi ketawa klw ingat itu

  42. ya ampun kenangan bgt dr thn 2009an msh sring nnton dstu sm ex boy …
    well setuju bgt ama tante . semoga butet cpt diperbaikin. lbih bagus lg . . harga naik dikit si gk masalah . so.. ttp kenyamanan dn kualitas no 1 ..

  43. Ngoah! Ini bioskop terakhir kali ke sana pas SMA (klo g slh sih udh 3-4x nntn di sana), berhbng kantong pas2an tp mau bergaya nntn bioskop alhasil melipir ke sini.
    Bahkan wkt pemutaran film horror Indonesia, pas pintu masuk diberi kejutan oleh petugasnya dgn berpakaian layaknya hantu2 yg ada pd film trsbt. Hahah.. Natsukashii basho..

    Btw, maaf mbak. Sekedar ngasih koreksi aja yah (no offense). Klo berdiri thn 1989, berarti sdh 2 dekade lbh, tp tertulis 2 abad = 200 thn. :)

  44. Pertama nonton klo ga salah rambo first blood. Ga terlalu inget krn masih kecil. Sama bokap nontonnya. Hahahahahaha

    1. Saya pertama kali nonton disana pas SMA, jaman film AADC yang antrinya ngalahin uler. Dan karena tiap lewat itu bioskop masih rame jadi penasaran buat masuk, sebulan yang lalu ini bioskop masih buka loohh (saya nonton fim Titi Kamal *lupa judulnya) dan yang nonton masih lumayan rame ternyata. Cuman memang kl bisa bawa lotion anti nyamuk kl ga mau sibuk garuk2 selama nonton, dan udaranya ga sedingin AC di bioskop pd umumnya (kayak kipas angin aja adem).
      Itu sie yang saya tau ttg ini bioskop ;)

  45. Pas gw masih SD, gw selalu ke bioskop ini buat nonton film sama temen2x sekolah. Dulu udah takjub banget nonton disini. Nonton Eifel I’m in love aja sampe ngantri 2 kali baru dapet tempat duduk.
    Inget juga dl pernah nonton pocong 2, dan sama abang2nya ditkutin pake pocong2xan di pintu masuknya. KANGEN BANGET SAMA BIOSKOP PENUH MEMORY INI…

  46. Ane nonton di sini itu pertama anaconda, george of the jungle, sherina, terakhir catatan akhir sekolah pas SMa.. abis itu udah ga pernah..haha
    Moga ini bioskop di bikin macem XXI di mol” soalnya kan keren ada bioskop berdiri sendiri gedungnya ga nebeng sama mol.

  47. Deket rumah aku nih.. Sering bgt nonton disini karna murah jaman smp sma gtu hahhah.. Eh pas kuliah kawasan sudirman jd jarang nengok tuh bioskop lg.. Terakhir ke mall deket situ msh banyak yg nongkrong sih.. Aaah jd mau bernostalgia kesana juga.. Antiikkk pokonya

  48. Gak separah yg di describe.. Cb deh ksini brasa ky msh jadul, Kl mw di ganti bangku theater sm layar aj yg lain sih gpp kmr mandi nya jg bersih ko skrg mlh enk ga ngantri dan becek ,Parkir jg cm 3000 sepuasnya cm historis nya aj susah di lupain Wkwkwk please jgn di pugar dan biarkan sprti ituh

  49. Yg comment anak butet dan sekitarnya,bioskopnya msh jalan kok,tp dah ga pernah nonton disitu lagi udah belasan taun,terakhir power rangers the movie tahun 97 an kalo ga salah wkwkwk,kayanya ini butet hidup segan mati pun ogah,poster film emang sengaja ga dipasang ngindarin pajak kayanya, ni bioskop berjaya pas eranya,saingannya cuma jogja mall yang kebakaran ama di arion mall,

  50. Sering banget nonton di sini setiap senin sendiri… Si mas penjaga pintu masuk teater sampai kenal… Hahahaha… Terakhir nonton sama misua “AADC”

  51. Kayanya blm ditutup deh, cuma poster film nya emang ga pernah dipampang. Hanya poster yg di dalam aja. Dulu, film2 baru lebih update disini dibanding sama Arion. Biar jadul, pernah dibuat shooting filmnya Raditya Dika looohh,,, Cinta Brontosaurus ya klo ga salah. Pernah nonton AADC juga disini, hehehe,,,

  52. ayu apriyanti

    dr zaman pertama kali saia nginjakin kaki di bioskop itu ya di buaran theatre.dan momen yg gak dilupakan pas nonton Alexandria di hari terakhir harga Rp8000,- itu masih zaman putih abu2.kelas 2 akuntansi.2006,nabung dr uang jajan,bro.sepulang dr PKL.sekarang eh saia kerja di buaran plaza sejak sebulan yg lalu.tiap liat tuh gedung,kangen tapi miris ama pemuda pemudi yg gak menghargai sejarah bangunan tersebut='(

  53. Buset ane cuma nonton 1 kali jaman jlas 1 sma . Nontonnya hantu jeruk purut . Yah udah lah di tutup aja soale disitu biang macet . Lebih baik dijadiin yg lebih berguna #apasih

  54. suci ayu pratiwi

    Bioskop buaran itu udah jadi tempat maen saya sama temen2. Karna kebetulan letak kampus deket bgt sama itu bioskop. Bahkan sebelum mall yg baru itu di percantik. Bioskop buaran itu lah tempat maen kita. Tiap ada dosen gak masuk, tiap pulang kampus lebih awal itu saat2 di mana kita menghabiskan waktu di situ. dari mulai lampu lobi yg remang2, toilet yg bau busuk, tempat duduk persis seperti kursi kopaja/metromini. Tapi itu nya uniknya bioskop buaran. Dari kampus cukup jalan kaki plus harga yg cocok dengan uang jajan mahasiswa… tapi banyak bgt kenangan di bioskop itu. Kuliah 4 tahun tiap ada waktu luang ke situ… hehhhe

  55. Kang Rudy Tea

    Iya, sampai sekarang masih buka kok. Saya pernah nonton sama anak saya yang bungsu tiga tahun yang lalu kalau nggak salah nonton spiderman. Trus anak saya nanya, Pah, kok nggak ada mol nya sih ? he..he, setahu dia bioskop itu selalu ada mal nya..

  56. Butet masih buka. ane org buaran :)
    kalo kesitu bisa jalan kaki. Dulu bnyk yg nonton film ke Butet. tp Sekarang banyak yg “nonton” Butet dari jembatan. Coba deh malem2 jam 7an ke Butet dan liat ke arah jembatan. Dijamin rame yg “nonton” butet.
    terakhir nonton disitu film Habibie dan Ainun. Ga ada nyamuk kok.

    Bioskop ini masih eksis dg apa adanya skrg krn minim budget buat bangun ulang dan ga mau jual gedung itu krn sayang. Kalo dijual pasti berebut dan sy yakin deh udah ada yg nawar tinggi utk gedung butet apalagi sekitar buaran ramenya udh keren bgt.

    Btw buat penulis perlu ada revisi tuh kalimat 2 abad di paragraf pertama. Maksudnya 2 dekade kali ya..

  57. Gua silaturahmi ke ini bioskop abis lebaran kemaren cz gue banyak dosa di sini.. hahaha..
    Masih muter film ko TETAPI udah ga update.. pada saat gue dateng film yg disajikan yg udah pernah nongol ditipi semua.. padahal dulu mah filmnya update khususnya film lokal yg keluar tiap kamis..
    Gue sih berharap ada yg terketuk pintu hatinya dr develop mana gitu,beli ini bioskop terus di repair jadi IMAX.. aamiin.. biar makin elit kawasan buaran dan sekitarnya..

  58. Ini biskop dari jamanny first love wkt smp ..sm terakhir hamil anak pertama masih ntn disini.. terakhir k butet 2006 ntn bareng temen2 smp sampe tiap2 ruang dan tempat punya history sendiri..hohoho.. skrng udh tinggal dluar kota jd cm lwt aj..tp yg pst ini tempat punya sejarah sendiri buat aku.. ;)

  59. Anggi hartrianto

    sebulan lalu aku pernah nonton dibutet. butet belum tutup ko bioskop ini msh buka hanya saja film yg diputer udah lama lama banget.
    yaa bs dibilang film yg terkenal pada masa itu.(klo kata orang sunda teh jaman bahela)

  60. Baru kemarin ke butet, mereka sudah tak menanyangkan film2 baru, malah film2 lama saja bahkan udah tayang di tv pun mereka putar. Menurutku itulah menyebabnya kenapa butet gak masuk jaringan 21 lagi. Mungkin mereka gak kuat beli hak siar film atau apalah. Emang misteri heheehe

  61. jadi inget nonton AADC di buaran theatre…
    saking dolby atmosnya…suara rintik hujan ampe kedengeran di dalem studio…
    hahaha

  62. Blm ditutup kok cm filmna jgn harap film baru ada, pas bulan lalu sekedar mampir filmna ainun dan habibie, air terjun pengantin. Menurut gosip butet dah dijual tuh.selama gw nonton d butet g pernah tuh liat tikus or kecoa seperti yg pd bilang, yg d suka di butet kalo kebelet ke wc saat film tengah main g perlu keluar teaterna dulu karena d dlm ada wc na n bersih pula.

  63. Hahaha..terakhir gw nonton di butet,.. vertikal limit.. banyak kenangan.. dl gw di rusun tinggal nya.. ya mudah mudahan , butet bisa di perbarui..tp tetep kayak gitu…

  64. ini bioskop deket bgt sma rumah ane,waktu kecil ane kalo maen dindong disini.saking sering na ane maen dindong disini ampe kenal sma yg jaga dingdong nama na “buluk” waktu SMP ato STM kalo cabut sekolah pasti nongkrong na disini,kalo ad anak” STM tawuran didepan butet trus dikejar” polisi pasti ad yg lari ke dalem butet bwt ngumpet hahaha
    terakhir nonton dibutet nonton film nya radit n jany sma gebetan ane,sumpah bersejarah banget ini bioskop bwt ane.tpi sekarang nasib ini bioskop cuma kaya bwt lahan parkir,kalo ad orang” yg mo belanja ato nongkrong di mol buaran parkir na pd dibutet.kata na sih bear bayar parkir na murah sma akses keluar dan masuk na parkiran gampang,ya mudh” an aj butet ga ditutup kalo bisa mah direnovasi trus dibuka lgi kya dlu bear bisa bwt cerita sma anak cucu ane nanti..
    hehehe

  65. Dulu aku sering banget kesitu.Tapi Kalo Kesitu selalu nonton film Hantu.Bersih Sih,Tapi kalo kesana selalu takut ada apa-apa…Soalnya kan serem.Ntuh Bioskop kan udh lama bangett!?

  66. bintang sukindar

    maaf nih TS, ane mau meluruskan sedikit….

    1989-2015 itu = 26 tahun
    itu kan baru seperempat abad (1 abad 100 tahun)

    mungkin yg dimaksud TS itu 2 dekade hehehe

  67. Ahhh…… Ini Bioskop Tempat ane pacaran jaman2 SMA dulu hahaha…..
    harganya itu loch yg bikin CINTA sama ni Bioskop, Mudah2an jangan di TUTUP nih Bioskop sampe skrg ane udh punya anak 2 mau ngajak nonton pelem di BUTET

  68. Dr berdiri sampe saya lulus smkn 48 th 97 saya belum pernah sih masuk ke butet, maklum namanya anak sekolah uang jajan pas2an buat ongkos juga, tp gak nyangka butet sampe segitunya pdhal tempat strategis banget :mrgreen::mrgreen:

  69. Terakhir Nonton di butet film kambing jantan.. Lupa tahun berapa, jaman pacaran dulu.. Sampe sekarang anak gw udah 4th.
    Uniknya gw nonton walau digigitin nyamuk bisa tidur pules saat film di puter, saking capeknya.. Hahah

  70. novianna adzanni

    Tau banget si ini bioskop kaya ape. Karna dr bokap sm nyokap jaman pacaran dulu emang pade seneng kemari, bahkan ane pacaran pun dimasa sma ampe awal2 kuliah masih demen kemari. Cuman soal tikus dan kecoa si alhamdulillah gak pernah liat atau dikagetin ame tuh makhluk ?? dan soal kamar mandi emang sedikit nyeremin si, jd kalo gak kebelet amat mending di rmh aje gan.. ??

  71. ah iya bioskop kesayangan. zaman masih pake putih abu2, nonton independence day nya will smith tahun 1997an, Masih inget habis nonton balik ke sekolah disambut senyuman gebetan di pintu masuk sekolah. Atau pas “dipaksa”nonton film fatahilah pas baru masuk SMA.

    ingetnya terakhir nonton di situ tiket masih Rp 6000-7000. pemilik butet kalo ga salah inget 1 orang keturunan chinese & 1 keturunan india/arab (kadang ngelihat 2 orang itu keluar masuk kantor dekat pintu masuk lobby).

    Setelah tahun 2000 ga pernah nonton di butet lagi. tapi waktu itu inget butet sedikit diperbagus bangunannya. tapi ya lama kelamaan jadi turun levelnya, terutama sejak mereka mulai ga pajang poster film di luar. Harga makanan di bioskop zaman itu lumayan mahal kok, mirip harga makanan di bioskop lain.

  72. Huaaaaaa bioskop favorite saya…cikal bakal gw ntn bioskop lho…kyknya blm ditutup deh..cuma direnovasi sementara..ayo dong 21 cineplex..beli sahamnya buat dibagusin bangku sama layar filmnya….

  73. yah sebenernya sih jangan di renovasi deh sayang bangunan tua kek gitu kalo di perbaharui jadi kenangan2 masa lalu nya hilang mending dirawat aja,dan masih mempertahankan keaslian bangunan itu yah jadi masih bisa nginget jaman2 jadul yang menyenangkan _(:’3

  74. Comment.
    butet itu ngasih banyak kenangan buat gw…
    dari gw kecil masih belom sekolah..
    nonton bareng sama bokap&Alm.nyokap gw…
    sampe gw pacaran pun dulu sama beberapa mantan gw…
    gw pernah nonton di situ….
    banyak kenangan yg gak bisa di lupain tentang butet bro…
    semoga butet bakal tetep ada sampe kapanpun…
    dan semoga bisa segera direnovasi….
    biar bisa lebih bersaing dengan bioskop bioskop lainnya…

  75. Dulu saya kecil di Taman Buaran Indah 1, perumahan persis didepan bioskop ini. yang saya ingat, dulu saya nonton Flinstones dan Jurrasic Park di tempat ini.. hehehe
    tiba tiba teringat memori dulu…

  76. Masih buka tuh butet sekarang generasi anak gw yg nonton blm lama sm temen2nye byr tiket 10rb nonton laskar pelangi pilm jadul msh d puter d luar ngga boleh d pajang poster pilm yg d pajang yg akan d putar d dlm nya.

  77. Dulu jaman masih kerja didaerah Cacing, klo pulang kerja sering banget nongkrong disini sama gebetan, temen atau saudara. Nah klo bosen nonton, sering juga nangkring di jembatan cinta ngeliatin orang yang pada pacaran…hahahhaaa…
    Menurut gue, sayang aja kalo harus ditutup, karena tempat ini emang punya cerita banget. Parkirannya murah, tiket masuk juga terjangkau, tempatnya strategis, cuma perlu penataan ulang aja deh kayaknya.
    Semoga pemerintah setempat mau mengalokasikan dana untuk tempat ini, karena peluang bisnisnya menjanjikan, apalagi disamping mall. Kalo bisa sekalian ada kafenya gt buat nongkrong muda-mudi sebelum/setelah nonton bioskop.

  78. Eka Prasetyo Aji

    Pertama kali nonton di Buaran umur 15 thn…berarti udah sekitar 20 thn yg lalu. Butet favorite gw dulu, deket rumah, murah, gede. Banyak banget kenangannya, dr cewek pertama sampai kesekian, nonton sm temen dan sahabat2 gw. Dulu lo bisa nonton film semi di buaran, aman bisa masuk, apalg pas midnite. Sygnya kenapa ga direnovasi….gw yakin kalo dibagusin pasti tambah rame…harganya dinaikin aja….Butet jgn ditutup ya…..please…..thank you buaran….love you…

  79. Mungkin setelah tulisan ini dirilis ada inpestor yg sudi ingin membangun kembali kejayaan butett seperti jaman emasnya dahulu kala

  80. Banyak memory dr gw kecil. Inget waktu mau nonton Home Alone loket belum dibuka, coz kegerahan, gw berdiri depan tuh loket ngangkat krei loket biar kena semburan AC, pas nengok kebelakang itu antrian udah mengular dibelakang gw. Hehe..such a memory…

  81. nurul andryni

    terakhir kali nonton di butet pas film the Raid pertama , itu punya kenangan banget . soalnya pas nonton lagi ujan deres dan ujannya kedengeran sampe ke dalem ??

  82. tiw, keren webnya.
    terakhir nonton disana itu film bangsal 13 kalo ga salah, sama ajus ery adit.
    waktu smp wajib loh nonton film Tjut Nyak Dien di Buaran, bayarnya 3000 x)

  83. Tiwww…. Bioskop buaran masih buka

    Udah ga masuk group 21 lagi, jadi masih buka dengan memutar film2 lawas…

  84. Asli.. jdi inget masa kecil di bayarin nonton bioskop ama temen di butet ini… itu pertama kalinya gw masuk ke bioskop … waktu itu gw nonton film Tarzan yg kartun tahun 90an. Ga nyangka tuh bioskop masih bertahan sampe sekarang. Jd mengenang masa lalu.

  85. Buaran Teater itu bukan punya 21 cineplex. Makanya kami menyebutnya bioskop non-21. Hanya saja pihak 21 membantu mendistribusikan film2 yg diputar di bioskop 21 atas permintaan pemilik bioskop. Jadi kalau bioskopnya terkesan jadul dan bapuk banget ya karena pemilik bioskop nggak merenov. Kalo yg punya 21 pasti udah diperbagus. Karena pasti pengunjungnya akan banyak banget.

  86. td saya lewat situ, emang masih buka sih. pertama kali saya nonton bioskop ya di buaran theater itu. waktu itu ngantri eifel i’m in love. juara ngantrinya. ngantri dari buka bioskop dapet jadwal nonton pas tayang terakhir.
    saya sih berharap si butet ini di bagusin. kali ajah ada hartawan yg mau ngasih modal renovasi. pasti cepet deh balik modalnya. klo butet dh bagus. pasti banyak yang bakal nonton disana..

  87. terakhir nonton di sini pas 2014 Edge of Tommorow, iseng doang sih, murmer, meskipun banyak nyamuk hehehhe …. itu penulis hiperbola banget 2 dekade jadi 2 abad ….. legenda hidup nih bioskop, terakhir gw lewat masih ada kpk nih bioskop …. kl bisa dipercantik lagi, apalagi sebelahnya mol, gk ada bioskop pula, masa mesti ke bekasi ujung/arion kl mau nonton

  88. Inget awal2 nikah…seneng banget nonton disini bareng suami… mana lagi hamil hampir tiap minggu nonton disini pacaran deh berduaan… itu 10 tahun yg lalu…. sekarang mah sudah ber-5 kalo nonton di XXI yg dimol2 gede hehehehe…

  89. Dulu nih bioskop g ada lawan di sekitarnya…inget th 92/93 nonton home alone ame bokin. Rame bingit…full sit.

  90. Nih dulu butet g ada lawan dsekitarannya. Inget th 92/93 waktu nonton home alone…rame banget. Trmasuk favorit..klo bisa sih butet ini direnov canggihlah…

  91. Pernah sekali nonton sama pacar pertama.. tp itu lbh mendingan dibanding bioskopnya cimanggis mall. Astagfirullah cukup sekali nyobain dsana. Ac aja ngga ada .. pertama kali nonton kipas kipas.. diajak ksna krn edisi bolos sekolah dan anak sekolah pd ga pny duit..

  92. Awal nonton di Butet, jaman masih TK di ajak bokap nonton power ranger movie
    Terakhir nonton, spiderman 3 bareng temen kuliah buat uji nyali aja, haha

    Tapi dari kecil sampe sd selalu ntn di Butet ini
    Full of memories nih tempat, smoga dapet perlakuan yg layak (alias di perbaiki)

  93. Yg ingat terakhir nonton midnight black hawk down habis itu makan indomie roti bakar warkop yg didepannya. Sebelum dirombak sm buaran plaza/ carefour. :)

  94. inget nonton saur sepuh dari seri pertama sampe yg keberapa gitu, terakhir nonton 7 taun yg lalu film andrea hirata klu ga salah sang pemimpi.,mau y bioskop ini di perbaiki interior ,layar dan sound y,harga sm dgn xxi ga apa asal bisa setara pelayanan xxi.dr pada jauh k tempat lain, semoga.

  95. Banyak kenangan ni nonton dbutet
    Maklum rumah Ane di pulo jahe
    So lurus doang nyampe
    Yang bikin lucu ya waktu dibayarin
    Temen nonton harry potter
    E ketiduran ampe kelar…

  96. Syahrul Romdoni

    Alumni one qyu phe pasti sering kesini. udah dua cewek yg gw gandeng ke bioskop ini (salah satunya udah jadi bini). bahkan selalu kesini klo lagi kasmaran. kenangannya sih pernah nemu tikus di bangku. trus bisa duduk dimana aja (ga sesuai yg ada dikarcis). dan yg penting, ada mushala nya di belakang.

  97. qhodii syailendra

    butet belum tutup kok , n jga tempat.a sudah lebih bersih dari sebelum.a ..
    tapii jangan harap buat nonton film baru :)

  98. Emg ini bioskop bersejarah banget pokoknya. Smoga butet bs dibangun mgkn kayak metropole yg berdiri sendiri gt. Krn lokasinya udh mendukung bgt buat ada bioskop ditengah buaran gt :)

  99. Sanusi ( anak pulojahe )

    Ini ma gedung bioskop jaman saya masih muda film andalan Mandarin dan James Bond ….banyak kenangan tempat buat janjian sama pacar sambil nonton film …semoga cepat di pugar ….

  100. Dari yg namanya buaran plaza masih rawa2 ini bioskop dari dulu sampai sekarang paling murah, apa lagi pas jaman2nya moneter, punya uang pas pasan tapi mau nonton di bioskop cuma di BUTET doang yg bisa, semoga bisa di renovasi bioskop buaran(BUTET)

  101. busyeeet ini bioskop andelan dr jaman SD sampe SMP just fyi gw SD smpe SMP di tahun 1990 sampe 1999 film yg gw pernah tonton di situ banyak bgt yg paling berkesan nonton power ranger the movie…ampe berkali kluar ngantri lg hahhaa….kangen maen dingdongnya banyak tukang palak..hahaha

  102. Pertama kali kenal apa itu bioskop, ya buaran teather, ada semacam gathering disana seru kali yah, sembari bernostalgia

  103. Di bandung ada bioskop lokal sama persis keadaannya , terakhir nonton transformers kuliah jaman dlu sekitar th 2007 an , nama bioskopnya lupa malah pokoknya sekitar daerah ujung berung..

  104. 2008-2012 sering bgt nonton di sini.
    Sblm/abis nnton pasti mkan soto ranjau bang jangkung yg pke grobak mngkal dpn butet. Ampe skrang klo lewat daerah situ pasti mmpir ke butet cuma buat makan soto. Terahir 2-3 bln yg lalu pas lgi beli soto, iseng pengen nostalgia masuk butet. Wktu itu film yg lgi di puter “After life”

  105. irwan kurniawan

    klo inget ini bioskop dari jaman gw beli tiket harga 3.500 udah lama bnggt pas mol yogya yg di klender masih ada klo enggak nonton gw maen dingdong(game) pake koin 100/cepean logam yg gmbarnya wayang hadeh…story banggt dah BUTET

  106. Butet itu bioskop legend,.jd tolong kalau bisa d renovasi aja jgn di tutup,.saya terakhir nonton dpt undangan pas filmnya Habibie ainun..

  107. Gila ni bioskop., kenangan gw banyak disitu terahir gw nonton lord of the ring tahun 2003 apa 2004 gitu. lobbynya enak banyak angin sepoi2 lebih sehat daripada pake AC, didalemnya jg ok ac dingin dah gk ada tiku2 atau kecoa lewat kok, tapi emang kursinye aja yang legend…tapi sih sofar asik. yah gw sih cuma bisa bantu doa semoga ni bioskop di pugar (tanpa merubah bangunan asli) trus filmnya jg lebih update. biar lebih idup tu kawasan buaran.

  108. bersejarah itu bioskop buat gue n tmn” SMEA gue …
    sebernya dia bisa menjdi bioskop yg layak kembali asal ada perhatiannya :( kesian

  109. pertama kali nonton pas smp film inikah rasanya… lupa tahun berapa… sering juga sih kongkow disana tanpa nonton, hahahaa…
    semoga cuma di renov kan lumayan deket rumah… eheheee…

  110. 2006-2009 gw tinggal di Pondok Kopi, Butet mah udah jadi bagian story life gw banget..
    Ga keitung berapa film yg gw tonton, berapa gebetan yg gw ajak nonton (heu.. heu..), berapa kali helm gw ilang diparkirannya yg emang konsepnya alam bebas itu T,T
    Smoga cuma di pugar, dan bakal dibuka lagu.. Ni bioskop Legend abisss..
    Coba Pemda punya perhatian sedikit sama situs2 bersejarah macem Butet ini..

  111. dimas dwi prasetya

    Kenangan banget nih butet,emang sih cuma nonton 2x sama pacar taun 2008
    Mudah”n sampe saat ini juga masih buka biar bisa flashback hehe…
    Kalo emang butet berarti buat kita semua knapa ga ngajuin proposal aja ke pihak yg terkait,itung” melestarikan bangunan bersejarah loh :D

  112. Meskipun teater buaran begitu. Tapi itu bioskop yg paling murah setelah biiioskop mall cimanggis. Bioskop buaran juga memutar film2 yg sedang buming.meski nunggu 4 ampe 3 bulan dulu .hiiihii

  113. 2 abad mas ? yakin ? wkwkwkwk
    ane sering dulu nonton pas masih smp, seminggu bisa 4 kali :D hahaha abisan ceban murah. ampe skrng masih buka, ane suka lewat. masih ceban juga kayanya.

    1. halah.. masnya ini ngerti majas yang melebih-lebihkan sesuatu gak? Haduh majas apa ya inii yaa namanyaa.. Itulah pokoknya. x)

  114. Share ttg bioskop buaran jd inget masa-masa paling indah sewaktu SMk. .
    Dulu jaman skolah angkatan 2006-2007 pertama kali ngedate renk doi(pacar) disanalah kisah kasih cinta

  115. kalau saya memang tinggal agak jauh dari bioskop , tapi kalau tempat nya saya tahu dan pernah lihat lihat poster film , bioskop udah ada sejak masih sekolah sampai saat ini .

  116. bioskop butet masih buka kok bang heran itu bioskop apa apa ya? udah ga ada ac nya masih sepuluh ribu harga bioskop sana kemarin pas ane and doi kesana tadinya cuma iseng-iseng pengen tau soalnya setiap ane berangkat kampus lewat itu bioskop kata orang-orang udah tutup tapi pas ane sama doi coba datengin tuh tempat masih buka kok, iya sih murah banget tapi jadwal filmnya ga update banget film yang udah lima tahun berlalu masih aja di puter trus juga ngga ada ac nya pula filmnya jadul semua , tapi gw salut sama itu bioskop masih mau bertahan mempertaruhkan hidup matinya itu bioskop, saran gw iya renovasi lah sedikit dari mulai toilet bangku dll nya biar cap jelek orang-orang sama itu bioskop bisa ilang dan harus update sama film-film yang baru-baru jangan yang udah film lima tahun berlalu terputar lagi, itu aja sih saran gw buat bioskop butet ! tolong pertimbangin lagi sama oomongan ane yah, :) terimakasih

    1. Makasih brooh buat infonya. Jadi beneran nih masih buka? Gada ac dan harga 10ribu? Udah kayak bioskop remang2 aja ala2 di SENEN. Hahaha.. syedih yaaa.. :’)

  117. Terkahir nonton disana tahun 2004an kl gk salah.. film stealth.. itu bioskop banyak bgt kenangannya.. waktu SD jauh2 jalan kaki kesana cuma buat maen dingdong ny doang.. rebutan ngantri tiket eifel im in love sampe kaca etalase nya pecah.. jadi calo tiket film AADC yang langsung di puter di 4 studio.. kl malem ngintipin orang mesum di belakang dan samping teater.. dan momen yg paling wah.. dari ujung kursi bioskop jerit kompak kayak nonton konser gara2 tikus lewat dari ujung sprint ke ujung..

  118. Massyyaaaalllaaaahhh… Entah kenapa tiba2 kangen banget sama Butet, trus nemu tulisan ini. Ngakak sumpah!! Agak hiperbola sihh.. Tapi lucu!! ? Sekitar tahun 98-2004-an Butet udah kayak “sekolah/kampus kedua” gw. Sering bangett nonton di sini, bahkan terlalu sering. Sampe apal sama yg jaga loket, yg jaga pintu, jual cemilan + yg jaga dingdong. Gw dulu pernah wawancara managernya buat jadi bahan skripsi. Trus pengalaman paling konyol, gw dulu pernah naek ke ruang operatornya, negur mas2nya yg lagi tugas muter film. Gara2nya proyektornya gak gak center beberapa menit dan doi gak ngeh! ? ? ? Trus dulu diparkiran ada deretan warung tenda. Ada suami Istri jualan ayam bakar langganan gw, tambahan bumbu kentelnya enak bangettt. Jadi kangeenn!! ? Thanks tulisannya.

  119. Dari zaman gw kecil ini bioskop udah ngejogrog di sini. Saking dekatnya sama SMP gw (SMP 255), ke sini jalan kaki (padahal mah dulu uang jajan pas-pasan, sayang kalo naek angkot).
    1 lagi yg kelewatan, kalo nonton pasti bayar PMI (gimana g baik nih bioskop).
    Pernah waktu pas nonton kuntilanak 2 (yg dimainkan julie estele) kursi temen di sebelah gw patah senderannya (gw nyaksiin sendiri) alhasil selama nonton g bisa nyender.
    Terakhir film yg gw tonton di butet itu, Habibi Ainun. Sampe sekarang g pernah nonton d situ lagi. Sedih juga kalo bener butet udah g pake lagi

      1. Nonton di Butet udeech Paling seruuuu….
        Pas masuk Lari”…Nyari Tmpat duduk paling atas paling Pojok……

    1. tapi kayaknya masih deh, soalnya diparkiran motor masih banyak motor yg bejejer gitu, malem juga masih terang, tapi ga tau si ya…

  120. Gw tinggal 1 km dr butet,,trakhir nonton disitu skitar thn 2002 pas film lara croft tomb raider..blom lama gw lewat fly over buaran,rumput diparkiran motor udh tinggi2 bged..entahlah itu bioskop msih beroperasi atau ngga.. (^~^)

  121. Terakhir ke Butet itu pas nonton film Chernobyl Diaries, ntah tahun berapa??
    Sering nonton juga disini, disamping murah dan jarak nya juga ngga jauh..

  122. Muhammad Fadli Akbar

    haha berhubung ini bioskop ga jauh dari sekolah ane dulu (SMKN 48).. jadi mau gimana lagi.. jadi tongkrongan dah disitu…wkwk

  123. Tiap hari aku lwt bioskop ini (bru tau klo disebutnya butet) bkin pnsran bgt. Lokasinya jg emg gak jauh dr rmhku, tp ttep aja blm prnah nyoba nntn di situ. Hehe

    Kirain horror itu bnyak jurig2 yg gngguin. Haha. Trnyata yg lbh horror tuh WCnya tohh…

    Tp ttp aja horror sih, lg nntn ada tikus ato kcoa yg numpang lwat :’D
    Setuju bgt tuh, kalo butet dibagusin lg, ksh fasilitas apa gtu.. Sngaja ga direnov biar trkesan bgunan brsejarah apa gmn ya?:/

    Kan enak nnti aku nntn bioskop jd lbh dket. Hehehee:)

  124. Semoga bioskop ini bisa lebih baik lagi… Dan film yang diputar update seperti bioskop “kece” pada umumnya. Ku tunggu kejayaan mu yang dulu wahai BUTET! ☺

  125. nisa emyr salim hauzan

    Dulu saya terakhir waktu msh PDKT sama suami tuh tahun 2012 klo gk salah nonton film I Ron Man yg pertama deh ..

    Menurut saya gk seberuk yg kalian bilang .. Memang bioskop th harus d perbaiki lg sh agak ad hawa mistis ajja sh ..

  126. Cinta Pertama di Butet….awal Pertama kali Kenal Yg Namanya Bioskop di BUTET…..Pda Tahun…2007…. Sekarang Malah ngeJomblo……Malah Pengen k Butet Sedikit Mengenang cinta Pertama…. Ahhhaammmmm…….. D11970a1

  127. Terakhir gue nonton 2 bulan lalu karna bete dan kangker(kantong kering) terpaksa nonton di butet . yang di tonton itu insidious 1 . kebayang kan lo film yg keluarnya dari kapan tau di butet baru di puter wkwk . horor abis tamiya mondar mandir mlu (tikus) saking takutnya gue nontonin kaki bukan layar bioskop wkw . tapi butet masih buka smpe skarang karna gue tinggal deket situ cuma udh rada serem gtu sayang padahal rame loh ( buluk aja rame apa lagi bagus wkw) jd tolong deh cepet cepet di benerin biar lebih layak tp jangan naek htm nya wkwk udah segitu aja makasehh

  128. baru tau buaran teater seperti itu.. jadi penasaran.. beberapa kali diajakin nonton disitu suka bertanya2 itu bioskop masih buka emgnya?? soalnya sepi bgt ga berpenghuni gitu dri depaan..

  129. NitaEkaRoyani

    Jdi inget nonton AADC 2002 sama mantan cinta pertama gw…nonton ma tmn2 skola bareng2 di buaran

  130. Bioskop ini dekat rumah ane, film pertama yang ane tonton di Butet adalah petualangan Sherina waktu ane masih SD dan film terakhir yang ane tonton kalau tidak salah iron man 3 tahun 2013. Benar kata TS bioskop ini punya potensi besar apabila ditata dengan baik oleh XXI atau Blitzmegaplex karena untuk daerah Jakarta timur dan sekitarnya baru ada Arion, Cipinang mall dan grand mall Kranji. Semoga Buaran teater bisa lebih baik dan beroperasi kembali dengan kualitas yang sama dengan bioskop-bioskop lainnya. Salam SCTV @triroris aka @trirmaris

  131. BUTET yang melegenda, terakhir nonton disini Habibie Ainun 2012 setelah itu hanya lewat depan nya setiap hari, semoga kedepannya BUTET bisa jadi lebih bagus seperti halnya Metropole di Cikini, mengingat lokasi nya yg sangat strategis .

  132. Hahha.. bener bgt…
    Jaman dulu pas Smk klo pulang hari senin pilih yg nomat pas ada film baru pasti langsung caw k sana BUTET. w inget pas nonton film “Bangku Kosong”
    Udah nonton film horor, horor pula tempat nya wkwk. Bangku yg didudukin bunyi… bau2 g enak tempatnya. Sumpah gk nyaman… jd makin horor ajh klo ada tikus lewat di kaki ??. Tp tetep seneng bisa nonton bioskop brg temen2 hrga ny pas kantong.. heheh….

  133. GWS butet,… sedih tau kabar butet sudah ditutup :(
    walaupun bentuknya sudah tua dan jelek, gue gak akan pernah lupa kalo dia bioskop pertama kali yg gue tau,.. itu waktu masih smp kira” tahun 2003 an

  134. Sebenernya klo pihak Cineplex 21 sadar bahwa di Butet msh berpotensi utk rame lg Krn posisi ny yg bersebelahan dgn BP (Buaran plaza) ini si Butet bkalan penuh trs n jg klo film” ny di update trs….

    Klo ad yg pny link ke Cineplex 21 segera di ksh tau agar dibutet di pugar n di buka lg

  135. aliyuprisontrans

    terakhir ntn spider-man ..
    film titanic juga gw ntn disini.
    mudah2an setelah renovasi akan jadi bioskop sekelas IMAX.
    semoga

  136. arief syofyan

    ini masih buka ko cuma nga di tempelin aja poster film nya klo masuk kedalem juga masih beroperasi tapi ya gitu yang di puter film lawas semua hahahahahahahaa ini tempat ane pacaran dan sekarang ud jd istri ane gara gara ketemuan di bioskop ini ” nice story “

  137. Terakhir gw nonton di butet tahun 1997, itu pun waktu ada acara dr skolah ttg sjarah indonesia. Nonton film imam bonjol ,yg nonton jg satu sklolahan dr smp 236

  138. Ahhh ngaco ini mah… butet gak seserem itu kok.. tempatnya masih bersih kok gak ada itu yg namanya kecoa sama tikus (kl nyamuk pasti ada)..

    sampe sekarang masih buka ini bioskop… harga masih tetep sama,

  139. miris si lihat nya,,,, apa lagi liat tiketnya ada logo jakartanya… usul aja kenapa pemerintah ga buat gedung pertunjukan seni disana aja ya?…..

  140. Pertama kali nonton disini film Fatahillah th 1997 dlu masih bagus AC masih dingin & semuanya rapih, tpi sekarang masih buka mskipun udah gk nyaman lagi, soalnya rumah gue di ST.Buaran jadi tiap hari lewat sini kalau mau ke duren sawit…. semoga kembali kaya dulu lagi BUTET ,,,Amiin

  141. Butet smpe skrg masih rame ko..
    Perah satu kejadian waktu ane masih SMA pulang sekolah nnton bareng tmn” ..ga sengaja kacang yg ane lg makan jatoh…dan ga lama kemudian ada tikus yg lewat dikaki ane…trnyata itu tikus lg mkanin kacang ane hahaha…

  142. what a good ‘ol days… saya orang jaktim, yg saya sepertinya dulu sewaktu kecil sering diajak nonton di sana sama ortu. yg paling saya inget sih film harry potter yg paling pertama. miss that moment when my parents took me to the Butet. XoXo

  143. Ini tempat bersejarah bgt pertama kalinya kenal bioskop ya disini.tiketnya murce…jajanannya jg murce2..terakhir ntn 2010..alhamdulillah ga pernah lihat tikus tp kalo suara jangkrik iyak..nonton film kuntilanak apa pocong ada boneka setannya beneran depan pintu masyaAllah plg kocak nih bioskop..lol

  144. Butet, lupa waktunya, tapi terakhir nonton sih pas muter The Amazing Spiderman. Beberapa kali masuk kesitu akhir-akhir ini, tapi muternya film-film yang gak jelas semua sekarang :(

  145. gara2 iseng baca ni blog akhirnya gw yg notabene orang sekitar situ dan punya kenangan nonton di situ nyobain lagi dah buat ke butet… padahal skrng gw udah tinggal di tangerang.. karna penasaran gw datengin deh tuh bioskop tgl 28 april 2017 …daaan emang masih buka ternyata… tp sayang udah sepi banget dan filmnyapun udah jadul banget…. tiketnya 10rb yg beli tiket cmn sekitar 15 orang termasuk gw… kalo bisa di bagusin lagi pasti bakalan rame lagi nih butet

  146. Orang yang masih hidup

    Pugarin butettt… ;-; asal lewat disitu kalau brangkat sekolah rasanya… Nyess nyess.. Ah sdhlah

  147. OMG butet.

    Tempat gw nonton casper sama bokap pas zaman smp.
    Nonton jurrassic park rame2 sama temen pas sma.

  148. akhir november lalu pas mau berangkat kuliah kaget, ini bioskop bukannya dipugar biar bagusan dikit malah dirobohin :””””‘( padahal bisa jadi tempat nostalgia buat angkatan lama yg sering nonton disitu.

  149. bhahahaha… aseliikk.

    waktu lagi nyiapin nikahan tahun 2014, gue nunggu vendor undangan di buaran. iseng2 gue masuk bioskop buaran, nyari film sambil nunggu waktu.

    masuk ke lobby-nya aja udah horror, beli popocorn-nya mimpes gitu, tiketnya masih tiket kertas. :)))))

    bhaaayyy.. gue ngga jadi nonton. mending maem soto ayam ada di depannyaaa, enak banget ada soto ceker dan tulangan. :))))

  150. Setelah 28 tahun berdiri, bioskop Buaran kini tinggal kenangan. Bioskop legendaris itu resmi dirobohkan sejak satu minggu terakhir (November Akhir)

  151. Butet udah di tutul, klo ga salahau di jadikan showroom mobil, dan bioskop nya sndiri akan di pindah k dalam.carefour.. Saya tinggal di skitaran buaran tepatnya kmpung pulo jahe

  152. jadi inget taun 2001 di ajak bokap kemari tp ngga nonton cm liat2 doang didalem??, jaman smp an degh waktu itu, film yg w tonton dah lupa w apa aja. dari king artur, laskar pelangi, Dll
    jadi teringat ketemuan pacar paling pertama ya janjian disini taun 2004. hihihi jaman hape nokia 3310 yg bunyinya blm polifonix ?? uedan skrg tinggal kenangan mas bro n mba sis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top