Titiw Inside

Misteri Bertahannya Bioskop Buaran

Tuesday, 3 June 2014

Kamu bingung? Ente bingung? Yeiy bingung? Anda bingung? Sama, saya juga bingung. Kenapa bisa-bisanya Bioskop Buaran a.k.a Buaran Teater (Butet) yang masuk jaringan Cineplex 21 itu bisa bertahan selama 2 abad dan kagak direnovasi sedikit pun. Pernah denger bioskop Buaran? Bioskop yang berada di bilangan Jakarta Timur ini memiliki kisah sendiri bagi anak-anak yang tinggal di JakTim dan sekitarnya. Kisah macam apa? Bisa kisah cinta di tahun 1989 ketika Butet baru didirikan, ataupun kisah geli-geli gelisah yang saya alami terakhir mengunjungi Butet di pertengahan 2012.

Kenapa saya tiba-tiba membahas Butet? Nothing particular. I just feel like sharing it in my blog, ketika gak sengaja baca tweet-tweet yang sempat saya edarkan di dunia pertwitteran, pas nonton di sini. Mungkin buat yang gak pernah menyambangi Butet akan mikir “Segitunya amat emang ya bioskop ini?” IYA. SEGITUNYA. Maksud dari segitunya, akan saya jelaskan dalam point-point yang wajib disimak di bawah ini, karena akan keluar di soal masuk perguruan tinggi negeri tahun 2042 dalam bab “Situs Bersejarah Buaran Teater Jakarta”.

  1. HTM terakhir, setahu saya Rp 10.000 (weekdays) dan Rp 15.000 (weekend)
  2. Ngantri tiketnya masih di loket klasik dan dibuka beberapa menit sebelum film dimulai. Jadi gak mungkin banget mau nonton film jam 17:00, beli dari jam 13:00. Bagus, ngajarin anak muda jadi tepat waktu.
  3. Satu film, satu loket. Mau nonton film yang kamu mau? Hanya bisa di 1 loket, gak bisa di loket yang lain. Loket Butet sepertinya menjunjung tinggi Pancasila sila ke-5.
  4. Lobby bioskop tidak berpendingin dan banyak nyamuk. Sedih.
  5. Pandanglah ke atas, poster-posternya masih klasik. Mengingatkan saya waktu nonton film Twister saat kelas 6 SD.
  6. Mau jajan? Sekalian yang banyak, karena harga kacang Mr.P dan Lays rumput laut kesukaan kamu gak dijual semahal bioskop biasa. Saya rasa si mpok yang jualan pake daster itu outsource deh ke warung depan bioskop.
  7. Terakhir saya nonton Ice Age 3 di sana tahun 2012, layarnya kayak layar tancep, kagak tajem gitu gambarnya.
  8. Sedangkan untuk departemen suara, yang saya inget adalah saat ke sana tahun 2003 sama mas Anggit nonton Eiffel I’m In Love, dimana suara Shandy Aulia naik dikit lagi udah bisa mecahin gendang telinga saya.
  9. Di Butet, gak ada speaker dengan suara dari Maria Oentoe yang dengan tegas memanggil kalo film sudah dimulai. Adanya, mas-mas yang nepok-nepok memanggil di depan pintu teater. Dagelan banget! :))
  10. Mau uji nyali? Bioskop Buaran adalah tempat yang tepat! WC yang super busuk, bangku yang keras kayak bangku resto cepat saji, dan ada sliwer-sliwer bebauan gak jelas
  11. Nggak ada yang namanya nomor bangku di sini. LUBER pokoknya. Langsung, umum, bebas, rasakan!
    Tiket Buaran Teater
  12. Udah garuk-garuk betis sampe korengan karena banyak nyamuk di lobby? Jangan sedih. Begitu masuk ruangan nonton, nyamuknya ikutan, seakan gak mau move on dari kamu.
  13. Udah di dalem? Jangan coba-coba ngadep dinding atau megang bawah bangku karena udah pasti tangan kamu kena basah-basah permen bekas kesukaannya Lupus.
  14. Kalo lagi hoki, ada tikus lucu lewat kaki kamu tanpa Assalamualaikum. Kalo kurang hoki? Paling kecoa doang.
  15. Walau begitu, bioskop ini layar dan kapasitas penontonnya besar dan banyak! Jgn lupa maen dingdong! (yang saya gak aware masih berfungsi apa kagak)
  16. Ketinggalan nonton suatu filem tapi udah turun di bioskop-bioskop kesayangan kamu? Tenang, Buaran adalah harapan kamu satu-satunya yang masih memutarkan film tersebut. Sebenarnya bukan “masih”, tapi “baru” memutarkan.
  17. Dan dari segala misteri dan horor yang sudah dijembrengkan di atas, Buaran itu masih masuk di jaringan Cineplex 21. Begitulah adanya.

Update: barusan ngecek, ternyata Butet sudah tidak ada di list teater yang masuk dalam 21cineplex.com. Apakah pihak 21 sudah tahu bakal saya tulis tentang Buaran jadinya doski dibuang? Aah, begitukah nasib seseorang istri tua? Bukannya dikasih duit untuk mempercantik diri, tapi malah dibuang dan cari istri baru? Sakit mas. Sakit.

Lobby Buaran Teater

Kalau ada pihak berwenang baca ini, tolonglah itu Butet diperbaiki dan diperkece. Karena dengan letaknya yang di samping mol, hampir pasti bioskop ini akan penuh kalo memang lebih mumpuni. Begitulah review saya tentang Buaran Teater, bioskop tempat saya besar dan nonton banyak film-film menakjubkan. Bagaimana dengan kamu? Pernah nonton di bioskop Buaran juga? Atau punya cerita tentang bioskop lokal yang punya nasib mirip dengan Buaran? Ayo berbagi! :)

Update lagi: Menurut teman yang tinggal di Buaran dan sekitarnya, ini bioskop udah tutup sekitar setahunan. Ebuset, padahal beberapa bulan lalu kayaknya tante lewat masih buka. Apa itu cuma orang yang kongkow ya? Googling-googling gak nemu berita tentang Butet tutup. Meskipun gak nonton di sana lagi, kok ada rasa nyess di hati ini ya.. Ahh.. Semoga bioskop ini ditutup untuk sementara agar bisa ddipugar dan diperbaiki ya. Minta aminnya dulu dong penontoon! AAAMIIN! (gak pake rais ya)

© Some of pic

232 thoughts on “Misteri Bertahannya Bioskop Buaran

  1. Tury says:

    Dari zaman gw kecil ini bioskop udah ngejogrog di sini. Saking dekatnya sama SMP gw (SMP 255), ke sini jalan kaki (padahal mah dulu uang jajan pas-pasan, sayang kalo naek angkot).
    1 lagi yg kelewatan, kalo nonton pasti bayar PMI (gimana g baik nih bioskop).
    Pernah waktu pas nonton kuntilanak 2 (yg dimainkan julie estele) kursi temen di sebelah gw patah senderannya (gw nyaksiin sendiri) alhasil selama nonton g bisa nyender.
    Terakhir film yg gw tonton di butet itu, Habibi Ainun. Sampe sekarang g pernah nonton d situ lagi. Sedih juga kalo bener butet udah g pake lagi

    1. ari says:

      angkatan berapa di 255, ane juga disana angkatan 2004

    2. titiw says:

      Patah senderannyaaa! Epic bangett! :’))

      1. Egifh says:

        Nonton di Butet udeech Paling seruuuu….
        Pas masuk Lari”…Nyari Tmpat duduk paling atas paling Pojok……

    3. bang dans says:

      ane lulusan 2007 :v

    4. bang dans says:

      tapi kayaknya masih deh, soalnya diparkiran motor masih banyak motor yg bejejer gitu, malem juga masih terang, tapi ga tau si ya…

  2. sobat dejavu says:

    Gw tinggal 1 km dr butet,,trakhir nonton disitu skitar thn 2002 pas film lara croft tomb raider..blom lama gw lewat fly over buaran,rumput diparkiran motor udh tinggi2 bged..entahlah itu bioskop msih beroperasi atau ngga.. (^~^)

    1. titiw says:

      Saya sih juga terakhir nonton 2012 kak..

  3. yos mo says:

    karena baca ini,gw jadi penasaran pengen merasakan nikmatnya nonton film di BUTET

    1. titiw says:

      Ini mah adu nyaali kaaak.. Hebring kalo kuat :))

  4. Praz Andy says:

    Terakhir ke Butet itu pas nonton film Chernobyl Diaries, ntah tahun berapa??
    Sering nonton juga disini, disamping murah dan jarak nya juga ngga jauh..

  5. dhewie says:

    Terakhir wkt gw SMA
    Nnton disitu cuma krn numpang tdur krn gw cabut sekolah hahaha..

  6. haha berhubung ini bioskop ga jauh dari sekolah ane dulu (SMKN 48).. jadi mau gimana lagi.. jadi tongkrongan dah disitu…wkwk

  7. Lulu Andita says:

    Tiap hari aku lwt bioskop ini (bru tau klo disebutnya butet) bkin pnsran bgt. Lokasinya jg emg gak jauh dr rmhku, tp ttep aja blm prnah nyoba nntn di situ. Hehe

    Kirain horror itu bnyak jurig2 yg gngguin. Haha. Trnyata yg lbh horror tuh WCnya tohh…

    Tp ttp aja horror sih, lg nntn ada tikus ato kcoa yg numpang lwat :’D
    Setuju bgt tuh, kalo butet dibagusin lg, ksh fasilitas apa gtu.. Sngaja ga direnov biar trkesan bgunan brsejarah apa gmn ya?:/

    Kan enak nnti aku nntn bioskop jd lbh dket. Hehehee:)

  8. Linda says:

    Semoga bioskop ini bisa lebih baik lagi… Dan film yang diputar update seperti bioskop “kece” pada umumnya. Ku tunggu kejayaan mu yang dulu wahai BUTET! ☺

  9. Dulu saya terakhir waktu msh PDKT sama suami tuh tahun 2012 klo gk salah nonton film I Ron Man yg pertama deh ..

    Menurut saya gk seberuk yg kalian bilang .. Memang bioskop th harus d perbaiki lg sh agak ad hawa mistis ajja sh ..

  10. Egifh says:

    Cinta Pertama di Butet….awal Pertama kali Kenal Yg Namanya Bioskop di BUTET…..Pda Tahun…2007…. Sekarang Malah ngeJomblo……Malah Pengen k Butet Sedikit Mengenang cinta Pertama…. Ahhhaammmmm…….. D11970a1

  11. nonbile says:

    Terakhir gue nonton 2 bulan lalu karna bete dan kangker(kantong kering) terpaksa nonton di butet . yang di tonton itu insidious 1 . kebayang kan lo film yg keluarnya dari kapan tau di butet baru di puter wkwk . horor abis tamiya mondar mandir mlu (tikus) saking takutnya gue nontonin kaki bukan layar bioskop wkw . tapi butet masih buka smpe skarang karna gue tinggal deket situ cuma udh rada serem gtu sayang padahal rame loh ( buluk aja rame apa lagi bagus wkw) jd tolong deh cepet cepet di benerin biar lebih layak tp jangan naek htm nya wkwk udah segitu aja makasehh

  12. annisa says:

    baru tau buaran teater seperti itu.. jadi penasaran.. beberapa kali diajakin nonton disitu suka bertanya2 itu bioskop masih buka emgnya?? soalnya sepi bgt ga berpenghuni gitu dri depaan..

  13. NitaEkaRoyani says:

    Jdi inget nonton AADC 2002 sama mantan cinta pertama gw…nonton ma tmn2 skola bareng2 di buaran

  14. Tri Sutrisno says:

    Bioskop ini dekat rumah ane, film pertama yang ane tonton di Butet adalah petualangan Sherina waktu ane masih SD dan film terakhir yang ane tonton kalau tidak salah iron man 3 tahun 2013. Benar kata TS bioskop ini punya potensi besar apabila ditata dengan baik oleh XXI atau Blitzmegaplex karena untuk daerah Jakarta timur dan sekitarnya baru ada Arion, Cipinang mall dan grand mall Kranji. Semoga Buaran teater bisa lebih baik dan beroperasi kembali dengan kualitas yang sama dengan bioskop-bioskop lainnya. Salam SCTV @triroris aka @trirmaris

  15. Del Emano says:

    BUTET yang melegenda, terakhir nonton disini Habibie Ainun 2012 setelah itu hanya lewat depan nya setiap hari, semoga kedepannya BUTET bisa jadi lebih bagus seperti halnya Metropole di Cikini, mengingat lokasi nya yg sangat strategis .

  16. tika says:

    Hahha.. bener bgt…
    Jaman dulu pas Smk klo pulang hari senin pilih yg nomat pas ada film baru pasti langsung caw k sana BUTET. w inget pas nonton film “Bangku Kosong”
    Udah nonton film horor, horor pula tempat nya wkwk. Bangku yg didudukin bunyi… bau2 g enak tempatnya. Sumpah gk nyaman… jd makin horor ajh klo ada tikus lewat di kaki 😂😂. Tp tetep seneng bisa nonton bioskop brg temen2 hrga ny pas kantong.. heheh….

  17. dayyat says:

    GWS butet,… sedih tau kabar butet sudah ditutup :(
    walaupun bentuknya sudah tua dan jelek, gue gak akan pernah lupa kalo dia bioskop pertama kali yg gue tau,.. itu waktu masih smp kira” tahun 2003 an

  18. prama says:

    Ahahaha gokilll, ini bioskop legend

  19. Arif says:

    Sebenernya klo pihak Cineplex 21 sadar bahwa di Butet msh berpotensi utk rame lg Krn posisi ny yg bersebelahan dgn BP (Buaran plaza) ini si Butet bkalan penuh trs n jg klo film” ny di update trs….

    Klo ad yg pny link ke Cineplex 21 segera di ksh tau agar dibutet di pugar n di buka lg

  20. aliyuprisontrans says:

    terakhir ntn spider-man ..
    film titanic juga gw ntn disini.
    mudah2an setelah renovasi akan jadi bioskop sekelas IMAX.
    semoga

  21. arief syofyan says:

    ini masih buka ko cuma nga di tempelin aja poster film nya klo masuk kedalem juga masih beroperasi tapi ya gitu yang di puter film lawas semua hahahahahahahaa ini tempat ane pacaran dan sekarang ud jd istri ane gara gara ketemuan di bioskop ini ” nice story “

  22. andre joe says:

    Terakhir gw nonton di butet tahun 1997, itu pun waktu ada acara dr skolah ttg sjarah indonesia. Nonton film imam bonjol ,yg nonton jg satu sklolahan dr smp 236

    1. titiw says:

      Iyak, dulu juga aku nonton Fatahillah di sini :))

    2. Afippullah says:

      Sama om , ane dlu nonton Th 97 film fatahillah tapi,, ane dari SMP 27

  23. ens says:

    Ahhh ngaco ini mah… butet gak seserem itu kok.. tempatnya masih bersih kok gak ada itu yg namanya kecoa sama tikus (kl nyamuk pasti ada)..

    sampe sekarang masih buka ini bioskop… harga masih tetep sama,

  24. prasetiawan says:

    miris si lihat nya,,,, apa lagi liat tiketnya ada logo jakartanya… usul aja kenapa pemerintah ga buat gedung pertunjukan seni disana aja ya?…..

  25. Afippullah says:

    Pertama kali nonton disini film Fatahillah th 1997 dlu masih bagus AC masih dingin & semuanya rapih, tpi sekarang masih buka mskipun udah gk nyaman lagi, soalnya rumah gue di ST.Buaran jadi tiap hari lewat sini kalau mau ke duren sawit…. semoga kembali kaya dulu lagi BUTET ,,,Amiin

  26. Annisa says:

    Butet smpe skrg masih rame ko..
    Perah satu kejadian waktu ane masih SMA pulang sekolah nnton bareng tmn” ..ga sengaja kacang yg ane lg makan jatoh…dan ga lama kemudian ada tikus yg lewat dikaki ane…trnyata itu tikus lg mkanin kacang ane hahaha…

    1. titiw says:

      Baahahhahaa tikusnya kesempataaan

  27. Raghil says:

    what a good ‘ol days… saya orang jaktim, yg saya sepertinya dulu sewaktu kecil sering diajak nonton di sana sama ortu. yg paling saya inget sih film harry potter yg paling pertama. miss that moment when my parents took me to the Butet. XoXo

  28. pickyeater says:

    Ini tempat bersejarah bgt pertama kalinya kenal bioskop ya disini.tiketnya murce…jajanannya jg murce2..terakhir ntn 2010..alhamdulillah ga pernah lihat tikus tp kalo suara jangkrik iyak..nonton film kuntilanak apa pocong ada boneka setannya beneran depan pintu masyaAllah plg kocak nih bioskop..lol

    1. titiw says:

      Ahahahahhahahahahaha amit2 boneka pocoonggg. x))

  29. Heri says:

    Butet, lupa waktunya, tapi terakhir nonton sih pas muter The Amazing Spiderman. Beberapa kali masuk kesitu akhir-akhir ini, tapi muternya film-film yang gak jelas semua sekarang :(

    1. Ica says:

      Masih buka kok bioskopnya ,soalnya itu dekat rumah saya ,wkwk;v

  30. Cicih suryati says:

    Terakhir kesitu tgl 28 januari kemaren cuma numpang parkir hihi , krn mau ke emoll sebelahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now