Review

Smartfren Connex M1, Apakah Benar-benar Smart?

Friday, 12 September 2014

Smartfren Connex M1 (2)

Rumah saya terletak di daerah Jakarta Timur, yang seringnya orang bilang Bekasi. Padahal jarak Bekasi dari rumah saya lebih jauh dari jarak rumah saya ke Tebet. Hal perlokasian ini nih yang sering dianak tirikan oleh beberapa Telco ataupun layanan telekomunikasi lainnya. Misalnya saja, merk “X” yang saya pakai dari SMA, tiba-tiba saja dalam 2 tahun belakangan sinyalnya blank di komplek saya, yaitu daerah Pondok Bambu 2. Walhasil kalo nelpon harus ke luar rumah sambil teriak-teriak. Pernah loh Mama saya dan Om tetangga depan rumah sama-sama keluar rumah hanya untuk ngangkat telpon. Belum lagi hal SMS, dikirim hari ini bisa besok nyampenya ke penerima. Dan dengan customer service yang bisanya menjawab dengan template itu-itu saja tanpa ada jalan keluar yang terang benderang, saya akhirnya memutuskan untuk berpindah ke merk “Y” yang meskipun digadang-gadang tidak oke dipakai di daerah, tapi kenceeeng di ibukota. Ya udahlah, rasio saya ke luar kota juga berapa persen sih dibandingkan saya ada di rumah?

Begitu pula dengan urusan koneksi data internet. Saya yang bekerja sebagai konsultan social media yang hampir pasti haruuus internetan setiap saat setiap waktu kuingat dirimu pastinya wajib dan fardhu ain  hukumnya untuk punya barang yang bernama modem. Dulu pernah pake produk A, ebuseeeett bikin setres doang karena grafiknya kagak naek-naek, kayak liat grafik detak jantung, tapi orangnya udah mokat. Tiiiiiitt. Lurus gitu. Pernah pake produk B, lumayan cepet, etapi masa baru berapa hari kuotanya abis. Elah buset, gw rasa ini produk pas SD dulu ponten matematikanya jelek deh. Secara itungannya ngaco. Terakhir make produk C, sinyalnya kenceng. Tapi itu hanya di penampakannya. Pas dipake sih bukan main. Jeleknya. Masa buka twitter aja buffering. INI GW BUKA TWITTER APA YOUTUBE?! Selamat, Anda baru saja kena PHP.

Dan akhirnya pilihan terakhir yang baru saya coba sebulanan ini adalah produk D. Eh disebut aja kali ya biar reviewnya enak. Nyahahaha, modem yang saya coba ialah: Smartfren Connex M1. Bentuknya yang kecil dan warnanya yang sedikit merah menarik hati untuk memilihnya. Dibolak balik kotaknya, ternyata ada istilahnya ini barang, yaitu Mini Router (MiFi). Liat spesifikasinya, mantep deh milih ini karena bisa dipake jadi router mini untuk 6 orang. Maklum kalo kerja di rumah, suami, mama, adek saya, aa, teteh, pembantu, tetangga, semuanyaa pasti pengin ikutan join share wifi. Tapi apa hal yang terpenting di atas kepentingan umum, saudara-saudara? YANG PENTING MODEM INI BISA DIPAKE DI DAERAH RUMAH SAYA DENGAN KECEPATAN YANG MUMPUNI. Dan setelah deg-degan nyoba, ternyata: BISA. DAN CEPET. Alhamdu? Lillah! :”)

Suami seneng banget karena bisa nonton video-video sepakbola tanpa buffering, karena jasa si merah (selanjutnya saya akan manggil dia si merah4. Karena si merah 1 udah buat sepeda, si merah 2 udah buat kamera, dan si merah 3 udah buat laptop). Dan saya pun bisa bekerja dengan lebih giat lagi. Oke yang ini lebay, kerja giat mah kalo gaji nambah, jooon! *kode buat si bos* Nah, niat awal emang menggunakan Smart emang untuk modem semata, yang mana udah terpuaskan hasrat itu. Tapi ternyata ada beberapa FITUR yang bisa makin membantu saya yang cakep mobile ini, di antaranya:

  • Si merah4 bisa jadi power bank dengan daya 4400 mAH. Cukup ngangkat lah, sehingga kompatibel sama gadget yang pengen buru-buru dicolok. Cus.
  • Connex M1 ini punya fungsi wireless storage, jadi macem cloud gitu dimana data pengguna kesimpen di kartu memori yang udah ketanem di dalam router.
  • Yang juga cukup penting: daya tahannya si merah4 ini lama! Ih males banget deh pake gadget apapun yang batrenya cepet abis. Selama ini sih saya pake kalo lagi kerja di rumah 4-5 jam terus-terusan gitu tahan-tahan aja tuh gak mati-mati. Biasa saya pake 2 – 3 hari baru deh loyo batrenya. Mayan.

Range penggunaan: Kalo si merah4 saya taro di kamar, saya jalan sampe dapur sih masih nyambung dengan baik. Etapi belum nyoba kalo buka video gemana. Kalo besok-besok udah nyoba, saya tambahin deh reviewnya.

Harga: Terjangkau oleh kaum kelas menegah ngehek lah. Lima ratus rebu aja udah dapet bundling modem ini, dengan gratis 6 GB data untuk sebulan.

Spec: Nih screenshotnya.

Smartfren Connex M1

Pemakaian Luar Kota: Kebetulan minggu lalu saya pergi ke Jogja untuk business trip. Dan ketika saya coba, kecepatannya masa lebih cepet dari di Jakarta? Haha, tanya-tanya sama orang sana, itu katanya sih karena towernya ada di deket Merapi. Haha, saya sih kurang paham ya, mungkin kalo ada mas atau mbak yang kerja di Smart dan kebetulan lihat review saya ini, boleh nambahin loh kenapa di Jogja lebih kenceng daripada di Jakarta. :D

Opini Titiw: So far, tante Titiw terpuaskan. Daripada setress pake layanan ini itu ini anu yang udah tante coba semuanya. Gak ada yang oyeh. Nanti kalo ada update lagi atas kulikan Smartfren Connex M1 ini, akan saya update ya. Hastalavista!

38 thoughts on “Smartfren Connex M1, Apakah Benar-benar Smart?

    1. titiw says:

      Lumayan kok mbaak, not bad untuk harga segitu dan multifungsi. :)

  1. nengbiker says:

    so far pakai modem keluaran op ini memang memuaskan. aduu, aku tu pake yg gsm gsm itu rasanya uban di rambutku nambah dg cepat mba tiw

    1. titiw says:

      Bangeetttt kalo pake yang GSM, merasa langsung lebih tua 10 tahun. Jadi kayak umur 25 gitu. *eh*

  2. rasehaM says:

    Gak selalu stabil tp dpt diandalkan dibanding modem si pelari itu. *daerah ane di Pondok Bambu

    1. titiw says:

      Betul. Kadang naik turun tapi perbandingan turunnya jauh lebih dikit dari naeknya. Mas rahesam ini pd bambunya di mana? Sama dong kitaaah :D

  3. didut says:

    bokap gw pake berarti lo sama kekiniannya kek bokap gw tiw *minggat nyamian Titiw sama bokap gw*

    1. titiw says:

      Berarti bokap kamu anak G4UL m454 K1N1 kak.

  4. ian says:

    salam knl mbk titiw, saya jg klo baru pake semingguan ini, saya di banjarmasin :). yg saya bingung, ini ngecek sisa volume datanya gimana ya ? apa harus lepas kartu. mohon pencerahannya

    1. titiw says:

      Halo mas Ian. Bisa ke https://my.smartfren.com/ dan log in dari situ (kalo sudah bikin akun), setelah itu bisa cek kuota deh. Semoga berhasil ya! :)

  5. LINE Sticker says:

    Sip-sip! Reviewnya menarik. Mau tanya sekalian donk! Nih MiFi dilock cuma buat Smartfren doank apa bisa juga untuk CDMA lain?

    1. titiw says:

      Di lock kakaaakk.. Cuman bisa smart doangaaan..

  6. koko says:

    kl dipake didaerah pedesaan gimana yah? kan dah pada tau kl tinggal didesa tuh kebanyakan susah kl bilang jaringan internet.

    1. titiw says:

      Tergantung kak. Kalo smart punya tower di situ bisa aja cakep. Kayak misalnya di jogja sinyalnya lbh oke pas di deket merapi krn towernya ada di deket situ. :)

  7. Charles says:

    Thank’s atas info nya mbak .. 8-|

    1. titiw says:

      Sama-sama kakaak. :)

  8. Sama modem smartfren biasa, sebanding sama tipe apa ya? apakah sama cepatnya?

    1. titiw says:

      Hem.. Saya kurang tau kak kalo dicompare karena belum pernah pake yang dirimu maksud :)

  9. Han2 says:

    wew lumayan ya, tapi gampang panas ngga nih router nya ?
    biasanya produk smartfren gampang panas nihh, kalo udah panas jadi lelet …

  10. ridho says:

    kak cara login ke data.smartfren.com gimana ya? pdhl ane udh regist tp blm bisa masuk2

    1. titiw says:

      Waduh.. aku agak lupa juga soalnya jarang masuk ke situ. Kalo udah nemu nanti tak kabarin yaaa

  11. zohanes yuli says:

    Bisa minta driver mifinya gk soalnya punya saya gak ada daribpertama beli…udah di colokin ke laptop udah ngongol hilang lagi pas mau di instal

    1. David says:

      Kalau dari CD nya ada gk gan ?? biasanya turorial nya ada di CDnya

      1. titiw says:

        Gak ada cd apa2 tuh kaak di paketannya

  12. chu says:

    Itu router_na dicolok kmna, mb? Sya kn bisnis tiket online. Pake tablet az, pa hrus dsmbung ke laptop, gtu?

    1. titiw says:

      Gak dicolok kok.. dia kan wireless.. Jadi kayak wifi ajah..

  13. netta says:

    Kak, aku mau rencana beli MiFi ini.. tapi hp aku smartphone GSM, apa bisa nyambung ke wifi nya smartfren ini ya kak?

    Lalu, setelah beli MiFi ini, langkah selanjutnya apa kak supaya bisa dipakai? Thanks kak:3

    1. titiw says:

      Bisa kok, selama HP Gsm kamu itu ada fitur Wifinya. Dia kan penyedia wifi portable aja jatohnya. Langkah selanjutnya ya pulsa si smart diisi, dinyalain, kamu nyalain wifi HP, cari deh si SMART itu. Konek. Selamat mencobaaa

      1. H.Basuki says:

        mbak, router ini bisa pake password gk ??? di lock gt biar yg pake cm kita2 aja, misal

        1. titiw says:

          Pake kok, passwordnya ada di body routernya. :)

  14. Noni says:

    Halo mba Titiw! Terima kasih ya review nya, menyenangkan dibaca dan jadi semakin yakin mau nyobain MiFi ini….. Hidup wilayah Pondok Bambu dan sekitarnya yg sering dibilang Bekasi ini! Hahaha

    1. titiw says:

      Aahahhahaha senangnya sesama pondok bambu berkumpul di sini. Hidup bamboooss! :D

  15. David says:

    Gan mau tanya … smartfren mini router m1 ini kalau udah d setting, trus tinggal mencet on & of kann ? / masih d collokin modem ? thx

    1. titiw says:

      Iyak, tinggal pencet on off. Gak usah dicolokin apa2 lagi

  16. Adi says:

    Mbak bisa minta password defaultnya tidak?

    1. titiw says:

      Ini password defaultnya ada di bodynya kak. :)

  17. Rizal says:

    Bisa ga di buka kewat pc ato laptop?.. apa saja yg dibutuhkan agar bisa conect ke pc ato laptop

    1. titiw says:

      Ini kan wifi yang bisa dibawa2 kak. Bisa dikonek ke pc atau laptop kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now